Default Avatar

Written By

Aurora Andini

10 Perpustakaan Online Gratis Buat Cari Referensi Makalah dan Skripsi Mahasiswa

2022-02-09

Daftar isi

    Perpustakaan Online.png

    Holla, mahasiswa tingkat akhir, apa kabarnya? Bagaimana skripsi, tesis, atau makalahnya? Aman?

    MinDici mau berbagi berbagai sumber informasi gratis nih buat kalian yang sedang menyusun paper terakhir kalian, semoga 10 situs perpustakaan online gratis ini dapat kalian manfaatkan sebagai sumber terpercaya untuk tugas kalian.

    Library Genesis

    Perpustakaan online yang satu ini mungkin adalah salah satu domain yang paling dikenal di kalangan mahasiswa dan pelajar. Situr yang satu ini menyediakan bermacam-macam buku dengan format digital dan bisa diakses secara gratis.

    Tidak hanya buku, mahasiswa juga bisa browsing jurnal, novel, koran, disertasi dan juga research paper dengan beragam format dari ePub, mobi, dan PDF. Bidang ilmu yang tersedia juga beragam dari politik, ekonomi, literatur, bisnis, sampai dengan pendidikan.


    Open Library

    Open Library merupakan perpustakaan online milik California State Library yang memiliki lebih dari 10 juta referensi dan buku yang dapat digunakan oleh mahasiswa. Situs yang satu ini juga memiliki fitur dimana pengguna dapat berkomunikasi langsung dengan para ahli di berbagai bidang ilmu.


    Perpustakaan Online Indonesia

    Situs gratis yang yang satu ini dimiliki oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Perpustakaan ini sangat membantu mahasiswa yang sedang mencari referensi namun tidak ingin membeli buku dengan jumlah buku referensi yang juga lebih banyak daripada perpustakaan offline.

    Mahasiswa dapat membuat keanggotaan secara gratis untuk browsing beragam jurnal ilmiah yang tersedia untuk didownload secara gratis.


    Academia.Edu

    Tidak hanya berfungsi sebagai perpustakaan, situs yang satu ini juga berfungsi sebagai social network di antara para akademis, peneliti atau pun mahasiswa. Didirikan pada tahun 2008, pengguna situs ini sudah melebihi 2 juta pengguna. Jejaring sosial ini menyediakan tempat untuk para pegguna untuk saling membagi dokumen dan juga penelitian secara terbuka. Situs ini tentunya sangat berguna untuk mencari bahan referensi dan berbagi ilmu dari berbagai akademisi dari seluruh belahan dunia.


    Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini Untuk Fresh Graduate yang Masih dalam Masa Mencari Pekerjaan



    Indonesian Publication Index

    Situs ini adalah situs wajib yang diketahui oleh akademis Indonesia. Didirikan oleh para ilmuwan dan peneliti Indonesia yang tergabung dalam Advance Engineering and Science. Situs ini juga sering disebut dengan IPI, situs ini bisa dibilang Google-nya peneliti Indonesia. Disini kalian dapat download semua bahan yang tersedia secara gratis.


    Wiley Online Library

    Situs ini menyajikan berbagai publikasi ilmiah, medis, teknis, dan juga pendidikan. Wiley Online Library ini memiliki lebih dari enam juta artikel, 18.000 buku online, 1.500 jurnal dan ratusan referensi untuk penelitian secara gratis.


    Google Scholar

    Sulit menemukan sumber referensi di alat pencari Google? Kamu harus coba Google Scholar atau Google Cendekia. Situs yang diluncurkan oleh Google di tahun 2004 ini merupakan mesin pencari yang menyediakan berbagai macam hasil penelusuran yang bersifat akademis.


    Baca juga: Kerja Part Time: 19 Pekerjaan untuk Mahasiswa



    Literature.org

    Perpustakaan online gratis yang satu ini wajib banget diketahui oleh mahasiswa sastra ataupun mereka yang ingin menemukan berbagai sastra dan fiksi dunia secara lengkap atau menemukan referensi dalam bahasa Inggris. Situs ini memiliki tampilan yang sangan simple jadi sangat mudah untuk ditelusuri dan sangat ringan sehingga tidak memakai banyak paket data kamu.


    Science Direct

    Science Direct merupakan situs penyedia informasi akademis untuk para peneliti, guru, murid, pelaku medis, dan profesional lainnya. Di dalam situs ini tersedia lebih dari 34.000 buku dan 3.500 jurnal yang bisa kalian dapatkan secara gratis. Kalian dapat dengan mudah mencari referensi hanya dengan mencarinya di panel pencarian.


    Research Gate

    Seperti Acedemia.Edu, Research Gate juga termasuk salah satu situs jejaring akademis. Situs yang didirikan pada tahun 2008 ini dibuat oleh peneliti dan digunakan untuk peneliti. Sekarang, situs ini memiliki lebih dari 11 juta anggota.

    Semoga skripsi, makalah, dan penelitian kamu lancar ya! Untuk solusi bikin pembiayaan pendidikan yang lancar, tentunya pakai Danacita. Untuk tips cerdas pilih cicilan biaya kuliah terjangkau untuk MABA dan Mahasiswa Aktif, baca di sini.

    banner-blog-leads-generation-ver2

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Aurora Andini