Default Avatar

Written By

Esa Tauran

10 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Bahasa Mandarin

2022-11-21

alasan-harus-belajar-bahasa-mandarin

Source: Pexels

Daftar isi

    Menguasai bahasa asing saat ini menjadi salah satu skill yang paling dibutuhkan untuk bisa beradaptasi, terutama dengan dunia internasional. Bahasa Inggris mungkin menjadi salah satu bahasa asing yang penting untuk dipelajari. Namun, selain bahasa Inggris, ada satu bahasa asing yang juga perlu kamu pelajari, yaitu bahasa Mandarin.

    Belajar bahasa Mandarin memberikan kamu banyak manfaat untuk pertumbuhan pribadi dan profesional, paling tidak mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang salah satu budaya terkaya di dunia. Berikut 10 alasan kenapa kamu harus belajar bahasa Mandarin

    Alasan Belajar Bahasa Mandarin

    1. Bahasa yang Paling Banyak Digunakan

    Apakah kamu berpikir bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia? Ternyata pernyataan ini salah. Bahasa Inggris mungkin saja digunakan sebagai bahasa internasional, tetapi untuk penutur bahasa terbanyak di dunia ternyata dipegang oleh Bahasa Mandarin. Terdapat sekitar 1.2 miliar orang berbicara bahasa Mandarin di seluruh dunia. Mandarin adalah bahasa resmi Cina dan Taiwan, serta salah satu dari empat dialek resmi Singapura. Sekitar 15 persen dari populasi dunia adalah penutur asli bahasa Mandarin.

    2. Mempelajari Tentang Sejarah dan Budaya Cina

    Sejarah dan budaya Cinaa adalah salah satu yang terkaya dan tentunya tertua di dunia. Sejarah dan budaya Cina yang luas juga sangat terkenal, dengan dampaknya terlihat dari apresiasinya secara global. Cina terkenal karena memproduksi novel-novel indah, cerita pendek, puisi, dan baru-baru ini keunggulan dalam film. Membaca biografi Tiongkok yang hebat dan menonton film pendek tentang sejarah Tiongkok memberikan pemahaman yang lebih besar tentang bahasa tersebut. Dengan mempelajari bahasa Mandarin makan akan memungkinkan kamu untuk menggali lebih dalam kekayaan budaya Cina, dengan dapat menjelajahi novel terkenal Cina, cerita pendek, puisi, film, TV dan musik.

    3. Sebagai Bekal Traveling

    Selain kaya akan budaya dan nilai sejarah, Cina juga terkenal akan sejumlah destinasi wisatanya yang sudah terkenal secara internasional. Salah satu manfaat terbesar dari belajar bahasa Mandarin adalah kamu dapat menemukan sendiri negara Cina yang mempesona. Perjalanan kamu selama bepergian di Cina akan lebih menyenangkan jika kamu bisa berkomunikasi langsung dengan warga lokal. Bahkan dengan keterampilan berbicara yang terbatas, sekalipun penduduk setempat akan menghargai upaya tersebut dan akan membuat pertimbangan khusus untuk menyambut kamu dengan bahagia..

    4. Mengenal Lebih Dalam Dunia Bisnis Cina

    Tahukah kamu, kalau selama 35 tahun terakhir Cina telah mengubah dirinya menjadi ekonomi global terbesar, dengan booming Cina. Statusnya sebagai negara adidaya global yang meningkat memungkinkan pengusaha berbahasa Mandarin berkembang dari kekayaan negara.

    5. Membuka Peluang Kerja yang Luas

    Kamu pasti sering menemui lowongan kerja saat ini yang memasukan kemampuan bahasa asing, termasuk bahasa Mandarin sebagai syaratnya bukan? Faktanya saat ini banyak lapangan pekerjaan juga membutuhkan sumber daya manusia yang mampu berbahasa Mandarin dengan baik dan lancar. Biasanya, mereka meminta skor HSK (Hanyu Shuiping Kaoshi), yaitu ujian bahasa Mandarin. Nilai HSK bisa kamu masukkan dalam CV sebagai poin kelebihan kamu di mata perusahaan.

    6. Memperluas Jaringan Pertemanan

    Cina memiliki populasi terbesar di dunia dengan sekitar 1,28 miliar orang sehingga mempelajari bahasa memberimu akses untuk berkomunikasi dengan banyak orang dan terhubung dengan mereka pada tingkat yang lebih dalam, tidak hanya di Asia tetapi di seluruh dunia.

    7. Meningkatkan Kemampuan Otak

    Ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa belajar bahasa Mandarin menggunakan lebih banyak bagian otak daripada yang dibutuhkan untuk bahasa lain. Karena ada banyak perbedaan antara belajar bahasa Mandarin jika dibandingkan dengan bahasa Inggris, termasuk nada dan karakter. Sehingga diyakini bahwa belajar bahasa Mandarin membutuhkan lebih banyak kekuatan otak. Sedangkan penutur bahasa Inggris hanya menggunakan lobus temporal kiri, penutur bahasa Mandarin menggunakan keduanya. Selain itu, belajar menulis karakter dapat membantu keterampilan motorik dan pengenalan visual akan menjaga pikiran tetap tajam.

    8. Meningkatkan Kemampuan Artistik

    Selain kemampuan otak, belajar bahasa Mandarin juga secara tidak langsung akan meningkatkan kemampuan artistik kamu. Simbol dan karakter bahasa Mandarin membutuhkan tangan yang mantap. Kata-kata tertulis sebenarnya adalah karakter ikonografis daripada huruf. Simbol dan karakter ini dibuat menggunakan 'goresan' seperti lukisan. Semua ini akan kamu dapatkan ketika mempelajari bahasa Mandarin.

    9. Dasar Belajar Bahasa Lainnya

    Pengetahuan bahasa Mandarin dapat mempermudah kamu untuk mempelajari banyak bahasa Sinitik dan Sino-Tibet lainnya, seperti bahasa Burma. Jika kamu menguasai bahasa Mandarin, sejumlah bahasa yang kurang dikenal akan terbuka untuk kamu.

    10. Mudah untuk Dipelajari

    Meskipun bahasa Cina dianggap sebagai bahasa yang sulit untuk dipelajari, akan tetapi lebih mudah untuk memulai daripada yang kamu kira. Banyak orang belajar bahasa tersebut seringkali dapat mulai berbicara bahasa Mandarin dasar hanya dalam beberapa minggu setelah memulai studi mereka. Kamu tidak perlu khawatir tentang kata kerja. Sebab tidak ada kata kerja, tidak ada bentuk jamak, tidak ada bentuk kata, tidak ada kesepakatan subjek-verba, dan tidak ada konjugasi. Ada lebih dari 80.000 karakter Cina tetapi umumnya hanya 3.500 yang digunakan dalam percakapan. Bahkan, itu bisa dianggap sebagai bahasa yang lebih logis.

    Baca juga: Apa Saja 5 Prospek Kerja Jurusan Sastra Mandarin?

    Terlebih, saat ini sudah banyak tempat kursus yang menawarkan belajar Bahasa Mandarin dengan mudah. Berikut rekomendasinya

    Rekomendasi Tempat Belajar Bahasa Mandarin

    1. Lister

    Lister adalah perusahaan startup teknologi pendidikan yang berfokus pada penyediaan pengalaman belajar bahasa yang berkualitas tinggi dan disesuaikan untuk membantu siswa mencapai impian profesional mereka. Dengan visi memberdayakan semua orang untuk menghadapi persaingan global, Lister berusaha membantu semua orang untuk bersaing dalam daya saing global, baik untuk mengejar pendidikan tinggi atau mendapatkan pekerjaan yang lebih menjanjikan melalui pengajaran yang interaktif dan aplikatif sesuai dengan kebutuhan kamu. Salah satu program terbaik dari Lister adalah kursus Bahasa Mandarin.

    Lister Kursus Bahasa Mandarin Online adalah program yang dirancang khusus untuk membantu kamu belajar bahasa Mandarin secara lebih mudah. Dengan metode terbaik, kamu dapat belajar dan memahami materi secara cepat untuk mendapatkan pengetahuan budaya, skill bahasa, serta kesuksesan professional maupun akademik.

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    2. LingoAce

    LingoAce adalah platform EdTech global yang menyediakan pembelajaran bahasa yang autentik, menarik, dan efektif, serta bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. ​Sejak awal terbentuk, Tim LingoAce telah jauh berkembang. LingoAce telah mendatangkan pakar kurikulum dan desainer kreatif ke tim untuk mewujudkan kurikulum yang diinginkan. Selain itu, LingoAce juga mendatangkan pengajar native bersertifikat yang memahami nuansa lokal, serta komunitas berisikan course consultant dan learning advisor yang akan menemani orang tua murid selama proses belajar berjalan.​

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    Ahli Bahasa Mandarin Bersama Danacita

    Kabar gembira untuk kamu yang ingin belajar Bahasa Mandarin. Saat ini, Danacita telah bekerja sama dengan Lister dan LingoAce untuk mempermudah kamu kursus bahasa Mandarin. Danacita sendiri adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Ajukan biaya kursus mu sekarang di sini.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    lingoace lister alasan kursus bahasa mandarin
    Default Avatar

    Written By

    Esa Tauran