Default Avatar

Written By

Rudi Patria

Kisah IT PLN: Dari Organisasi Kemahasiswaan Hingga Kegiatan Serunya!

2022-03-15

itpln-ukm.png

Gedung IT PLN

Daftar isi

    Kampus menyadari akan pentingnya sebuah organisasi kemahasiswaan. Mereka mengerti kalau universitas bukanlah tempat untuk belajar saja. Tetapi mereka adalah wadah untuk mengembangkan skill para mahasiswanya mempersiapkan diri ke dunia kerja. Mereka dilatih untuk mampu mengasah potensi dengan membangun daya pikir kritis, cekatan, dan mampu untuk berkomunikasi.

    Banyak hal yang dapat membantu para siswa untuk berkembang.pengetahuan ini tidak hanya datang dari ruang kelas saja. Sebagai contoh, kalau misalnya seorang mahasiswa dari S1 Teknik Elektro tapi ingin mendalami ilmu tentang musik, tentu ia tidak akan menemukan mata kuliah terkait musik di daftar mata kuliah yang ia ambil.

    Maka solusi agar kamu tetap mendapatkan ilmu dari jurusan yang kamu kejar, dan juga dari ilmu tambahan yang ingin kamu dalami, adalah dengan bergabung organisasi kemahasiswaan atau unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang tersedia di kampus.

    Tujuan diadakannya organisasi kemahasiswaan di IT PLN ini adalah memberikan ilmu, pengalaman dan kesempatan yang diluar kurikulum yang sudah ada. Selain itu, UKM juga memberikan pengalaman lainnya seperti manajemen organisasi, cara berkomunikasi, mencari solusi terhadap masalah, dan lainnya.

    Pengalaman organisasi ini akan sangat menguntungkan di masa depannya. Karena jika ingin melamar pekerjaan, tentu ini akan menjadi nilai tambah bagi para fresh graduate. Apalagi kalau kamu berkuliah di universitas di bawah naungan PT PLN (Persero).

    Yuk, Berkenalan dengan IT PLN

    IT PLN (yang dulu dikenal dengan STT PLN) adalah Universitas yang berada di bawah naungan PT. PLN (Persero). Saat ini IT PLN berlokasi di Menara PLN, Jl. Lkr. Luar Barat, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat. IT PLN didirikan dengan fokus untuk mencetak tenaga ahli bidang energi listrik yang profesional, unggul, dan terampil. Selain itu memiliki daya saing yang tinggi.

    IT PLN dinobatkan sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia oleh The Impact Ranking 2021. Penobatan peringkat perguruan tinggi ini diberikan atas dasar pencapaian dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs). Tentu kamu juga akan bisa mendapatkan beberapa keuntungan jika kamu memutuskan untuk berkuliah di IT PLN. Diantaranya adalah Fokus ke Industri Energi dan Ketenagalistrikan, dimana ini menjadi salah satu bidang yang sangat dibutuhkan. Selain itu kamu bisa mendapatkan 3 sertifikat kompetensi seperti Sertifikat Specialist Microsoft Office, Sertifikat Bahasa Inggris, dan Sertifikat sesuai bidang studinya. Dan banyak keuntungan lainnya.

    Baca juga: Keunggulan Kuliah di IT PLN 2022/2023

    Organisasi Kemahasiswaan yang Tersedia di IT PLN.

    Untuk mendukung mimpi kampus agar bisa menjadi universitas yang mampu untuk mencetak tenaga ahli di bidang energi listrik yang profesional, IT PLN menyediakan berbagai jenis Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) untuk membantu para mahasiswa melatih kemampuan dan potensi yang dimilikinya. UKM tersebut diantaranya adalah:

    UKM Olahraga

    UKM Olahraga adalah tempat yang tepat untuk kamu mengasah kemampuan olahragamu. Selain membuat sehat, kamu juga akan dapat bertemu dengan teman-teman mahasiswa yang memiliki minat yang sama. Selain itu, ini juga bisa menjadi wadah untuk kamu bisa bertanding di kompetisi secara nasional maupun internasional. Pihak kampus-pun juga mendukung berkembangnya UKM di IT PLN. Dukungan kampus ke UKM di IT PLN adalah dengan meresmikan Mezzanine lantai dua portacamp. Jadi ini diharapkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada dapat semakin nyaman dibanding dengan portacamp sebelumnya. UKM Olahraga IT PLN terbagi menjadi beberapa bidang menarik yang bisa kamu ikuti:

    • Basket
    • Futsal
    • Volly
    • Taekwondo
    • Merpati Putih

    Baca juga: Informasi Terbaru PMB IT PLN 2022


    Selain dukungan yang diberikan oleh pihak kampus seperti tempat khusus ini, di IT PLN juga sedang diadakan lomba seperti Gebyar Mahasiswa (GEMAS). Pada saat ini GEMAS sedang memasuki masa ke 6. GEMAS adalah wadah kompetisi yang diadakan oleh BEM KBM IT-PLN 2020/2021 dan bekerja sama dengan Kementrian Seni Budaya Dan Olahraga. Jika kamu ingin membuktikan hasil latihan mu, maka lomba seper GEMAS ini akan sangat cocok untuk kamu.

    UKM Seni

    Bagi kamu yang menyukai bidang kesenian, dan membutuhkan wadah untuk berlatih ataupun berdiskusi maka UKM Seni IT PLN adalah tempat yang tepat. Organisasi Mahasiswa ini bergerak di bidang kesenian dan kebudayaan. Disini kamu bisa berlatih dan berdiskusi tentang bagaimana menilai suatu karya itu bagus, mempelajari kebudayaan seni yang ada di Indonesia, hingga mempelajari bagaimana berkomunikasi yang baik dan benar. Saat ini ada beberapa bidang yang didukung oleh UKM Seni IT PLN. diantaranya adalah:

    • Photography
    • Theater, atau pentas seni
    • Komunitas Musik
    • ITPLN Media

    UKM Seni juga bagian dari GEMAS atau Gebyar Mahasiswa. Jadi untuk kamu yang ingin menguji kemampuan photography, kemampuan peragaan seni, hingga berkompetisi di musik, semua bisa kamu salurkan di UKM Seni IT PLN.

    Sebagai kampus yang didukung oleh Badan Usaha Milik Negara, Organisasi kemahasiswaan yang ditawarkan sangat beragam. Dengan berbagai dukungan dari kampus serta aktifnya kegiatan dukungan lainnya seperti lomba, tentu kita bisa setuju bahwa pihak kampus siap membantu memaksimalkan kemampuan mahasiswanya.

    Selain mempersiapkan kamu dengan kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja, pengalaman berorganisasi ini juga bisa menjadi nilai jual yang lebih jika kamu melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Maka kalau kamu ikut bergabung dan menjadi anggota aktif dari organisasi kemahasiswaan yang ada ini, maka itu adalah pilihan yang sangat tepat!

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria