Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Mau Ambil S2? Saatnya Ambil Magister Manajemen

2022-09-09

Daftar isi

    Magister Manajemen adalah salah satu program studi yang bisa kamu temukan di Fakultas Ekonomi atau Fakultas Bisnis. Jurusan manajemen merupakan bidang keilmuan yang mempelajari kegiatan perusahaan yang berkecimpung dalam ilmu ekonomi dan bisnis.

    Lulusannya akan mengendalikan roda bisnis dalam bentuk kegiatan, mulai dari kebijakan manajerial perusahaan, organisasi, strategi bisnis, ketenagakerjaan dan kepegawaian, manajerial produksi, pemasaran, administrasi hingga organisasi nirlaba.

    Jenjang pendidikan Magister Manajemen (MM) biasanya dipilih oleh mahasiswa sebagai penunjang karir dalam dunia bisnis. Relevansi disiplin ilmu dengan mengacu pada pengalaman berbisnis menjadi dasar mereka untuk memenuhi kebutuhannya pada posisi dan jabatan di sebuah perusahaan.

    Jika kamu salah satu tertarik mengambil jurusan ini, yuk simak penjelasan lebih jelas tentang magister manajemen dan rekomendasi kampusnya.

    Mata Kuliah yang Dipelajari di Magister Manajemen

    Kebanyakan orang berpikir bahwa jurusan manajemen cenderung mempelajari hal-hal yang bersifat hafalan dan praktek. Namun kenyataannya, secara umum kamu akan mempelajari ilmu hafalan dan hitungan yang seimbang yaitu 50:50 dan mempraktikkannya dalam suatu kasus.

    Beberapa mata kuliah yang akan kamu temui di jurusan magister manajemen diantaranya:

    1. Manajemen Keuangan

    Mata kuliah manajemen keuangan merupakan gabungan dari ilmu manajemen dan keuangan atau bisa diartikan sebagai pengaplikasian ilmu manajemen pada bidang keuangan. Pada mata kuliah ini, kamu akan belajar merencanakan, mengelola, hingga menggunakan keuangan perusahaan dengan baik.

    Kamu juga belajar menganalisis aspek keuangan dan moneter termasuk kinerja perusahaan bisnis, lembaga perbankan, dan organisasi lainnya. Selain itu, kamu pun akan mempelajari cara memanajemen kas perusahaan, mengendalikan hutang piutang, mengoptimalkan pemanfaatan modal dan investasi, serta mengawasi semua aspek keuangan agar tidak terjadi kesalahan atau kecurangan.

    2. Manajemen Pemasaran

    Mata kuliah manajemen pemasaran berarti kita belajar tentang peluang pasar dan teknik pemasaran usaha dengan mempertimbangkan product, price, place, dan promotion. Dengan kata lain, fokus kuliah manajemen pemasaran terletak pada strategi memenangi persaingan bisnis. Konsentrasi manajemen pemasaran cocok buat kamu yang kreatif dan tak pernah ketinggalan tren.

    3. Manajemen Strategik

    Mata kuliah manajemen strategik dimaksudkan untuk menjadi mata kuliah yang menantang, menuntut, dan menarik secara keseluruhan di dalam kurikulum pendidikan manajemen. Mata kuliah ini adalah mata kuliah pertama dan mendasar dari ilmu strategi dan formulasi mengelola strategi dan proses implementasi, terutama dalam usaha mengembangkan perusahaan melalui pengembangan berkelanjutan.

    Mata kuliah ini juga dirancang untuk membantu mahasiswa dalam mengintegrasikan banyak pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh dalam kurikulum inti manajemen. Masalah atau isu-isu formulasi strategi, formasi dan eksekusi mencakup seluruh spektrum bisnis dan manajemen.

    4. Manajemen Sumber Daya Manusia

    Mata kuliah ini menitikberatkan pada pemahaman seputar sumber daya manusia sebagai aset aktif perusahaan, pengelolaan, dan pemanfaatannya melalui teknik analisis fisik serta psikologis agar dapat memberikan dorongan yang produktif.

    Manajemen sumber daya manusia juga mengkaji tentang pengelolaan dan pengembangan potensi sumber daya manusia dalam organisasi/perusahaan, dan untuk menyediakan layanan yang berkaitan dengan individu dan kelompok dalam organisasi tersebut.

    5. Manajemen Kewirausahaan

    Secara garis besar, di mata kuliah kewirausahaan mahasiswa akan belajar bagaimana cara mengidentifikasi peluang bisnis, konsep, serta strategi yang baik dalam mendirikan atau mengembangkan suatu usaha. Konsep-konsep utama yang akan kamu pelajari yakni yang berhubungan dengan prosedur pengelolaan sebuah usaha dan inovasi dalam pengembangannya, kemudian pengembangan kreativitas pada suatu jenis usaha, dan juga cara menemukan serta menjalankan bisnis baru.

    6. Manajemen Bisnis Digital

    Mata kuliah bisnis digital sendiri mencakup banyak bidang, sehingga mata kuliah yang dipelajari pun sangat beragam. Mahasiswa akan mendapatkan ilmu menarik yang berkaitan dengan startup digital, big data, hingga artificial intelligence (AI).

    Selama masa perkuliahan, tentunya kamu akan banyak mempelajari tentang ilmu tentang e-commerce, user experience, social media management, hingga programming.

    Keuntungan Ambil Magister Manajemen

    Sebagian besar orang memang memilih jurusan magister yang linier dengan pendidikan sebelumnya ataupun dengan bidang pekerjaan saat ini. Jurusan magister manajemen menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati karena beberapa alasan berikut ini.

    1. Pengajar Profesional

    Dibanding dengan jurusan lain, jurusan magister manajemen memang termasuk jurusan yang mahal. Salah satu hal yang menyebabkan jurusan manajemen mahal adalah sebagian besar pengajarnya adalah orang-orang yang terkenal dan berpengaruh sebut saja CEO dari berbagai perusahaan terkenal, pengamat ekonomi, dan sebagainya.

    Selain itu, tidak jarang pula jurusan magister manajemen mengadakan kuliah tamu dengan pembicara orang-orang berpengaruh dalam bidang perekonomian untuk berbagi pengalaman dengan mahasiswa.

    2. Investasi Paling Bermanfaat

    Memiliki gelar magister manajemen adalah investasi yang sangat pantas didapatkan. Terlebih waktu kuliah yang dihabiskan dalam menempuh gelar magister manajemen yang cukup singkat, tetapi manfaat yang diperoleh dapat sangat beragam mulai dari pengalaman kerja, koneksi yang luas, belajar menerapkan teori di dunia riil untuk mempersiapkan kamu memasuki dunia kerja yang serba kompetitif.

    3. Belajar Tentang Entrepreneur

    Jurusan magister manajemen memang menjadi salah satu tujuan yang bisa langsung diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah dengan membentuk mindset entrepreneur. Ketika menempuh pendidikan magister manajemen, anda tidak hanya akan mendapatkan ilmu dasar manajemen namun juga tentang bagaimana memulai sebuah bisnis. Hampir semua universitas akan menugaskan mahasiswa untuk membuat rencana bisnis yang bisa diwujudkan menjadi bisnis yang nyata.

    Jenjang Karir Magister Manajemen

    Program studi Magister Manajemen menawarkan pilihan karir yang banyak di masa depan mengingat semua perusahaan mau berkembang juga membutuhkan sumber daya manusia yang banyak.

    Penasaran apa saja prospek karirnya? Berikut adalah beberapa prospek karir untuk kamu lulusan dari magister manajemen:

    • Konsultan Bisnis
    • Akuntan
    • Tenaga Pendidik atau Dosen
    • Manajer Keuangan
    • Manajer SDM
    • Pengusaha

    Rekomendasi Kampus Magister Manajemen: UNTAR

    Universitas Tarumanegara atau UNTAR merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia. Hampir semua jurusan di perguruan tinggi ini, termasuk magister manajemen mempunyai predikat yang baik.

    Program magister manajemen UNTAR merupakan pendidikan tinggi jenjang S2 (Strata Dua) di bidang manajemen dengan konsentrasi yang ada yaitu:

    • Manajemen Keuangan
    • Manajemen Pemasaran
    • Manajemen Strategik
    • Manajemen Kewirausahaan
    • Manajemen Sumber Daya Manusia
    • Manajemen Bisnis Digital

    Salah satu keuntungan belajar magister manajemen di UNTAR adalah kamu bisa mengambil tiga mata kuliah dalam satu semester sehingga dapat menyelesaikan studinya selama 18 bulan.

    Kerjasama UNTAR dan Danacita

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi dan pelatihan yang terjangkau. Danacita sendiri telah bekerjasama dengan lebih dari 90+ institusi pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia, salah satunya Universitas Tarumanegara (UNTAR).

    Kerjasama yang diadakan oleh Danacita dengan institusi pendidikan tinggi dan pelatihan adalah dengan mengadakan program cicilan biaya pendidikan dan pelatihan yang bisa kamu bayarkan secara perbulan.

    Jadi untuk kamu sudah nggak perlu khawatir lagi tentang biaya kuliahmu, kamu bisa mengajukan cicilan hingga 24 bulan di Universitas Tarumanegara. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, segera raih mimpimu bersama Danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    rekomendasi kampus magister manajemen magister manajemen UNTAR
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri