Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Kuliah di FKG? Ini 6 Alasan Kuliah di FKG UNPAD

2022-10-24

Daftar isi

    Ada banyak alasan kuliah di FKG UNPAD, salah satunya karena fakultas ini berhasil meraih beberapa prestasi terbaik dalam bidang akademik dan pelayanan. Selain menyediakan Program Sarjana, ada pula Kelas Internasional FKG UNPAD. Pada saat perkuliahan, metode yang diterapkan adalah student active learning dengan metode problem based learning.

    Kemampuan mahasiswa akan diasah agar bisa bersaing dan berkompetisi di dunia kerja. Tempat praktek mahasiswa FKG UNPAD ketika menjalani Klinik Kerja Mahasiswa adalah Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) di Kampus Sekeloa. Tak heran jika cukup diminati para lulusan sekolah menengah dan menjadi salah satu alasan kuliah di FKG UNPAD.

    Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UNPAD sendiri sudah dibentuk sejak tanggal 1 September 1959. Fakultas ini didirikan atas dasar pemikiran jika tenaga kesehatan dokter gigi di Indonesia pada tahun 1956-1957 masih relatif sedikit dan pendidikan dokter gigi pada tahun itu masih tergabung ke dalam fakultas kedokteran. Hal ini lah yang mendorong Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) di antaranya Prof. Drg. Soeria Soemantri, MPH dan Prof. Dr. RM Soelarko untuk mendirikan fakultas-fakultas kedokteran gigi baru sesuai cita-cita PDGI.

    Lokasi FKG UNPAD terletak di Jalan Sekeloa Selatan I No. 2, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Lokasi kampus yang sangat strategis dan dekat jalan utama semakin memudahkan akses menuju FKG UNPAD.

    Nah, jika kamu tertarik masuk fakultas ini, yuk simak alasan kuliah di FKG UNPAD dan apa saja keuntungan kuliah di FKG UNPAD.

    Visi, Misi dan Tujuan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UNPAD

    Hal paling awal alasan kuliah di FKG UNPAD adalah visi dan misi yang jelas. Sebab, setiap lembaga perguruan tinggi, wajib memiliki visi dan misi yang jelas. Visi dan misi tersebut harus mampu menjelaskan keseluruhan aspirasi perguruan tinggi. Visi itu meliputi gambaran besar dan penglihatan kemana perguruan tinggi akan menuju dalam jangka panjang. Jangka panjang ini umumnya antara lima hingga sepuluh tahun. Sedangkan misi sendiri lebih kepada gambaran dari langkah-langkah yang akan dikerjakan untuk bisa mewujudkan visi atau cita-cita tersebut.

    Berikut visi, misi, dan tujuan FKG UNPAD yang bisa kamu simak:

    Visi

    Mewujudkan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran menjadi lembaga pendidikan tinggi yang unggul, mempunyai daya saing dalam pendidikan, penelitian, pelayanan dan ikut serta dalam pengendalian penyakit dan kelainan sistem stomatognatik yang bertaraf internasional pada tahun 2026.

    Misi

    1. Menyelenggarakan layanan dan pengelolaan pendidikan (academic excellence) kedokteran gigi secara profesional dan akuntabel yang ter rekognisi di tingkat nasional dan internasional.
    2. Meningkatkan penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang kesehatan oromaksilofasial untuk mendukung pendidikan yang menunjang kualitas hidup dan maslahat bagi masyarakat.
    3. Meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang humanis, berakhlak mulia, berbudaya kolektif, profesional, dan berintegritas untuk menjawab tantangan rekognisi internasional.
    4. Mewujudkan kemandirian institusi melalui kerjasama dengan mitra strategis yang didukung oleh tata kelola yang baik.
    5. Mewujudkan pengelolaan fakultas dengan konsep Smart and Green Dentistry.

    Tujuan

    1. Tercapainya lulusan FKG Unpad yang berdaya saing nasional, internasional, berkarakter, dan menjunjung budaya lokal.
    2. Tercapainya hasil penelitian dan inovasi di bidang kesehatan oromaksilofasial yang memiliki rekognisi tingkat nasional dan internasional yang berdampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat.
    3. Terwujudnya sumber daya manusia yang berdaya saing nasional dan internasional.
    4. Terwujudnya institusi dan program studi yang memiliki rekognisi nasional dan internasional yang didukung oleh tata kelola yang baik dan kemitraan strategis di dalam dan luar negeri.
    5. Terwujudnya kemandirian finansial melalui pengembangan unit bisnis dan endowment fund dengan menjalin kemitraan sinergis kolaboratif dengan alumni, jejaring, dan mitra strategis.

    Prodi FKG UNPAD yang Sesuai dengan Kebutuhan Masyarakat

    Alasan kuliah di FKG UNPAD dan keuntungan kuliah di FKG UNPAD lainnya adalah fakultas ini menawarkan beberapa prodi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga kamu tak perlu khawatir susah mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Jika ingin berkuliah di FKG UNPAD, kamu dapat memilih berbagai program studi unggulan di bidang pariwisata jurusan. Berikut adalah daftar 3 program studi unggulan yang dapat kamu pilih di FKG UNPAD:

    Sarjana:

    1. Kedokteran Gigi

    Pascasarjana:

    1. Profesi: Pendidikan Profesi Dokter Gigi
    2. Spesialis:
    • Bedah Mulut
    • Prostodonsia
    • Ortodonsia
    • Ilmu Kesehatan Gigi Anak
    • Periodonsia
    • Ilmu Konservasi Gigi
    • Ilmu Penyakit Mulut
    • Radiologi Kedokteran Gigi

    Banyaknya Kerja Sama yang Dilakukan FKG UNPAD dengan Pihak Lain

    Kerja sama fakultas ini dengan beberapa pihak lain menjadi alasan kuliah di FKG UNPAD sekaligus keuntungan kuliah di FKG UNPAD. Salah satu kerja sama yang dijalin adalah adanya program International Undergraduate Program (IUP) yang dibuka kembali di 2022.

    Program tersebut menawarkan pertukaran mahasiswa ke Malaysia dan Jepang untuk tahun ini. Program pertukaran mahasiswa ini mengikutsertakan dua mitra, yaitu International Islamic University Malaysia dan Hiroshima University. Penawaran program diantaranya terdiri short term stay maksimal 3 bulan di International Islamic University Malaysia untuk 10 orang mahasiswa dengan mendapat kesempatan lectures, community dentistry, dan program lain non klinik.

    Sementara Hiroshima University menawarkan kesempatan untuk satu orang mahasiswa mengikuti spring program (April-September) dengan keuntungan menambah ilmu kedokteran gigi serta pengalaman hidup merasakan kebudayaan Jepang. Melalui program outbound dan inbound, mahasiswa diharapkan mendapatkan kesempatan berharga untuk belajar tidak hanya di bidang kedokteran gigi, tetapi juga pengalaman yang lebih luas dalam memajukan keahlian mereka.

    Ada pula program transcendent berupa program international summer school dentistry. Kegiatan rutin lain yang biasanya diadakan adalah kuliah pakar yang mengundang para pakar atau ahli kedokteran gigi dari luar negeri.

    Nah, kerjasama ini tentu bisa menjadi alasan kuliah di FKG UNPAD sekaligus keuntungan kuliah di FKG UNPAD. Sebab, kerjasama antara negara melalui pertukaran pelajar memiliki manfaat untuk memperluas jaringan. Saat kamu mengikuti pertukaran pelajar dan bersekolah di negara lain, kamu pasti akan berkenalan dengan sejumlah teman baru di sana. Teman-temanmu tersebut otomatis akan menjadi relasi yang mungkin akan memberimu manfaat.

    2 Jenis Pusat Studi yang Ada di FKG UNPAD

    Pusat studi yang berkualitas menjadi salah satu alasan kuliah di FKG UNPAD sekaligus keuntungan kuliah di FKG UNPAD. Adapun 2 pusat studi yang disediakan, di antaranya:

    1. Pusat Studi Bioteknologi

    Pusat Studi Oral Biomaterial didirikan dengan tujuan untuk penunjang pelaksanaan tugas Fakultas Kedokteran Gigi khususnya di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sesuai dengan namanya, Pusat Studi Oral Biomaterial akan melakukan kegiatan perencanaan dan pelaksanaan riset yang berkaitan dengan Oral Biomaterial secara monodisiplin atau multidisiplin dan pengabdian kepada masyarakat.

    Kegiatan Pusat Studi Oral Biomaterial melingkupi dua hal pokok, yaitu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun yang dimaksud dengan Oral Biomaterial adalah semua lingkup di bidang kedokteran gigi yang memanfaatkan material yang diterima oleh tubuh untuk digunakan di dalam mulut dan jaringan sekitarnya untuk meningkatkan tingkat kesehatan.

    2. Pusat Studi Kedokteran Gigi Militer

    Pusat Studi Kedokteran Gigi Militer didirikan dengan tujuan untuk penunjang pelaksanaan tugas Fakultas Kedokteran Gigi khususnya di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pusat Studi Kedokteran Gigi Militer akan melakukan kegiatan perencanaan dan pelaksanaan riset yang berkaitan dengan Kedokteran Gigi Militer secara monodisiplin atau multidisiplin dan pengabdian kepada masyarakat.

    Kegiatan Pusat Studi Kedokteran Gigi Militer melingkupi dua hal pokok, yaitu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun yang dimaksud dengan Kedokteran Gigi Militer adalah semua lingkup di bidang kedokteran gigi yang terkait dengan tugas-tugas kemiliteran baik yang menyangkut matra darat, laut, dan udara.

    Kerjasama Resmi FKG UNPAD dan Danacita

    Setelah kamu mengetahui alasan kuliah di FKG UNPAD serta keuntungan kuliah di FKG UNPAD dan mulai tertarik kuliah di fakultas ini tetapi terhalang biaya jangan khawatir karena ada Danacita. Danacita adalah perusahaan finansial teknologi yang memiliki misi untuk membangun masa depan generasi muda di Indonesia dengan menghadirkan pembiayaan pendidikan yang terjangkau bagi para pelajar dan tenaga profesional yang sudah berizin dan diawasi OJK. Danacita dan FKG UNPAD telah bekerja sama untuk memberikan solusi pembiayaan pendidikan yang terjangkau bagi mahasiswa FKG UNPAD untuk membiayai studi mereka.


    Baca juga: Danacita Kunjungi Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UNPAD


    Kerjasama yang diadakan Danacita dan FKG UNPAD adalah dengan mengadakan program cicilan secara bulanan dengan masa cicilan mulai dari 6 bulan, 12 bulan hingga 24 bulan untuk mahasiswa aktif maupun calon mahasiswa di penerimaan mahasiswa baru (PMB) FKG UNPAD khusus untuk Program Mandiri dan Program Adaptasi. Nah, jika kamu calon mahasiswa baru yang nggak mengikuti program mandiri dan program adaptasi atau kamu adalah mahasiswa aktif, program cicilan yang dapat kamu pilih mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan lho.

    Dengan mengikuti program ini, calon mahasiswa FKG UNPAD dapat melakukan pembayaran biaya kuliah per semester dengan mencicil setiap bulannya sesuai dengan durasi yang dipilih oleh mahasiswa.

    Kamu juga tidak perlu khawatir, karena proses pengajuan di Danacita cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja tanpa harus membayar DP, uang jaminan ataupun biaya lainnya. Selain dengan FKG UNPAD, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 130 lembaga pendidikan di seluruh Indonesia, baik itu formal maupun non formal, jadi sudah pasti terbukti aman dan terjamin. Jika kamu tertarik untuk mengajukan, langsung buka website Danacita dengan klik link di sini.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    FKG UNPAD alasan kuliah di fkg unpad keuntungan kuliah di fkg unpad
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri