Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Pembiayaan Pendidikan: Pengertian, Manfaat dan Tujuannya

2023-02-22

pembiayaan-pendidikan

Daftar isi

    Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi adalah impian semua orang. Banyak orang yang berlomba-lomba untuk memprioritaskan pendidikannya agar dapat meningkatkan kualitas diri. Selain itu, dengan pendidikan kita juga dapat mempersiapkan diri dengan baik agar dapat bersaing dengan banyak orang di era globalisasi saat ini.

    Hanya saja, meski mendapatkan akses pendidikan adalah hak semua orang, tetapi tidak semua orang memiliki biaya yang cukup untuk melanjutkan pendidikan. Hal ini menjadi salah satu faktor yang akhirnya membuat banyak orang mengubur mimpinya untuk mendapatkan pendidikan yang lebih layak.

    Kabar baiknya, saat ini, ada banyak platform maupun instansi yang menyediakan bantuan pembiayaan pendidikan, seperti bank-bank atau lembaga non pemerintah lainnya. Tujuannya tentu saja untuk membantu siapapun yang ingin melanjutkan pendidikan dengan memberikan bantuan biaya yang sangat terjangkau.

    Apa itu Pembiayaan Pendidikan?

    Pembiayaan pendidikan atau istilah kerennya student loan adalah sebuah mekanisme pemberian uang pinjaman kepada pelajar atau mahasiswa yang diberikan oleh pemerintah maupun perusahaan swasta. Karena sifatnya berupa pinjaman, pelajar atau mahasiswa tersebut nantinya akan mengembalikan uang itu dan juga bunganya sesuai dengan aturan dan kesepakatan bersama.

    Pembiayaan pendidikan ini sangat membantu kamu untuk melakukan pembayaran kuliah, mengisi kesenjangan keuangan hingga menyediakan dana penting untuk menutupi biaya pendidikan.

    Tanpa disadari, setiap orang sebenarnya telah mendapatkan bantuan pembiayaan pendidikan pada jenjang SD hingga SMA yang sebagian besar ditanggung oleh pemerintah lewat Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Namun berbeda dengan dana BOS ini, pembiayaan pendidikan yang dimaksud adalah menjadi tanggungjawab setiap institusi ataupun mahasiswa yang melanjutkan kuliah di perguruan tinggi.

    Tujuan dan Manfaat Pembiayaan Pendidikan Bagi Mahasiswa

    Untuk kamu yang ingin atau sedang melanjutkan pendidikan tapi terkendala biaya, pembiayaan pendidikan bisa menjadi alternatif solusi yang paling tepat. Pembiayaan pendidikan ini bertujuan untuk meringankan biaya selama kamu menempuh pendidikan.

    Selain itu, pembiayaan pendidikan juga akan sangat bermanfaat untuk kamu yang memiliki cita-cita besar dan ingin diwujudkan dengan berkuliah di universitas impianmu.

    Dengan pembiayaan pendidikan yang kamu dapatkan dari pemberi pembiayaan ini, kamu dapat membayar biaya pendidikan, mulai dari biaya SPP, pembayaran lab dan praktik, pembelian buku, bahkan hingga biaya kost atau kontrakan kamu.

    Selain itu, pembiayaan pendidikan juga membawa manfaat lain untuk kamu, seperti kamu jadi bisa lebih fokus melanjutkan pendidikan dan juga ini dapat menjadi bentuk investasi diri jangka panjang.

    Kelebihan Pembiayaan Pendidikan

    1. Dukungan Finansial

    Tujuan utama dari pembiayaan pendidikan adalah untuk memberikan kamu dukungan finansial selama menempuh pendidikan. Hal ini tentu sangat berguna bagi kamu yang punya mimpi besar melanjutkan pendidikan tetapi terkendala biaya.

    2. Tidak Memerlukan Riwayat Kredit

    Berbeda dengan pembiayaan lainnya, pembiayaan pendidikan biasanya tidak memerlukan riwayat kredit untuk menerima pembiayaan. Selain itu pembiayaan yang ditujukan untuk pelajar atau mahasiswa biasanya memiliki tingkat bunga yang lebih rendah daripada pembiayaan lainnya.

    3. Persyaratan yang Sangat Mudah

    Untuk mengajukan pembiayaan umum, biasanya memerlukan sejumlah persyaratan yang cenderung ribet. Misalnya kamu harus melengkapi berbagai dokumen atau berkas yang jumlahnya tidak sedikit. Namun pembiayaan pendidikan memiliki persyaratan yang sangat mudah. Bahkan untuk kamu yang masih sedikit pengalam dalam pengajuan pembiayaan juga akan terasa mudah.

    4. Waktu atau Tenor yang Lebih Panjang

    Umumnya, ada perguruan tinggi yang menyediakan biaya pendidikan secara cicilan bagi mahasiswanya. Hanya saja, jangka waktunya terbatas rata-rata selama 3 bulan saja. Dengan jangka waktu yang terbatas ini, tentu masih terbilang singkat untuk mahasiswa. Namun, lewat pembiayaan pendidikan, kamu bisa memiliki kelonggaran lebih dalam memenuhi biaya pendidikan kamu.

    5. Pembayaran yang Fleksibel

    Umumnya, ketika kamu mengajukan pembiayaan pendidikan, kamu tidak harus membayar cicilannya sampai setelah lulus. Kamu memiliki opsi tambahan untuk penangguhan atau pengampunan pembiayaan. Selain itu, instansi yang memberikan pembiayaan pendidikan biasanya juga memberikan rencana pembayaran yang fleksibel yang disesuaikan untuk mengakomodasi pendapatan peminjam dan biaya hidup kamu.

    Baca juga: Mengapa Pembiayaan Pendidikan Bisa Membantu Para Mahasiswa dan Orang Tua

    Bagaimana Pembiayaan Pendidikan Bekerja?

    Perlu kamu ingat jika pembiayaan pendidikan berbeda dengan beasiswa. Ketika kamu mendapatkan beasiswa dari kampus, pemerintah maupun instansi swasta, kamu tidak perlu dan tidak wajib mengembalikan beasiswa yang kamu dapatkan.

    Berbeda ketika kamu mengajukan bantuan pembiayaan pendidikan, maka kamu harus mengembalikan biaya yang kamu pinjam beserta bunganya dengan jangka waktu tertentu sesuai dengan yang kamu sepakati dengan pemberi biaya pendidikan.

    Untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan ini, kamu harus mengajukan pembiayaan langsung ke instansi atau platform yang menyediakan bantuan biaya pendidikan.

    Itu dia penjelasan seputar pembiayaan pendidikan yang bisa menjadi solusi bagi mahasiswa untuk bisa tetap melanjutkan pendidikannya. Tentunya, dalam pemanfaatan pembiayaan pendidikan, harus dilakukan dan dipertimbangkan dengan matang terlebih dahulu.

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    pembiayaan pendidikan
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri