Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Makeup Artist: Info, Gaji dan Prospek Kerja Terlengkap

2022-12-30

Daftar isi

    Industri kecantikan menjadi salah satu industri yang sangat populer belakangan ini. Pengusaha produk makeup dan makeup artist bisa menjadi pilihan pekerjaan yang sangat menjanjikan. Kecantikan dan produk kosmetik membuat sebagian besar wanita lebih percaya diri. Wajar saja bila banyak orang yang akhirnya serius menjadikan makeup artist atau penata rias sebagai karier profesional, sebab peluang di bidang ini memang besar sekali.

    Peluang pekerjaan bagi penata rias sangat luas dan beragam. Tak jarang, bagi beberapa orang hal ini jadi terasa sangat membingungkan. Bagi kamu yang tertarik memiliki karier profesional sebagai makeup artist, simak penjelasan tentang profesi ini. Karena akan dibahas tentang makeup artist hingga gaji makeup artist dan prospek kerja makeup artist.

    Apa Itu Makeup Artist?

    Sebelum membahas mengenai gaji makeup artist ataupun prospek kerja makeup artist, tentunya kamu harus mengetahui pengertiannya terlebih dahulu.

    ‘Artist’ dalam makeup artist bukanlah diartikan sebagai public figure. Namun, istilah makeup artist harus diartikan sebagai satu kesatuan. Sederhananya, MUA adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam merias wajah dengan berbagai teknik dan tujuan.

    Makeup artist adalah orang yang hanya bertugas merias bagian wajah saja. Untuk riasan

    lainnya, seperti mengatur rambut akan dilakukan oleh hair stylist dan menata gaya pakaian akan dilakukan oleh fashion stylist. Dalam pengertian tentang MUA di atas disebutkan bahwa merias wajah memiliki teknik tertentu sesuai dengan tujuannya. Ini penting diketahui oleh kamu jika ingin menjadi MUA profesional.

    Sebab, makeup artist adalah perias yang harus multi pengetahuan. Hasil riasan tidak hanya tentang tampilan cantik saja, melainkan juga bisa tentang menjadi hantu, monster, hingga sosok tanpa wajah. Tampilan karakter-karakter harus natural. Penataan riasannya tidak boleh berlebihan atau bahkan kurang sehingga tidak enak dipandang melalui kamera. Jadi, teknik yang digunakan juga harus sesuai.

    Day to Day dan Skill yang Harus Dimiliki Makeup Artist

    Setelah mengetahui pengertian dan sebelum membahas gaji makeup artist atau prospek kerja makeup artist, kamu juga harus mengetahui keseharian serta skill yang harus dimilikinya.

    Berikut adalah peran serta tanggung jawab keseharian yang harus dikerjakan jika kamu menjadi seorang makeup artist.

    • Mengubah tampilan wajah seseorang untuk kepentingan syuting film jika kamu bekerja sebagai makeup artist di sebuah proyek film.
    • Menutup bekas jerawat dan tanda lahir seperti tahi lalat jika dibutuhkan, sehingga hasil makeup sesuai dengan yang diharapkan.
    • Memahami karakter wajah klien sehingga mengetahui bagian mana yang harus ditonjolkan supaya hasil tata rias maksimal.
    • Memahami kondisi kulit wajah klien agar dapat menggunakan bahan riasan sesuai. Alhasil tata rias bisa tahan lama, terlebih jika untuk keperluan wisuda bahkan pernikahan.
    • Memahami keinginan riasan klien.

    Ada banyak skill yang harus kamu kuasai untuk menjadi makeup artist. Skill tersebut tentu saja berkaitan dengan merias wajah, salah satunya yaitu memahami fungsi dari setiap alat makeup.

    Bahkan, jika kamu seorang freelancer makeup artist yang baru memulai karir, kamu juga harus memahami ilmu marketing. Pemahaman tentang marketing ini akan membantu kamu dalam melakukan personal branding.

    Jadi, orang-orang mulai aware bahwa kamu memiliki kemampuan merias baik, personality yang profesional, dan melayani klien dengan baik pula. Skill yang harus dimiliki seorang makeup artist adalah:

    • Memahami setiap alat make up, jenis kulit wajah, hingga setiap bahan riasan supaya bisa menyesuaikan dengan permintaan klien.
    • Memahami penggunaan setiap alat make up untuk mendukung teknik tata rias.
    • Creative thinker.
    • Ulet, bertanggung jawab, dan detail.
    • Kemampuan komunikasi yang baik.
    • Problem solver.
    • Manajemen waktu yang baik.
    • Manajemen emosi yang baik.
    • Leadership.
    banner-gif-text

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kursusmu bersama Danacita

    Gaji Makeup Artist Profesional

    Setelah paham beberapa penjelasan yang sudah dijelaskan di atas, di bagian ini akan dipaparkan mengenai gaji makeup artist. Rata-rata, gaji makeup artist berkisar 3 juta hingga 5 juta, tergantung pada kompetensi yang dimiliki oleh sang penata rias. Profesi ini memang sangat mengedepankan kreativitas pekerjanya. Namun, gaji makeup artist profesional ada yang bisa mencapai hingga puluhan juta.

    Salah satu makeup artist ternama langganan para selebriti adalah Bubah Alfian. Karier Bubah sebagai makeup artist semakin menanjak di era sosial media. Ia memulai tarif makeup dari Rp 50 ribu per event hingga kini dibayar Rp 8 juta untuk event biasa dan Rp 15 juta bahkan lebih untuk pengantin sekali poles.

    Perias profesional lainnya yakni Bennu Sorumba. Ia juga merupakan salah satu makeup artist dengan bayaran termahal. Benny yang mengawali karirnya sebagai asisten makeup artist kini justru menjadi seorang makeup artist profesional dengan bayaran mencapai Rp 20 juta untuk satu event. Bayangkan jika dalam sebulan dia merias 4-6 pengantin.

    Prospek Kerja Makeup Artist Profesional

    Nah, sudah tahu kan gaji makeup artist? Di bagian ini akan dibahas tentang prospek kerja makeup artist. Jika beberapa jenis karir lain akan terancam di era modernitas dan perkembangan teknologi karena adanya AI hingga robot pengganti tenaga manusia, tidak dengan prospek karir makeup artist. Terlebih, bidang kerja makeup artist di dunia kreatif dan hiburan akan terus ada sepanjang masyarakat membutuhkan hiburan.

    Jika kamu seorang lulusan dari sekolah Teknik Tata Rias, bisa mulai membuat portofolio hasil makeup selama berkuliah. Hal ini dikarenakan sudah memiliki kenalan dan jaringan di bidang yang sama, akan mudah bagi kamu mendapatkan bantuan mencari klien atau kebutuhan lainnya guna memperdalam skill.

    Beberapa bentuk bidang kerja atau industri yang bisa dimasuki makeup artist adalah:

    • Freelance makeup artist
    • Membuka salon
    • Bekerja di tim teater
    • Bekerja di tim proyek film
    • Bekerja di agensi artis
    • Bekerja di media televisi

    Menjadi Makeup Artist Profesional dengan Ikut Program Puspita Martha International Beauty School

    Supaya kamu bisa menjadi makeup artist, sebaiknya ikuti lembaga kursus seperti Puspita Martha International Beauty School. Martha Tilaar merupakan salah satu lembaga beauty yang menawarkan program pendidikan kursus. Adapun pendidikan kursusnya tersebut di bawah naungan Puspita Martha International Beauty School. Di dalamnya ada banyak sekali pilihan program yang ditawarkan bisa dipilih oleh para calon siswa yang mau belajar di sana.

    Pendidikan yang ditawarkan juga beraneka ragam mulai dari pendidikan kursus singkat sampai dengan kursus dalam jangka waktu lama. Bahkan juga siapa berikan pendidikan untuk enterpreneurship ataupun juga siap kerja.

    Sebagai tempat pendidikan, Puspita Martha International Beauty School memiliki materi yang merupakan kolaborasi antara materi lokal dengan materi international. Materi Lokal ini merupakan kompetensi Lokal Tata Rias, Tata Kecantikan Rambut, dan Tata Kecantikan Kulit berdasarkan kurikulum Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

    Sedangkan untuk materi Internasional, Puspita Marta sudah terakreditasi internasional untuk semua program. Sertifikasi lokal untuk Program School of Make Up memiliki akreditasi CIBTAC yang berpusat di London, Inggris. CIBTAC merupakan lembaga penguji internasional yang bertanggung jawab dalam pendidikan dan pelatihan untuk bidang kecantikan dan holistic terapis di seluruh dunia.

    Info selengkapnya di sini.

    Belajar Makeup di Puspita Martha International Beauty School dengan Danacita

    Itu dia informasi tentang makeup artist, mulai dari pengertian, gaji makeup artist hingga prospek kerja makeup artist. Jika kamu tertarik untuk memperdalam bidang ini dengan mengikuti kursus atau bootcamp di lembaga yang sudah disebutkan sebelumnya tapi terkendala biaya, kini kamu tidak perlu khawatir. Danacita bisa menjadi solusinya.

    Danacita adalah sebuah perusahaan Financial Technology yang bergerak di bidang pembiayaan pendidikan. Pembiayaan yang disediakan oleh Danacita ditujukan untuk mahasiswa di Universitas/Perguruan Tinggi/Institut/Sekolah Tinggi, dan pelajar di lembaga pendidikan dan pelatihan non-formal di seluruh Indonesia.

    Saat ini, Danacita telah bekerjasama dengan beberapa kampus dan tempat kursus sebanyak lebih dari 130 institusi pendidikan seperti Puspita Martha International Beauty School. Untuk mewujudkan mimpi kamu belajar makeup artist kini terdapat kemudahan biaya lewat cicilan Danacita.

    Terdapat pilihan cicilan 6 bulan hingga 24 bulan yang bisa kamu pilih. Prosesnya mudah dan cepat secara online dengan maksimal 2 hari kerja dan tanpa dibebani DP, uang jaminan atau biaya lainnya.

    Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa

    dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-3d-balok

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kursusmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!