Icon - Exclamation Ikuti Pameran Pendidikan Virtual dan Talkshow Demi Masa Depan, Gratis! 7 - 16 Oktober 2021. 

21 Institusi Pendidikan Indonesia, 15+ Pembicara dan berbagai promo menarik lainnya. Daftar sekarang!

Close - Icon
Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Keunggulan Kuliah Di IT-PLN 2021/2022

2021-08-27

IT PLN.jpg

Buat kamu yang belum tahu dan tertarik untuk kuliah di bidang teknik, Sekolah Tinggi Teknik (STT) PLN mungkin adalah pilihan universitas pertamamu. Tapi tahukah kamu, kalau STT PLN saat ini sudah berubah menjadi Institut Teknologi (IT) PLN sejak Februari 2020? Dengan adanya perubahan status badan hukum ini, IT PLN bisa lebih bebas dalam meningkatkan perannya sebagai perguruan tinggi vokasi khusus di bidang ketenagalistrikan.

Ketika sebelum berganti nama dari STT PLN, STT PLN hanya memiliki satu fakultas saja. Maka setelah berubah menjadi institut, akan ada tambahan fakultas-fakultas baru dengan jurusan yang berbeda-beda, seperti S1 Sistem Energi, S1 Teknik Tenaga Listrik, S1 Energi Terbarukan, S1 Bisnis Energi dan juga S1 Sistem Informasi. Jadi walaupun kamu saat SMA bukan lulusan IPA, kamu bisa mengambil jurusan seperti S1 Bisnis Energi.

Keunggulan Kuliah di Institut Teknologi PLN (IT PLN)

Sebelum berganti menjadi IT PLN, STT PLN sebetulnya sudah memiliki banyak keunggulan. Oleh karena itu, ngga heran kalau banyak calon mahasiswa yang melirik kampus ini sebagai tempat pendidikan lanjut mereka. Mulai dari yang berasal dari Jakarta, maupun yang dari luar kota Jakarta. Berikut beberapa keunggulan IT-PLN yang perlu kamu ketahui.

Berada dibawah naungan PT. PLN (Persero)

Universitas IT PLN saat ini dipayungi oleh Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PLN (YPK-PLN). YPK-PLN didirikan oleh salah satu BUMN yang kita tahu yaitu PT PLN (Persero). Universitas ini didirikan sebagai wadah bagi pakar PLN untuk membagikan ilmu dan pengalamannya kepada generasi penerus.

Oleh karena itu, kamu jangan kaget kalau kuliah di IT PLN, kamu akan berjumpa dengan para pengajar yang merupakan praktisi PLN ataupun BUMN lainnya. Dan kalau kamu melanjutkan pendidikan S2 di kampus ini, akan ada direksi PLN yang jadi pengajar kamu lho!

Banyak orang beranggapan “Kalau kuliah di IT-PLN, pasti bisa langsung jadi pegawai PLN ya?”. Jawabannya adalah, kamu memiliki kesempatan. Namun, Kamu tetap harus melewati serangkaian tes sebagaimana mestinya. Jadi bukan berarti ketika kamu lulus dari kampus ini kamu akan diangkat langsung menjadi pegawai PLN


Baca juga: Alasan Terbaru Kenapa Kamu Harus Kuliah Di Universitas Paramadina 2021/2022


Kurikulum industri kelistrikan

Saat ini konsumsi listrik di Indonesia masih lebih rendah. Meskipun total penduduk indonesia terbanyak keempat di dunia, konsumsi kita masih kalah jika dibandingkan oleh Vietnam. Selain itu, pemerintah masih memiliki tantangan lain seperti harus menciptakan pembangkit listrik yang hemat waktu dan tenaga, serta biaya yang rendah.

Oleh karena itu IT PLN hadir serta mendukung gagasan penciptaan listrik kerakyatan sebagai inovasi dalam ketenagalistrikan di Indonesia. Kurikulum disusun sesuai dengan industri ketenagalistrikan agar listrik dapat dikelola oleh rakyat sehingga menjadi lebih murah dan dapat menggunakan teknologi yang terbarukan.

Program magang selama satu semester

Di IT PLN, para mahasiswa bisa mengikuti program magang selama satu semester. Artinya selama mengikuti program magang ini, para mahasiswa tidak diperbolehkan untuk mengambil mata kuliah apapun. Selain itu, program magang ini tidak hanya di daerah Jakarta saja lho! Bisa juga ditempatkan di luar pulau jawa.

Dengan adanya program magang ini, lulusan IT PLN mudah mendapatkan pekerjaan. Bahkan, hampir 70& Ksatria petir (sebutan untuk mahasiswa IT PLN) sudah bekerja sebelum Wisuda. Mantap bukan?

Lulusan akan mendapatkan sertifikasi kompetensi

Para Ksatria Petir wajib mempunyai tiga kompetensi setelah lulus dari IT PLN. Tiga kompetensi itu ialah, kompetensi di bidang teknologi informasi, bahasa inggris, dan bidang studi. Sertifikasi kompetensi ini bebas biaya lho. Contoh sertifikat nya adalah, Microsoft Office Specialist dan Microsoft Technology Associate.

Bagaimana teman-teman, apakah kamu masih ragu untuk mendaftar ke STT PLN atau IT PLN ? Yuk, jangan lewatkan kesempatan untuk meraih cita-citamu.

Bagi kamu yang masih ragu untuk bergabung ke International Design School karena biaya, jangan khawatir! Danacita adalah solusi untuk permasalahan-mu. Danacita merupakan official financing partner untuk International Design School. Disini kamu bisa mencicil biaya pendidikan kamu hingga 15x dengan bunga 0% loh! Kunjungi halaman berikut untuk info lebih lanjut

Also tagged with

Institut Teknologi PLN IT PLN Rekomendasi Kampus
Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo