Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

User Friendly Adalah: Pengertian, Kriteria dan Info Lengkap

2023-01-31

user-friendly-adalah

Daftar isi

    Perkembangan teknologi membawa wajah dan kehidupan baru bagi masyarakat dunia, baik dalam kehidupan sosial maupun kemajuan industri. Perubahan tersebut tidak lepas dari kemunculan website yang semakin digital dan modern.

    Keberadaan website bagi instansi atau perusahaan memiliki peran yang sangat signifikan, terutama bagi pelaku bisnis, sebagai media informasi sekaligus promosi. Akan tetapi, memiliki website saja belum cukup karena memiliki website user friendly adalah menjadi hal yang berpengaruh dalam menjaring banyak tidaknya pengunjung.

    Lantas, apa saja kriteria website yang baik dan user friendly tersebut? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

    Apa Itu User Friendly?

    User friendly adalah sebuah istilah yang merujuk pada sesuatu yang mudah untuk digunakan atau dipelajari. Di sisi lain, meski hal tersebut sangat canggih dan mutakhir, semua pengguna dapat mengoperasikannya dengan mudah.

    Sementara itu, hal yang diharapkan dari website user friendly adalah memudahkan pengunjung dalam mengeksplorasi sesuatu yang ada di dalamnya. Konsep website user friendly adalah tidak lepas dari aktivitas manusia yang selalu mencari kemudahan dalam segala hal.

    Namun, dalam beberapa kasus, masih banyak website yang bahkan sulit untuk diakses karena tidak mampu memenuhi perbedaan latar belakang pengguna, seperti jaringan, jenis perangkat, dan sebagainya. Untuk itu, penting bagi kamu yang punya website memahami user friendly.

    Alasan User Friendly Itu Penting

    Nah, sebagai pemilik website, kamu harus memikirkan betul bagaimana cara membuat website yang user friendly.

    Pasalnya, website user friendly adalah hal yang sangat berpengaruh pada pengalaman pengguna ketika mengakses website mu. Bila pengunjung merasa nyaman, mereka tidak menutup kemungkinan untuk berkunjung di waktu berikutnya, atau memberitahukan website mu ke pengguna lainnya.

    Dengan demikian, kamu telah mendapatkan citra baik bila menerapkan prinsip website yang user friendly. Tidak hanya itu, website user friendly adalah sangat berpengaruh kepada SEO yang diterapkan, lho.

    Pasalnya, algoritma search engine kini lebih menyukai website yang mengutamakan pengalaman pengguna dibanding website yang selalu berusaha untuk memanipulasi search engine.

    Kriteria Website User Friendly

    Website user friendly adalah website yang dibuat dengan tampilan yang memudahkan pengunjung mendapatkan apa yang mereka inginkan. Ada beberapa kriteria website yang bisa dikatakan sebagai website atau aplikasi user friendly. Ada apa saja? Yuk, simak!

    1. Memiliki Link yang Mudah Dikenal

    Kriteria pertama website user friendly adalah memiliki link yang mudah dikenali. Tak sekedar untuk diklik, link berguna untuk mengarahkan audiens untuk mencapai konten. Artinya, link juga menjadi bagian dari struktur dan navigasi website.

    Link yang baik antara lain anchor text yang juga kata kunci, menggunakan format underline atau bold dan menggunakan warna berbeda atau lebih mencolok.

    2. Mudah untuk Diakses

    Kriteria selanjutnya website user friendly adalah mudah diakses. User friendly adalah semua tentang kemudahan. Kalau website mu mudah diakses, maka sudah masuk kriteria user friendly. Website yang mudah diakses berarti memiliki URL singkat, padat, dan mudah diingat.

    3. Loading yang Cepat

    Tak semua pengunjung memiliki internet berkualitas, maka dari itu pastikan di sisi situs kamu tak semakin membebani mereka. Dalam hal ini, salah satu kriteria website user friendly adalah situs kamu harus cepat diakses antara lain dengan menerapkan caching WordPress, optimasi gambar, minimalkan ketergantungan plugin, tema ringan dan konten yang terukur di setiap halaman.

    4. Kejelasan Struktur

    Struktur website yang jelas sangat dibutuhkan untuk kemudahan pengunjung. Dengan struktur website yang tertata, pengguna akan mudah menemukan apa yang mereka cari.

    Ciri-ciri website user friendly adalah tertata rapi karena berguna untuk website yang memiliki konten yang banyak.

    5. Kombinasi Skema Warna yang Baik

    Perpaduan warna juga tak bisa dilakukan secara asal mengingat hal ini juga sangat menentukan kenyamanan mata pengunjung. Ciri website user friendly adalah pastikan skema warna yang digunakan dapat memperlihatkan konten dengan jelas, namun tetap menekankan karakter brand.

    6. Tampilan yang Konsisten Antar Browser

    Pengguna selalu memiliki preferensi berbeda soal aplikasi browser yang mereka gunakan menjelajah web. Mengantisipasi hal ini, pastikan kamu bisa membuat tampilan website user friendly adalah tetap konsisten saat diakses browser Chrome, Edge, Safari, Firefox, Opera dan sebagainya.

    7. Responsif

    Tak hanya konsisten diakses antar browser, situsmu juga harus konsisten diakses baik dari laptop maupun ponsel. Bahkan, saat ini jumlah orang yang mengakses internet melalui ponsel justru semakin bertambah. Maka dari itu, kriteria website user friendly adalah pastikan situsmu tetap bisa diakses dari perangkat apapun.

    8. Judul Konten yang Menarik dan URL yang Unik

    Siapa sangka, judul konten dan URL bisa menjadi indikator website user friendly? Judul yang kamu cantumkan pada konten perlu memiliki relevansi yang tinggi. Judul dan URL juga harus saling berkesinambungan agar pembaca tidak bingung dan mendapatkan informasi yang diinginkan.

    9. Penyajian Konten

    Begitu pula dengan konten yang juga harus disajikan sesuai kaidah dengan susunan informasi yang mudah diikuti dan dipahami oleh audiens. Misalnya, untuk konten berupa artikel atau teks yang menggunakan struktur penulisan model piramida terbalik (umum ke khusus).

    10. Memiliki CTA yang Jelas

    Tujuan memiliki website yang user friendly adalah mengalirkan cuan yang sederas-derasnya. Dengan CTA yang jelas seperti contoh di atas, kamu sebagai pemilik website akan dengan mudah mencapai tujuanmu. CTA bisa berbentuk sebuah ajakan ke halaman tertentu atau mengarahkan pengunjung untuk melakukan tindakan lainnya.

    Rekomendasi Tempat Kursus untuk Membuat Website yang User Friendly

    Membuat website user friendly adalah hal yang tidak mudah. Untuk itu, kamu perlu belajar dan berusaha mengembangkan website mu. Salah satu cara agar mudah paham mengenai website user friendly adalah mengikuti kursus.

    Jika masih bingung memilih kursus yang terbaik untuk membuat website user friendly, berikut rekomendasi yang sudah Danacita siapkan.

    1. Hacktiv8

    Hacktiv8 adalah sebuah sekolah coding yang berbentuk bootcamp dan menyediakan berbagai jenis kursus, seperti kursus Web Developer yang meliputi pembelajaran mengenai dasar-dasar pemrograman dengan materi-materi seperti:

    • Basic Website & Algoritma
    • JavaScript Basic Programming
    • Fetch API - DOM & Regular Expression
    • Javascript Logic & Final Project

    Kurikulum Hacktiv8 dirancang untuk memenuhi kebutuhan di industri terkini dengan menggabungkan skill teknis dan pengembangan pola pikir desain. Kursus Web Developer termasuk program paruh waktu, yang ditujukan untuk pelajar yang ingin mempelajari keahlian digital dengan durasi 3 jam selama 2 hari.

    Informasi selengkapnya di sini.

    2. Binar Academy

    Binar Academy merupakan startup yang bergerak di bidang edukasi dengan fokus pada pengembangan skill dan talenta digital dengan meningkatkan pengalaman belajar.

    Sejak berdiri, Binar Academy terus berfokus pada pengembangan skill dan talenta digital dengan meningkatkan pengalaman belajar melalui tahapan dan metode pembelajaran yang beragam, seperti kelas online dan berbagai macam konten. Salah satunya melalui bootcamp Full Stack Web Development.

    Di kelas ini kamu akan belajar mengenai front-end maupun back-end dari sebuah aplikasi atau website.

    Informasi selengkapnya di sini.

    Belajar Membuat Website dengan Menggunakan Danacita

    Demikian penjelasan lengkap seputar website user friendly hingga rekomendasi kursusnya. Jika kamu ingin kursus membuat website user friendly tapi merasa kesulitan membayar biaya pendidikan, segera gunakan Danacita sebagai solusi pembayaran yang telah bekerja sama dengan Hacktiv8 dan Binar Academy.

    Danacita merupakan platform pembayaran online yang sudah memiliki lebih dari 130 institusi pendidikan. Kamu bisa mencicil biaya kursusmu mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan.

    Lebih lanjut, kamu tidak perlu khawatir karena Danacita sudah berizin dan diawasi OJK jadi sudah pasti aman dan terjamin.

    Alasan lain untuk kamu memilih Danacita yaitu:

    • Diproses maksimal 2 hari kerja tanpa perlu membayar DP atau uang jaminan
    • Proses pengajuan secara online
    • Jika kamu memiliki dana lebih dan ingin segera melakukan pelunasan maka bisa hubungi tim customer care Danacita tanpa adanya denda.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    user friendly adalah user friendly
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri