Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Terbaru! Penjelasan, Prospek Kerja dan Biaya Fakultas Hukum Universitas Pancasila

2022-11-18

Universitas-Pancasila-Fakultas-Hukum-Prospek-Kerja-Biaya

Daftar isi

    Mengenal Universitas Pancasila

    Universitas Pancasila adalah salah satu universitas swasta Indonesia yang terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kampus ini berdiri pada tanggal 28 Oktober 196 dan merupakan penggabungan dari Universitas Pancasila (lama) yang didirikan pada tahun 1963 dan Universitas Bung Karno.

    Penamaan Universitas Pancasila yang diambil dari ideologi bangsa Indonesia bukanlah sekedar tanda pengenal dan pembeda dari Universitas-universitas lainnya. Akan tetapi nama ini memiliki kedalaman arti yang hakiki, sesuai dengan misi yang diemban Universitas Pancasila, yaitu “Memberikan peranan positif dalam pengembangan ilmu dan teknologi serta pengembangan masyarakat ber-Pancasila seperti yang dicita-citakan dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945.”

    Berangkat dari visi tersebut, Universitas Pancasila berniat dan beritikad untuk menghasilkan sarjana-sarjana yang berjiwa Pancasila, memiliki nilai dan sikap, pengetahuan, kecerdasan, keterampilan serta kemampuan berkomunikasi, dan kesadaran ekologi guna pembangunan dan pembinaan bidang hukum, ekonomi dan ekologi untuk menunjang pembangunan.

    Penjelasan Mengenai Fakultas Hukum

    Fakultas Hukum Universitas Pancasila merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sejarah berdirinya Universitas Pancasila. Fakultas ini pertama kali menerima pendaftaran mahasiswa baru di tahun 1963 bertempat di gedung SMP Negeri IV, Jalan Perwira 10, Jakarta Pusat yang berhasil dipinjam oleh yayasan. Seiring perkembangannya dan semakin bertambahnya peminat fakultas ini membuat proses belajar mengajar membutuhkan sarana dan prasarana yang lebih memadai. Untuk itu sejak tahun 1992 Fakultas Hukum Universitas Pancasila menempati gedung baru di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, hingga kini.

    Fakultas Hukum Universitas Pancasila menyelenggarakan program sarjana Ilmu Hukum yang telah memiliki akreditasi A dari BAN-PT sejak 1998 dan mampu untuk terus dipertahankan hingga kini. Program Studi S1 Ilmu Hukum juga termasuk dalam jajaran program studi unggulan kopertis III Jakarta.

    Selain program sarjana, Fakultas Hukum Universitas Pancasila juga menyelenggarakan program Magister Kenotariatan yang resmi dibuka pada tanggal 10 Juni 2014. Dalam perkembanganya, telah berhasil meningkatkan statusnya sesuai Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor : 0483/SK/BAN-PT/Akred/M/I/2017 dengan mendapatkan Akreditasi Baik (B). Saat ini Fakultas ini juga sementara dalam proses pembukaan program Doktor Ilmu Hukum.

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    Prospek Kerja Lulusan Fakultas Hukum Universitas Pancasila

    Di Indonesia, jurusan ilmu hukum termasuk salah satu dari sekian banyak jurusan kuliah yang paling diminati. Hal ini tidal lepas dari, prospek kerja ilmu hukum sangat beragam dan kebanyakan menjanjikan peluang karir dan tentu saja gaji tinggi. Berikut beberapa prospek karir yang bisa kamu pilih setelah lulus dari Fakultas Hukum Universitas Pancasila.

    1. Pengacara

    Pengacara bisa disebut sebagai salah satu prospek kerja yang paling populer dan diminati oleh seorang Sarjana Hukum. Tugas dan tanggung jawab seorang Pengacara adalah mewakili kepentingan hukum klien dan berusaha menyelesaikan perselisihan dengan seefektif mungkin. Selain itu,, sebagai seorang pengacara kamu juga nantinya akan berperan sebagai konsultan dan terus menjaga hubungan baik dengan klien selama proses hukum berlangsung. Akan tetapi, untuk menjadi seorang Pengacara, maka kamu harus mengambil pendidikan advokat terlebih dulu.

    2. Hakim

    Bagi lulusan ilmu hukum yang sudah memiliki pengalaman cukup di ruang pengadilan, prospek kerja sebagai hakim sangat cocok. Dari posisinya saja kita sudah bisa melihat peran hakim sebagai pemimpin jalannya persidangan. Hakim juga bertugas membuat keputusan akhir atas kasus yang disidangkan. Begitu pentingnya peran hakim dalam penerapan hukum, dibutuhkan kredibilitas dan integritas yang tinggi untuk menjalani profesi ini.

    Jika kamu ingin menjadi hakim, ada beberapa proses seleksi dan kualifikasi khusus yang harus kamu penuhi. Bahkan para penguji juga akan melihat moral dan kemampuan kamu dalam mengambil keputusan yang tepat.


    Baca juga: Alasan Kenapa Harus Kursus Bahasa Inggris di WSE


    3. Jaksa

    Prospek kerja ilmu hukum selanjutnya adalah jaksa. Pekerjaan ini sebagian besar menghabiskan waktunya di dalam ruang pengadilan. Tanggung jawab utamanya adalah untuk menghadirkan bukti yang memberatkan tersangka di dalam pengadilan pidana.

    Biasanya, seorang jaksa bekerja sama dengan polisi atau aparat hukum lainnya untuk bisa membawa seorang tersangka ke pengadilan. Untuk mengambil pilihan prospek kerja ilmu hukum ini, kamu harus melewati beberapa tahapan tes dari negara.

    4. Staf Legal

    Tak hanya bisa bekerja di ruang sidang saja, untuk kamu lulusan ilmu hukum yang ingin bekerja di perusahaan, bisa memilih bekerja sebagai staf legal untuk perusahaan. Posisi pekerjaan ini dibutuhkan di banyak perusahaan, mulai dari bank, properti, rumah sakit, hingga startup.

    Peran seorang Staf Legal di perusahaan sangat dibutuhkan karena ialah yang akan mengatur kegiatan perusahaan atau lembaga agar sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku sehingga kegiatannya dapat berjalan tanpa kendala.

    5. Diplomat

    Prospek kerja ilmu hukum berikutnya adalah menjadi diplomat. Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang ingin bertugas di luar negeri demi kepentingan negara. Tugas dan tanggung jawabnya adalah untuk mengawasi hubungan internasional antara kedua negara mengenai kesepakatan perdamaian, ekonomi, budaya, hak asasi manusia, dan lingkungan.

    Kamu akan menjadi wakil negara yang akan tinggal di negara lain. Tidak hanya itu, kamu juga akan jadi perwakilan negara yang mengatur hubungan bilateral, negosiasi, hingga mengambil keputusan internasional.

    Biaya Kuliah di Fakultas Hukum Universitas Pancasila

    Berikut rinican biaya kuliah di Fakultas Hukum Universitas Pancasila

    Prodi Semester 1-2 Semester 3-4 Semester 5-6 Semester 7-8 Total
    S1 Hukum Rp. 16,662,500 Rp. 16,312,500 Rp. 8,587,500 Rp. 8,337,500 Rp. 99,800,000

    Catatan:

    1. Biaya belum termasuk biaya Daftar Ulang per tahun, biaya Bimbingan Skripsi dan Wisuda, dan Ijazah
    2. Biaya sudah termasuk biaya kursus bahasa Inggris LIA Level 1 sampai dengan Level 4 tingkat dasar, Jaket Almamater, dan Asuransi selama kuliah di Universitas Pancasila

    Bayar Biaya Kuliah di Fakultas Hukum Universitas Pancasila Menggunakan Danacita

    Kesempatan untuk kamu berkuliah di Fakultas Hukum Universitas Pancasila sangat terbuka lebar. Apalagi saat ini, Danacita dan Universitas Pancasila telah bekerja sama untuk mempermudah kamu untuk membiayai studi di Fakultas Hukum Universitas Pancasila Danacita sendiri adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Kerjasama antara Danacita dan Universitas Pancasila adalah dengan memberikan solusi program cicilan multi semester untuk calon mahasiswa Universitas Pancasila. Cicilan Multi Semester adalah program pembiayaan yang memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa untuk dapat melakukan pembiayaan biaya kuliah hingga 4 semester sekaligus hanya dalam 1 kali pengajuan di Danacita.

    Melalui program cicilan multi semester Danacita ini, kamu dapat fokus untuk menempuh pendidikan kamu di STMIK Likmi tanpa harus mengalami kendala dalam melakukan pembayaran biaya kuliah setiap semesternya. Apalagi keamanan data pengajuan kamu di Danacita terjamin keamanannya karena Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta tersertifikasi ISO 27001.

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!