Default Avatar

Written By

Rudi Patria

4 Rekomendasi Bootcamp Web Development 2022

2022-03-18

rekomendasi-webdevelopment.jpg

credit: Negative Space

Daftar isi

    Bootcamp web development menjadi salah satu bootcamp yang paling banyak dicari saat ini. Hal ini tidak lepas dari kebutuhan industri untuk web development juga banyak. Sebelum kita membahas keunggulan mengikuti web development dan beberapa course yang menawarkan bootcamp web development, mari kita lihat apa itu web development, bagaimana peluang kerjanya?

    Apa itu Web Development?

    Web development adalah segala pembangunan dan pemeliharaan situs web. Dalam artian ini adalah pekerjaan yang terjadi di balik layar untuk membuat situs web tampak menarik,, bekerja dengan cepat, dan memiliki kinerja yang baik dengan pengalaman pengguna yang lancar.

    Segala aktivitas ini dilakukan dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman atau biasa disebut coding language. Bahasa pemrograman yang digunakan tergantung pada jenis tugas yang dibuat sebelumnya dan platform tempat website ini dikerjakan.

    Sebagai seorang web development, kamu harus bisa memiliki dan membangun dasar-dasar pengetahuan yang kuat. Seperti memahami HTML/ CSS/ Javascript, keterampilan desain, hingga pengetahuan analitis.

    Peluang Kerja Seorang Web Development

    Berbicara tentang peluang kerja, seorang web development termasuk salah satu pekerjaan yang memiliki peluang kerja yang luas di era digital saat ini. Ketika kamu menjadi seorang web development, kamu bisa bekerja secara mandiri sebagai freelancer atau bekerja di perusahaan.

    Skala lingkup kerjanya pun tidak hanya terbatas pada tingkat nasional saja, namun juga kamu bisa berkarir atau mengambil pekerjaan dari luar negeri.

    Sementara untuk scope job desk nya, ini tergantung pada pekerjaannya masing-masing, Kamu bisa dapat fokus pada front-end development, yang melibatkan perancangan situs dan pembuatan konten, atau back-end development, yang melibatkan penulisan kode untuk membuat fitur situs web berfungsi. Kamu juga dapat menjadi webmaster untuk sebuah situs, menyediakan pemeliharaan, pembaruan, dan pemecahan masalah bila diperlukan.

    Bagaimana Memulai Karir Sebagai Web Development?

    Seorang web development melakukan pekerjaan yang sangat penting untuk menopang aktivitas dan masyarakat digital. Mereka membuat situs web dan bekerja di belakang layar untuk memastikan bahwa sebuah aplikasi dapat berjalan dengan lancar. Mereka memberikan dan menjaga stabilitas, menambahkan unsur visual, dan mengintegrasikan platform yang menampung banyak data yang memudahkan kita mengaksesnya.

    Mengetahui tugas dan tanggungjawab web development yang sangat vital membuat tak sedikit orang merasa takut untuk mempelajari dan terjun sebagai web development. Padahal proses mempelajari semuanya ini cukup mudah.

    Untuk orang yang punya latar pendidikan di bidang teknologi tentu sangat mudah bagi mereka mempelajarinya. Lalu bagaimana untuk kamu yang tidak memiliki latar tersebut? Jawabannya adalah dengan mengikuti bootcamp web development.

    Keunggulan Mengikuti Bootcamp Web Development

    Mendapatkan Materi Bootcamp yang Intensif

    Meski hanya berlangsung selama beberapa bulan, namun materi-materi yang akan kamu dapatkan di bootcamp sangatlah komprehensif dan intensif. Kamu akan belajar mulai dari dasar-dasar web development hingga ke tingkat advanced dan bagaimana kamu akan menerapkannya pada saat bekerja nanti.

    Kurikulum yang dibuat di bootcamp mengikuti dan menyesuaikan dengan kebutuhan industri teknologi saat ini. Selain itu, banyak bootcamp yang memberikan real-project sebagai tugas akhir. Sehingga kamu bisa latihan untuk menerapkan skill yang kamu dapatkan dan juga ini bisa menjadi portfolio kamu.

    Kesempatan Bekerja Langsung Lebih Besar

    Dalam hal mempelajari keterampilan baru, dan terutama yang akan menjadi karir baru kamu, tidak ada yang lebih penting daripada aplikasi praktis.

    Tujuan inti dari banyak pengalaman bootcamp adalah untuk memastikan bahwa kamu siap untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus dan siap untuk menggunakan keterampilan yang kamu pelajari di dunia nyata.

    Ketika kamu mengikuti bootcamp web development, secara tidak langsung kamu satu langkah dengan karir impian kamu. Sebab, banyak penyelenggara bootcamp yang memiliki hiring partner yang siap merekrut kamu dengan segala skill yang kamu telah pelajari di bootcamp.

    Memiliki Teman Belajar dan Koneksi yang Luas

    Saat mengikuti bootcamp, kamu tidak hanya bertemu dengan tutor saja, tapi kamu juga akan bertemu dengan teman yang memiliki impian yang sama untuk belajar web development.

    Kamu bisa berkolaborasi dengan teman sebaya dan seperjuangan untuk meningkatkan proses belajar secara signifikan. Tentu akan sangat membantu untuk berinteraksi dengan siswa lain yang mengalami pasang surut pembelajaran yang sama seperti kamu, bukan?

    Selepas bootcamp pun secara otomatis kamu akan memiliki koneksi yang luas, yang tidak hanya berasal dari satu kampus atau kota kamu saja. Namun bisa juga lintar provinsi atau bahkan lintas negara.

    Rekomendasi Bootcamp Web Development

    Purwadhika

    Purwadhika adalah salah satu pionir lembaga pendidikan di Indonesia yang berfokus pada dunia pendidikan teknologi digital. Berbagai program pengembangan karir digital ada di sini, termasuk web development.

    Purwadhika menawarkan program full stack development dimana kamu akan dibimbing untuk menguasai dasar-dasar pemrograman hingga kamu mampu untuk membangun sebuah aplikasi web dan mobile secara lengkap.

    Mulai dari dasar pemrograman menggunakan Javascript, data structure, dan algoritma, kemudian kamu akan dibimbing user interface menggunakan HTML, CSS dan lain-lain atau kemampuan front-end development, hingga belajar back-end development dengan menggunakan berbagai aplikasi seperti Node.JS, Express JS, MySQL, dan lain sebagainya.

    Untuk menambah skill pengembanganmu, kamu juga akan mempelajari agile software development. Agile software development adalah salah satu metode pengerjaan sebuah proyek, dimana kamu akan mendapatkan simulasi pengerjaan proyek software menggunakan metode ini. Selain itu, kamu juga akan mendapat pelajaran teori mengenai software Agile dan Jira, source code management, CI/CD, Docker dan Deployment.


    Baca juga: Cari Tahu Info Terbaru dan Biaya menjadi Digital Talent bersama Purwadhika, di sini!


    Hacktiv8

    Hacktiv8 merupakan program pembelajaran untuk meningkatkan skil di bidang digital dengan misi mentransformasi pemula menjadi digital talent terbaik Indonesia yang siap bekerja.

    Di bootcamp ini, kamu bisa menguasai programming dan mendapatkan kemudahan mempelajari berbagai bahasa pemrograman di kelas web development Hacktiv8. Di sini, kamu juga akan selalu dibimbing dan dituntut memiliki growth mindset yang berguna untuk peningkatan karir di masa depan, karena kurikulumnya dibuat dan selalu disesuaikan dengan kebutuhan industri teknologi masa kini.

    Menariknya, Hacktiv8 ini menjadi coding bootcamp pertama di Asia yang tergabung dalam CIRR (Council on Integrity in Results Reporting). CIRR ini merupakan standar global yang dikembangkan oleh sekelompok besar sekolah coding yang percaya bahwa transparansi dalam memberikan hasil belajar kepada siswa adalah hal yang sangat penting.


    Baca juga: Informasi Terbaru Biaya Bootcamp & Kursus Coding di Hacktiv8


    Binar Academy

    Binar Academy merupakan sebuah startup edukasi teknologi yang didirikan oleh mantan CTO Gojek, Alamanda Shantika tahun 2017 lalu. Binar Academy difokuskan untuk mengembangkan talenta-talenta potensial digital, khususnya pada pemrograman agar mampu bersatu membentuk ekosistem pembaruan dalam bidang digital.

    Binar Academy memiliki beragam course bootcamp sesuai dengan kebutuhan industri digital dan teknologi saat ini. Salah satunya Web Development.

    Di bootcamp ini, kamu akan diajarkan mengenai berbagai hardskill dan softskill mengenai ilmu full stack web development dasar hingga penerapannya dalam pekerjaan. Ini didukung dengan fasilitas dan materi belajar yang lengkap.

    Selain itu, kamu juga akan mendapatkan real-life challenge, dimana kamu akan mengerjakan suatu real project untuk mengaplikasikan langsung ilmu dan skill yang kamu dapat selama mengikuti bootcamp. Ini akan berguna untuk melatih kemampuan kamu dan juga dari sini kamu bisa mendapatkan portofolio yang akan berguna saat kamu ingin bekerja.


    Baca juga: Biaya Kursus atau Bootcamp di Binar Academy 2022! Tersedia Cicilan Juga Lho!


    Dibimbing.id

    Dibimbing.id merupakan platform pembelajaran dan persiapan karir digital. Meski baru berdiri setahun lebih, Dibimibing.id telah membantu dan mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk mengembangkan diri hingga mendapatkan karir impiannya

    Bootcamp web development Dibimbing.id sangat berguna untuk kamu yang baru ingin terjun di dunia digital, karena kamu akan diajar mengenai fundamental web development hingga bagaimana membuat website yang akan menjadi portfolio kamu.

    Dengan materi yang komprehensif dan beginner-friendly, kamu akan dipandu oleh mentor profesional dalam bidangnya dan berpengalaman dalam mengajar.

    Kamu akan dibekali course video yang bisa diakses seumur hidup sehingga kamu dapat lebih mudah mengatur waktu belajar sendiri tanpa takut kehilangan akses. Selain mendapatkan video, kamu juga akan mendapatkan sertifikat dan portfolio yang akan berguna untuk meraih pekerjaan impian kamu.


    Baca juga: Informasi Terbaru Biaya Bootcamp Dibimbing.id 2022, Cek Disini!


    Itu dia keunggulan dan beberapa rekomendasi bootcamp web development yang bisa kamu pilih. Untuk mendukung mimpi kamu, Danacita hadir dan siap membantu kamu dalam hal pembiayaan. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi terkait biaya bootcamp.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    dibimbing.id Hacktiv8 Rekomendasi Bootcamp Purwadhika Binar Academy
    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria