Default Avatar

Written By

Rudi Patria

Kisah President University: Dari Organisasi Kemahasiswaan Hingga Kegiatan Serunya!

2022-03-15

pu-ukm.jpg

20th Dies Natalis President University

Daftar isi

    Apakah kamu mahasiswa baru atau mahasiswa aktif di President University yang ingin memaksimalkan potensimu selain dengan mengikuti proses perkuliahan di ruang kelas? Nah, kali ini Danacita ingin memberikan kamu informasi caranya untuk memaksimalkan potensi diri dengan mengikuti organisasi kemahasiswaan (UKM) dan kegiatan extrakurikuler lainnya. Yuk simak tentang organisasi dan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan di President University berikut ini:


    Baca juga: Alasan terbaru kenapa kamu harus kuliah di President University 2022/2023


    Apa itu Organisasi Kemahasiswaan (UKM)

    Secara umum, organisasi kemahasiswaan bertujuan untuk mewadahi bakat, minat dan potensi mahasiswa melalui kegiatan diluar kelas. Organisasi kemahasiswaan dinilai mampu untuk mengembangkan daya pikir kritis serta mampu mengasah potensi serta kemampuan yang dimiliki mahasiswa.

    Kehadiran organisasi kemahasiswaan atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di setiap universitas, seperti di President University bukanlah tanpa alasan. Hal ini dikarenakan ada beberapa nilai pelajaran yang tidak bisa didapatkan di ruang kelas dan hanya bisa kamu temukan di luar kurikulum akademik. Misalnya, kamu adalah seorang mahasiswa Manajemen, maka kamu tidak akan menemukan mata kuliah terkait ilmu olahraga. Nah, disini manfaat dengan mengikuti organisasi kemahasiswaan yaitu agar kamu dapat memiliki potensi dan bakat dirimu dengan dengan bergabung ke dalam organisasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di President University.

    Tujuan dari organisasi itu sendiri adalah memberikan pengalaman di luar kurikulum akademik. Pengalaman tersebut mencakup manajemen organisasi, kemampuan berkomunikasi, kemampuan memecahkan masalah dan masih banyak lainnya. Pengalaman organisasi tersebut di masa depan nantinya sangat diperlukan bila ingin melamar pekerjaan. Apalagi jika kamu berkuliah di kampus yang bekerja sama dengan puluhan perusahaan nasional dan multinasional seperti President University.

    Tentang President University

    President University merupakan kampus bertaraf internasional. Kampus yang berlokasi di Jl. Ki Hajar Dewantara, Kota Jababeka, Cikarang Baru, Bekasi ini dikelilingi oleh puluhan bahkan ratusan perusahaan nasional dan multinasional.

    Menariknya, President University telah bekerja sama dengan lebih dari 50 perusahaan nasional dan multinasional. Selain itu, President University juga bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi yang tersebar di penjuru dunia dan menerapkan sistem pembelajaran sesuai dengan perkembangan dunia.

    Hal ini membuktikan bahwa President University adalah institusi pendidikan yang memang dirancang untuk menjadi institusi pendidikan tingkat global.


    Baca juga: Biaya Kuliah President University terbaru dengan Danacita


    Apa saja UKM yang ada di President University?

    Untuk mendukung tujuan kampus menjadi universitas bertaraf internasional, President University memiliki berbagai macam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) demi mengasah kemampuan serta potensi yang dimiliki mahasiswanya. UKM tersebut antara lain:

    1. UKM Kesenian

    UKM Kesenian President University terbagi menjadi beberapa bidang menarik yang bisa kamu ikuti, bidang-bidang tersebut antara lain:

    • Mr. and Ms. President University Club

    Merupakan UKM di bidang modeling. UKM ini mirip dengan pelatihan Miss Indonesia atau Miss Universe. Pada akhirnya, mahasiswa yang menjuarai Mr. and Ms. President University akan menjadi brand ambassador dari President University itu sendiri.

    • PRIME

    PRIME merupakan UKM yang beranggotakan mahasiswa pecinta dance. Di UKM ini kamu akan diajari seni pertunjukan dansa/tarian seperti break dance, ballroom, modern dance dan Tango.

    • PUTER

    President University Theatre Club (PUTER) merupakan organisasi yang berkecimpung di dunia seni teater. Segala kegiatan yang dilakukan sehari-hari merupakan penggalian potensi serta mengasah kemampuan akting yang kamu miliki. Hasil akhir dari organisasi ini adalah dengan mengadakan pertunjukan drama/teater.

    • Shutter Photography

    Berdasarkan namanya, UKM ini berfokus pada peminatan mahasiswa di bidang fotografi. Pada dasarnya, memotret bukanlah suatu hal yang mudah. Untuk mendapatkan hasil potret yang cantik, seorang fotografer harus memperhatikan nilai-nilai estetika yang terkandung dalam hasil jepretannya.

    • Music Community

    Music Community merupakan komunitas pecinta musik. Organisasi ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mengasah kemampuan memainkan alat musik serta berlatih vokal. Hasil akhir dari UKM ini adalah mengadakan pertunjukan musik.

    • Choir

    Pernah melihat meriahnya pertunjukan orkestra? Nah, kamu bisa menjadi bagian dari pemain orkestra dengan mengikuti UKM Choir di President University. Setiap tahunnya Choir President University mengadakan pertunjukan yang disaksikan secara langsung oleh banyak penikmat musik.

    • Punico

    President University Nippon Community merupakan UKM yang cocok bagi kamu yang menyukai bahasa serta budaya Jepang. Organisasi ini berisikan anggota dengan peminatan yang sama. Sehingga kamu bisa berbagi pengalam maupun pelajaran yang kamu ketahui mengenai bahasa serta budaya Jepang.


    Baca juga: Cerita Aurelia Kuliah di President University


    2. UKM Kemasyarakatan

    • AIESEC

    Dalam UKM ini, kamu akan mengasah potensi untuk dapat berpikir kritis terhadap isu-isu sosial yang terjadi di masyarakat dunia. Selain membahas isu, UKM ini juga memberikan kamu pengalaman dalam kepemimpinan serta manajemen pengelolaan organisasi.

    • Kerohanian

    Berikutnya adalah UKM yang mungkin dimiliki oleh setiap kampus, yaitu kerohanian. UKM kerohanian ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mencari ketenangan batin, dan memiliki lingkungan serta relasi yang religius. UKM kerohanian ini terdiri dari berbagai agama seperti Islam, Nasrani, Katolik, Hindu, dan Budha.

    3. UKM Keolahragaan

    Organisasi kemahasiswaan selanjutnya adalah UKM Keolahragaan. Selain mendapatkan kesehatan, UKM yang satu ini memiliki banyak sekali ajang kompetisi sehingga sangat cocok bagi kamu yang memiliki ambisi untuk menjadi juara. Cabang olahraga yang tersedia bukan main-main. Biar kamu tidak penasaran, berikut ini adalah cabang olahraga yang dimiliki UKM Keolahragaan President University:

    • Panahan
    • Golf
    • Panjat tebing
    • Futsal
    • Basket
    • Tenis
    • Bulu tangkis
    • Pencak silat
    • Karate
    • Tim petualang

    Sebagai kampus bertaraf internasional, organisasi kemahasiswaan yang ditawarkan merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang anti-mainstream. Hanya dengan melihat organisasi mahasiswa yang ada di President University, kita bisa mengetahui betapa seriusnya pihak kampus dalam memaksimalkan pengembangan kemampuan mahasiswanya.

    Selain kemampuan kamu yang dibutuhkan di dunia kerja, pengalaman memiliki organisasi bisa menjadi nilai jual lebih bila ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Mengikuti salah satu dari sekian banyak organisasi kampus yang ditawarkan merupakan keputusan tepat, mengingat President University dikelilingi oleh puluhan perusahaan.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria