Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Cara Atur Rencana Keuangan yang Baik Untuk Orang Tua dan Mahasiswa

2022-09-21

Daftar isi

    Perencanaan keuangan merupakan hal penting yang harus dilakukan dalam kehidupan. Dalam mengatur rencana keuangan, tiap individu termasuk para orang tua harus pintar membedakan apa yang termasuk kebutuhan dan hal apa saja yang ternyata hanya keinginan. Terkadang, memang kedua hal ini bisa saja sulit untuk dibedakan, tapi tetap harus diperhatikan agar kamu bisa membuat perencanaan keuangan dengan mengurutkan kebutuhan berdasarkan prioritas.

    Apabila kamu termasuk ke dalam kelompok orang yang tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik, maka kamu akan kesulitan untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup. Maka dari itu, perencanaan keuangan yang baik harus mulai diterapkan sedini mungkin agar kelak di masa tua nanti kamu bisa merasakan manfaatnya. Hal yang perlu digaris bawahi adalah penerapan perencanaan keuangan bukan hanya penting bagi orang dewasa saja, untuk remaja pun juga harus mulai melek tentang apa itu perencanaan keuangan.

    Apalagi bila kamu adalah orang tua yang memiliki anak pelajar atau mahasiswa, sudah pasti perencanaan keuangan harus diperhatikan dengan baik. Bukan hanya kebutuhan sehari-hari, tapi juga kebutuhan untuk memenuhi biaya pendidikan yang tergolong tidak sedikit. Hal ini perlu dilakukan supaya rencana keuangan bisa berjalan lancar sehingga semua kebutuhan bisa selalu terpenuhi dengan baik. Untuk mencapai perencanaan keuangan yang baik, kamu bisa simak penjelasan berikut.

    Selalu Mencatat Keuangan

    Hal mendasar yang bisa dilakukan agar perencanaan keuanganmu berjalan dengan baik adalah dengan selalu mencatat keuangan. Catatlah pemasukan yang didapat perbulan dan berbagai macam pengeluaran yang harus dikeluarkan. Hal ini bermanfaat agar kamu lebih bisa mengontrol pengeluaran. Dengan rencana keuangan yang bagus, meskipun pemasukan bulananmu tergolong rendah pun tidak lagi menjadi masalah, karena semuanya sudah direncanakan dengan bijak. Perhatikan biaya apa yang sekiranya berpeluang untuk dikurangi atau malah dihilangkan supaya kebutuhan termasuk biaya pendidikan anak selalu tercukupi. Bila ingin simpel, kamu bisa mencatat rencana keuanganmu di buku saja atau bila ingin lebih terorganisir lakukanlah di Excel.

    Bijak dalam Mengelola Pemasukan

    Hal yang tidak kalah penting dalam perencanaan keuangan adalah saat mendapat pemasukan, sudah pasti kamu harus mengaturnya sebijak mungkin. Dengan begitu, segala kebutuhan bisa selalu tercukupi dan tidak mengalami kekurangan. Mengatur gaji dalam rencana keuangan bisa dilakukan dengan memberi skala prioritas, misalnya 50% untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti biaya makan, belanja bulanan, biaya pendidikan anak dan lainnya. 30% untuk biaya tagihan atau biaya hiburan, 10% untuk ditabung dan 10% untuk biaya darurat. Kamu bisa menyesuaikannya berdasarkan pada kebutuhanmu yang paling cocok.

    Bisa dibaca: Tips Atur Keuangan Untuk Mahasiswa dan Orang Tua yang Mengajukan Cicilan Kuliah

    Disiplin Melakukan Rencana Keuangan

    Untuk bisa terus memiliki rencana keuangan yang baik, tentunya kamu harus disiplin dalam melakukannya. Mulai dari perencanaan, sampai mengurutkan dan memilih kebutuhan yang sesuai dengan prioritas. Hal ini memang tidak semudah yang dibayangkan, bisa saja di tengah melakukannya kamu merasa aneh karena ada biaya yang melebihi target yang sudah dibuat atau karena alasan lainnya. Bila hal seperti ini terjadi, kamu harus ingat bahwa dalam mengatur rencana keuangan memang tidak dapat berjalan sesuai rencana, karena bisa saja ada kebutuhan mendadak yang harus dipenuhi.

    Dengan terus disiplin dalam perencanaan keuangan, kamu nantinya akan terbiasa dan dapat menemukan solusi dari permasalahan yang muncul, sehingga rencana keuanganmu akan terus membaik.

    Kamu juga bisa baca artikel ini: Manfaat Memutuskan Pinjaman Pendidikan Untuk Mahasiswa Saat Berkuliah

    Menentukan Tujuan Investasi Sesuai Kebutuhan

    Source: Unsplash.com/Towfiqu Barbhuiya

    Dalam perencanaan keuangan, tidak jarang orang menyisihkan sebagian budget mereka untuk melakukan investasi. Memang hal ini bagus untuk dilakukan, tapi sebelumnya, kamu harus tahu apa tujuan investasi yang ingin dilakukan tersebut dan disesuaikan dengan kebutuhanmu. Dengan mengetahui tujuannya terlebih dahulu, kamu baru dapat menentukan investasi apa yang cocok sesuai kebutuhan agar rencana keuanganmu bisa terus berjalan.

    Misalnya, kamu ingin membiayai pendidikan anak untuk kuliah, itu artinya kamu ingin agar anakmu bisa investasi diri untuk masa depan mereka melalui pendidikan. Maka dari itu, kamu bisa melakukan berbagai hal agar perencanaan keuanganmu berjalan lancar, seperti menabung sejak dini, berinvestasi dalam bentuk saham, dan masih banyak lainnya supaya bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

    Memang di zaman sekarang, kebutuhan investasi diri melalui pendidikan sudah menjadi hal yang penting dilakukan. Hal ini dikarenakan banyaknya tuntutan dari masyarakat global yang terus berkembang dengan cepat. Bila dalam memenuhinya kamu menghadapi kesulitan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencoba mengajukan pembiayaan pendidikan.

    Salah satu lembaga pembiayaan pendidikan yang terpercaya dan bisa membantu memenuhi kebutuhan investasi diri adalah Danacita.

    Danacita adalah perusahaan finansial dan teknologi yang didirikan sejak tahun 2018 di Indonesia yang sudah membantu banyak pelajar dalam meringankan biaya pendidikan. Pelayanan yang diberikan oleh Danacita yaitu cicilan kuliah dan sudah berada di lebih dari 100 kampus di seluruh Indonesia dan sudah resmi diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Danacita juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi bersertifikasi ISO 27001. Selain itu, sejak tanggal 2 Agustus 2021, juga sudah diberi surat izin nomor KEP-68/D.05/2021 dalam Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

    Jangka waktu yang ditawarkan Danacita mulai dari 6 sampai 24 bulan dan tanpa adanya uang DP juga uang jaminan. Mahasiswa tidak perlu khawatir tentang masalah bunga, karena Danacita menawarkan bunga yang flat sehingga tidak menjadi beban pikiran. Cara pengajuan cicilannya pun mudah, karena secara virtual, hanya dengan membuat akun di www.danacita.co.id, lalu melengkapi profil dan mengajukan pembiayaan. Selain itu, mahasiswa juga bisa kembali mengajukan cicilan untuk semester selanjutnya meskipun masih ada cicilan yang harus diselesaikan.

    Dalam menggapai cita-citamu meraih pendidikan yang lebih tinggi, kamu tidak perlu pusing lagi karena Danacita siap membantu biaya pendidikan dan sudah menjadi mitra resmi banyak Universitas ternama dan juga lembaga kursus lainnya, jadi sudah pasti aman dan terpercaya.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    rencana keuangan perencanaan keuangan
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri