Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Mau jadi ahli manajemen informatika? Saatnya Bergabung Ke Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer

2022-03-30

BlogBanner-STMIK.jpg

Daftar isi

    Sekolah Tinggi adalah jenis perguruan tinggi yang berfokus dalam satu bidang keilmuan dengan beberapa jurusan dan/atau program studi didalamnya. Contoh paling mudah dari Sekolah Tinggi adalah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) yang memiliki fokus pada ilmu informasi dan komputer.

    Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa hal yang bisa membantu kamu untuk memberikan gambaran, apa itu STMIK, perbedaan STMIK dan Universitas pada umumnya,

    Apa itu STMIK?

    STMIK adalah jenis Sekolah Tinggi yang berkutat pada manajemen informatika dan komputer. Jurusan yang umum pada STMIK adalah jurusan sistem informasi, teknik informatika, teknik komputer, manajemen informatika, dan lain sebagainya. Seperti halnya Universitas, STMIK menawarkan pendidikan akademik dan/atau vokasi.

    Bagaimana Perbedaan STMIK dengan Universitas?

    Perbedaan paling mencolok antara STMIK dengan Universitas terletak pada jumlah fakultas. Universitas memiliki banyak fakultas dengan berbagai bidang kelimuan. Sedangkan STMIK hanya berfokus pada ilmu manajemen informatika dan komputer saja, sehingga bisa dikatakan tidak memiliki fakultas. STMIK biasanya langsung merujuk pada jurusan dan program studi.

    Baca juga: Ingin Kuliah di Jurusan Manajemen Informatika? Berikut Prospek Kerjanya

    Apa Keunggulan Kuliah di STMIK?

    Keunggulan kuliah di STMIK yang paling menonjol adalah tersedianya kesempatan mahasiswa untuk mendalami bidang yang disukainya dan kemudahan berkolaborasi dengan mahasiswa lain yang memiliki minat yang sama dan bahkan menjadi expertise di bidangnya. Keunggulan lainnya adalah mahasiswa bisa memilih pendidikan akademik atau vokasi sehingga mahasiswa dapat dengan bebas meraih gelar sarjana atau diploma. Beberapa STMIK juga memiliki program studi magister sehingga memungkinkan mahasiswa untuk melanjutkan jenjang pendidikannya.

    STMIK LIKMI

    BlogBanner-LikmiLogo.png

    Rekomendasi pertama Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan komputer (STMIK) adalah STMIK LIKMI. STMIK LIKMI bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin berkuliah di Bandung

    STMIK LIKMI School of Business & IT berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda No.96, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132.

    LIKMI memiliki dua jurusan untuk program sarjana dan diploma, yaitu Jurusan Teknik Informatika dan Jurusan Manajemen Informatika/Sistem Informasi.

    Beberapa keunggulan STMIK LIKMI:

    • Menjadi perguruan tinggi swasta ketiga di Indonesia yang memiliki pendidikan S2 (Pascasarjana) Sistem Informasi
    • Termasuk dalam jajaran lima perguruan tinggi yang memiliki status akreditasi tertinggi pada program S2 Sistem Informasi di antara lebih dari 4500 perguruan tinggi di seluruh Indonesia
    • Bekerjasama dengan universitas luar negeri sehingga memungkinkan mahasiswa untuk melanjutkan tahun terakhir studinya dan memperoleh gelar bergengsi dari kampus luar negeri
    • Berkolaborasi dengan IT International Certification Centre, Oracle Academy, MSDN Academic Alliance, IDX Bursa Efek Indonesia, Phillip Securities Indonesia, Corel Training Partner, CPS Soft, dan AdaCore.
    • Partner Resmi Danacita, jadi kamu bisa ajukan cicilan kuliah di sini

    Untuk lebih lengkapnya, bisa langsung mengunjungi website STMIK LIKMI di https://likmi.ac.id/


    Baca juga: Informasi Terbaru PMB STMIK LIKMI 2022


    STMIK Primakara

    BlogBanner-PrimakaraLogo.png

    Rekomendasi Kedua Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan komputer (STMIK) adalah STMIK Primakara. Untuk kamu yang mau kuliah sambil liburan maka STMIK Primakara adalah kampus yang tepat untuk kamu

    STMIK Primakara berlokasi di Jl. Tukad Badung No.135, Renon, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80226

    Primakara memiliki tiga program studi sarjana, yaitu Sistem Informasi, Teknik Informatika, dan Sistem Informasi Akuntansi.

    Beberapa keunggulan STMIK Primakara:

    • Menjadi kampus IT Terbaik 2019 Se-Bali & Nusa Tenggara berdasarkan pemeringkatan DIKTI tahun 2019 & 2020
    • Memiliki akreditasi B dari BAN-PT dengan kualifikasi “Sangat Baik”
    • Menjadi perguruan swasta yang memiliki pengembangan inkubasi bisnis teknologi dengan memenangkan banyak hibah kewirausahaan dan mendapatkan kunjungan khusus dari Menteri Ristek DIKTI (Prof. Dr. Muhammad Nazir)
    • Memiliki sertifikasi Standar Internasional ISO 21001:2018 yang merupakan Standar Internasional dalam Pengelolaan Perguruan Tinggi dan ISO 9001:2015 untuk penjaminan mutu internal
    • Memiliki kerjasama nasional dan internasional
    • Partner resmi Danacita, jadi kamu bisa ajukan cicilan kuliah di sini

    Untuk lebih lengkapnya, bisa langsung mengunjungi website STMIK Primakara di https://www.primakara.ac.id/


    Baca juga: Keunggulan Kuliah di STMIK Primakara


    STMIK Horizon Karawang

    BlogBanner-HorizonLogo.png

    Rekomendasi ketiga Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan komputer (STMIK) adalah STMIK Horizon karawang. STMIK Horizon Karawang berlokasi di Jl. Pangkal Perjuangan By Pass No.KM, Tanjungpura, Kec. Karawang Bar., Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41316.

    Horizon Karawang memiliki dua program studi sarjana (Informatika dan Sistem Informasi) dan dua program diploma (Sistem Informasi dan Sistem Informasi Akuntansi).

    Beberapa keunggulan STMIK Horizon Karawang:

    • Tersedia beberapa beasiswa, seperti beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), AA Rachmat, dan PEMDA Kabupaten Karawang
    • Memiliki sarana kampus yang memadai seperti laboratorium komputer dengan dukungan hardware dan software terkini
    • Menyediakan biaya kuliah yang terjangkau dengan kemudahan sistem pembayaran bertahap (cicilan)
    • Memiliki waktu kuliah yang fleksibel sehingga memungkinkan mahasiswa berkuliah sambil bekerja
    • Memiliki pengembangan Open Source Software seperti sistem operasi Linux dan aplikasi Android
    • Partner resmi Danacita, jadi kamu bisa ajukan cicilan kuliah di sini

    Untuk lebih lengkapnya, bisa langsung mengunjungi website STMIK Horizon Karawang di https://stmik-kharisma.ac.id/home/

    STIKI Malang

    BlogBanner-STIKILogo.png

    Untuk kamu yang mau berkuliah di Malang, maka Sekolah Tinggi Informatika Dan Komputer Indonesia (STIKI) malang bisa menjadi kampus yang tepat untuk kamu
    STIKI (Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia) berlokasi di Jl. Raya Tidar No.100, Karangbesuki, Kec. Sukun, Kota Malang, Jawa Timur 65146.

    STIKI memiliki empat program studi, yaitu Teknik Informatika, Desain Komunikasi Visual, Sistem Informasi, dan Manajemen Informatika.

    Beberapa keunggulan STIKI Malang:

    • Tersedia program perkuliahan karyawan sehingga memungkinkan mahasiswa untuk kuliah sambil bekerja
    • Tersedia fasilitas angsuran biaya pendidikan tanpa bunga dan tanpa agunan, sehingga dapat dibayar bulanan sesuai dengan kemampuan mahasiswa
    • Tersedia beasiswa kuliah (tanpa ikatan) bagi mahasiswa perkuliahan karyawan
    • Memiliki kerjasama dengan lembaga dalam negeri dan luar negeri sehingga memungkinkan mahasiswa untuk berkolaborasi dengan banyak expertise
    • Partner resmi Danacita, jadi kamu bisa ajukan cicilan kuliah di sini

    Untuk lebih lengkapnya, bisa langsung mengunjungi website STIKI Malang di https://www.stiki.ac.id/

    Nah, itu tadi merupakan rangkuman mengenai STMIK dan beberapa rekomendasi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan komputer. Kalau artikel ini bermanfaat, bisa klik suka pada artikel ini. Artikel ini juga bisa dibagikan pada teman-teman yang membutuhkan informasi mengenai STMIK dan rekomendasi STMIK.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    STIKI Malang STMIK Primakara Rekomendasi Kampus STMIK LIKMI STMIK Horizon
    Default Avatar

    Written By

    Ricky Sudewo