Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Fashion Designer: Penjelasan, Info dan Gaji Terlengkap!

2022-11-21

penjelasan-fashion-designer

Source: Pexels

Daftar isi

    Industri Fashion saat ini sedang banyak diminati, dengan meningkatnya kesadaran masyarakat dalam merawat diri dan trend di dunia, masyarakat semakin tertarik dengan trend fashion pada saat ini lebih dari tahun-tahun sebelumnya. Pertumbuhan akan trend fashion sangat tidak terbatas.

    Fashion merupakan industri yang tidak akan termakan zaman, apalagi pakaian bukan hanya menjadi kebutuhan sekarang, tetapi juga barang mewah. Dengan meningkatnya ketertarikan masyarakat dalam berbusana maka menjadi seorang Fashion Designer merupakan profesi yang menjanjikan. Dengan prospek karir yang sangat menjanjikan, serta peluang untuk terus berkembang maka kesuksesan ada didepan mata. Nah, apa kamu tertarik menjadi Fashion Designer? Atau kamu penasaran seperti apa Fashion Designer, gaji Fashion Designer, prospek kerja Fashion Designer? Simak artikel berikut ini.

    Apa Itu Fashion Designer

    Fashion Designer atau Perancang Busana merupakan seseorang yang merancang berbagai macam busana, baik itu digunakan untuk pribadi atau untuk komersial. Seorang Fashion Designer mengkombinasikan pakaian, perhiasan, dan juga aksesoris lain agar tampak menarik dan juga nyaman dikenakan. Dalam hal ini fashion designer bertanggung jawab dalam proses pembuatan produk, mulai dari tahap mendesain produk, pemilihan jenis bahan dan warna. Tak hanya itu, setiap Fashion Designer harus kreatif dan juga memiliki vision dalam membuat produk supaya tidak tertinggal kompetisi atau mengikuti jejak tren tanpa menghilangkan ciri khasnya.

    Apa yang Harus Dikuasai Fashion Designer

    Seiring berjalannya waktu, dunia fashion akan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman, maka dari itu menjadi Fashion Designer membutuhkan kreativitas yang tinggi dan juga memiliki ide-ide yang baru, agar produk yang dihasilkan dapat diminati masyarakat. Fashion designer harus menjadi trendsetter, dan memiliki pemahaman serta mempunyai vision yang luas.

    Tentunya, agar menjadi Fashion Designer yang handal maka kamu perlu memiliki keahlian penting dibawah ini.

    1. Kreatif

    Seorang fashion designer erat hubunganya dengan industri kreatif, maka wajib memiliki imajinasi dan juga berinovasi dalam merancang sebuah produk fashion dengan bentuk, motif, yang indah serta unik agar menarik di pasaran

    2. Visualisasi Gambar dan Warna dengan Baik

    Setelah memikirkan ide maka seorang fashion designer perlu menuangkan ide tersebut dalam bentuk gambar dan juga mewarnainya. Dalam proses tersebut seorang fashion designer harus bisa mencocokan warna dengan motif pada produk yang akan dibuat

    3. Kemampuan dalam Menjahit dan Pemilihan Bahan Kain

    Menentukan pola menjahit merupakan tahapan dalam membuat produk, oleh karena itu seorang fashion designer harus memiliki keahlian dalam menjahit, dan juga fashion designer punya wajib tahu pengetahuan mengenai jarum, benang, dan mesin jahit agar pola dan desain produk tetap terlihat rapi. Selain itu, fashion designer juga bertanggung jawab dalam pemilihan bahan dan kain untuk membuat pakaian, sehingga produk yang dibuat tetap nyaman saat dikenakan.

    4. Ketelitian

    Dalam membuat produk seorang fashion designer harus memiliki ketelitian yang tinggi. Dikarenakan Fashion Designer akan berkutat dengan hal-hal kecil yang akan berdampak besar pada kualitas produk yang dibuat. Ketelitian tersebut dimulai pada saat awal pembuatan produk dari proses merancang model pakaian, memilih kain, menentukan pola menjahit, serta menambahkan aksesoris sampai pakaian benar-benar jadi.

    Sebab, produk fashion yang dikerjakan dengan teliti dan sangat detail berpengaruh pada persepsi masyarakat terhadap nilai jualnya.

    5. Kembangkan Keterampilan Komunikasi & Interpersonal

    Mendesain alas kaki, pakaian, dan aksesori membutuhkan kolaborasi dengan rekan kerja dan membutuhkan keterampilan orang yang kuat. Ini tidak hanya membantu desainer mendorong tim mereka, tetapi juga memungkinkan mereka untuk secara efektif membagikan visi mereka dengan rekan kerja.

    Day to Day Seorang Fashion Designer

    Berikut adalah peran serta tanggung jawab keseharian yang harus dikerjakan jika kamu menjadi seorang desainer baju.

    • Mengobservasi tren mode dan memprediksi gaya pakaian yang diinginkan oleh konsumen.
    • Melakukan brainstorming dengan tim untuk memilih tema koleksi.
    • Mulai membuat desain pakaian atau aksesoris. Bisa dilakukan dengan membuat sketsanya terlebih dahulu baru kemudian menggunakan program komputer untuk menyempurnakan desain.
    • Memilih bahan dan teknik untuk merancang pakaian atau aksesoris sesuai dengan tema yang ditentukan.
    • Bertemu dengan produsen untuk mencari bahan yang cocok digunakan sebagai bahan utama desain.
    • Membuat prototipe desain untuk dipamerkan ke sebuah pameran atau dipresentasikan langsung ke konsumen.
    • Memantau proses produksi untuk menjaga kualitas hasil pakaian atau aksesoris.

    Gaji Fashion Designer

    Menjadi seorang Fashion Designer sangat membutuhkan banyak waktu, dan dedikasi yang tinggi.

    Dengan kemampuan dan keahlian yang sudah dijabarkan diatas, maka rata-rata gaji fashion designer di Indonesia saat ini berkisar Rp5 juta sampai Rp10 juta perbulan untuk tahap awal.

    Tetapi, jika kamu sudah mempunya brand dan menjadi fashion designer terkenal serta diakui, tentu saja penghasilanmu akan dihargai berdasarkan rancangan yang kamu buat.

    Paris de la Mode Fashion School Indonesia sebagai Kursus untuk Menjadi Fashion Designer

    Supaya kamu bisa mengenal fashion designer lebih dalam lagi, sebaiknya ikuti lembaga kursus seperti Paris de la Mode Fashion School Indonesia. Paris de la Mode Fashion School membagi kelas pembelajaran menjadi tiga level, di antaranya basic, intermediate, hingga advance. Apabila kamu mengambil program kelas intensif selama satu tahun, maka level yang dicapai sudah sampai pada tahap advance.

    Menariknya, Paris de la Mode menyediakan fasilitas bagi siswanya untuk melanjutkan sekolah fashion ke Paris. Tak hanya itu, terdapat kesempatan bagi siswa untuk menjalani internship di Paris. Hal ini dikarenakan Paris de la Mode memiliki kolaborasi dengan sekolah mode yang ada di Paris.

    Paris de la Mode Fashion School telah bersertifikat internasional serta menyediakan program lanjutan belajar dan bekerja di industri fashion. Maka dari itu, siswa dan alumni memiliki peluang untuk menciptakan dan membesarkan brand di pasar lokal maupun internasional. Sistem pengajaran one on one, memudahkan siswa untuk lebih memahami materi yang diberikan. Tak hanya itu, para siswa disiapkan dengan materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan teknologi 4.0.

    Menjadi Fashion Designer Bersama Danacita

    Itu dia informasi tentang Fashion Designer, gaji Fashion Designer, prospek kerja Fashion Designer. Jika kamu tertarik untuk memperdalam bidang ini dengan mengikuti kursus atau bootcamp di lembaga yang sudah disebutkan sebelumnya tapi terkendala biaya, kini kamu tidak perlu khawatir. Danacita bisa menjadi solusinya.

    Danacita adalah sebuah perusahaan Financial Technology yang bergerak di bidang pembiayaan pendidikan. Pembiayaan yang disediakan oleh Danacita ditujukan untuk mahasiswa di Universitas/Perguruan Tinggi/Institut/Sekolah Tinggi, dan pelajar di lembaga pendidikan dan pelatihan non-formal di seluruh Indonesia.

    Saat ini, Danacita telah bekerjasama dengan beberapa kampus dan tempat kursus sebanyak lebih dari 130 institusi pendidikan seperti Paris de la Mode Fashion School. Untuk mewujudkan mimpi kamu belajar Fashion Designer kini terdapat kemudahan biaya lewat cicilan Danacita. Terdapat pilihan cicilan 6 bulan hingga 24 bulan yang bisa kamu pilih. Prosesnya mudah dan cepat secara online dengan maksimal 2 hari kerja dan tanpa dibebani DP, uang jaminan atau biaya lainnya.

    Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Informasi selengkapnya cek di sini.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!