Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Trik Efektif Menghafal Materi Kuliah Supaya Bisa Menghadapi Ujian

2022-04-12

Daftar isi

    Saat memasuki masa ujian, sudah pasti mahasiswa harus belajar dan menghafal materi segiat mungkin agar bisa lulus di semua mata kuliah. Memang tidak mudah untuk bisa mengingat semua materi yang dijelaskan dosen, apalagi jika materi itu kurang diminati. Cara paling umum yang biasa dilakukan untuk bisa menghafal materi adalah dengan membacanya berulang-ulang, tapi hal ini menyita banyak waktumu atau malah merasakan bosan dan kehilangan fokus di tengah proses.

    Saat ingin belajar dan menghafal, sering muncul berbagai macam halangan yang mengganggu, baik itu dari faktor internal maupun eksternal. Karena itulah kadang suka terbesit dalam pikiran untuk mencari cara baru yang efektif agar bisa menghafal banyaknya materi ujian. Berikut ini triknya supaya ujian bisa lancar.

    Menulis Ulang Materi Ujian

    Bila kamu berusaha untuk menghafal hanya dari membaca, akan ada kemungkinan untuk tiba-tiba lupa. Hal ini bisa diatasi dengan mencoba menulis ulang materi yang sedang dihafal. Dengan menulis ulang, akan membantumu untuk lebih bisa mengingat lebih baik karena otakmu juga ikut terlatih. Perlu diingat bahwa cara ini bisa dilakukan hanya dengan menulis langsung dengan tangan dan bukan di laptop.

    Kamu bisa menulis materi berupa poin-poin penting yang perlu diingat atau membuat mind map untuk mempermudah dalam menghafal. Selain itu, kamu pun bisa menulisnya dengan menggunakan pulpen warna-warni sebagai highlight untuk kata kunci agar bisa berbeda. Pulpen berwarna ini bisa membuat catatanmu lebih menarik dan lebih mudah untuk diingat.

    Baca juga: Studyblr: Subculture Anak Kuliah dengan Campuran Estetik Study dan Tumblr

    Membuat Singkatan dari Materi

    Tips lain yang bisa dicoba untuk bisa menghafal materi kuliah dengan efektif adalah dengan membuat singkatan dari materi yang dipelajari. Misalnya, jika kamu harus menghafalkan 5 kategori, maka buatlah singkatan dari 5 huruf depan atau awalan dari tiap-tiap kategori tersebut. Pastikan singkatan ini harus mudah diingat dan kalau bisa sekreatif mungkin. Dengan melakukan ini, bukan hanya akan mempersingkat kalimat yang harus dihafal, tapi kamu juga dapat dengan mudah ingat di luar kepala.

    Merekam Materi

    Bila kamu tipe orang yang lebih mudah menghafal dengan mendengarkan audio, maka kamu dapat mencoba untuk merekam materi. Cobalah rekam saat dosen menyampaikan materi di kelas supaya kamu bisa mengulanginya berkali-kali untuk bahan belajar. Cara lain yang bisa dilakukan adalah kerja sama dengan temanmu, di mana temanmu merekam setengah bagian materi dan kamu merekam sebagian lainnya. Dengan begitu, maka waktu belajar bisa semakin singkat dan diganti dengan mendengarkan rekaman.

    Belajar Kelompok

    Source: Pexels.com/Artem Podrez

    Tips selanjutnya yaitu cobalah untuk belajar kelompok dengan teman-temanmu. Terkadang saat dosen menyampaikan materi bisa kurang jelas atau sulit dipahami, dengan belajar kelompok, kamu dan temanmu bisa saling menjelaskan, berbagi dan bertukar ilmu yang kalian mengerti satu sama lain. Sama seperti cara sebelumnya, sebelum belajar bersama, kamu dan temanmu bisa menentukan pembagian materi terlebih dahulu, bisa dibagi sesuai materi mana yang paling dikuasai satu sama lain. Setelah itu, saat belajar kelompok langsung terangkan masing-masing bagian yang sudah dipelajari.

    Latihan Tanya Jawab

    Setelah selesai belajar atau menghafal semua materi untuk ujian, untuk bisa lebih mengetes hasilnya, cobalah untuk latihan tanya jawab. Minta keluargamu untuk membuat small quiz dari catatan yang sudah kamu buat. Selain itu kamu juga bisa melakukan ini dengan temanmu supaya bisa sama-sama paham dan anggap saja dengan latihan tanya jawab, maka kalian bisa melakukan persiapan lebih untuk ujian.

    Cek juga artikel ini: Selain Belajar, Ini Dia Tips Untuk Mahasiswa Dapat IPK Cumlaude

    Tidak Lupa Istirahat yang Cukup

    Dalam periode ujian, pastinya kamu akan sibuk belajar dan menghafal berbagai materi dan ditambah mengerjakan tugas atau makalah lainnya. Karena itu, tentunya badanmu akan terasa sangat lelah. Pastikan kamu selalu istirahat sejenak di tengah menghafal materi. Cobalah untuk tiduran sebentar atau gerakkan badanmu untuk me-refresh otak supaya tidak terasa overwhelmed. Setelah itu lanjutkan untuk mengulang kembali materi yang harus dihafal. Setelah selesai belajar pastikan kamu langsung istirahat yang cukup karena otakmu juga perlu diistirahatkan supaya saat ujian bisa bekerja dengan optimal.

    Itulah beberapa trik yang efektif untuk menghafal materi saat masa ujian berlangsung. Kalau kamu sedang bingung dan ingin mengganti cara belajar dan menghafal yang efektif, cobalah lakukan trik-trik yang sudah dibahas. Semoga trik tersebut bisa mempermudah kamu saat menghadapi ujian ya!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri