Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

SNBP UNNES 2023: Informasi, Pendaftaran, Peminat Selengkapnya

2023-03-31

Daftar isi

    Sistem Nasional Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri atau yang biasa disingkat sebagai SNMPTN, telah menjadi jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang sangat populer di Indonesia selama beberapa dekade terakhir.

    Namun, mulai tahun 2021, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memutuskan untuk mengubah sistem seleksi tersebut dan menggantinya dengan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi atau yang dikenal dengan SNBP.

    Di Universitas Negeri Semarang (UNNES), SNBP menjadi jalur seleksi yang dapat diikuti oleh calon mahasiswa yang ingin masuk ke universitas tersebut. Bagi kamu yang ingin masuk kampus ini dengan jalur seleksi SNBP UNNES 2023, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

    SNBP Adalah

    Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) adalah sebuah sistem seleksi yang dilakukan untuk memilih siswa-siswa yang memiliki prestasi akademik atau non-akademik yang unggul, untuk diterima di sekolah atau program studi tertentu di perguruan tinggi atau lembaga pendidikan lainnya.

    SNBP biasanya dilakukan oleh lembaga-lembaga pendidikan yang bersangkutan, dengan mengadakan ujian tertulis dan wawancara sebagai bagian dari proses seleksi.

    Tujuan dari SNBP adalah untuk memastikan bahwa siswa-siswa yang diterima di suatu sekolah atau program studi memenuhi standar akademik atau keterampilan tertentu yang dibutuhkan, sehingga dapat diharapkan akan memiliki performa yang baik selama masa studi mereka.

    SNBP juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan memfasilitasi siswa-siswa berprestasi untuk mendapatkan akses ke pendidikan yang lebih baik.

    SNBP sering kali dilakukan oleh lembaga-lembaga pendidikan yang memiliki daya tampung terbatas, seperti perguruan tinggi atau sekolah yang memiliki reputasi baik. Dalam hal ini, SNBP menjadi alat seleksi yang penting untuk memilih siswa-siswa terbaik yang dapat diterima di lembaga tersebut.

    Ketentuan Umum SNBP UNNES 2023

    Dalam Seleksi Nasional berdasarkan Prestasi, fokus seleksi akan diberikan pada pengakuan yang tinggi terhadap kesuksesan belajar secara menyeluruh di tingkat pendidikan menengah. Untuk mencapai hal ini, nilai rata-rata rapor dari seluruh mata pelajaran akan diberikan bobot minimal 50 persen. Diharapkan bahwa bobot yang tinggi ini akan mendorong peserta didik untuk berprestasi secara holistik di seluruh mata pelajaran. Sementara itu, maksimal 50 persen dari bobot seleksi akan diambil dari komponen yang menggali minat dan bakat peserta didik. Hal ini bertujuan untuk mendorong peserta didik untuk lebih mendalami minat dan bakat mereka.

    Seleksi Nasional berdasarkan Prestasi menggantikan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Pada jalur seleksi ini, calon mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi yang holistik dan lintas disiplin.

    Hal ini dikarenakan untuk sukses di masa depan, dibutuhkan berbagai macam kompetensi. Sebagai contoh, seorang pengacara harus memiliki pengetahuan dasar tentang hukum, tetapi juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang membedakan.

    Adapun ketentuan SNBP UNNES 2023:

    • Komposisi persentase komponen 1 dan 2 dengan total 100%
    • Sub-komponen untuk komponen 2 dan komposisi presentase bobotnya

    PDDS SNBP UNNES 2023

    PDSS adalah kependekan dari Pusat Data dan Statistik Sekolah, sebuah basis data yang berisi informasi tentang rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang memenuhi syarat untuk mendaftar.

    Basis data ini dirancang untuk mengakomodasi kurikulum nasional 2006 KTSP dan Kurikulum 2013 (Sistem Paket dan SKS). Hanya sekolah yang menggunakan kurikulum nasional yang diizinkan untuk mendaftar PDSS.

    PDSS SNBP UNNES 2023 mengakomodasi perbedaan kurikulum antara semester ganjil dan genap untuk tahun ajaran dan tingkat yang sama. Dengan kata lain, basis data ini dapat memproses dan menyimpan data dari berbagai kurikulum yang berbeda dalam satu tahun ajaran dan tingkat yang sama.

    Proses pengisian PDSS SNBP UNNES dilakukan oleh sekolah, dan kebenaran data yang diisikan menjadi tanggung jawab Kepala Sekolah. Oleh karena itu, Kepala Sekolah harus memastikan bahwa data yang dimasukkan ke dalam PDSS akurat dan terpercaya. Hal ini penting untuk memastikan bahwa informasi yang tersedia di PDSS dapat digunakan untuk tujuan evaluasi dan perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia.

    Persyaratan Sekolah untuk SNBP UNNES 2023

    Hanya SMA/MA/SMK yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang berhak mengikuti SNBP UNNES. Selain itu, terdapat ketentuan akreditasi yang harus dipenuhi untuk dapat mengikuti program ini.

    • Akreditasi A: 40 % terbaik di sekolahnya
    • Akreditasi B: 25 % terbaik di sekolahnya
    • Akreditasi C dan lainnya: 5% terbaik di sekolahnya

    Selanjutnya, sekolah harus mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Namun, data siswa yang diisikan hanya siswa yang memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan akreditasi yang telah ditetapkan sebelumnya.

    banner-3d-balok

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Pilihan Prodi dan Ketentuan Pemeringkatan Siswa

    Dalam pemilihan prodi untuk SNBP UNNES 2023, setiap siswa diizinkan memilih dua program studi dari satu perguruan tinggi negeri (PTN) atau dua PTN yang berbeda. Namun, apabila siswa memilih dua program studi, setidaknya satu program studi harus berada di PTN yang terletak di provinsi yang sama dengan sekolah asal siswa (SMA/MA/SMK). Jika siswa hanya memilih satu program studi, maka dia dapat memilih PTN di provinsi mana pun.

    Namun, disarankan agar siswa tidak memilih program studi yang berbeda-beda secara signifikan (lintas minat), tergantung pada aturan yang berlaku di PTN yang dituju.

    Sedangkan untuk ketentuan pemeringkatan siswa untuk SNBP UNNES, sekolah melakukan pemeringkatan siswa dengan menghitung rata-rata nilai dari semua mata pelajaran pada semester satu hingga lima.

    Apabila terdapat siswa dengan nilai yang sama, maka sekolah dapat menambahkan kriteria lain seperti prestasi akademik untuk menentukan peringkatnya. Jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan harus sesuai dengan kuota akreditasi sekolah.

    Pemeringkatan siswa ini biasanya dilakukan untuk menentukan posisi siswa dalam kelasnya dan dapat digunakan sebagai acuan dalam memberikan penghargaan atau pengakuan atas prestasi yang telah dicapai oleh siswa.

    Proses pemeringkatan ini dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasinya dan juga memberikan informasi kepada orang tua tentang kemampuan akademik anak mereka. Oleh karena itu, penting bagi sekolah untuk melakukan pemeringkatan siswa dengan objektif dan adil serta mengikuti ketentuan yang berlaku.

    Tahapan Pendaftaran SNBP UNNES 2023

    Adapun tahapan pendaftaran SNBP UNNES 2023 yang perlu diperhatikan calon mahasiswa:

    1. Pengumuman Kuota: Bagi sekolah sesuai dengan akreditas dan jumlah siswa
    2. Registrasi akun SNPMB bagi sekolah: Wajib bagi sekolah yang belum punya akun SNPMB harus registrasi melalu lama https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
    3. Registrasi akun SNPMB bagi siswa: Wajib bagi kelas 12, melalui laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
    4. Lihat Data: SNPMB menginformasikan siswa yang Eligble mendaftarakan SNBP berdasarkan akreditasi sekolah
    5. Sekolah Menentukan Calon Peserta: Berdasarkan data SNPMB dari jumlah siswa dan akreditasi di Dapodik PUSDATIN Kemendikbud atau EMIS Pendis Kemenag
    6. Pengisian PDSS: Dilakukan oleh sekolah
    7. Pendaftaran SNBP: Siswa yang masuk datanya dalam PDSS melakukan pendaftaran di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
    8. Pilih PTN dan Program Studi: Pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN
    9. Pengunggahan Portofolio: Wajib bagi peserta yang memilih program studi Bidang Seni dan Olahraga
    10. Seleksi Jalur SNBP: Berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN
    11. Pengumuman: Hasil kelulusan SNBP di lihat di laman SNPMB atau mirrornya pada 28 Maret 2023 pukul 15:00 WIB
    12. Daftar Ulang: Di PTN tempat calon mahasiswa dinyatakan diterima dan mengikuti ketentuan PTN tersebut

    Peminat UNNES 2022 dan Daya Tampung SNBP UNNES 2023

    Menurut data yang diterbitkan oleh SNMPB Kemdikbud, total kapasitas Universitas Negeri Semarang (UNNES) untuk jalur SNBP pada tahun 2023 adalah 2.230 kursi, dengan jumlah peminat sebanyak 41.283 peserta pada tahun 2022.

    Data ini dapat digunakan untuk menganalisis kuota dan jumlah peminat yang tersedia di UNNES untuk jalur SNBP, serta untuk mengukur tingkat persaingan di program studi yang akan dipilih.

    Namun, terdapat banyak faktor lain yang dapat memengaruhi kelulusan di jalur SNBP. Berikut adalah daftar lengkap kapasitas dan jumlah peminat seluruh program studi di Universitas Negeri Semarang (UNNES) pada jalur SNBP.

    NO PRODI TINGKAT DAYA TAMPUNG 2023 PEMINAT 2022
    1 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL D-III 8 (Prodi Baru)
    2 STATISTIKA TERAPAN DAN KOMPUTASI D-III 8 (Prodi Baru)
    3 PENDIDIKAN MATEMATIKA S1 45 795
    4 PENDIDIKAN FISIKA S1 21 231
    5 PENDIDIKAN KIMIA S1 21 282
    6 PENDIDIKAN BIOLOGI S1 27 594
    7 PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN S1 18 172
    8 PENDIDIKAN TEKNIK MESIN S1 18 176
    9 PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO S1 18 141
    10 ILMU KEOLAHRAGAAN S1 30 100
    11 MATEMATIKA S1 18 410
    12 FISIKA S1 18 144
    13 KIMIA S1 20 270
    14 BIOLOGI S1 20 434
    15 KESEHATAN MASYARAKAT S1 55 2.065
    16 PENDIDIKAN IPA S1 20 517
    17 PEND. TEKNIK INFORMATIKA & KOMPUTER S1 21 644
    18 TEKNIK ARSITEKTUR S1 30 618
    19 PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF S1 18 224
    20 TEKNIK KIMIA S1 30 393
    21 TEKNIK MESIN S1 35 690
    22 TEKNIK SIPIL S1 35 880
    23 TEKNIK INFORMATIKA S1 36 1.452
    24 TEKNIK ELEKTRO S1 30 575
    25 GIZI S1 35 1.351
    26 SISTEM INFORMASI S1 20 587
    27 ILMU LINGKUNGAN S1 18 361
    28 FARMASI S1 27 1.184
    29 TEKNIK KOMPUTER S1 10 334
    30 BIMBINGAN DAN KONSELING S1 30 923
    31 TEKNOLOGI PENDIDIKAN S1 20 327
    32 PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH S1 20 198
    33 PENDIDIKAN PANCASILA & KEWARGANEGARAAN S1 30 413
    34 PENDIDIKAN GEOGRAFI S1 20 290
    35 PENDIDIKAN SEJARAH S1 20 330
    36 PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN & REKREASI S1 50 346
    37 PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA S1 40 162
    38 PENDIDIKAN TATA BOGA S1 20 708
    39 PENDIDIKAN TATA BUSANA S1 20 575
    40 PENDIDIKAN SOSIOLOGI & ANTROPOLOGI S1 30 679
    41 EKONOMI PEMBANGUNAN S1 60 937
    42 MANAJEMEN S1 90 3.282
    43 PSIKOLOGI S1 45 1.946
    44 GEOGRAFI S1 45 489
    45 ILMU HUKUM S1 185 2.126
    46 AKUNTANSI S1 90 1.764
    47 SENI RUPA (DKV,LUKIS,PTNG,GRAFIS,GBR KRIYA) S1 30 220
    48 PENDIDIKAN EKONOMI (PENDIDIKAN AKUNTANSI) S1 35 527
    49 PENDIDIKAN EKONOMI (PENDIDIKAN KOPERASI) S1 25 315
    50 PEND. EKONOMI (PEND. ADMIN. PEKANTORAN) S1 25 678
    51 PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA S1 38 983
    52 PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS S1 40 793
    53 PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS S1 17 74
    54 PENDIDIKAN SENI RUPA S1 17 82
    55 SASTRA INDONESIA S1 20 354
    56 SASTRA INGGRIS S1 36 764
    57 SASTRA PRANCIS S1 17 96
    58 ILMU SEJARAH S1 20 298
    59 SASTRA JAWA S1 9 84
    60 PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA JAWA S1 20 280
    61 P. SENI DRAMA, TARI & MUSIK (P. SENI TARI) S1 20 63
    62 P. SENI DRAMA, TARI & MUSIK (P. SENI MUSIK) S1 20 79
    63 PENDIDIKAN BAHASA JEPANG S1 20 238
    64 PENDIDIKAN BAHASA ARAB S1 17 347
    65 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR S1 115 1.847
    66 PEND.GURU PEND. ANAK USIA DINI (PGPAUD) S1 25 277
    67 PENDIDIKAN TATA KECANTIKAN S1 20 482
    68 PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN S1 9 89
    69 ILMU POLITIK S1 50 532
    70 PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR S1 20 84
    71 PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL S1 30 446
    72 PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA S1 10 132

    Berkuliah di UNNES Lancar dengan Bayar Pakai Danacita

    Itu dia penjelasan seputar SNBP UNNES 2023. Untuk kamu yang ingin berkuliah di UNNES tetapi terkendala dengan biaya, kamu gak usah khawatir. Danacita siap mewujudkan impian kamu untuk berkuliah di jurusan dan kampus favoritmu.

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia. Dengan menyediakan platform pembiayaan untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Apa saja keuntungan yang ditawarkan Danacita? Berikut daftarnya:

    • Partner resmi Universitas Islam Bandung
    • Tanpa uang muka dan tanpa jaminan
    • Tidak ada limit pengajuan (hingga 100% biaya kursus)
    • Proses pengajuan cepat dan diproses secara online
    • Persyaratan mudah dengan proses yang aman
    • Pembayaran setiap bulan selama 6 hingga 12 bulan
    • Sudah pasti aman dan terjamin karena diawasi OJK

    Dengan menggunakan Danacita dalam membayar biaya kuliah UNNES, maka akan lebih ringan. Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    universitas negeri semarang snbp unnes 2023 snbp unnes unnes
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri