Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Copywriting: Pengertian, Fungsi, dan Prospek Kerja Terlengkap

2022-12-02

copywriting-adalah

Daftar isi

    “Apapun makanannya, minumannya Teh Botol Sosro”
    “Orang pintar minum Tolak Angin”
    “Indomie, seleraku”

    Kamu pasti tidak asing dengan kalimat-kalimat diatas. Kalimat-kalimat di atas merupakan tagline beberapa brand terkenal yang sudah menjadi signature dan identitas dari brand tersebut. Kok bisa ya kalimat pendek dan simpel menjadi identitas suatu brand?

    Kalimat-kalimat di atas merupakan hasil dari penerapan copywriting. Orang yang membuatnya disebut Copywriter. Pekerjaan satu ini belakangan menjadi salah satu profesi yang paling dicari. Sebab, seiring perkembangannya, Copywriter tidak hanya membuat kalimat tagline saja, tetapi juga membuat copywriting di berbagai platform marketing dengan tujuan promosi ataupun memberikan informasi.

    Apa sih sebenarnya copywriting itu? Seperti apa pekerjaan seorang Copywriter? Bagaimana menjadi seorang Copywriter? Yuk simak artikel berikut!

    Mengenal Copywriting

    Copywriting adalah salah satu elemen terpenting dari dunia periklanan dan pemasaran. Ini adalah proses menulis kata-kata persuasif atau dikenal sebagai copy yang memberikan dorongan atau motivasi orang untuk mengambil suatu tindakan tertentu. Tindakan yang dimaksud misalnya melakukan pembelian, mengklik tautan, berdonasi, atau menjadwalkan konsultasi. Dengan copy yang tepat dan menarik, konversi akan lebih banyak terjadi. Semakin banyak konversi, maka sebuah bisnis juga akan semakin berkembang juga.

    Lalu siapa yang membuat kata-kata persuasif tersebut? Ia adalah Copywriter. Copywriter ini merupakan individu yang dilatih untuk menyusun kata-kata dengan cara yang akan terhubung dengan target audiens dan menggerakkan mereka untuk melakukan sesuatu.

    Sebagai bagian dari dunia marketing, lapangan kerja dengan skill ini diperkirakan akan terus berkembang sebanyak 7,6% hingga tahun 2026. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya bisnis yang menyewa Copywriter internal atau berdasarkan kontrak untuk membantu mereka berkomunikasi dengan dunia dan berkembang.

    Fungsi Copywriting Dalam Dunia Bisnis

    1. Membangun Brand Image

    Fungsi utama dalam membuat copywriting adalah membangu brand image. Brand image sendiri mengacu pada bagaimana perusahaan ingin menggambarkan dirinya kepada audiensnya. Ini mempengaruhi persepsi pelanggan terhadap brand.

    Copywriter yang baik mampu memahami brand image yang ingin ditampilkan dan bekerja untuk menciptakan image tersebut melalui copywriting. Copywriting mencerminkan brand image melalui nada, bahasa, dan keterkaitan sehingga dapat melekat pada brand tersebut dan dikenal oleh banyak orang.

    2. Membuat Konten yang Sesuai

    Membuat copy bagus membutuhkan pemahaman mendalam tentang niche dan pokok bahasan dalam niche tersebut. Tujuannya adalah untuk menciptakan keseimbangan sempurna antara informasi dan reliabilitas. Akan tetapi, Tidak semua penulis bisa melakukan ini.

    Seorang copywriter yang baik memastikan untuk melakukan penelitiannya saat membuat copy. Pengalaman juga memainkan peran utama dalam hal ini karena berkaitan dengan kemampuan beradaptasi. Seorang copywriter yang berpengalaman dapat membuat konten untuk niche berbeda meskipun dia tidak memiliki pengalaman pribadi dalam niche tersebut.

    3. Media Komunikasi Antara Bisnis dengan Audiens

    Yang perlu diingat adalah bahwa copywriting tentang bagaimana berkomunikasi antara perusahaan dan bisnis. Dengan menyadari ini, copywriting setiap bisnis akan memiliki perbedaan gaya komunikasi.

    Banyak copywriter membuat kesalahan dengan hanya menyatakan fakta tentang perusahaan dan produk. Ini tidak efektif karena sebagian besar audiens mengharapkan konten yang dipersonalisasi.

    4. Mendorong Audiens Melakukan Tindakan

    Setiap kalimat di situs web harus memiliki tujuan agar audiens tertarik. Kamu hanya memiliki satu kesempatan untuk menciptakan kesan yang tepat dan kamu harus memiliki tujuan pada apa yang ditulis

    Seorang copywriter yang baik memahami semua ini dan membuat copy yang memberikan informasi yang benar bersama dengan manfaat dari layanan/ produk. Copywriter tahu cara membuat nada yang diperlukan dan mendorong pengguna untuk mengambil tindakan yang diperlukan.

    5. Dapat Meningkatkan Penjualan

    Copywriting dianggap sebagai promosi penjualan yang menargetkan banyak konsumen pada saat yang bersamaan. Jadi, alih-alih meminta satu sales berbicara dengan satu orang pada satu waktu tentang produk atau layanan yang dijual, copywriting dapat digunakan untuk menyebarkan pesan dalam skala yang jauh lebih besar.

    Copywriting yang efektif dapat membuat perbedaan besar dalam bisnis Anda, menarik pelanggan, dan meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, sebuah copy harus ditulis dengan baik sehingga mengubah audiens biasa menjadi pelanggan.

    Bagaimana Prospek Karir dan Gaji Copywriter?

    Copywriting telah menjadi satu hal yang sangat dibutuhkan di dunia bisnis, terutama aktivitas marketing. Sebab, hasil dari copywriting dapat diterapkan di semua media, termasuk media sosial, email, SEO, dan masih banyak lagi. Hampir semua industri saat ini membutuhkan copywriter

    Selama bisnis mencoba untuk melakukan persuasi kepada audiens, apakah itu mendorong traffic, melakukan pendaftaran, hingga untuk membeli produk, akan selalu ada kebutuhan akan hadirnya copywriter.

    Fakta menariknya, dilansirArcadium, minat terhadap profesi copywriting terus meningkat selama 5 tahun terakhir. Ini memuncak pada awal 2021, mungkin akibat pandemi, dan sekali lagi pada awal 2022 karena lebih banyak orang beralih ke pekerjaan jarak jauh yang dapat mereka lakukan dari rumah.

    Bertumbuhnya minat orang-orang untuk beralih menjadi Copywriter juga dipengaruhi oleh gaji yang ditawarkan. Estimasi total gaji Copywriter adalah di angka 13 juta di area Area Jakarta, Indonesia, dengan gaji rata-rata 4-6,5 juta per bulan. Besaran gaji di setiap daerah atau perusahaan bisa jadi berbeda. Hal ini disesuaikan lagi dengan UMK atau UMP daerah, pengalaman kerja, dan skala perusahaan.

    Menjadi Copywritter Handal Dengan Mengikuti Bootcamp Digital Marketing

    1. Rakamin Academy

    Bootcamp digital marketing Rakamin memberikan kamu pengalaman dan pembelajaran terkait copywriting atau digital marketer. Kamu akan mengikuti kelas selama 18 minggu dengan kurikulum yang didesain untuk mudah dipelajari dan diikuti oleh semua orang bahkan tanpa latar belakang Digital Marketing sekalipun.

    Yang menarik, karena kurikulumnya juga dapat diimplementasikan bagi kamu yang mau fokus berbisnis, bekerja di korporasi, maupun bekerja di agensi.

    Materi yang akan kamu dapatkan pada bootcamp digital marketing Rakamin antara lain:

    • Introduction to Digital Marketing
    • Internet Marketing (SEO & Wordpress)
    • Internet Advertising (Google Ads)
    • Social Media Marketing (Organic & Paid)
    • Content Marketing (Content, Idea, & KOL)
    • Research & Analytics (Market Research & Google Analytics)
    • Customer Relationship Management
    • Strategic Planning (Strategy & KPI)
    • Campaign Reporting
    • Soft Skill Series

    2. Dibimbing

    Untuk kamu yang ingin belajar digital marketing dengan materi ter-update seputar copywriting, Dibimbing bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain materi copywriting, kamu juga akan diajarkan content marketing, performance marketing, SEO, CRM, dan market research yang akan kamu pelajari dan praktekkan secara real case bersama UMKM di Indonesia untuk dijadikan portofolio yang valuable.

    Selama 4,5 hingga 5,5 bulan, i kamu akan mempelajari berbagai strategi digital marketing yang up to date dengan kebutuhan industri bersama praktisi digital marketing berpengalaman.

    Materi yang akan kamu dapatkan pada bootcamp digital marketing Dibimbing antara lain:

    • Introduction to Digital Marketing
    • Introduction to Internet Marketing seperti SEO, Google Ads dan ads channel lainnya.
    • Fundamentals of Social Media Marketing
    • KOL Marketing
    • Fundamentals of Customer Retention Management
    • Increase your brand recognition and improve customer loyalty
    • Learn how to Evaluate Your Campaign PErformance
    • Digital and Data Analytics
    • Intense Weekly Projects

    3. Binar Academy

    Bootcamp Digital Marketing Binar Academy memberikan kamu pengetahuan tentang bagaimana caranya membuat strategi marketing dengan apik dari awam sampai paham! Di course ini, kamu akan belajar Facebook Ads, marketing strategi, critical thinking dan masih banyak lagi, termasuk copywriting.

    Selama 4 bulan kamu akan dibantu untuk menggali potensi kamu dengan pemateri yang sudah berpengalaman di bidangnya.

    Materi yang akan kamu dapatkan pada bootcamp digital marketing Rakamin Academy antara lain:

    • Digital Marketing Fundamental
    • Peran Digital Marketing dalam Perusahaan
    • Literasi Digital & Digital Ethics dalam Digital Marketing
    • Klasifikasi Digital Marketing Channels
    • T-Shaped Digital Marketer
    • Proses Planning dalam Digital Marketing
    • Proses Executing dalam Digital Marketing
    • Proses Reporting dalam Digital Marketing
    • Memahami Audience, Product, dan Competitor
    • Planning Framework
    • Paid Marketing Executing & Reporting

    Wujudkan Mimpi Menjadi Copywriter Bersama Danacita

    Kamu ingin menjadi copywriter tetapi terkendala biaya? Gak usah khawatir. Danacita siap mewujudkan impian kamu.

    Sebagai perusahaan.Fintech, Danacita telah bekerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan, termasuk Rakamin Academy, Dibimbing, dan Binar Academy untuk mewujudkan impian kamu mengikuti bootcamp digital marketing dan menjadi seorang copywriter yang handal.

    Danacita memberikan solusi pembayaran bootcamp dengan metode cicilan bertahap mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan. Sehingga kamu bisa mengikuti bootcamp intensif di tempat kursus favoritmu dan menjadi seorang Copywriter.

    Untuk mendapatkan bantuan biaya, kamu kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Ajukan biaya bootcamp mu sekarang di sini.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    binar academy rakamin dibimbing copywriting
    Default Avatar

    Written By

    Esa Tauran