Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

9 Rekomendasi Tools Data Visualisasi untuk Data Analyst

2022-11-01

Blog-9-Rekomendasi-Tools-Data-Visualisasi-untuk-Data

Daftar isi

    Sadar atau tidak, di era digital saat ini segala sesuatunya semakin didorong oleh data. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki cara yang mudah untuk melihat dan memahami data, atau biasa disebut sebagai Visualisasi Data atau Data Visualization. Untuk bisa benar-benar menganalisa data dari berbagai sumber, kamu perlu tools yang dapat memvisualisasikannya dengan baik.

    Data Visualization ini hadir dengan tujuan agar data lebih mudah diakses dan dimengerti. Data Visualization dalam bentuk dasbor adalah alat yang digunakan untuk banyak bisnis untuk menganalisis dan berbagi informasi.

    Kenapa Data Visualisasi Sangat Penting?

    Di dunia Big Data, alat dan teknologi visualisasi data sangat penting untuk menganalisis sejumlah besar informasi dan membuat keputusan berdasarkan data. Visualisasi data ini merupakan representasi grafis dari informasi dan data. Dengan menggunakan elemen visual seperti bagan, grafik, dan peta, alat visualisasi data menyediakan cara yang dapat diakses untuk melihat dan memahami tren, outlier, dan pola dalam data. Selain itu, ini juga memberikan cara terbaik bagi kamu untuk menyajikan data kepada audiens non-teknis tanpa membuat mereka kebingungan.

    Sederhananya, visualisasi data ini membantu banyak orang untuk dapat melihat, berinteraksi dengan, dan lebih memahami data. Tidak peduli apakah data itu sederhana atau kompleks, selama semuanya divisualisasikan dengan tepat, akan membuat semua orang memiliki persepsi yang sama terhadap data tersebut, terlepas dari tingkat keahlian mereka.

    Untuk memvisualisasikan data dengan tepat, kamu perlu tools yang mudah digunakan dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

    Baca juga: Apa itu Data Manipulation? Kenali Pengertian, Manfaat dan Proses Kerjanya

    Rekomendasi Tools Data Visualisasi

    1. Google Data Studio

    Rekomendasi pertama datang dari tools yang disediakan oleh Google yaitu Google Data Studio.Google Data Studio adalah alat yang ampuh untuk membuat laporan dan dasbor, yang dapat Anda gunakan untuk menganalisis, menyajikan hasil pemasaran, dan membuat keputusan yang lebih baik. Berdasarkan data yang andal, dimungkinkan untuk membuat pilihan yang lebih tepat.

    Tampilan Google Data Studio sangat mudah digunakan, bahkan oleh user non-data sekalipun. Selain itu, kelebihan dari Google Data Studio juga bersifat open source dan terintegrasi dengan Google Analytics, serta gratis.

    2. Tableau

    Tableau adalah salah satu tools visualisasi data yang paling banyak digunakan. Pembeda signifikan tableau dengan tools visualisasi data yang lain adalah kemampuannya untuk mengolah data menggunakan kombinasi tools visualisasi dan analisis data sekaligus. Dengan Tableau, kamu bisa membuat grafik sederhana hingga visualisasi yang kreatif dan interaktif.

    Salah satu fitur Tableau yang luar biasa dan disukai banyak data analyst adalah kamu tidak perlu menulis kode atau sintaks untuk menggunakan tools visualisasi data ini. Selain itu, software interaktif ini juga kompatibel dengan berbagai sumber data dan memiliki banyak versi sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan hardware yang dimiliki. Mudah bukan?

    3. Power BI

    Power BI merupakan tools visualisasi data interaktif lainnya yang biasa digunakan oleh data analyst yang biasanya digunakan untuk mengkonversi data dari berbagai sumber menjadi dashboard dan laporan interaktif. Selain menyediakan fitur real-time update, tools ini juga menawarkan koneksi yang aman dan andal ke ke sumber data, seperti cloud.

    Software visualisasi data ini banyak digunakan untuk menganalisis data perusahaan. Kelebihan dari tools ini adalah user friendly, dalam artian tools ini mudah digunakan oleh siapapun bahkan oleh seorang yang tidak terlalu memahami data. Selain itu, Power BI juga tersedia dalam versi seluler dan desktop sehingga dapat digunakan dimanapun dan kapanpun.

    4. Data Wrapper

    Data Wrapper adalah tools visualisasi data yang sangat cocok untuk membuat chart, peta, dan tabel. Dengan tools ini, kamu bisa membuat hampir semua jenis chart dan peta yang dapat diedit dan disesuaikan dengan kebutuhan. Kamu juga bisa membuat tabel yang responsif menggunakan tools ini. Selain itu, chart yang telah dibuat juga dapat dicetak dan dibagikan ke orang lain. Kelebihan lain dari tools ini adalah memiliki versi gratis yang memiliki banyak fitur menarik.

    5. Plotly

    Plotly merupakan tools visualisasi data yang open source, dan interaktif serta berbasis website. Tools ini memungkinkan kamu membuat grafis interaktif yang rumit melalui dashboard ataupun situsnya langsung.

    Kelebihan utama yang dimiliki oleh Plotly ini yaitu dalam membuat visualisasi multi grafis saat membandingkan berbagai macam dataset. Yang lebih menarik lagi, kamu juga bisa menggunakan Plotly ini dalam mode online, offline serta pada notebook Jupyter.

    6. FineReport

    FineReport ini pada dasarnya merupakan software yang digunakan untuk membuat laporan. Akan tetapi fitur yang dimilikinya bisa menampilkan laporan yang berbasis data dengan baik. Dengan menggunakan FineReport ini maka kamu bisa mengintegrasikan data dari sistem bisnis. Misalnya OA/ERP/CRM serta menampilkan data bisnis yang terdapat di layar besar dengan cara real time.

    7. Fusioncharts

    FusionCharts merupakan tools visualisasi data yang mempunyai koleksi lebih dari 90 grafik dan 960 peta yang bisa digunakan untuk melayani berbagai macam kebutuhan data analyst. Tools ini bisa bekerja dengan mudah dan memiliki format data ISO dan XML.

    8. Keylines

    Keyline ini merupakan tools visualisasi data yang memiliki basis Javascript kelas ringan untuk melakukan visualisasi data jaringan dengan menggunakan HTML. Keyline ini juga cocok untuk digunakan pada semua browser, perangkat, server maupun database. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan delapan layout grafis otomatis yang bisa memindahkan link agar bisa memperlihatkan pola serta anomali dari data yang ditampilkan. Dengan menggunakan aplikasi ini maka kamu bisa bebas untuk memfilter serta menganalisis network sampai dengan menggabungkan node.

    9. D3.js

    D3.js merupakan tools yang cukup populer dikarenakan memiliki fitur yang memungkinkan user untuk membuat bagan serta grafis yang rumit sekalipun. Selain itu tools ini juga memungkinkan kamu untuk bisa menggunakannya secara lintas platform. Hal tersebut bisa saja dilakukan karena D3.js ini merupakan perangkat open source. Selain itu juga bisa digunakan dalam berbagai macam sistem operasi diantaranya Android, iOS serta windows.

    Ingin Menguasai Tools Data Visualisasi? Saatnya Belajar Data Analyst di Bootcamp

    1. RevoU

    Bootcamp data analytics RevoU menawarkan kamu untuk belajar secara mendalam tentang data analytics selama 6 bulan. Di bootcamp ini kamu akan mempelajari keterampilan terbaru dan paling diminati yang diajarkan oleh instruktur elit dari perusahaan unicorn terkemuka, termasuk data manipulation. Selain itu, kamu akan mendapatkan berbagai fasilitas lengkap yang tidak hanya menunjang saat bootcamp saja. Tetapi juga terdapat careers support yang akan membantu kamu mempersiapkan kamu menjadi seorang data analyst handal.

    Materi yang akan kamu dapatkan di bootcamp ini antara lain:

    • Fundamentals of Data Analytics
    • Understanding Business Problem
    • Preparing and Exploring Data
    • Analysing Data to Answer Questions
    • Advanced SQL For Data Analysis
    • Python Programming For Data Analysis
    • Fundamentals of Visualisation
    • Data Visualisation with Tableau
    • Data Visualisation Insight Communication
    • Technical Capstone

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    Menjadi Ahli Data Visualisasi Bersama Danacita

    Danacita adalah sebuah platform Fintech pembiayaan pendidikan yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia. Termasuk pelatihan bootcamp data analytics di RevoU

    Danacita memberikan solusi pembayaran bootcamp secara cicilan bagi kamu dengan alternatif pembayaran bertahap mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan.

    Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Ajukan biaya bootcamp mu sekarang di sini.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    data visualization data analyst Tools RevoU Data science
    Default Avatar

    Written By

    Ricky Sudewo