Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Kursus Engineering Koding Akademi dan Biayanya

2023-01-30

Daftar isi

    Seiring perkembangan teknologi, pekerjaan di bidang IT juga semakin diminati di dunia kerja. Salah satu pekerjaan yang sedang banyak dibutuhkan adalah data engineering. Profesi ini menjadi salah satu profesi menjanjikan terutama untuk perusahaan rintisan dengan basis teknologi atau startup.

    Pekerjaan sebagai data engineer ini tidak hanya sebatas programmer atau developer saja. Namun, data engineer mempunyai banyak tugas dan skill yang harus dikuasai. Kamu bisa mempelajari bidang ini dengan mengikuti kursus. Salah satu tempat yang memiliki program tersebut adalah kursus engineering Koding Akademi. Berikut penjelasannya lengkapnya.

    Apa Itu Engineering?

    Sebelum membahas kursus engineering Koding Akademi, berikut akan dijelaskan mengenai Engineering terlebih dahulu.

    Engineering adalah suatu bidang keilmuan yang mengkombinasikan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan solusi atas permasalahan umat manusia dalam lingkup kajian keteknikan. Ilmu engineering adalah termasuk dalam rumpun ilmu alam karena bidang kajiannya mengaplikasikan ilmu-ilmu alam seperti kimia, fisika, biologi, dan matematika.

    Dalam perkembangannya, ilmu engineering telah mengalami perjalanan yang cukup panjang. Sejak awal peradaban manusia sudah cukup banyak karya engineering yang dihasilkan, beberapa di antaranya yaitu pembuatan terowongan, pembuatan mercusuar, pembuatan pelabuhan, dan pembuatan kuil pemujaan yang merupakan sumbangan dari bangsa Yunani.

    Mengenal Engineer

    Engineer adalah profesi yang bertugas untuk mendesain dan membangun sistem yang nantinya digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisa data. Umumnya, data yang dikumpulkan dan dikelola nantinya akan ditafsirkan secara lebih jauh oleh data analyst dan data scientist.

    Tujuan akhirnya adalah untuk menyajikan informasi yang berguna untuk bisnis. Sehingga, jajaran manajemen bisa mengambil keputusan yang bisa dipercaya dan berbasis data.

    Umumnya, mereka akan bekerja sama dengan karyawan bagian pengolahan data lainnya seperti Data analyst dan Data manager. Meski namanya mirip, ketiga profesi yang berkaitan dengan data ini punya tugas yang berbeda.

    Tentunya untuk menjadi seorang Engineer, ada beberapa hal-hal tertentu yang harus dipenuhi. Misalnya saja menguasai matematika, statistika, dan programming. Selain itu kemampuan dalam berpikir cepat dan logis tentunya sangat dibutuhkan, mengingat profesi ini merupakan profesi yang cukup "vital".

    Untuk menjadi seorang Data Engineer yang profesional, ada beberapa skill utama yang harus dikuasai. Apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini!

    1. Bahasa Pemrograman

    Pada praktiknya, ada beberapa bahasa pemrograman yang penting seringkali digunakan data engineer. Contohnya seperti SQL, Java, R dan Python.

    2. Sistem ETL (Extract, Transfer, dan Load)

    Kamu juga perlu mempelajari sistem ETL agar bisa memindahkan data dari suatu database ke database lain. Beberapa alat yang kerap digunakan dalam pengaplikasian sistem ETL adalah Stitch dan Xplenty.

    3. Cloud Computing

    Saat ini, penyimpanan data tidak hanya dilakukan di server fisik, tapi juga server cloud. Itulah mengapa kamu harus paham cara kerja cloud storage dan cloud computing.

    4. Penyimpanan Data (Data Storage)

    Tidak semua data disimpan dengan cara yang sama. Terlebih lagi jika data yang dikelola bersifat kompleks. Dalam hal ini, kamu perlu paham betul tentang tipe data dan struktur data.

    5. Machine Learning

    Melalui skill ini, kamu akan paham cara mengembangkan algoritma dan penggunaan kecerdasan buatan (artificial intelligence). Walau skill ini masuk ke ranah data scientist, tapi setidaknya kamu memahami dasarnya juga.

    Fungsi dan Tujuan Engineering

    Adapun perlu kita ketahui fungsi seorang engineering adalah berikut:

    • Keselamatan Kerja
    • Monitoring pada Alat dalam proses kerja atau produksi
    • Mengelola material pendukung

    Adapun tugas dan tanggung jawab seorang engineering adalah sebagai berikut:

    • Menjaga kelancaran proses perusahaan tempat bekerja
    • Mampu mengatasi trouble
    • Melakukan pengecekan secara berkala

    Program Kursus Engineering Koding Akademi

    Koding Akademi adalah platform edukasi yang fokus pada pengajaran digital skill seperti koding dan robotika.

    Kursus ini mengajarkan coding atau pemrograman untuk murid mulai usia 4-25 tahun agar bisa belajar Game Programming, membuat Android Apps, Web design & programming, Java Programming, Python Programming , dan merakit robot menggunakan mikrokontroler Arduino.

    Ada banyak kelas yang disediakan oleh Koding Ademi, salah satunya kursus engineering Koding Akademi. Berikut kelas yang disediakan.

    1. Ladang Lima Engineering Package

    Di kursus engineering Koding Akademi ini kamu akan belajar membuat kreasi DIY dengan mendapatkan paket, seperti:

    • Set of Cardboard
    • Gunting/Cutter
    • Lem
    • Kertas Warna
    • Cookies Ladang Lima (Blacmond Sachet 5pcs)
    • Modul Pembuatan Vending Machine
    • Zoom Class 60 menit, TERBATAS!

    Untuk mengikuti kursus engineering Koding Akademi Ladang Lima Engineering Package ini, kamu harus membayar Rp 200.000.

    Informasi selengkapnya di sini.

    2. Engineering Home Package 1.0 Senior

    Kursus engineering Koding Akademi ini dikhususkan untuk anak 7-10 tahun belajar dan dipraktekkan langsung mengenai tugas engineering. Setiap pembelian paket ini, kamu dapat mengakses E-Learning berisi tutorial dan lembar kerjanya serta bonus video conference dengan instruksi selama 30 menit.

    Isi paket kursus engineering Koding Akademi Engineering Home Package 1.0 Senior, yaitu:

    • 1 Paket Belajar Buldozer
    • 1 Paket Belajar Conveyor
    • 1 Paket Belajar Hydraulic Crane
    • 1 Paket Belajar Hydraulic Lift

    Informasi selengkapnya di sini.

    3. Engineering Home Package 2.0 Senior

    Sama seperti kursus engineering Koding Akademi Engineering Home Package 1.0 Senior, kelas ini dikhususkan untuk anak 7-10 tahun.

    Kamu juga akan mendapatkan akses E-Learning berisi tutorial dan lembar kerjanya serta bonus video conference dengan instruksi selama 30 menit.

    Hanya saja isi paket kursus engineering Koding Akademi Engineering Home Package 2.0 Senior memiliki perbedaan, yaitu:

    • 1 Paket Belajar Water Dispenser
    • 1 Paket Belajar Washing Machine
    • 1 Paket Belajar Windmill and
    • 1 Paket Belajar House Lamp

    Informasi selengkapnya di sini.

    Belajar Engineering dengan Bootcamp di Koding Akademi Pakai Danacita

    Sekarang kamu bisa mengambil kursus engineering Koding Akademi dengan mudah bersama Danacita tanpa takut biaya.

    Danacita adalah sebuah platform Fintech pembiayaan pendidikan yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia. Termasuk kursus engineering Koding Akademi.

    Danacita memberikan solusi pembayaran bootcamp secara cicilan bagi kamu dengan alternatif pembayaran bertahap mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan.

    Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap.

    Namun, jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    koding akademi Kursus Engineering Koding Akademi
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri