Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Mengapa Menjaga Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa Itu Penting

2022-03-09

Daftar isi

    Mental health atau kesehatan mental merupakan salah satu hal yang tidak kalah pentingnya dengan kesehatan tubuh untuk selalu dijaga. Terkadang, di saat kesehatan mental seseorang terganggu, masih banyak orang yang belum menyadarinya. Hal ini kemudian bisa mengakibatkan sesuatu yang berbahaya. Salah satu akibat yang fatal yaitu seseorang bisa melakukan bunuh diri karena kondisi mentalnya yang terganggu.

    Masa pandemi yang sudah ada sejak akhir tahun 2019 berdampak pada kondisi mental masyarakat yang ada di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Meskipun begitu, kesadaran masyarakat mengenai isu kesehatan mental di Indonesia pada beberapa waktu belakangan ini dinilai terus meningkat. Sayangnya, memang masalah kesehatan mental masih tinggi di Indonesia, diberbagai kalangan, salah satunya kalangan mahasiswa.

    Masih banyak mahasiswa yang ternyata kesulitan untuk menjaga kesehatan mental mereka. Hal ini bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti faktor genetik, lingkungan keluarga atau pertemanan, gaya hidup, sampai beban yang ditanggung saat berkuliah. Sayangnya, banyak mahasiswa yang mengesampingkan kondisi kesehatan mental mereka karena banyaknya hal dan tuntutan yang harus dipenuhi, baik itu berkaitan tentang perkuliahan atau diluar itu. Padahal tidak ada salahnya bagi kamu untuk juga fokus pada kesehatan mental saat berkuliah. Berikut penjelasan pentingnya menjaga kesehatan mental.

    Fokus dan Konsentrasi yang Lebih Terjaga

    Source: Pexels.com/Ketut Subiyanto

    Tidak jarang bagi mahasiswa yang kesehatan mentalnya terganggu merasa sulit untuk fokus dan berkonsentrasi saat kegiatan berkuliah. Salah satu penyebabnya bisa karena banyaknya hal-hal yang mengganggu pikiran sehingga bisa membuat mereka tersesat di dalam pikiran. Hal ini kemudian akan menjadi beban atau hambatan tersendiri pada mereka untuk melakukan suatu hal. Maka dari itu penting bagi mahasiswa untuk berusaha menjaga kesehatan mentalnya agar bisa terus menjaga fokus dan konsentrasi.

    Daya Tahan Tubuh Lebih Kuat

    Kesehatan mental memang erat kaitannya dengan kondisi pikiran seseorang yang bisa berakibat pada kesehatan tubuh. Saat kondisi mental kamu terganggu, imun dalam tubuh bisa berkurang dan tubuhmu cenderung mudah terserang penyakit, mulai dari demam, flu, sering pusing, dan masih banyak lainnya. Untuk mencegah hal ini terjadi, memang penting bagi kamu untuk berusaha menjaga kesehatan mental agar daya tahan tubuhmu menjadi lebih kuat dan tidak rentan terkena penyakit.

    Rasa Stress Bisa Berkurang

    Dengan banyaknya tuntutan perkuliahan ditambah masalah lain di luar perkuliahan memang sulit untuk terhindar dari stress bagi para mahasiswa. Seolah-olah semua beban secara berbarengan datang yang kemudian membuat kamu menjadi overwhelmed dan juga stress. Jika kesehatan mental terganggu, memang rasa stress bisa dengan mudah datang di saat menghadapi sesuatu, meskipun pada dasarnya sesuatu itu bukanlah masalah yang besar. Seseorang mahasiswa yang bisa menjaga kesehatan mentalnya memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk jarang merasa stress.

    Cara Menjaga Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa

    Faktanya masih banyak mahasiswa yang masih tidak tahu bagaimana caranya agar bisa menjaga kesehatan mental di tengah tuntutan perkuliahan dan tuntutan kehidupan yang ada. Berikut ini cara yang bisa kamu coba lakukan untuk tetap bisa menjaga kesehatan mental.

    Berolahraga Secara Teratur

    Biasanya, saat kamu mulai merasa terganggu kesehatan mentalnya, akan mulai banyak pikiran-pikiran negatif yang muncul dalam kepalamu. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi hal itu adalah dengan olahraga teratur. Dengan olahraga kamu bisa mengalihkan fokusmu dan menurunkan hormon kortisol yang bisa menyebabkan stress.

    Coba Lakukan Hobi

    Kegiatan lain yang bisa mengalihkan fokus dari pikiran-pikiran negatif yang muncul selain olahraga adalah dengan melakukan hobi. Dengan melakukan ini, kamu bisa lebih meningkatkan mood atau suasana hatimu karena memang hobi tersebut adalah hal yang kamu sukai. Rasa pressure yang kamu hadapi juga bisa berkurang dan terganti dengan perasaan yang lebih positif.

    Selalu Terhubung dengan Mental Support

    Saat merasa kondisi mental mulai terganggu, memang muncul pemikiran untuk menarik diri dari orang-orang di sekitarmu. Kadang rasa malu atau takut akan respon mereka juga bisa menjadi alasan kamu menarik diri. Memang masalah kesehatan mental merupakan hal yang sensitif, tetapi bukan berarti kamu harus mengisolasi diri. Kamu bisa mencoba untuk menghubungi atau menceritakan kondisimu ke orang yang kamu percaya dan supportive, bisa teman atau keluarga.

    Berusaha Hindari Lingkungan yang Toxic

    Lingkungan memang memiliki pengaruh yang cukup besar pada seseorang. Jika lingkungan di sekitarmu tergolong toxic, hal ini bisa mempengaruhi bahkan memperburuk kondisi kesehatan mentalmu. Jika kamu merasa suatu lingkungan itu toxic, kamu bisa menarik diri juga memberikan boundaries atau batasan antara diri kamu dan lingkungan tersebut untuk lebih fokus pada diri sendiri.

    Bisa baca juga: 5 Perilaku Toxic dalam Dirimu yang Tidak Disadari dan Berdampak Negatif

    Melakukan Terapi dengan Profesional

    Source: Freepik.com/Tirachardz

    Jika kamu merasa dari waktu ke waktu kondisi mentalmu tidak membaik, tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi seorang profesional seperti psikolog atau psikiater untuk melakukan terapi atau konseling. Memang masih banyak orang yang memandang negatif kegiatan ini, tapi agar kondisi mental bisa membaik kamu hanya perlu fokus pada dirimu dan tidak fokus pada orang lain. Seorang profesional tahu betul apa yang harus dilakukan dan akan membantumu untuk bisa membaik dan dengan mencoba hal ini, tandanya kamu peduli dengan kondisimu dan memang berkeinginan untuk membaik.

    Untuk menjaga kesehatan mental bagi mahasiswa memang bisa sulit dilakukan, tetapi juga merupakan hal penting yang perlu dijaga. Semoga dengan pembahasan ini, kamu sebagai mahasiswa bisa lebih memahami tentang kesehatan mental dan cara menjaganya. Bagi kamu yang sedang berjuang dari kondisi mental yang terganggu, selalu percaya bahwa you are valid and you will get better!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri