Icon - Exclamation Ikuti Pameran Pendidikan Virtual dan Talkshow Demi Masa Depan, Gratis! 7 - 16 Oktober 2021. 

21 Institusi Pendidikan Indonesia, 15+ Pembicara dan berbagai promo menarik lainnya. Daftar sekarang!

Close - Icon
Default Avatar

Written By

Aurora Andini

Studyblr: Subculture Anak Kuliah dengan Campuran Estetik Study dan Tumblr

2021-08-12

Estetik Produktifitas ala Anak Kuliahan Kekinian.jpg

Sejak tahun 2014 dengan booming-nya website seperti Tumblr dan WordPress, komunitas blogging tidak hanya menarik perhatian banyak masyarakat luas namun juga para mahasiswa kuliah dan juga siswa SMA.

Dengan terus meningkatnya komunitas ini, trend #studyblr (perpaduan kata Study dan Tumblr) pun semakin marak ditemukan. Tentunya estetik Study Blog ini bukanlah hal yang baru, selain di komunitas Tumblr, yang seringkali menggunakan #studyblr, bisa ditemukan juga di Instagram dan juga TikTok. Komunitas ini memiliki goals yang sangat relatable untuk anak kuliahan seperti sharing tips and tricks lulus semester dengan IP 3.5 keatas.

Layaknya komunitas Lifestyle dan Beauty and Make Up, komunitas ini memiliki estetik yang enak dipandang. Dengan vibe berfilter washed-out, clean, minimalis dan juga warna pastel, tidak heran banyak anak kuliahan yang tertarik mengikuti trend ini.

Make Study Cool Again

Studyblr: Meja Belajar estetik kuliahan

image source: art.thectree.com

Dengan mayoritas mahasiswa Gen-Z, yang merupakan digital natives, tidak heran ada sedikit sense nostalgia yang tercium dari komunitas ini. Material yang di share kebanyakan analog, namun tentunya dipadukan dengan tools digital yang mendukung. Proyek yang ditemukan biasanya sangat yang didedikasikan untuk berbagi bagaimana cara belajar lebih efektif dan efisien dengan anggota komunitas.

Berkat maraknya trend ini, banyak juga kalangan anak kuliah menjadi creator dengan menyediakan template downloadable dan printable yang bisa digunakan oleh anak kuliah lainnya. Template yang di share diantaranya adalah format pencatatan dan kebiasaan belajar yang efisien.

Seperti kutipan gatostudies kepada The Verge,

“Sekilas mungkin hanya terlihat seperti catatan warna-warni dan kaligrafi yang cantik, tetapi kalau dilihat lebih mendalam, ada begitu banyak alat yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan mahasiswa di seluruh dunia, dan dengan blogging, semua itu tersedia hanya dengan mengklik mouse.”

Akun Inspirasi

Untuk kamu anak kuliahan yang tertarik untuk menyelam lebih dalam, berikut akun dan juga template yang mungkin berguna untuk studi kamu di kampus dan tentunya mempertahankan IP yang bagus.

1.aliciasannn (TikTok)

Studyblr - aliciasannn Tiktok akun

image source: aliciasann TikTok

Akun Alicia Santoso ini wajib diikuti untuk tips produktivitas. Wanita muda asal Indonesia ini sekarang sedang belajar di Singapore Management University, aktif berbagi tips-tips belajar produktif, tools yang berguna, dan juga konten-konten Lifestyle.

Di salah satu video TikToknya, Alicia berbagi bagaimana ia menetapkan prioritas sebelum belajar. Dari cara membuat daftar prioritas sampai tools yang ia gunakan.

2. Bullet Journal

Studyblr - Instagram akun breeberry

image source: breeeberry Instagram

Beberapa di antara kalian mungkin pernah mendengar tentang Bullet Journal. Tren yang sempat marak di tahun 2017an ini kembali populer berkat meningkatnya komunitas Studyblr. Bullet Journal atau sering disingkat Bujo, menawarkan cara efisien tracking dan juga mengatur prioritas dan kebutuhan dalam satu buku catatan. Kelebihan Bujo adalah rapid logging atau pencatatan cepat yang efisien yang dapat dengan mudah diterapkan oleh mahasiswa kuliah.

Komunitas Bujo yang dapat ditemukan di Tumblr, Instagram, dan TikTok dengan hashtag #BuJo atau #BulletJournal ini seringkali sharing template Bujo yang beragam. Template atau inspirasi yang dibagikan tidak hanya yang berhubungan dari kehidupan kuliah seperti jadwal kelas dan tugas, namun juga lifestyle seperti tracker habit, keuangan, dan bahkan TV Series yang sedang ditonton.

3. Notion

Studyblr - notion template anak kuliah mahasiswa 1.jpeg

image source: bookdragonism Twitter

Tidak hanya offline note-taking, alat produktivitas Notion seringkali digunakan untuk meningkatkan efisiensi anak kuliahan yang berhubungan dengan tugas kampus. Notion adalah aplikasi dengan fitur note, database, kalender, dan pengingat, biasanya digunakan oleh start-up. Mahasiswa menggunakan Notion karena memiliki versi gratis dan juga fitur fitur yang bisa digunakan untuk kehidupan kuliah.

Seperti yang di-share oleh akun twitter bookdragonism, ia menggunakan notion untuk mengatur jadwal kuliah, pencatatan kelas, dan juga kampus dengan template Studio Ghibli yang ia temukan di internet.

Studyblr notion template anak kuliah mahasiswa twitter.jpeg

image source: velvetjournal Twitter

Banyak sekali template gratis Notion yang bisa mahasiswa gunakan secara gratis, seperti velvetjournal di Twitter membagikan template gratis Notion untuk mengatur kelas, jadwal, tugas dan juga prioritas to-do list. Template gratis milik velvetjournal bisa kamu temukan di sini.

Dengan banyaknya alat produktivitas gratis serta tips belajar untuk mahasiswa di internet, tidak ada alasan untuk generasi muda untuk tidak mempersiapkan masa depan dan juga mengejar cita-citanya.

Untuk merencanakan studi, mengatur jadwal kuliah dan prioritas, kamu bisa mencari inspirasi dari akun-akun di atas.

Untuk solusi cerdas bayar kuliah dan merencanakan keuangan untuk bayar pendidikan, kamu bisa menggunakan Danacita agar kuliah dan keuangan tetap lancar.

Also tagged with

produktivitas tips & tricks
Default Avatar

Written By

Aurora Andini