Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Kursus Coding Koding Akademi dan Biayanya

2023-01-30

Daftar isi

    Saat ini, persaingan antar manusia dalam dunia kerja semakin ketat. Selain itu, dampak dari perkembangan teknologi yang semakin pesat pula menjadi salah satu faktor dibutuhkannya sumber daya manusia yang memiliki keahlian yang lebih luas.

    Tak hanya merekrut sumber daya manusia yang kompeten, demi melampaui persaingan di era digital, banyak perusahaan sudah mulai mengambil manfaat dari teknologi terbaru. Terlebih sudah banyak mesin atau robot yang membantu manusia.

    Penting bagi kita untuk mengupgrade skill dengan mengikuti kursus coding, salah satunya di Akademi. Bagi kamu yang juga tertarik mengikuti kursus coding Koding Akademi, yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini!

    Apa Itu Coding?

    Sebelum melanjutkan pembahasan mengenai kursus coding Koding Akademi, kamu perlu memahami apa itu coding dan bagaimana proses travelling dan sistem aplikasinya bekerja dalam kehidupan sehari-hari.

    Coding adalah kegiatan yang berkaitan dengan menulis atau merangkai suatu perintah yang dapat dibaca oleh manusia berdasarkan syntax (aturan penulisan) dalam bahasa pemrograman tertentu, yang kemudian dikonversikan menjadi kode-kode yang dapat dimengerti oleh mesin. Perintah tersebut akan diterjemahkan ke dalam bahasa mesin menggunakan komputer.

    Tujuan dari kegiatan coding adalah sebagai bentuk komunikasi yang dilakukan oleh manusia terhadap mesin komputer untuk melaksanakan tugas tertentu atau memecahkan suatu masalah. Website atau program aplikasi merupakan produk yang diperoleh dari kegiatan coding.

    Manfaat Coding

    Meski kelihatannya rumit, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat dengan belajar coding. Ini adalah beberapa di antaranya:

    1. Memulai Karir di Bidang IT

    Banyak orang tertarik belajar coding untuk mendapatkan jenjang karir yang lebih baik dan bisa bekerja di perusahaan teknologi ternama seperti e-commerce atau startup unicorn. Tidak menutup kemungkinan jumlah pekerjaan dengan kemampuan coding akan semakin meningkat.

    2. Membuat Website atau Aplikasi

    Apa kamu bercita-cita bisa membuat aplikasi atau situs web? Dengan belajar coding, kamu bisa mewujudkannya. Belajar coding juga dapat membantu kamu mengotomatiskan spreadsheet atau membangun aplikasi sesuai keinginanmu.

    3. Mengembangkan Cara Berpikir Secara Logis

    Memilih bahasa pemrograman sangat penting ketika kamu memulai coding. Saat menentukan jenis bahasa, kamu juga perlu memahami struktur algoritma pemrograman yang digunakan di dalamnya. Nantinya kamu akan menggunakan algoritma ini saat ingin membangun aplikasi.

    Contoh Bahasa Pemrograman Coding yang Populer

    Pembahasan selanjutnya sebelum mengetahui kursus coding Koding Akademi, yaitu kamu harus paham bahasa pemrograman coding yang sering digunakan. Ada macam-macam bahasa pemrograman yang wajib dipelajari oleh programmer maupun web developer. Nah, contoh bahasa pemrograman adalah sebagai berikut:

    1. HTML

    Secara teknis, HTML sebenarnya bukan bahasa pemrograman. Hanya saja bahasa inilah yang biasanya pertama kali dipelajari, sebelum seseorang belajar pemrograman lebih jauh.

    HTML digunakan untuk menyusun konten yang ditampilkan di website.

    Cara kerjanya, HTML menyusun bagian-bagian konten dalam elemen tertentu. Misalnya, bagian utama konten ditunjukkan oleh elemen <body>. Sedangkan, paragraf ditunjukkan dengan elemen <p>.

    2. CSS

    CSS adalah bahasa yang digunakan untuk mengatur tampilan website. Mulai dari warna teks dan backgroundnya, layout, tampilan elemen, dan hal lain yang kamu lihat di website. Intinya, CSS membantu websitemu agar terlihat bagus dan mudah dibaca pengunjung.

    3. JavaScript

    JavaScript adalah bahasa pemrograman gabungan HTML dan CSS. Bahasa satu ini lebih dikenal karena kemampuannya meningkatkan interaksi user interface di website. Misalnya, membuat efek animasi ketika mengklik tombol ataupun menebalkan kolom ketika pengunjung harus mengisi form tertentu.

    Namun jangan salah, Javascript juga menjalankan fungsi yang lebih kompleks. Mulai dari melakukan setting untuk password, mengamankan cara pembayaran online (payment gateway), menyembunyikan detail transaksi di website, menerapkan algoritma pencarian, dan lainnya.

    4. Python

    Python termasuk ke dalam bahasa di level tinggi dari macam-macam bahasa pemrograman lainnya. Hal ini karena kamu bisa mengembangkan dan membuat aplikasi dengan berbagai fungsi menggunakan Python. Python juga bisa dipelajari dengan mudah bagi pemula atau siapapun yang mengembangkan aplikasi.

    5. PHP

    Yang paling terkenal dari berbagai contoh bahasa pemrograman adalah PHP. PHP juga menjadi salah satu bahasa yang sering digunakan pada website. Contohnya, PHP digunakan pada Content Management System (CMS) seperti, WordPress dan Joomla. PHP ini juga digunakan oleh social media terkenal seperti Facebook.

    Program Kursus Coding Koding Akademi

    Koding Akademi adalah platform edukasi yang fokus mengajarkan ilmu coding dan robotics untuk anak-anak usia dari 7 hingga 20 tahun.

    Kursus coding Koding Akademi ini berusaha mengenalkan 2 kemampuan ini sejak usia dini untuk mengakselerasi kemampuan teknologi generasi muda Indonesia agar dapat bisa lebih produktif dengan teknologi, sehingga di masa depan akan menghasilkan tenaga-tenaga terampil yang matang dengan lebih banyak pengalaman.

    Saat ikut kursus coding Koding Akademi, sebagai pemula kamu diperkenalkan dasar-dasar bahas, berisi modul, dan tugas interaktif untuk memandu pembelajaranmu. Kursus coding Koding Akademi Menyediakan 3 program untuk pemula, yaitu:

    1. Web Design dengan HTML5, CSS, Javascript Beginner 1.0

    Kursus Web Design ini akan mempelajari HTML5 dan CSS3 mulai dari dasar. Di sini kamu dapat membuat website hanya dengan HTML5 dan CSS3 hingga website interaktif menggunakan Javascript.

    Dengan menguasai rangkaian teknologi ini, kamu memiliki kemampuan untuk membuat website yang berkualitas dan bekerja dengan baik melalui tablet, smartphone, ataupun layar

    besar sekalipun.

    Kursus coding Koding Akademi ini dikhususkan untuk anak usia 15 tahun ke atas dengan 12 sesi pertemuan per minggu selama 3 bulan. Harga untuk kursus coding Koding Akademi Web Design ini adalah Rp 1.400.000.

    Informasi selengkapnya di sini.

    2. Web Programming PHP, MYSQL

    Kelas Web Programming PHP, MYSQL adalah kursus yang fokus mengajarkan proses coding aplikasi berbasis web menggunakan bahasa pemrograman PHP, dimulai dari pembahasan web di sisi klien seperti HTML, CSS, Javascript, dan jQuery.

    Tak hanya itu, di kursus coding Koding Akademi ini ada juga materi yang menggunakan studi kasus sehingga kamu tidak selalu belajar teori, tetapi juga penerapannya.

    Sama seperti kursus web design, kursus coding Koding Akademi ini dikhususkan untuk usia 15 tahun ke atas dengan 4 sesi pertemuan per minggu selama 3 bulan. Untuk mengikuti kelas Kelas Web Programming PHP, MYSQL, kamu harus membayar sebesar Rp 2.700.000.

    Informasi selengkapnya di sini.

    3. Basic Python Programming

    Basic Python Programming adalah kursus yang mempelajari Python mulai dari dasar. Membahas Syntax dan Structure yang digunakan di Python. Kursus coding Koding Akademi ini akan mengajarkan kamu Python secara praktis, dilengkapi screencast pengkodean lengkap dan buku catatan kode yang sesuai.

    Kursus coding Koding Akademi ini dikhususkan untuk usia 15 tahun ke atas dengan 12 kali pertemuan selama 3 bulan. Harga kelas Basic Python Programming sendiri, yaitu Rp 2.200.000.

    Informasi selengkapnya di sini.

    Ahli Coding dengan Bootcamp di Koding Akademi Pakai Danacita

    Itulah penjelasan lengkap mengenai kursus coding Koding Akademi. Buat kamu yang masih ragu-ragu untuk ikut kursus coding Koding Akademi karena perkara biaya, eits tenang aja. Ada Danacita yang siap backup pendanaan kamu dengan cicilan 0%.

    Koding Akademi dan Danacita telah bekerjasama secara resmi untuk memberikan solusi pembiayaan pelatihan yang terjangkau di Koding Akademi yang bisa dicicil mulai dari 6 hingga 24 bulan.

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi yang terjangkau dan sudah resmi berizin serta diawasi oleh OJK.

    Bersama Danacita, kamu bisa mengikuti kursus coding Koding Akademi tanpa khawatir dengan kendala biaya. Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Kursus Coding Koding Akademi koding akademi kursus coding
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri