Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Informasi Terbaru Kuliah Mahasiswa Program Studi Akuntansi dan Prospek Kerjanya 2022

2022-01-26

BlogBanner_Akuntansi.png

Daftar isi

    Mendengar kata akuntansi rasanya gak asing, mungkin yang pertama kali terlintas dipikiran kita adalah seputar uang. Bener banget tuh, karena gak ada akuntansi yang gak bersinggungan dengan uang. Uang jadi salah satu unsur utama dalam melakukan proses akuntansi. Perputaran keluar masuknya uang suatu perusahaan dari awal hingga waktu berjalan pasti terekam dalam sebuah sistem akuntansi.

    Nah kali ini, kita bakal mengenal lebih dalam seputar Program Studi Akuntansi loh!

    Buat kamu yang masih dilema mau masuk Program Studi mana, disimak ya.

    Apa itu Program Studi Akuntansi?

    Jadi Program Studi akuntansi adalah bidang studi yang mempelajari materi terkait metode pencatatan, penggolongan dan penyusunan laporan keuangan yang berguna untuk membantu pemangku kepentingan dalam proses pengambilan keputusan.

    Selain belajar dalam membuat laporan keuangan, kamu juga akan dipersiapkan untuk memahami tentang bagaimana penganggaran, perpajakan, auditing, dan sistem keuangan pemerintahan di Indonesia.

    Materi Kuliah Program Studi Akuntansi

    Seperti yang sudah digambarkan di atas, kuliah di Program Studi akuntansi kamu akan mempelajari banyak hal dari melahirkan laporan keuangan hingga ranah ekonomi lainnya. Oleh karena itu, di jenjang Program Studi ini kamu akan memperdalam beberapa materi kuliah. Meskipun setiap universitas tentu akan berbeda-beda namun secara umum mata kuliah yang akan kamu pelajari yaitu Pengantar Akuntansi, Akuntansi Keuangan Menengah I-II, Akuntansi Keuangan Lanjut I-II dan Teori Akuntansi.

    Namun, tidak hanya berkutat seputar materi akuntansi, kamu juga akan mendapat mata kuliah pendamping seperti Manajemen, Statistika, Perpajakan, Sistem Informasi Akuntansi, Auditing, Kewirausahaan, Perekonomian Indonesia, Etika Bisnis dan Profesi, Akuntan Sektor Publik, Akuntan Syariah dan mata kuliah lainnya yang bersinggungan dengan Program Studi ini.

    Peminatan di Program Studi Akuntansi

    Setiap universitas atau perguruan tinggi negeri tentu memiliki kurikulum yang berbeda tergantung kebijakan dan kesepakatan pihak internal kampus yang sudah dibuat dan didiskusikan. Umumnya, pada semester 1 hingga 4 di program studi akuntansi kamu belum dapat untuk memilih konsentrasi atau peminatan di program studi akuntansi karena masih mendapatkan mata kuliah yang memang wajib diambil oleh semua mahasiswa di program studi akuntansi. Dan pada akhir semester 4 kamu baru bisa memilih konsentrasi yang akan menentukan mata kuliah di semester 5 dan 6 dengan beberapa konsentrasi seperti:

    • Auditing
    • Manajemen
    • Perpajakan
    • Akuntan Syariah

    Pilihan ini akan disesuaikan dengan kemampuan serta passion kamu, sehingga kamu dapat memilih sesuai dengan minat kamu agar bisa lebih mendalami materi yang diinginkan oleh mahasiswa.

    Kemampuan dan Keahlian Mahasiswa Program Studi Akuntansi

    Berikut adalah beberapa kemampuan dan keahlian yang akan dimiliki oleh mahasiswa program studi akuntansi:

    • Kompetensi dalam perpajakan
    • Kompetensi dalam accounting software
    • Kompetensi dalam perbankan
    • Kompetensi dalam auditing
    • Kemampuan merancang sistem akuntansi berbasis Teknologi Informasi

    Gelar untuk Program Studi Akuntansi

    Setelah menempuh pendidikan di program studi akuntansi , dan telah mendalami ilmu akuntansi kamu akan mendapatkan gelar S.Ak. (Sarjana Akuntansi) untuk jenjang S1 dan A.Md.Ak (Ahli Madya Akuntansi) untuk jenjang D3.

    Prospek Kerja Program Studi Akuntansi

    Tentunya, prospek kerja menjadi salah satu pertimbangan kita saat hendak memilih sebuah program studi. Untuk program studi akuntansi ini prospek kerjanya bisa dikatakan cukup luas loh, karena hampir seluruh sektor membutuhkan lulusan akuntansi dan bahkan jenjang karier yang ditawarkan juga bervariasi seperti:

    • Akuntan
    • Auditor Internal
    • Auditor Publik
    • Konsultan Pajak
    • Financial Planner
    • Financial Analyst
    • Ahli Keuangan Pemerintah
    • Dosen Akuntansi

    Alasan Harus Masuk Program Studi Akuntansi

    Dengan prospek kerja yang sangat luas, program studi akuntansi bisa dikatakan menjanjikan. Karena saat ini, hampir seluruh bidang membutuhkan lulusan akuntansi dengan jenjang karir yang ditawarkan sangat menarik. Bahkan program studi akuntansi menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin terjun di dunia bisnis.

    Keterampilan seorang akuntan yang baik bisa mendorong atau mendukung keberhasilan suatu perusahaan, badan usaha maupun organisasi-organisasi lainnya. Laporan keuangan yang berisi tentang informasi keuangan dapat digunakan sebagai penentu kebijakan bagi setiap pemangku kepentingan seperti kreditor, investor, karyawan, manajemen, dan regulator.

    Alasan lainnya yang tidak kalah penting adalah kamu akan memiliki kemampuan mengelola keuangan, menganalisis keuangan, mengevaluasi anggaran, dan teliti dalam menghitung keuangan akan menjadi nilai yang sangat menguntungkan dan pastinya akan berguna untuk diri sendiri ataupun tempat kamu akan bekerja. Itulah mengapa kamu harus memilih program studi akuntansi sebagai tempat meraih mimpi dan mengejar cita-citamu!

    Rekomendasi kampus/universitas dengan Program Studi Akuntansi terbaik

    Saat ini Danacita adalah partner resmi dari beberapa Universitas yang memiliki program studi akuntansi terbaik lho. Beberapa diantaranya adalah

    President University

    Mendengar nama President University tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kebanyakan orang. Kampus yang terletak di Jababeka Education Park, Kota Jababeka, Cikarang ini adalah salah satu kampus dengan standar internasional terbaik di Indonesia. Selain itu, PU juga memiliki Program Studi akuntansi terbaik lho. Untuk kamu yang ingin kuliah akuntansi dengan standar internasional, maka President University adalah pilihan paling tepat


    Baca juga: Informasi Terbaru PMB President University 2022/2023


    Universitas Bina Sarana Informatika

    Siapa sih yang tidak ingat dengan slogan ‘Kuliah BSI aja!’. Ya, Universitas Bina Sarana Informatika adalah salah satu universitas yang memiliki program studi akuntansi terbaik. UBSI memiliki banyak cabang di berbagai kota, jadi ini bisa mempermudah kamu untuk memilih kampus yang dekat dengan tempat tinggal kamu.


    Baca juga: Informasi terbaru Penerimaan Mahasiswa Baru UBSI 2022/2023


    Universitas Tarumanagara

    Sudah berdiri sejak 1972, Program Studi Ekonomi Universitas Tarumanagara dengan Prodi S1 Akuntansi adalah salah satu universitas swasta terbaik di jakarta. Selain memiliki kualitas terbaik, lulusan S1 akuntansi UNTAR juga sering jadi incaran dari banyak perusahaan karena kualitas yang sudah terjamin.


    Baca juga: Informasi terbaru Penerimaan Mahasiwa Baru UNTAR 2022


    Universitas Islam Bandung (UNISBA)

    Untuk kamu yang ingin berkuliah di Bandung, maka Universitas Islam Bandung adalah pilihan yang tepat. UNISBA saat ini menyediakan juga menyediakan Prodi S1 Akuntansi yang kualitasnya tidak perlu kita ragukan lagi. Selain telah melahirkan lulusan akuntansi ternama, UNISBA juga merupakan salah satu universitas swasta sudah memiliki akreditasi A lho.


    Baca juga: Biaya Kuliah Terbaru UNISBA 2022/2023


    Nah itu dia ulasan seputar Program Studi Akuntansi, biar kamu gak kebingungan lagi buat milih Program Studi dan yang paling penting jangan sampai salah pilih Program Studi ya!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Ricky Sudewo