Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Bagaimana Tahapan Mahasiswa Mengusulkan Pada Orang Tua Tentang Pengajuan Cicilan Kuliah

2022-03-17

Daftar isi

    Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan setiap manusia dan mereka berhak untuk mendapatkan itu. Tapi pada kenyataannya, masih ada pelajar yang tidak bisa melanjutkan pendidikan mereka ke perguruan tinggi karena ketidakmampuan ekonomi. Dalam memenuhinya, tiap individu melakukan berbagai cara, mulai dari menabung sejak dini, mengajukan beasiswa, dan memutuskan pengajuan cicilan kuliah.

    Bila dilakukan dengan benar, pengajuan cicilan kuliah bisa membantu orang tua dan menjadi salah satu solusi untuk memenuhi biaya kuliah. Bisa saja orang tua masih bingung untuk mencari jalan keluarnya, maka dari itu, kamu sebagai mahasiswa bisa mengusulkan pada orang tuamu untuk mengajukan cicilan, berikut ini tahapannya.

    Riset Mengenai Cicilan Kuliah

    Sebelum mengusulkan pengajuan cicilan kuliah pada orang tua, tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan riset sebanyak mungkin mengenai apa itu cicilan kuliah. Setelah itu, kamu juga harus mencari tahu tentang cara pengajuannya, proses pelunasannya, dan kondisi-kondisi lain yang harus dipenuhi saat masa pelunasan.

    Selain itu, kamu juga harus mencari tahu tentang lembaga-lembaga pemberi layanan cicilan kuliah secara detail, perbedaan beberapa layanan, kebijakannya, dan info lainnya secara detail. Kamu bisa mencari hal-hal ini sendiri melalui internet atau kamu bisa bertanya langsung pada lembaga yang sudah pasti terpercaya, salah satunya bisa melalui media sosial yang mereka punya atau melalui layanan customer service.

    Dengan melakukan riset, maka kamu bisa lebih meyakinkan orang tuamu dengan alasan-alasan yang memang sudah berdasar pada informasi, tidak hanya sembarang mengusulkan saja. Karena jika kamu hanya asal mengusulkan, bisa saja orang tuamu tidak akan menyetujuinya lalu mereka masih tetap belum menemukan solusi untuk memenuhi biaya kuliahmu.

    Bisa dicek juga: 4 Tips Cerdas Pilih Cicilan Biaya Kuliah Terjangkau Untuk MABA dan Mahasiswa Aktif

    Catat dan Kumpulkan Informasi yang Didapat

    Source: Pexels.com/Tirachard Kumtanom

    Setelah melakukan riset dan mencari informasi sedetail mungkin, kamu perlu untuk mencatat apa saja yang kamu dapatkan. Banyaknya informasi tersebut bisa saja membuatmu overwhelmed atau tertukar informasi antara lembaga yang satu dengan lainnya. Maka dari itu kamu harus mencatat dan mengumpulkan informasi tersebut agar saat kamu mengusulkan pada orang tuamu, tidak ada informasi yang terlewat yang bisa menimbulkan masalah setelah pengajuan cicilan kuliah.

    Tidak Langsung Memutuskan Sepihak

    Setelah mendapatkan informasi yang dibutuhkan, kamu tidak boleh langsung memutuskan untuk mengajukan cicilan kuliah secara sepihak. Kadang, memang setelah mendapat penjelasan yang lengkap dari internet atau layanan customer service bisa saja kamu langsung terbujuk, tapi harus diingat bahwa untuk mengajukan cicilan kuliah kamu juga membutuhkan izin dari orang tua terlebih dahulu. Kamu harus mempertimbangkannya, bisa dengan menentukan 2 atau 3 lembaga yang menurutmu sesuai dengan situasi kamu dan keluarga.

    Berdiskusi dengan Orang Tua

    Saat merasa sudah yakin, kamu bisa mengajak orang tuamu untuk berdiskusi. Mulailah dengan memberitahu orang tuamu bahwa kamu punya solusi untuk meringankan biaya kuliah. Kemudian sampaikan dengan baik dan perlahan tentang informasi mengenai cicilan kuliah yang sudah kamu riset sebelumnya. Mulai dari tujuan, cara pengajuan, proses pelunasan, dan kebijakan yang diberikan dan hal-hal penting lainnya saat pengajuan cicilan.

    Jika orang tuamu sudah setuju, kamu bisa lanjut untuk memberi usulan lembaga terpercaya yang cocok dengan kemampuan keluargamu. Harus diingat bahwa kamu tidak boleh memaksa orang tua agar menuruti usulanmu untuk mengajukan cicilan. Mereka harus menyetujui tanpa paksaan, karena merekalah yang paham kemampuan ekonomi keluarga dan merekalah yang menanggung biaya kuliahmu.

    Kalau orang tuamu setuju tapi belum tahu apakah mereka bisa memenuhi cicilannya, kamu bisa mengusulkan cara penyelesaiannya. Salah satu cara yang bisa ditawarkan untuk membantu yaitu dengan berusaha bekerja sambil kuliah, tidak perlu yang berat-berat, bisa saja kerjaan di sela-sela waktu luang kuliahmu. Dengan begitu, orang tuamu bisa merasa yakin dan juga terbantu.

    Baca juga: Alasan Mengapa Memilih Cicilan Kuliah Bisa Menjadi Solusi Bagi Mahasiswa Sekarang

    Ajukan Cicilan Kuliah ke Lembaga yang Disetujui Bersama Orang Tua

    Jika orang tuamu menyetujui usulan ini, kamu bisa mengajukan cicilan ke lembaga yang sudah disepakati bersama. Ada lembaga yang mengharuskan pihak pengaju untuk datang langsung ke tempatnya, seperti bank, tetapi ada juga yang bisa dilakukan secara online. Kamu dapat melibatkan kedua orang tuamu di keduanya, karena ada lembaga yang mengharuskan kamu untuk memiliki wali atau pendamping supaya lebih terjamin. Dengan begitu, orang tuamu juga bisa mengetahui lebih jelas setelah mendapat informasi langsung dari lembaga tersebut saat proses pengajuan.

    Jika kamu berencana untuk mengambil pembiayaan pendidikan, layanan yang terpercaya yang bisa menjadi pilihanmu adalah Danacita.

    Danacita adalah perusahaan finansial dan teknologi yang didirikan sejak tahun 2018 di Indonesia yang sudah membantu banyak pelajar dalam meringankan biaya pendidikan. Pelayanan yang diberikan oleh Danacita yaitu cicilan kuliah dan sudah berada di lebih dari 100 kampus di seluruh Indonesia dan sudah resmi diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Danacita juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi bersertifikasi ISO 27001. Selain itu, sejak tanggal 2 Agustus 2021, juga sudah diberi surat izin nomor KEP-68/D.05/2021 dalam Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

    Jangka waktu yang ditawarkan Danacita mulai dari 6 sampai 24 bulan dan tanpa adanya uang DP juga uang jaminan. Mahasiswa tidak perlu khawatir tentang masalah bunga, karena Danacita menawarkan bunga yang flat sehingga tidak menjadi beban pikiran. Cara pengajuan cicilannya pun mudah, karena secara virtual, hanya dengan membuat akun di www.danacita.co.id, lalu melengkapi profil dan mengajukan pembiayaan. Selain itu, mahasiswa juga bisa kembali mengajukan cicilan untuk semester selanjutnya meskipun masih ada cicilan yang harus diselesaikan.

    Dalam menggapai cita-citamu meraih pendidikan yang lebih tinggi, kamu tidak perlu pusing lagi karena Danacita siap membantu biaya pendidikan dan sudah menjadi mitra resmi banyak Universitas ternama dan juga lembaga kursus lainnya, jadi sudah pasti aman dan terpercaya.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri