Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Lead Generation adalah: Pengertian dan Informasi Selengkapnya

2023-01-31

Leads-Generation-Danacita-Pengertian-Dan-Informasinya-Terbaru-Blog-Danacita-v2

Daftar isi

    Belakangan, dunia digital marketing semakin hari semakin berkembang pesat sesuai dengan perkembangan teknologi yang mempengaruhi segala aspek, termasuk dalam hal bisnis. Sebagai seseorang yang ingin berkarir di bidang digital marketing, kamu harus selalu mengikuti perkembangan dan memahami setiap istilah yang ada, salah satunya lead generation.

    Lead generation merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam dunia digital marketing dan bisnis. Seperti apa lead generation itu dan seberapa penting peranannya dalam bisnis? Temukan jawabannya pada artikel berikut

    Apa Itu Lead Generation?

    Lead generation adalah sebuah proses mendapatkan minat pelanggan potensial untuk meningkatkan penjualan di masa depan. Ini adalah bagian penting dari proses digital marketing, terutama bagian penjualan bagi banyak perusahaan.

    Proses mendapatkan minat pelanggan potensial ini biasanya dengan mengumpulkan informasi tentang calon pembeli dan kemudian menyesuaikan metode pemasaran dan promosi penjualan dengan kebutuhan calon pelanggan. Beberapa cara untuk menghasilkan lead adalah melalui lamaran kerja, postingan blog, kupon, acara langsung, dan konten online.

    Jenis-jenis Lead Generation

    Perlu diketahui, jika tidak semua prospek memiliki kualifikasi yang sama. Untuk itu, sebuah bisnis perlu memahami masing-masing prospeknya mellaui jenis-jenis lead generation berikut:

    1. Marketing Qualified Lead (MQL)

    Marketing qualified lead (MQL) adalah jenis lead generation dimana orang-orang yang telah terlibat dalam tim pemasaran suatu bisnis. Dengan kata lain, pada jenis ini, prospek telah menerima informasi penawaran produk, tetapi belum siap membeli.

    Misalnya audiens yang mengisi formulir penjualan pada suatu website bisnis. Meski begitu, mereka belum tentu ingin membeli produk tetapi cuman ingin mencari informasi lebih lanjut terkait apa yang ditawarkan.

    2. Sales Qualified Lead (SQL)

    Sales Qualified Lead (SQL) adalah orang-orang yang telah menunjukan ketertarikannya terhadap barang atau jasa yang ditawarkan dan sedikit lagi akan menjadi calon pembeli. Misalnya mereka yang telah mengisi formulir, kemudian dilanjutkan dengan mengajukan pertanyaan tentang produk atau layanan.

    3. Product Qualified Lead (PQL)

    Product Qualified Lead (PQL) merupakan orang-orang yang telah menunjukan minat untuk menjadi calon pelanggan. Misalnya ketika mereka menggunakan produk atau layanan suatu bisnis secara gratis dan menunjukkan minat untuk menjadi pelanggan yang membayar.

    4. Service Qualified Lead

    Jenis Lead Generation yang terakhir adalah Service Qualified Lead. Lead generation ini merujuk pada orang-orang yang telah mencoba produk atau layanan suatu bisnis secara gratis, kemudian mereka bersedia membayar untuk mendapatkan fitur lengkapnya.

    Pentingnya Peranan Lead Generation

    Menarik pelanggan baru untuk melirik bisnis menjadi salah satu cara cara yang paling banyak dilakukan. Ini menunjukan jika lead generation sangat berperan penting dalam pertumbuhan bisnis.

    Sebab, seluruh bisnis memerlukan lead generation agar bisa terus memperoleh konsumen dan memastikan produk atau layanannya terjual. Untuk dapat terjadi penjualan, dibutuhkan leads atau calon customer yang akhirnya menjadi customer dengan melakukan konversi.

    Sadar atau tidak, lead generation menawarkan berbagai manfaat untuk bisnis. Misalnya dapat meningkatkan brand awareness dan menargetkan pelanggan potensial dengan tepat.

    Saatnya Belajar Lead Generation Dalam Bidang Digital Marketing Melalui Bootcamp

    Lead generation merupakan salah satu bidang ilmu yang ada dalam digital marketing. Untuk itu, jika kamu ingin belajar lebih mendalam tentang lead generation, sebaiknya mengikuti membaca banyak buku atau mengikuti pelatihan bootcamp digital marketing.

    Berikut beberapa rekomendasi bootcamp digital marketing

    1. Purwadhika

    Bootcamp digital marketing Purwadhika merupakan program training intensif untuk siapa saja yang ingin shifting ke dunia Digital Marketing hanya dalam 12 minggu, bahkan untuk kamu yang tanpa background sekalipun.

    Di bootcamp ini, kamu akan mendapatkan pengalaman belajar langsung dari para instruktur dan mentor di bidang Digital Marketing yang telah berpengalaman bekerja di berbagai perusahaan multinasional terkemuka.

    Program ini akan memberikan koneksi pekerjaan untuk meraih karir digital di perusahaan terpercaya baik di Indonesia hingga luar negeri. Selain itu, lewat bootcamp ini Purwadhika juga akan memberikan dukungan karir pribadi dan fasilitas koneksi kerja seumur hidup kepada setiap alumni Program Job Connector Bootcamp.

    Beberapa materi yang akan kamu dapatkan di bootcamp ini, antara lain:

    • Digital Marketing Foundation
    • Search Engine Optimization
    • Social Media Marketing
    • Paid Media dan Digital Ads
    • Content Workflow
    • Email Marketing
    • Data Collection, Analytics, and Reporting
    • dan masih banyak lagi.

    Baca juga: Biaya Kursus di Purwadhika 2022


    2. Digital Skola

    Bootcamp digital marketing Digital Skola merupakan program 3 bulan kelas intensif dengan portofolio, program magang dan persiapan karir terbaik di bidang digital marketing.Bootcamp ini memiliki kurikulum berbasis industri yang pembelajarannya berfokus pada praktik. Sehingga membuat kamu memiliki gambaran bekerja di industri secara nyata.

    Selain itu, kamu juga akan mendapatkan Program Coaching dan mentoring karier, Personality and career assessment, hingga dapat konsultasi dengan tutor di luar jam kelas. Menarik bukan?

    Untuk materinya sendiri yang akan kamu dapatkan di bootcamp ini, antara lain:

    • Digital Marketing Research
    • Organic Contents - Landing Page and Search Engine Optimization (SEO)
    • Copywriting and Creative Design
    • Paid Ads Foundation
    • Video Marketing Basic
    • Key Opinion Leader
    • dan masih banyak lagi

    Baca juga: Biaya Bootcamp di Digital Skola Dengan Danacita


    Handal Digital Marketing Bersama Danacita

    Itu dia informasi seputar lead generation dan pentingnya untuk bisnis. Jika kamu tertarik mempelajarinya secara mendalam dan ingin berkarir sebagai digital marketing, kamu bisa mengikuti bootcamp digital marketing di Purwadhika ataupun Digital Skola. Kamu tidak perlu khawatir terkait biaya, karena Danacita siap mewujudkan mimpi kamu untuk belajar digital marketing.

    Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan terjangkau yang memiliki misi untuk membuka akses pendidikan kepada para pelajar di seluruh Indonesia.

    Dengan menggunakan Danacita, kamu bisa membayar kursus secara bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan sehingga bisa jauh lebih ringan. Prosesnya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja tanpa perlu membayar DP, uang jaminan atau biaya lainnya.

    Selain itu, Danacita juga dijamin aman karena sudah berizin dan diawasi OJK dan bersertifikasi ISO 27001

    Informasi selengkapnya, klik di sini.

    banner-blog-leads-generation

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!