Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Modus Penipuan Yang Mengatasnamakan Danacita dan Cara Menghindarinya

2023-08-29

baner-penipuan

Daftar isi

    Akhir-akhir ini sedang banyak oknum tidak bertanggung jawab yang mencoba melakukan modus penipuan dengan mengatasnamakan Danacita. Danacita sendiri telah menerima berbagai laporan modus penipuan ****melalui WhatsApp dan Telegram.

    Modus penipuan ini tidak hanya meresahkan tetapi juga merugikan karena berkaitan dengan data dan informasi yang dapat disalahgunakan oleh oknum penipu tersebut. Supaya kamu terhindar dari modus penipuan Danacita, yuk simak artikel ini agar kamu dapat; 1) mengetahui ciri-ciri pesan penipuan, 2) tips menghindari penipuan, dan 3) hal-hal yang dapat kamu lakukan ketika mendapat pesan penipuan Danacita.

    Ciri-Ciri Pesan Penipuan Yang Mengatasnamakan Danacita

    Mengetahui ciri-ciri pesan penipuan akan membuatmu lebih paham dan tidak mudah tertipu oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

    Di bawah ini Danacita akan menjelaskan ciri-ciri penipuan yang mengatasnamakan Danacita. Beserta screenshot chat penipuan Danacita yang kami dapatkan dari pelajar.

    1. Mengharuskan Calon Korban Mentransfer Sejumlah Uang

    Ciri modus penipuan Danacita yang pertama, kamu akan diminta untuk mentransfer sejumlah uang dengan alasan sebagai berikut:

    • Ada Biaya Pendaftaran
      Modus penipuan ini terlihat tidak masuk akal karena tidak mungkin kan seseorang yang membutuhkan pinjaman uang, malah harus membayar biaya pendaftaran agar dapat mengajukan cicilan? Pengajuan ke Danacita sendiri tidak memerlukan biaya pendaftaran, DP atau Jaminan.
      Namun, bagi pelajar yang membutuhkan pinjaman cepat atau masih awam terhadap proses pengajuan di Danacita, bisa jadi mereka lengah sesaat atau bisa juga modus ini terdengar masuk akal. Jadi, tetaplah berhati-hati agar kamu terhindar dari modus penipuan Danacita seperti yang satu ini, ya.
    1-resize
    • Bukti Kesanggupan Membayar Cicilan
      Dalihnya, dengan mentransfer sejumlah uang, kamu terbukti sanggup dalam membayar cicilan. Setelahnya, kamu pun dijanjikan akan mendapatkan kode OTP untuk mencairkan uangmu.
      Hal ini merupakan modus penipuan Danacita karena kami tidak memungut biaya pembuktian cicilan. Kode OTP sendiri merupakan salah satu data pribadi dan hanya dirimu yang boleh tahu. Sehingga tidak mungkin Danacita memberikanmu kode OTP melalui aplikasi chatting, seperti WhatsApp dan Telegram.
    Untitled

    2. Pendaftaran Melalui WhatsApp atau Telegram

    Ciri selanjutnya adalah kamu diminta mengisi formulir pengajuan langsung melalui chat Whatsapp atau Telegram. Tujuannya mungkin saja untuk lebih menarik calon korban karena prosesnya yang terlihat sangat cepat dan mudah.

    Danacita tidak akan pernah meminta kamu untuk mengajukan biaya pendidikan hanya melalui sebuah aplikasi chatting karena banyak informasi dan data pribadi yang perlu kamu isi.

    Untitled

    3. Meminta Data Pribadi

    Biasanya dalam modus penipuan Danacita, pelaku akan meminta berbagai data pribadi. Mulai dari password, NIK, alamat tempat tinggal, kode OTP, dan lain sebagainya. Perlu diingat kalau kamu tidak boleh memberi tahu data pribadimu kepada siapapun, ya.

    Untitled

    4. Menggunakan Link Phising

    Modus penipuan Danacita selanjutnya yaitu mengirimkanmu link melalui WhatsApp atau Telegram. Kamu akan diminta mengklik link untuk 1) Mendownload apk atau 2) Mendaftar agar dapat mengajukan pembiayaan.

    Setelahnya, oknum penipuan Danacita mengklaim bahwa uang akan langsung masuk ke rekeningmu**.** Modus penipuan Danacita ini sangat berbahaya karena link phising tersebut dapat mencuri dan menyalahgunakan data pribadimu.

    Untitled

    5. Tidak ada Tahap Verifikasi / Pengajuan Dapat Langsung Diverifikasi

    Masuk akal tidak kalau kamu udah mengisi berbagai informasi dan upload lebih dari satu dokumen tapi kamu dapat iming-iming pengajuanmu dapat langsung diverifikasi? Ini sudah jelas merupakan salah satu modus penipuan yang mengatasnamakan Danacita.

    Semua data di Danacita selalu melalui tahap verifikasi. Jadi, buat kamu yang butuh biaya cepat, jangan sampai tergiur dengan hal ini, ya!

    Untitled

    6. Nama PT yang Berbeda

    PT Inclusive Finance Group merupakan nama PT asli Danacita. Jika ada seseorang yang mengklaim berasal dari pihak Danacita namun mempunyai nama PT yang berbeda, dapat diindikasikan bahwa hal tersebut merupakan modus penipuan Danacita.

    Untitled

    7. Proses Penagihan Tanpa Etika

    PT Inclusive Finance Group merupakan nama PT asli Danacita. Jika ada seseorang yang mengklaim berasal dari pihak Danacita namun mempunyai nama PT yang berbeda, dapat diindikasikan bahwa hal tersebut merupakan modus penipuan Danacita.

    Modus penipuan Danacita yang satu ini melakukan penagihan cicilan secara kasar dan tidak mengikuti etika penagihan dari OJK. Pelajar akan dibuat tidak nyaman dengan proses penagihan yang memaksa bahkan hingga mengancam membocorkan data pribadi mereka.

    Danacita akan selalu mengingatkan cicilanmu yang terlambat dibayar dengan cara & etika yang sesuai dengan OJK. Jadi, bisa dipastikan kalau kamu diancam saat proses penagihan, sudah pasti itu merupakan modus penipuan Danacita.

    Untitled
    Untitled
    Untitled
    Untitled

    Tips Menghindari Modus Penipuan Danacita

    Di bagian ini akan dijelaskan lebih detail tips menghindari penipuan yang mengatasnamakan Danacita.

    1. Danacita Mentransfer Biaya Pendidikan Langsung ke Institusi Pendidikan Bukan ke Rekening Pribadi

    Setelah pengajuanmu disetujui dan dokumen perjanjian sudah ditandatangani oleh kamu & wali, Danacita akan langsung membayarkan biaya pendidikanmu ke institusi terkait maksimum 3 hari kerja.

    Jadi, tidak ada yang namanya pencairan uang ke rekening pribadi. Apalagi sampai memintamu untuk mentransfer sejumlah uang terlebih dahulu.

    2. Danacita Tidak Ada Biaya Pendaftaran & DP

    Mulai dari proses pembuatan akun hingga proses pengajuan biaya pendidikan dapat dilakukan secara gratis langsung melalui website atau aplikasi resmi Danacita. Danacita tidak memungut biaya pendaftaran atau bukti biaya kesanggupan membayar cicilan.

    Selain itu, Danacita juga tidak ada DP atau uang muka yang perlu dibayarkan. Kalau ada yang meminta biaya tersebut ke kamu, sudah pasti hal itu merupakan modus penipuan yang mengatasnamakan Danacita.

    3. Kode OTP Akan Langsung Dikirimkan ke Nomor Handphone-mu

    OTP merupakan kode unik yang digunakan untuk mengautentikasi pengguna dan biasanya akan dikirimkan langsung ke nomor handphone-mu tanpa perantara orang ke-3. Karena sifatnya rahasia jadi seharusnya kamu tidak memberikan dan juga tidak dengan mudah menerima kode OTP dari orang lain.

    4. Pembuatan Akun dan Pengajuan Hanya Dapat Dilakukan Melalui Website & Aplikasi Resmi Danacita

    Pembuatan akun dan pengajuan biaya pendidikan hanya dapat dilakukan melalui website Danacita di https://danacita.co.id/ atau melalaui aplikasi resmi Danacita yang dapat kamu download di Google Play Store.

    5. Pihak Danacita Tidak Pernah Minta Data Konfidensial Melalui WhatsApp

    Password, NIK, dan kode OTP merupakan data yang bersifat konfidensial. Perlu diingat kalau pihak Danacita tidak akan pernah meminta data konfidensialmu melalui WhatsApp.

    6. Jangan Langsung Buka Link

    Tiap kali kamu dapat pesan di WhatsApp yang disertai dengan link, jangan langsung di-klik ya! Bisa jadi itu link scam yang berbahaya bagi informasi pribadimu. Pastikan dulu nomor WhatsApp tersebut merupakan nomor official Danacita.

    7. Danacita Selalu Memverifikasi Setiap Pengajuan

    Danacita selalu memverifikasi setiap pengajuan yang masuk. Tim Danacita biasanya perlu 2-3 hari kerja untuk memproses pengajuanmu.

    8. Mengingatkan Tanggal Jatuh Tempo Pembayaran-mu Sesuai dengan Etika OJK

    Danacita akan mengingatkan kamu jika pembayaran belum dilakukan lewat dari tanggal jatuh tempo dengan mengikuti etika penagihan dari OJK. Tim Danacita akan mengingatkanmu untuk melakukan pembayaran pada pukul 08:00 - 20:00 menyesuaikan zona waktu (WIB, WITA, WIT) tempat kamu tinggal.

    9. Danacita Tidak Mempunyai Akun Telegram

    Jika ada yang chat kamu melalui Telegram, sudah pasti itu merupakan modus penipuan yang mengatasnamakan Danacita. Penawaran promo dan penawaran lainnya hanya dilakukan melalui WhatsApp, e-mail, dan sosial media official Danacita.

    Pastikan nomor WhatsApp yang menghubungi kamu adalah tiga nomor berikut:

    • +62 812-1287-6886
    • +62 811-2281-1212
    • +62 821-1172-4588

    Customer Care Danacita selalu siap melayanimu. Jadi, kalau kamu menerima chat selain ketiga nomor diatas yang mengatasnamakan Danacita, jangan digubris, ya.

    10. Cek Sosmed Official & E-mail Danacita

    Jika kamu mendapatkan promo melalui kanal e-mail atau sosial media, pastikan kebenarannya melalui:

    • Instagram, Facebook, TikTok dan Twitter Danacita dengan username: @danacita_id

    dan

    Kalau tidak ada email atau postingan di sosial media tentang promo tersebut, berarti promo tersebut adalah modus penipuan yang mengatasnamakan Danacita.

    Hal-Hal yang Dapat Kamu Lakukan Ketika Mendapat Pesan Penipuan

    Setelah kamu tau ciri-ciri penipuan yang mengatasnamakan Danacita dan tips menghindarinya, kamu juga dapat membantu Danacita memerangi penipuan dengan melakukan hal-hal dibawah ini:

    1. Hubungi Customer Care Danacita

    Customer Care Danacita selalu hadir untuk mendengarkan pertanyaan, saran maupun keluhan kamu. Begitu kamu mendapatkan chat atau DM di sosial media yang mencurigakan kamu bisa langsung menghubungi Customer Care Danacita.

    2. Langsung Menghapus Chat Bermodus Penipuan

    Pastikan kamu telah menghapus chat penipuan yang mengatasnamakan Danacita agar tidak terjadi hal yang diinginkan, misalnya kamu tidak sengaja mengklik link yang dapat mencuri dan menyalahgunakan data pribadimu.

    3. Report Akun Sosial Media yang Mengatasnamakan Danacita

    Jika kamu mendapatkan DM di sosial media yang mencurigakan dan mengatasnamakan Danacita, kamu bisa bantu Danacita dengan cara report dan block akun tersebut. Danacita akan sangat berterimakasih terhadap kontribusimu untuk mencegah penipuan yang dapat menimbulkan kerugian bagi orang lain.

    Dengan semua informasi di atas, diharapkan kamu dapat meningkatkan kewaspadaan dan selalu berhati-hati terhadap oknum yang mengatasnamakan Danacita. Info ini juga dapat kamu sebarkan ke orang terdekatmu agar mereka juga lebih waspada.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    danacita penipuan danacita
    Default Avatar

    Written By

    Esa Tauran