Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Social Media Analyst: Pengertian, Fungsi, dan Gaji Terlengkap

2022-12-04

social-media-analyst

Daftar isi

    Social media saat ini menjadi salah satu aspek penting dari strategi pemasaran. Platform ini dapat memberikan banyak manfaat untuk para pebisnis. Tidak hanya memperluas jangkauan audiens, tetapi juga untuk mendapatkan pengetahuan luas tentang demografi yang memiliki minat pada layanan mereka Memiliki spesialis yang dapat mengatur dan memahami informasi ini dapat menjadi bagian utama dalam menentukan masa depan strategi pemasaran bisnis. Spesialis ini biasanya disebut sebagai Social Media Analyst.

    Apa itu Social Media Analyst? Apa saja yang dilakukan dan bagaimana prospek karirnya? Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam seputar Social Media Analyst.

    Apa itu Social Media Analyst?

    Social Media Analyst merupakan salah satu role dalam Social Media Specialist yang peran dan tugasnya lebih ke mengolah angka dan melaporkan kembali hasil yang didapatkan berdasarkan report. Data yang didapatkan ini kemudian diproses dalam informasi terstruktur yang mengarah pada keputusan bisnis yang lebih termotivasi oleh informasi.

    Dengan kata lain, seorang Social Media Analyst memiliki peran hampir sama dengan Data Analyst, tetapi terkhusus pada channel social media. Dalam kesehariannya, seorang Social Media Analyst melakukan banyak penambangan data media sosial untuk mendapatkan wawasan tentang audiens target, landskap sosial & ROI. Data ini membantu mengembangkan brand awareness dan online presence sebuah bisnis.

    Fungsi Social Media Analyst terhadap Bisnis

    Seorang Social Media Analyst memiliki berbagai fungsi dan tugas terhadap bisnis yang berfokus pada channel social media untuk mendapatkan berbagai insight. Berikut beberapa fungsi dan tugas seorang Social Media Analyst

    1. Menganalisa User Engagement

    Sesuai namanya, fungsi pertama seorang Social Media Analyst adalah meneliti bagaimana cara pelanggan berinteraksi dengan berbagai platform media sosial perusahaan. Hal ini bertujuan agar dapat membantu perusahaan memprediksi tren media sosial di masa depan.

    2. Riset Platform dan Channel Social Media

    Saat ini terdapat berbagai channel social media dengan sifat dan karakternya masing-masing. Peran seorang Social Media Analyst di sini juga bekerja untuk meneliti platform mana yang cocok digunakan untuk sebuah brand sesuai dengan brand identity dan target market nya.

    Selain itu Social Media Analyst juga bekerja untuk memprediksi dan menganalisis channel Social Media yang muncul. Hal ini agar mereka dapat terus memperluas pengetahuan mereka tentang media sosial saat platform baru keluar.

    3. Melakukan dan Membuat Analisa Report

    Dari berbagai data dan insight yang didapatkan, seorang Social Media Analyst juga dapat membuat artikel yang merinci metrik interaksi pengguna. Mereka menggunakan ini agar dapat melaporkan statistik ini kepada orang lain di perusahaan, terutama pada level top management dan stakeholder.

    4. Ikut Membantu dalam Membangun Strategi

    Salah satu fungsi utama seorang Social Media Analyst untuk perusahaan adalah ikut membantu dalam membangun strategi bisnis dan campaign yang akan dijalankan. Social Media Analyst dapat memanfaatkan data yang mereka kumpulkan dan pengetahuan mereka tentang tren media sosial untuk membuat strategi pemasaran baru. Mereka kemudian mengadakan pertemuan dengan koordinator media sosial untuk merekomendasikan dan menerapkan strategi ini.

    5. Memperbarui Kebijakan

    Social Media Analyst juga dapat menggunakan pengetahuannya tentang platform media sosial untuk membuat kebijakan media sosial yang efektif. Kebijakan yang dimaksud dapat berupa dokumen yang menguraikan bagaimana organisasi dan karyawannya harus berperilaku online. Kebijakan ini juga dapat digunakan sebagai employee branding.

    Bagaimana Prospek Karir dan Gaji Social Media Analyst?

    Perkembangan kebutuhan bisnis terhadap kehadiran social media sebagai salah satu strategi marketing juga ikut membuat role Social Media, termasuk Social Media Analyst menjadi incaran. Dengan kata lain Social Media Analyst dapat menjadi karir yang menjanjikan & menarik jika kamu memiliki keterampilan & pola pikir yang tepat untuk itu.

    Menurut data dari Sprout Social Index™ 2022, 88% pemasar berharap untuk mempekerjakan anggota tim sosial lain selama dua tahun ke depan. Lebih dari setengah (62%) juga mengantisipasi perluasan tim sosial mereka sebanyak 2-6 posisi dalam periode waktu yang sama. Ini artinya kebutuhan bisnis terhadap kehadiran role Social Media, termasuk Social Media Analyst akan semakin dibutuhkan.

    Dengan tugas yang begitu penting dan kebutuhan akan perannya dalam tim juga ikut meningkat, kira-kira berapa gaji yang didapatkan seorang Social Media Analyst?

    Dalam survey terbuka yang dilakukan oleh tim HRD Bacot (@hrdbacot) pada 2021 lalu, rata-rata gaji pada role Social Media Specialist di Jakarta adalah Rp 7.423.077 dengan gaji minimal Rp 4.500.000 dan gaji maksimum Rp 11.000.000. Besaran gaji di setiap daerah atau perusahaan bisa jadi berbeda, ya. Hal ini disesuaikan lagi dengan UMK atau UMP daerah, pengalaman kerja, dan skala perusahaan.

    Bagaimana Menjadi Seorang Social Media Analyst?

    Menjadi seorang Social Media Analyst memerlukan berbagai skill, terutama yang berkaitan dengan skill media, komunikasi, pemasaran, dan tentunya analisis. Semua skill ini dapat kamu peroleh tidak hanya pada bangku kuliah saja. Saat ini telah banyak tempat kursus yang menawarkan kelas atau bootcamp intensif untuk siapapun yang ingin menjadi seorang Social Media Analyst. Berikut beberapa rekomendasinya:

    1. Hacktiv8

    Hacktiv8 memiliki bootcamp Digital Marketing dimana salah satu materinya adalah tentang Social Media. Di sini kamu akan mempelajari fundamental Digital Marketing hingga merancang strategi dan membuat content untuk menjalankan campaign marketing, termasuk di social media. Kurikulum di Hacktiv8 dirancang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan di industri terkini agar kamu dapat merancang strategi dan praktik dalam menjalankan campaign pemasaran digital.

    Materi yang akan kamu dapatkan antara lain:

    • Dasar-dasar Digital Marketing
    • Social Media Ads
    • Product Marketing & Market Research
    • Content Marketing
    • SEO/ SEM & Google Analytics

    Informasi selengkapnya di sini.

    Baca juga: Jadi ahli Data Science Cuma Hacktiv8 tempatnya!

    2. Rakamin Academy

    Bootcamp digital marketing Rakamin merupakan akselerasi karir selama 18 minggu untuk menjadi seorang digital marketer, termasuk Social Media Analyst. Kurikulum Rakamin didesain untuk mudah dipelajari dan diikuti oleh semua orang bahkan tanpa latar belakang Digital Marketing sekalipun.

    Selama bootcamp, kamu akan dibimbing untuk menjadi seorang Social Media Analyst hingga Digital Marketing, mulai dari 0 sampai menjadi ahli. Selain itu kurikulumnya juga dapat diimplementasikan bagi kamu yang mau fokus berbisnis, bekerja di korporasi, maupun bekerja di agensi

    Materi yang akan kamu dapatkan pada bootcamp digital marketing Rakamin antara lain:

    • Introduction to Digital Marketing
    • Internet Marketing (SEO & Wordpress)
    • Internet Advertising (Google Ads)
    • Social Media Marketing (Organic & Paid)
    • Content Marketing (Content, Idea, & KOL)
    • Research & Analytics (Market Research & Google Analytics)
    • Customer Relationship Management
    • Strategic Planning (Strategy & KPI)
    • Campaign Reporting
    • Soft Skill Series

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    Baca juga: Informasi Terbaru Biaya Kursus Rakamin Academy, Ada Opsi Cicilan 0%!

    3. Digital Skola

    Di bootcamp digital marketing Digital Skola, kamu akan dibimbing selama 3 bulan kelas intensif dengan portofolio, program magang dan persiapan karir terbaik. Di sini kamu akan belajar langsung dari ahlinya yang merupakan praktisi dengan pengalaman lebih dari 3 tahun di bidangnya.

    Materi yang akan kamu dapatkan antara lain:

    • Digital Marketing Research
    • Organic Contents - Landing Page and Search Engine Optimization (SEO)
    • Copywriting and Creative Design
    • Video Marketing Basic
    • Digital Marketing Strategy
    • Practical SEO
    • Key Opinion Leaders (KOL)
    • Google Analytics
    • Paid Ads - Google Ads, Facebook Ads, Search Engine and E-commerce
    • Video Marketing Amplification
    • Customer Relationship Management (CRM)
    • Analysis & Reporting

    Info selengkapnya di sini.

    Wujudkan Mimpi Menjadi Social Media Analyst Bersama Danacita

    Kamu ingin ikut bootcamp dan menjadi seorang Social Media Analyst, tetapi terkendala biaya? Gak usah khawatir. Karena sekarang Danacita hadir untuk mewujudkan mimpi kamu. Danacita adalah sebuah platform Fintech pembiayaan pendidikan yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia. Termasuk pelatihan digital marketing di Hacktiv8, Rakamin Academy, dan Digital Skola.

    Danacita memberikan solusi pembayaran bootcamp secara cicilan bagi kamu dengan alternatif pembayaran bertahap mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan. Sehingga kamu bisa mengikuti bootcamp intensif di tempat kursus favoritmu dan menjadi seorang Social Media Analyst.

    Untuk mendapatkan bantuan biaya, kamu kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!