Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Kesalahan Umum dalam Investasi yang Harus Dihindari Oleh Pemula

2022-09-22

Daftar isi

    Selain dengan bekerja, cara lain untuk bisa mendapatkan uang adalah dengan melakukan investasi. Kini, sudah banyak masyarakat yang memulai melakukan investasi, mulai dari generasi muda sampai generasi tua, mereka disebut investor pemula. Untuk sebagian orang yang sudah mengerti investasi, mereka dapat lebih bijak dan mengerti tentang sistemnya. Lain halnya untuk investor pemula yang mungkin masih belum paham betul saat memulainya yang bisa berujung pada kegagalan.

    Selain itu, kesalahan investor pemula sudah tidak asing lagi terjadi di awal terjun ke dunia investasi. Berikut ini penjelasan beberapa kesalahan investasi yang harus dihindari pemula.

    Kesalahpahaman dalam Investasi

    Kesalahan investasi atau kesalahan investor pemula yang sering dan umum terjadi adalah kesalahpahaman dalam investasi.Terkadang masih ada saja pemula yang masih salah paham dan mengira bahwa berinvestasi itu sama seperti menabung biasa atau bahkan berjudi. Ada juga sebagian orang yang hanya mau berinvestasi dengan risiko rendah atau tanpa risiko sama sekali. Karena itu, akan memungkinkan investasi yang dilakukan malah tidak bisa memenuhi tujuan keuangan yang direncanakan di awal.

    Baca juga: Cara Mulai Melek Investasi Bagi Mahasiswa dan Pemula

    Menunda Melakukan Investasi

    Kesalahan investor pemula atau kesalahan investasi yang juga sering terjadi adalah menunda melakukan investasi. Kebanyakan pemula yang tertarik untuk berinvestasi malah menunda-nunda untuk melakukannya. Beberapa alasan diantaranya yaitu seperti menunggu modal terkumpul atau menunggu waktu yang tepat dulu.

    Padahal, sekarang sudah banyak investasi yang tidak membutuhkan modal yang besar dan terjangkau. Selain itu, bila semakin ditunda, maka harga beli investasi bisa semakin meningkat dan menjadi sulit dijangkau. Bila kamu menunda melakukannya, maka akan semakin sempit juga waktu yang tersisa untuk bisa mencapai target tujuan keuangan.

    Tidak Memiliki Tujuan Investasi yang Jelas

    Masih ada sebagian orang yang berinvestasi hanya karena ingin ikut-ikutan saja, sehingga mereka melakukannya tanpa punya tujuan investasi yang jelas. Hal ini menjadi kesalahan investasi atau kesalahan investor pemula yang umum terjadi. Selain itu, mereka hanya berpikiran untuk melakukan investasi agar bisa mendapatkan untung saja.

    Dengan tidak adanya tujuan jelas ini, bisa saja setelah mendapatkan keuntungan yang banyak, maka pemula akan langsung menjualnya. Hal ini dilakukan untuk memenuhi keinginan sesaat saja, sehingga akan cepat habis terpakai. Maka dari itu, penting untuk menentukan tujuan investasi dulu baru melakukannya.

    Salah Memilih Instrumen Investasi

    Selanjutnya, untuk menghindari kesalahan investasi atau kesalahan investor pemula, maka kamu harus tepat dalam memilih instrumen investasi. Sebelum bisa menentukan instrumen atau jenis investasi, kamu harus menentukan tujuan investasi terlebih dahulu.

    Instrumen dipilih menyesuaikan tujuan investasi yang dibuat. Misalnya, kamu berencana untuk melakukan liburan 1 atau 2 tahun ke depan, maka jenis investasi yang cocok untuk dipilih salah satunya adalah reksadana pasar uang. Bila kamu salah memilih dan malah berinvestasi di reksadana saham, maka kondisi pasar modal dalam 1 tahun ke depan tidak baik dan malah menimbulkan kerugian.

    Tidak Melakukan Diversifikasi Investasi

    Dalam berinvestasi, hal yang perlu diingat adalah untuk terhindar dari kesalahan investasi maupun kesalahan investor pemula adalah dengan tidak menaruh danamu hanya di satu instrumen, misalnya di reksadana saham saja. Meskipun kamu merasa puas dan optimis dengan portofolio hasil investasi, tetap saja ada kemungkinan bahwa instrumen tersebut mengalami kebangkrutan. Nantinya, risiko kerugian yang harus kamu tanggung semakin besar. Maka dari itu, jauh lebih baik untuk melakukan diversifikasi atau membagi dana yang dimiliki ke berbagai instrumen yang sesuai tujuan investasi agar lebih terjamin.

    Mengesampingkan Risiko Investasi

    Hal yang tidak kalah penting dan sering terjadi dalam kesalahan investasi maupun kesalahan investor pemula yaitu mengesampingkan risiko investasi. Risiko yang ada dalam investasi memang berbeda-beda, ada yang rendah sampai tinggi. Bila kamu mengincar investasi yang menghasilkan keuntungan tinggi, maka harus paham bahwa risiko yang dihasilkan pun tinggi.

    Hindari untuk hanya berfokus pada keuntungannya saja tanpa memperhatikan risiko yang ada. Dalam berinvestasi, kamu tidak boleh mudah tergiur akan hasil, karena keuntungan dalam investasi sifatnya dinamis dan bergantung pada kondisi pasar modal.

    Itulah beberapa kesalahan investasi maupun kesalahan investor pemula yang umum terjadi. Dari kesalahan ini, terlihat bahwa hal penting yang harus diperhatikan adalah untuk menentukan tujuan terlebih dahulu, agar proses selanjutnya bisa menyesuaikan tujuan tersebut. Misalnya, kamu ingin berinvestasi untuk membiayai pendidikan, maka biasanya jangka waktu investasi yang dibutuhkan kurang lebih 3 sampai 5 tahun. Investasi pendidikan tergolong investasi jangka menengah. Lalu kamu sesuaikan instrumen yang cocok untuk jenis investasi tersebut.

    Bijak dalam Investasi Pendidikan dengan Danacita

    Bila dalam proses berinvestasi untuk pendidikanmu keuntungannya masih belum memenuhi target atau kebutuhan, tidak ada salahnya untuk menambah kekurangannya dengan mengajukan pembiayaan pendidikan. Salah satu platform yang bisa kamu ajukan permintaan adalah Danacita.

    Danacita adalah perusahaan finansial dan teknologi yang didirikan sejak tahun 2018 di Indonesia yang sudah membantu banyak pelajar dalam meringankan biaya pendidikan. Pelayanan yang diberikan oleh Danacita yaitu cicilan kuliah dan sudah berada di lebih dari 100 kampus di seluruh Indonesia dan sudah resmi diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Danacita juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi bersertifikasi ISO 27001. Selain itu, sejak tanggal 2 Agustus 2021, juga sudah diberi surat izin nomor KEP-68/D.05/2021 dalam Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

    Jangka waktu yang ditawarkan Danacita mulai dari 6 sampai 24 bulan dan tanpa adanya uang DP juga uang jaminan. Mahasiswa tidak perlu khawatir tentang masalah bunga, karena Danacita menawarkan bunga yang flat sehingga tidak menjadi beban pikiran. Cara pengajuan cicilannya pun mudah, karena secara virtual, hanya dengan membuat akun di www.danacita.co.id, lalu melengkapi profil dan mengajukan pembiayaan. Selain itu, mahasiswa juga bisa kembali mengajukan cicilan untuk semester selanjutnya meskipun masih ada cicilan yang harus diselesaikan.

    Dalam menggapai cita-citamu meraih pendidikan yang lebih tinggi, kamu tidak perlu pusing lagi karena Danacita siap membantu biaya pendidikan dan sudah menjadi mitra resmi banyak Universitas ternama dan juga lembaga kursus lainnya, jadi sudah pasti aman dan terpercaya.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!