Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Kursus App Programming Koding Akademi dan Biayanya

2023-02-02

App-programming-bersama-koding-akademi-blog-Danacita

Daftar isi

    Perkembangan dunia teknologi saat yang saat ini begitu pesat membuka peluang bagi profesional di bidang IT dan Teknologi. Saat ini banyak profesi yang lahir dari perkembangan dunia teknologi. Salah satunya adalah App Programming. Untuk kamu yang ingin mempelajari App Programming, simak penjelasan lengkapnya di artikel berikut..

    Apa itu App Programming?

    App programming merupakan proses pembuatan program komputer dalam sebuah aplikasi yang terdiri dari software atau perangkat lunak komputer. Program ini dibuat untuk mengerjakan ataupun menyelesaikan berbagai masalah keseharian kita.

    Dengan kata lain program ini merupakan program lengkap dan mandiri yang menjalankan fungsi tertentu secara langsung untuk pengguna. Karena setiap program memiliki aplikasi khusus untuk pengguna, istilah "aplikasi" digunakan. Misalnya, pengolah kata dapat membantu pengguna membuat artikel, sedangkan aplikasi game dapat digunakan untuk hiburan.

    Orang yang mengerjakan aplikasi ini disebut sebagai App Programmer atau biasa juga disebut juga sebagai App Developer

    Contoh App Programing

    App programing dirancang sesuai dengan fungsi dan kegunaannya masing-masing. Berikut beberapa contoh dari App programming:

    1. Word processing

    App ini merupakan sebuah program yang dibuat agar dapat digunakan sebagai alat untuk menyunting naskah. Misalnya Microsoft Word, Wordpad, Lotus, Ami Pro, Word Perfect, dan yang lainnya.

    2. Desktop Publishing

    App ini dibuat untuk mengatur tata letak pada suatu naskah agar bisa siap dicetak dengan mudah. Beberapa aplikasi yang termasuk dalam desktop publishing antara lain Adobe, InDesign, Viva Designer, Microsoft Publisher, dan yang lainnya.

    3. Database Management System

    Fungsi dari app ini adalah untuk menyimpan data-data dalam jumlah besar. App ini akan menyimpan, mengolah, dan menghasilkan informasi. Contoh aplikasinya yaitu Paradox, Foxpro, Approach, dan sebagainya.

    4. Game

    Sesuai dengan namanya app ini merupakan program yang dibuat untuk menyediakan berbagai permainan bagi pengguna. Contohnya Mobile Legend.

    5. Communication

    Tujuan utama dibuatnya app ini adalah sebagai wadah untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya. Contohnya CrossTalk, Procomm Plus, dan yang lainnya.

    6. Graphics

    App ini merupakan Program yang dibuat untuk membantu kebutuhan pengguna dalam mendesain gambar. Dengan program ini, pengguna dapat membuat gambar melalui sistem komputer. Misalnya CorelDraw, Adobe Photoshop, Stanford Graphics, dll.

    Kenapa Kamu Harus Belajar App Programming?

    Tidak bisa dipungkiri jika app programming menjadi sangat penting di era modern saat ini. Orang-orang menggunakan aplikasi untuk melakukan tugas sehari-hari sebagai bagian dari kehidupan pribadi maupun profesional mereka. Tanpa adanya app programming, baik perusahaan maupun individu akan kesulitan.

    Dengan begitu pentingnya peranan app programming saat ini, maka mempelajarinya sejak dini menjadi hal yang sangat penting juga. Dengan pengetahuan dan kemampuan dalam app programming, kamu menjadi salah satu orang yang sangat dibutuhkan. Hal ini membuka kesempatan yang sangat luas untuk kamu berkarir.

    Belajar App Programming di Koding Akademi

    Untuk kamu yang ingin belajar App Programming, Koding Akademi menyediakan berbagai pilihan kelas yang bisa kamu ikuti. Mulai dari kelas basic, hingga intermediate. Koding Akademi sendiri merupakan pusat belajar coding dan robotics yang terbesar di Denpasar, Bali dan berdiri sejak 2009. Sesuai dengan namanya, lembaga belajar ini mengajarkan coding & pemrograman mulai usia 6 hingga 25 tahun dan telah bekerjasama dengan berbagai sekolah nasional dan internasional di Bali.

    Berikut beberapa pilihan kelasnya:

    1. Java Programming (Basic)

    Di kursus ini, kamu akan belajar memprogram menggunakan bahasa pemrograman Java. Java sendiri merupakan bahasa pemrograman yang paling umum digunakan untuk mengembangkan aplikasi desktop dan seluler pemrosesan data besar, sistem tertanam, dan sebagainya.

    Untuk ikut kelas ini kamu tidak perlu memiliki pengetahuan seputar programing sebelumnya. Karena kamu akan belajar dari dasar. Pertemuan dilakukan selama 24 pertemuan atau sekitar 6 bulan. Untuk satu kali pertemuan berdurasi 90 menit. Biaya mengikuti kelas ini adalah Rp4.200.000.

    2. Python Programming (Fundamental)

    Sesuai dengan namanya, kelas Python Programming (Fundamental) merupakan kelas yang akan mengajarkan kamu fundamental dari bahasa pemrograman Python. Bahasa pemrograman Python banyak digunakan untuk membuat berbagai macam program. Misalnya program CLI, Aplikasi Mobile, Web, dan yang lainnya.

    Kamu akan mengikuti kelas selama 3 bulan dengan 12 pertemuan. Masing-masing pertemuan berdurasi 90 menit. Untuk biayanya sendiri yaitu Rp2.200.000.

    3. Web design dengan HTML5 dan CSS3 Beginner

    Kursus ini mengajarkan kamu berbagai hal tentang web design. Mulai dari menulis program HTML5 dan CSS3 yang benar, hingga membuat website yang interaktif dengan JavaScript. Dengan menguasai rangkaian teknologi ini, kamu akan memiliki kemampuan untuk membuat website yang berkualitas yang dapat bekerja dengan baik di perangkat mobile, tablet, maupun desktop.

    Di kelas ini kamu akan belajar mengenai:

    • Membuat beberapa macam Website Layout yang banyak dipakai
    • Membuat web pages yang responsif untuk berbagai ukuran layar
    • Membuat animasi dan web effect dengan CSS3

    Untuk biaya kelasnya sendiri yaitu Rp2.100.000

    4. Kursus Web Programming dengan Laravel dan Bootstrap - Intermediate

    Laravel merupakan salah satu framework PHP yang paling populer. Hal ini karena, ketika kamu mempelajarinya, kamu akan bisa membuat aplikasi yang kompleks dengan cara yang mudah. Di kelas ini, kamu akan belajar banyak hal. Seperti PHP Object Oriented Programming, Laravel Fundamental, Bootstrap 4, Authentic System, dan masih banyak lagi.

    Untuk ikut kelas ini kamu setidaknya sudah menguasai Basic PHP atau telah mengikuti kelas Web Programming Beginner. Biaya kelas program ini yaitu Rp4.000.000

    5. Kursus Flutter Android App Development 1

    Kursus ini merupakan sebuah program belajar yang akan mengajarkan kamu bagaimana membuat aplikasi mobile yang bisa berjalan di aplikasi Android. Lewat kursus ini, kamu kamu akan dapat membuat aplikasi mobile dengan mudah. Kelas ini sangat cucuk untuk semua kalangan, bahkan bagi pemula yang belum ada dasar programming sekalipun.

    Kursus ini memiliki 12 kali pertemuan dengan biaya sebesar Rp3.500.000.

    6. Web Programming Mastering Wordpress

    Wordpress merupakan salah satu Content Management System (CMS) yang paling populer karena sifatnya yang open-source. CMS ini memungkinkan pengguna untuk membuat website dan blog yang dinamis.

    Di kursus ini kamu akan mempelajari bagaimana menguasai Wordpress. Oleh karena itu, jika kamu ingin mengikuti kelas ini, kamu perlu memiliki pengetahuan dasar tentang HTML dan CSS. Biayanya kelas ini yaitu Rp1.200.000.

    7. Basic Python Programming (Beginners)

    Kelas Basic Python Programming (Beginners) ini akan mengajarkan kamu bahasa pemrogaman Pyton yang banyak digunakan dalam program seperti CLI, GUI, web aplikasi seluler, ilmu datam IoT, game, dan lain sebagainya.

    Pertemuan dilakukan selama 90 menit atau 12 kali pertemuan, dengan durasi 90 menit/ pertemuan. Biayanya yaitu Rp2.200.000

    8. Web Design dengan HTML, CSS3, Javascript Beginner

    Di kursus ini, kamu akan belajar membuat beberapa macam Website Layout yang banyak dipakai, web pages yang responsif untuk berbagai ukuran layar, animasi dan web effect dengan CSS.

    Kursus ini terbagi atas 3 program, yaitu:

    C. Web Design dengan HTML, CSS3, Javascript Beginner 3.0 biayanya Rp700.000

    Menjadi Ahli App Programmer dengan Bootcamp di Koding Akademi Pakai Danacita

    Danacita merupakan sebuah perusahaan teknologi finansial yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia lewat solusi pembiayaan untuk pelajar, mahasiswa maupun tenaga profesional.

    Simulasi Pembiayaan Kursus Cicilan Reguler

    Program Program Fee 6 Bulan 9 Bulan 12 Bulan
    Data Analyst 8,499,000 1.569.482 per bulan 1.100.149 per bulan 856.983 per bulan
    Fullstack Developer 9,499,000 1.754.149 per bulan 1.229.593 per bulan 957.816 per bulan
    Laravel 4,000,000 738.667 per bulan 517.778 per bulan 403.334 per bulan

    • 6 bulan reguler: *Pembayaran Bulanan Sudah Termasuk 1.3% Biaya Platform dan 3% Biaya Persetujuan (dikenakan sekali di depan)
    • 9 bulan reguler: *Pembayaran Bulanan Sudah Termasuk 1.5% Biaya Platform dan 3% Biaya Persetujuan (dikenakan sekali di depan)
    • 12 bulan reguler: *Pembayaran Bulanan Sudah Termasuk 1.5% Biaya Platform dan 3% Biaya Persetujuan (dikenakan sekali di depan)

    Saat ini Danacita dan Koding Akademi telah bekerjasama untuk mewujudkan kamu belajar App Programming. Kerjasama ini memungkinkan kamu untuk mengikuti program tanpa terkendala biaya. Kamu bisa mengajukan cicilan hingga 18 bulan, dengan proses pengajuannya yang sangat mudah. Selain itu, Danacita juga telah diawasi oleh OJK, sehingga dijamin aman.

    Informasi selengkapnya, klik di sini.

    banner-blog-leads-generation

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!