Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Mengenal Apa Itu JavaScript dalam Programming Front End

2022-10-21

javascript-dalam-front-end

Source: pexels

Programming atau pemrograman merupakan proses menulis menggunakan bahasa komputer dengan menciptakan suatu program. Program tersebut selanjutnya diuji, diperbaiki apabila terjadi suatu bug, dan dipelihara.

Masih tertarik dengan dunia pemrograman? Berikutnya kita akan bahas lebih lanjut tentang programming dan mengenal Javascript dalam programming front end. Silakan simak artikel ini sampai habis agar kamu bisa lebih paham.

Penjelasan programming lebih lanjut

Programming adalah sebuah proses bagi seseorang dalam menulis, menguji, memperbaiki, dan memelihara kode-kode dalam membuat sebuah program komputer.

Agar bisa bekerja, kode-kode tersebut dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman itu sendiri ada beberapa macam layaknya bahasa manusia.

Selanjutnya kita akan mengenal Javascript dalam programming front end. Sebagai langkah awal dalam memahami ilmu komputer yang sangat kompleks ini, sebaiknya kita bahas front end terlebih dahulu.

Bagi kamu yang pernah membuat website tentunya sudah tidak asing dengan front end. Front end adalah salah satu bagian dari website yang menampilkan tampilan web agar bisa dilihat oleh para pengguna.

Seorang front end developer memiliki tanggung jawab untuk menghubungkan suatu situs website maupun aplikasi kepada para penggunanya.

Front End itu sendiri dibuat menggunakan HyperText Markup Language (HTML), Cascading Style Sheets (CSS), dan juga Javascript. Selanjutnya kita akan mengenal Javascript dalam programming front end.

Mengenal Javascript dalam programming front end

Dalam mengenal Javascript dalam programming front end, pertama-tama kita harus tau dulu pengertian dari Javascript itu sendiri. Javascript adalah bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk mengembangkan website agar tampilannya lebih dinamis.

Dengan kata lain, Javascript memberikan “keindahan” dalam website sehingga dapat tercipta interaksi antara tampilan website dengan para pengguna.

Mari kita mengenal Javascript dalam programming front end lebih jauh lagi. Website yang dinamis memiliki arti bahwa tampilan di dalamnya dapat bergerak atau bisa mengubah apapun yang terpampang di layar.

Hal itu bisa dilakukan tanpa harus dimuat ulang secara manual. Misalnya seperti tampilan gambar animasi, maps, slideshow, polling, dan lain sebagainya. Elemen-elemen yang digunakan juga harus menarik agar pengunjung semakin lama mengeksplorasi website tersebut.

Berikut ini adalah fungsi mengenal Javascript dalam programming front end yang dilansir dari Dewaweb. Antara lain:

  • Membuat website interaktif

Menciptakan konten atau tampilan website yang bisa bergerak dengan otomatis tanpa perlu dimuat ulang berkali-kali.

  • Menciptakan game berbasis web

Pengembangan yang didukung dengan framework khusus seperti Panda.js.

  • Mengembangkan aplikasi mobile

Pengembangan aplikasi mobile untuk android dan iOS dengan framework seperti React Native.

  • Menjalankan web server

Javascript juga bisa dijalankan di sisi server dengan bantuan Node.js.

Mengenal Javascript dalam programming front end dengan mengetahui apa saja kelebihan yang diberikan dengan menggunakan Javascript dalam programming front end. Berikut kelebihan yang dimiliki oleh Javascript:

  • Mudah dipelajari

Jika kamu adalah seorang pemula, maka Javascript sangat cocok untuk kamu pelajari. Bahasa pemrograman pada Javascript memiliki sintanks dan penulisan kodenya yang cukup ringkas sehingga mudah dimengerti.

  • Fleksibel

Javascript merupakan bahasa pemrograman yang fleksibel. Meskipun bermanfaat dalam sisi front end, Javascript juga bisa dipakai untuk sisi server dengan adanya Node.js kamu bisa mengembangkan berbagai macam jenis aplikasi seperti server, aplikasi mobile, desktop game, hingga console.

  • IInteraktif dan responsif

Mengenal Javascript dalam programming front end sangat cocok dalam membuat halaman web yang ramah pengguna. Dengan menggunakan Javascript, developer bisa merancang halaman web yang interaktif dengan beragam desain antarmuka yang kreatif sesuai keinginan.

  • Multiplatform dan cross browser

Javascript bisa dimanfaatkan untuk basis sitem operasi apapun. Pengembangan front end bisa dilakukan secara lintas platform sehingga bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi di browser, desktop, bahkan smartphone.

Selain itu juga, hampir semua browser didukung oleh Javascript sehingga dapat menampilkan video, animasi, dan media lain pada halaman web.

Belajar Javascript dalam programming front end di Hacktiv8

Untuk mengenal Javascript dalam programming front end kamu bisa belajar Javascript dalam programming front end di Hacktiv8.

Hacktiv8 merupakan lembaga pelatihan coding bootcamp terbaik di Indonesia. Berikut ini adalah alasan mengapa kamu harus mengenal Javascript dalam programming front end di Hacktiv8:

  • Coding Bootcamp

Siswa akan difokuskan untuk belajar menjadi Full Stack Developer di program Full Time.

  • Growth Mindset

Siswa Hacktiv8 akan dibimbing dan dituntut memiliki growth mindset yang berguna untuk peningkatan karier di masa depan.

  • Hiring Partner

Hacktiv8 bekerja sama dengan lebih dari 350 Hiring Partner yang siap merekrut lulusan Full Time program.

  • Relevant Skillset

Kurikulum Hacktiv8 dibuat dan selalu disesuaikan dengan kebutuhan industri teknologi masa kini.

Hacktiv8 membuka program Full Stack Javascript Immersive untuk kamu yang ingin mengenal Javascript dalam programming front end secara lebih mendalam hanya dalam waktu 16 minggu.

Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengenal Javascript dalam programming front end di Hacktiv8:

  1. Kurikulum terupdate.
  2. 1 on 1 mentoring.
  3. Growth mindset.
  4. Instruktur profesional.
  5. Garansi uang kembal jika dalam 6 bulan setelah lulus tidak mendapatkan pekerjaan.

Capai impian mengenal Javascript dalam programming front end dengan Danacita

Itu dia informasi seputar Javascript dalam programming front end yang perlu kamu ketahui. Tertarik untuk mengikuti program Full Stack Javascript Immersive di Hactiv8? Mau ikut tapi terkendala soal biaya?

Ada kabar gembira bagi kamu karena Hacktiv8 telah bekerja sama dengan Danacita sebagai platform pembayaran yang memudahkan kamu untuk bisa mengikuti program Full Stack Javascript Immersive dengan cara dicicil.

Danacita memberikan tenor mulai dari 6 hingga 24 bulan. Selain itu, Danacita telah memiliki izin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang membuatnya aman dan terpercaya.

Tunggu apa lagi? Segera jadi seorang Full Stack Developer bersama Danacita. Butuh informasi lebih lanjut? Kunjungi Danacita.

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

hacktiv8 javascripts javascripts dalam front end
Default Avatar

Written By

Esa Tauran