Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Perbedaan TOEFL dan IELTS Terlengkap

2023-01-31

Perbedaan-TOEFL-dan-IELTS

Daftar isi

    Pada zaman modern seperti sekarang ini bahasa inggris sudah dianggap sebagai bahasa universal. Tak hanya bisnis dan ekonomi, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pun seringkali harus dikejar dengan menguasai bahasa Inggris.

    Sertifikat bahasa Inggris seperti TOEFL dan IELTS diperlukan bagi calon mahasiswa yang akan mengajukan studi ke luar negeri. Meski keduanya sama-sama tes untuk memastikan kemampuan bahasa Inggris namun masih banyak mahasiswa yang masih belum memahami mengenai kedua tes tersebut. Lantas, apa perbedaan TOEFL dan IELTS? Simak penjelasannya di bawah ini.

    Apa Itu TOEFL?

    Sebelum membahas Perbedaan TOEFL dan IELTS, kamu harus tahu terlebih dahulu tentang TOEFL.

    TOEFL adalah singkatan dari Test of English as Foreign Language berupa tes untuk membuktikan kecakapan keterampilan bahasa Inggrismu. Ada empat bagian dalam TOEFL yaitu Listening Comprehension, Structure and Written Expression, Reading Comprehension, dan Test of Written English.

    Tes ini diperuntukan untuk negara-negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu. Tujuan dari tes TOEFL yaitu sebagai salah satu syarat untuk membawamu kuliah atau kerja di luar negeri. Masa berlaku tes TOEFL adalah dua tahun yang diakui dunia.

    Apa Itu IELTS?

    Pemahaman akan IELTS juga perlu kamu ketahui sebelum memahami perbedaan TOEFL dan IELTS.

    IELTS (International English Language Testing System) adalah sebuah sistem tes berbahasa Inggris skala Internasional yang sudah sangat populer pada saat ini. Fungsi IELTS bertitik tumpu untuk keperluan kerja, sekolah dan migrasi di luar negeri, IELTS pertama kali launching pada tahun 1989 sebagai tes kemampuan bahasa Inggris berstandar internasional untuk mereka yang bukan penutur asli bahasa Inggris.

    IELTS diklaim dan dikelola secara bersama-sama oleh 3 organisasi, yang pertama ditempati British Council kemudian yang kedua ada IDP: IELTS Australia dan yang terakhir ada Cambridge English Language Assessment.

    Bersama dengan TOEFL, IELTS merupakan salah satu dari dua tes bahasa kemampuan bahasa Inggris utama di dunia. IELTS kini diakui di sebagian besar negara di dunia karena saat ini terdapat lebih dari 1,000 pusat tes yang tersebar di 140 negara

    IELTS diakui oleh institusi-institusi pendidikan yang berada di negara Inggris, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Hong Kong, Irlandia, Afrika Selatan dan sejumlah badan profesional di seluruh dunia termasuk Dinas Imigrasi Selandia Baru serta Dewan Media Inggris General Medical dan juga IELTS kini diterima oleh lebih dari 6.000 organisasi di seluruh dunia.

    Perbedaan TOEFL dan IELTS

    Pada dasarnya TOEFL dan IELTS merupakan ujian standar internasional yang dilakukan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang.

    Hasil dari ujian ini juga dapat digunakan untuk berbagai kepentingan, tetapi umumnya yang berkaitan dengan pendidikan. Namun meski sama sama ujian dasar internasional tapi berikut ini adalah perbedaan TOEFL dan IELTS.

    1. Bahasa/Aksen yang Digunakan

    Perbedaan TOEFL dan IELTS yang pertama adalah dari bahasa yang digunakan. TOEFL adalah tes atau ujian kemampuan bahasa Inggris menggunakan bahasa Inggris Amerika (American accent). Sedangkan IELTS adalah ujian bahasa Inggris dengan menggunakan British accent.

    2. Skoring

    Perbedaan TOEFL dan IELTS yang sangat jelas dalam hal skoring. Maksimal skor TOEFL adalah 677. Sedangkan penilaian pada IELTS berkisar pada angka 0-120.

    3. Kemampuan yang Diuji

    Beberapa kemampuan yang diuji dalam TOEFL dan IELTS memiliki kesamaan. Dalam TOEFL, kemampuan yang diuji berupa Listening, Structure and Written Expression, Reading Comprehension, dan Test of Written English. Sedangkan IELTS, menguji kemampuan Writing, Listening, Reading, dan Speaking.

    Tes pada TOEFL disajikan dalam bentuk pilihan ganda, sedangkan tes IELTS tidak disajikan dalam bentuk pilihan ganda, melainkan tulisan tangan.

    Rekomendasi Tempat Belajar TOEFL dan IELTS

    Setelah mengetahui perbedaan TOEFL dan IELTS, kamu mulai tertarik untuk belajar kedua tes tersebut? Jika iya, Danacita punya rekomendasi tempat TOEFL dan IELTS yang bagus.

    1. EF (English First)

    Kursus yang satu ini sudah cukup terkenal di Indonesia dan memiliki banyak cabang di berbagai kota besar di seluruh Indonesia.

    Pertama didirikan di Swedia pada tahun 1965, kini EF telah melebarkan sayapnya dan membuka cabang di banyak negara dan telah memiliki jutaan siswa dan alumni.

    Satu hal yang membuat EF masih menjadi primadona dalam bidang kursus Bahasa Inggris adalah EF memberi kesempatan bagi siswa untuk berinteraksi dan berlatih speaking dengan native speaker. EF memang dikenal memiliki guru-guru native speaker di centers mereka.

    Informasi selengkapnya di sini.

    2. Wall Street English (WSE)

    Didirikan di Italia pada tahun 1972, Wall Street English kini telah menjadi salah satu kursus Bahasa Inggris yang cukup dikenal di dunia.

    Membuka cabang di 29 negara dengan total 3 juta siswa dan alumni, sulit rasanya untuk menemukan komunitas belajar Bahasa Inggris yang lebih interaktif!

    Dengan 50 tahun pengalaman, Wall Street English terus mengaplikasikan metode pembelajaran yang up-to-date yang didukung oleh teknologi yang mumpuni untuk menciptakan proses pembelajaran yang positif.

    Informasi selengkapnya di sini.

    3. Focus IELTS

    Focus IELTS adalah penyedia kursus IELTS Preparation terbaik dengan kualitas Tutor terbaik lulusan luar negeri. Di sini, kamu akan mendapatkan jumlah sesi dan jam yang sama bisa anda dapatkan dengan harga terbaik dibanding kursus lain.

    Focus IELTS memberikan garansi 7.0 untuk kamu. Sebelum mengikuti official test IELTS kamu akan diberikan mock test dengan aplikasi tes IELTS yang dibuat semirip mungkin. Tujuannya, untuk melihat sejauh mana kemampuan IELTS kamu.

    Informasi selengkapnya di sini.

    Kursus Persiapan IELTS dengan Menggunakan Danacita

    Sekarang kamu sudah tahu bukan perbedaan TOEFL dan IELTS? Nah, jika kamu tertarik belajar TOEFL dan IELTS ke tempat rekomendasi di atas dan biayanya dirasa memberatkan, kamu bisa menggunakan Danacita sebagai alternatif pembiayaan tempat kursus mu.

    Adapun beberapa alasan mengapa kamu harus bayar kuliah menggunakan Danacita adalah sebagai berikut:

    • Keamanan transaksi: Danacita telah mengantongi izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan juga telah tersertifikasi ISO 27001 sehingga keamanan data sangat terjamin.
    • Partner resmi EF, WSE, Focus IELTS dengan pembayaran biaya pendidikan langsung ke pihak kursus.
    • Proses pengajuan dilakukan 100% secara online, maksimal 2 hari kerja.
    • Bebas lakukan pelunasan lebih awal tanpa ada biaya tambahan.
    • Kamu bisa bayar kuliah secara bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan tanpa dibebani DP, biaya administrasi atau biaya tambahan lainnya.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Perbedaan TOEFL dan IELTS TOEFL ielts
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri