Default Avatar

Written By

Esa Tauran

PPC Adalah: Arti, Jenis, Cara dan Informasi Selengkapnya

2023-03-30

pengertian-ppc-adalah

Apakah kamu pernah mendengar sedikit tentang pemasaran PPC dan ingin tahu lebih banyak? atau kamu sudah tahu dan ingin mencoba menjalankan tetapi tidak yakin harus mulai dari mana? Kamu datang ke tempat yang tepat!

Di artikel ini kita akan membahas tentang apa itu PPC. Mulai dari pengertian, jenis-jenis, kelebihan kekurangan, hingga langkah-langkah menjalankannya dan bagaimana kamu memulainya!

Apa itu PPC?

Pay Per Click atau biasa disingkat PPC adalah salah satu model digital marketing dimana pengiklan akan membayar setiap kali salah satu iklan yang dijalankan diklik oleh audiens. Strategi digital marketing satu ini bekerja dengan memungkinkan pengiklan menawar kata kunci atau frasa tertentu yang mereka inginkan agar iklan muncul.

Artinya, ketika pengguna melakukan pencarian terhadap salah satu kata kunci yang ditargetkan, iklan yang dijalankan akan muncul di antara hasil teratas. Saat pengguna mengklik iklan tersebut, makan disitulah pengiklan kemudian dikenakan biaya. Oleh karena itu salah satu model PPC banyak ditemui pada search engine.

Jenis-jenis PPC

Setelah mengetahui apa itu PPC, hal berikutnya yang perlu kamu pahami yaitu jenis-jenis PPC. Seiring bertambah banyaknya platform digital, jenis-jenis PPC juga ikut bertambah. Ada banyak jenis PPC yang bisa kamu jalankan. Beberapa di antaranya yaitu:

1. Search Marketing

Salah satu jenis PPC yang paling umum ditemui adalah Search Marketing pada Google. Cara kerjanya adalah iklan akan muncul kepada pengguna setiap kali mereka mencari kata kunci tertentu yang kamu targetkan. Misalnya kata kunci “bootcamp digital marketing”.

Untuk menjalankan PPC jenis ini, kamu harus menyiapkan kampanye dengan menulis teks iklan, memilih kata kunci yang relevan, dan memilih landing page yang sesuai di situs website kamu

2. Display Advertising

Berikutnya, jenis PPC adalah display advertising. Jika kamu pernah masuk ke sebuah situs berita dan mendapati iklan berbentuk banner atau poster, maka itu adalah salah satu penempatan iklan dari Display Advertising. Jenis PPC ini lebih menampilkan konten visual, sehingga aset gambar dan video kamu harus menarik

3. Social Media Advertising

Sesuai namanya, jenis PPC ini berada pada platform media sosial. Kamu bisa memilih untuk menempatkan iklan media sosial kamu di berbagai inventori. Misalnya pada Instagram, kamu bisa memilih iklan kamu untuk bisa ditayangkan di home, stories, maupun reels.

4. Google Shopping

Google Shopping layanan iklan yang disediakan oleh Google dimana berisi informasi produk, gambar produk, harga, dan tautan toko online. Jenis PPC ini biasanya digunakan oleh e-commerce di laman pencarian seperti Google.

5. Remarketing Advertising

Apa itu PPC remarketing advertising? PPC remarketing ini merupakan strategi dimana kamu menargetkan kembali kepada audiens yang pernah mengunjungi laman produk atau yang pernah bertransaksi di sana. Jenis PPC ini dinilai sangat efektif karena target audience sudah pasti tertarik dengan produk dan punya keterkaitan.

Strategi PPC ini menggunakan cookie di browser pengguna untuk menampilkan iklan tertentu berdasarkan tindakan online mereka sebelumnya. Misalnya, pengguna yang menelusuri digital marketing dapat melihat iklan bergambar untuk promo terbaru bootcamp digital marketing.

Kelebihan dan Kekurangan PPC

Setiap strategi digital marketing yang dijalankan tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitupun dengan PPC. Berikut perbandingan antara kelebihan dan kekurangan PPC.

1. Kelebihan PPC

  • Cepat mendapatkan hasil iklan
  • Memudahkan untuk menjangkau target yang lebih spesifik
  • Kamu bisa mengatur biaya yang ingin dikeluarkan sesuai dengan kemampuan
  • Iklannya mudah diukur dan dievaluasi
  • Cocok untuk kampanye meningkatkan conversion

2. Kekurangan PPC

  • Tidak cocok digunakan sebagai strategi jangka panjang karena membutuhkan biaya
  • Visibilitas iklan kamu akan hilang ketika biaya kamu habis
  • Kemungkinan menghasilkan ROI yang rendah
  • Kurang cocok untuk meningkatkan brand awareness

Langkah-langkah Menjalankan PPC

Berikut cara dan langkah-langkah untuk menjalankan PPC dengan baik:

1. Membuat Tujuan Pemasaran

Menentukan tujuan di awal merupakan langkah utama yang harus dilakukan setiap kali kamu ingin menjalankan strategi digital marketing apapun, termasuk PPC. Hal ini bertujuan agar kamu dapat mengukur kesuksesan iklan kamu dan sebagai bahan evaluasi berikutnya.

Dengan menentukan tujuan pemasaran, maka akan memudahkan kamu untuk menentukan platform dan jenis iklan yang paling sesuai dengan kebutuhan marketing pada bisnis.

Tujuan pemasaran dapat berbeda di tiap perusahaan, tetapi yang paling umum digunakan pada PPC antara lain, meningkatkan site traffic, mendatangkan prospek, mendorong aktivitas penjualan, dan meningkatkan brand awareness yang didukung dengan optimasi media sosial atau display ads.

2. Melakukan Riset Audiens

Mengetahui dimana audiens kamu berada sangat penting agar memudahkan kamu menjangkau mereka. Oleh karena itu, sebelum benar-benar menjalankan PPC, kamu harus melakukan riset audiens terlebih dahulu. Riset audiens ini juga berguna agar kamu mengetahui ketertarikan dan perilaku mereka di dunia maya.

Dengan mengetahui berbagai informasi tentang audiens, maka kamu akan mudah menentukan platform mana yang cocok digunakan dan bagaimana strategi iklanmu nantinya.

3. Memilih Platform yang Akan Digunakan

Seperti yang dijelaskan di atas, PPC memiliki beberapa jenis dan platform yang bisa kamu gunakan. Namun tentu kamu tidak ingin menghabiskan keseluruhan budget marketing kamu untuk menjalankan PPC. Sehingga kamu perlu memilih platform mana yang paling tepat yang akan kamu gunakan. Ini disesuaikan dengan riset audiens yang sudah dilakukan sebelumnya.

4. Menentukan Kata Kunci yang Ingin Digunakan

Kata kunci merupakan salah satu komponen penunjang keberhasilan PPC kamu. Kata kunci yang tepat dapat dikatakan sebagai tulang punggung PPC. Oleh karena itu, kamu harus melakukan riset terlebih dulu terkait kata kunci apa yang paling sesuai dan paling banyak dicari, agar PPC lebih maksimal.

5. Menetapkan Biaya Iklan

Perlu diingat, jika hasil dari PPC tidak akan mengkhianati budget pemasaran PPC yang dikeluarkan. Semakin besar budget kamu, maka semakin banyak pula audiens yang terjangkau. Dengan begini makan semakin banyak pula kemungkinan terjadi klik di iklan tersebut.

6. Membuat Landing Page yang Berkualitas

Landing page atau halaman pertama yang dituju pengguna setelah melakukan klik iklan menjadi salah satu hal utama yang harus kamu perhatikan. Jika landing page bagus dan mudah dipahami, ada kemungkinan audiens akan berlama-lama di sana dan meneruskan membeli produk. Sebaliknya, jika landing page kamu tidak menarik, maka pengguna akan meninggalkan landing page kamu dengan cepat.

7. Membuat Konten yang Menarik

Komponen lain yang tidak kalah pentingnya ketika menjalankan PPC adalah aset konten. Kamu harus membuat konten skreatif mungkin. Semakin kreatif konten yang dibuat maka semakin menarik pula iklan tersebut bagi pengguna, yang artinya semakin besar kemungkinan mendapatkan klik.

Belajar PPC dengan Mengikuti Bootcamp Digital Marketing

Agar pengetahuanmu terkait PPC dan digital marketing secara umum semakin bertambah, berikut rekomendasi bootcamp yang bisa kamu ikuti!

1. Harisenin.com

Bootcamp digital marketing Harisenin.com merupakan latihan intensif selama 24 Minggu yang siap memberikan kamu pengetahuan seputar digital marketing, termasuk PPC Terdapat dua fase pembelajaran yang akan kamu ikuti di bootcamp ini.

Yang pertama Rise Learn, dimana kamu akan belajar selama 5-6 bulan agar dapat menguasai technical dan soft skill. Di fase ini kamu akan mendapatkan pengalaman Belajar secara kelompok, tugas praktik, dan final project. Kamu juga akan belajar langsung dengan para ahli dibidangnya dari perusahaan Top di Indonesia.

Fase kedua adalah RiseUP. Fase ini merupakan tahapan yang didapatkan setelah mengikuti bootcamp. Kamu akan mendapatkan pelatihan dan konsultasi karier 1-on-1, plus peluang kerja magang atau project-based. Kamu juga akan mendapatkan job-connect dengan hiring partner harisenin.com.

Informasi selengkapnya, klik di sini.

2. Dibimbing

Dibimbing.id merupakan sebuah platform pembelajaran dan persiapan karier digital yang telah membantu dan mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk mengembangkan diri hingga mendapatkan karier impiannya. Termasuk untuk kamu yang bermimpi menjadi seorang digital marketer.

Pada bootcamp digital marketing Dibimbing.id kamu akan dibimbing untuk menguasai berbagai strategi digital marketing terupdate secara lengkap hingga kamu mampu untuk menjadi digital marketer yang siap kerja setelah lulus dari program bootcamp ini. Mulai dari media sosial, SEO, digital ads hingga PPC, dan masih banyak lagi.

Informasi selengkapnya, klik di sini.

3. Digital Skola

Bootcamp digital marketing Digital Skola atau SkolaClass Digital Marketing merupakan program 3 bulan kelas intensif dengan portofolio, program magang dan persiapan karir terbaik. Kurikulum yang diajarkan di sini berbasis industri. Para mentornya pun merupakan praktisi yang sudah berpengalaman di bidang digital marketing.

Materi yang akan kamu dapatkan pada bootcamp ini mencakup digital marketing organik dan paid ads, digital marketing research, hingga pembuatan konten dan copywriting.

Informasi selengkapnya, klik di sini.

Ahli Digital Marketing Bersama Danacita

Itu dia penjelasan lengkap seputar PPC. Untuk kamu yang ingin belajar lebih dalam seputar PPC dan menjadi seorang digital marketer, sekarang kamu bisa mewujudkannya bersama Danacita.

Danacita merupakan sebuah platform teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi yang terjangkau.

Danacita memberikan solusi pembayaran bootcamp dengan metode cicilan yang sangat terjangkau mulai dari 6 hingga 24 bulan.

Untuk mendapatkan bantuan biaya, kamu kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara.

Selain itu Danacita juga sudah berizin dan diawasi oleh OJK, serta telah tersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data transaksi kamu.

banner-gif-CTA-Only

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kursusmu bersama Danacita

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

paid-per-click ppc dibimbing harisenin.com digital marketing DigitalSkola
Default Avatar

Written By

Esa Tauran