Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

5 Rekomendasi Buku Digital Marketing untuk Kamu

2022-11-03

Blog-Danacita-Rekomendasi-Buku-Digital-Marketing

Daftar isi

    Sudah menjadi rahasia umum jika digital marketing saat ini sangat penting untuk bisnis dan awareness sebuah brand. Tak heran jika kebutuhan akan digital marketing ini membuat banyak orang akhirnya memutuskan untuk pindah karir menjadi seorang digital marketer.

    Akses belajar digital marketing saat ini sudah sangat banyak. Salah satunya lewat buku digital marketing. Di artikel ini kita akan membahas beberapa rekomendasi buku digital marketing yang cocok untuk kamu yang ingin belajar. Namun sebelum itu, kita kenalan dulu dengan apa itu digital marketing dan kenapa kamu harus belajar digital marketing.

    Apa itu Digital Marketing dan Kenapa Harus Belajar Digital Marketing?

    Digital marketing merupakan segala aktivitas atau tindakan mempromosikan produk dan layanan melalui saluran digital, seperti media sosial, SEO, email, dan aplikasi seluler. Umumnya, segala bentuk pemasaran yang melibatkan perangkat elektronik dianggap pemasaran digital.

    Menurut Google, setidaknya 88% orang yang melakukan pencarian lokal di smartphone mereka mengunjungi toko terkait di minggu depan. Dengan fakta, tentu kamu akan kehilangan kesempatan untuk mendatangkan traffic lebih banyak jika tidak memiliki aktivitas digital marketing.

    Selain itu, digital marketing juga menyediakan akses ke lebih banyak data dan analitik tentang pelanggan Anda, bagaimana mereka menavigasi siklus pembelian, dan apa yang mereka inginkan.

    Dengan beragam keunggulan digital marketing, tentu ini menjadi peluang untuk siapapun yang ingin belajar dan berkarir sebagai digital marketer.

    Baca juga: A/B Testing: Solusi Digital Marketing

    Rekomendasi Buku untuk Belajar Digital Marketing

    1. Social Media Marketing 2020 (2019): Stephan Anderson

    Kamu ingin mempelajari bagaimana strategi Social Media Marketing yang ampuh untuk dijalankan? Buku ini sangat cocok untuk dipelajari. Buku karangan Stephen Anderson ini ditulis untuk kamu yang bahkan baru ingin belajar tentang Social Media Marketing. Ada beberapa prinsip dan trik dasar yang bisa kamu gunakan untuk mendorong bisnis kamu.

    Dalam buku ini, Anderson menguraikan berbagai masalah yang sering muncul di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, hingga Pinterest. Di buku ini kamu juga akan menemukan topik-topik tentang channel mana yang harus kamu gunakan hingga bagaimana mengembangkan strategi konten media sosial yang unggul.

    2. Grit: Passion & Perseverance

    Tak sedikit orang yang ingin beralih ke bidang digital marketing merasa ragu terhadap kemampuan dirinya sendiri. Mungkin hal ini juga dirasakan oleh kamu saat ini. Padahal keraguan kamu ini bisa dipatahkan jika kamu benar-benar memiliki hasrat dan kegigihan mempelajari digital marketing.

    Lewat buku ini, seorang psikolog Amerika, Angela Duckworth menunjukkan bahwa rahasia untuk pencapaian yang luar biasa bukanlah tentang bakat, tetapi perpaduan istimewa antara hasrat (passion) dan kegigihan (perseverance) yang disebut "ketabahan" (grit).

    Berdasarkan penelitian yang ia lakukan dengan mewawancarai orang-orang yang berprestasi tinggi, Duckworth menemukan jika kecenderungan suatu pencapaian terpaku pada bakat alami, padahal ada hal yang lebih penting, yaitu usaha yang dilakukan dan reaksi kita terhadap hambatan. Jadi jangan pernah ragu untuk melangkah dan mempelajari digital marketing yaa.

    3. Hit Makers: The Science of Popularity in an Age of Digital Distraction (2017): Derek Thompson

    Kamu pasti pernah mendengar jika keputusan pelanggan untuk membeli suatu produk dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk pengaruh psikologi atau biasa disebut psychology consumer.

    Nah, dalam buku ini, penulis memberikan gambaran dari pandangan psikologi seputar apa yang kita suka dan mengapa kita bisa tertarik dengan suatu produk. Buku ini juga menjelaskan bagaimana ekonomi dari pasar membentuk cara kita hidup. Penulis juga menganalisa rahasia dari budaya pop dan sains. Melalui buku ini, kamu akan memperoleh penjelasan mengenai tren seperti bagaimana Facebook menjadi media sosial sekaligus media massa modern yang sangat penting era sekarang.


    Baca juga: Cara Daftar di Prodi Terbaik UIN Sunan Kalijaga


    4. Dynamic Digital Marketing (2019): Dawn McCruer

    Rekomendasi buku selanjutnya adalah karya Dawn McCluer berjudul Dynamic Digital Marketing. Penulis Dawn McGruder adalah ahli dalam membuat bisnis dan merek bersinar secara online. Dia selalu bersemangat membantu pengusaha dan bisnis memaksimalkan keuntungan digital marketing mereka dengan mengembangkan keterampilan digital yang meningkatkan skala dan mengembangkan bisnis mereka serta mempercepat kesuksesan mereka.

    Lewat buku ini ia menciptakan sebuah digital marketing framework yang ia namakan Dynamic Digital Marketing Model dimana memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada siapapun yang membacanya agar dapat meningkatkan visibilitas dan online presence, menarik audiens target mereka, menghasilkan prospek dan mengubahnya menjadi pelanggan yang menguntungkan.

    5. The Power Of Digital Marketing: GM Susanto

    Seorang praktisi digital marketing sekaligus entrepreneur, G.M Susanto menularkan pemikirannya lewat buku berjudul The Power of Digital Marketing. Buku ini memang khusus dibuat untuk memperkenalkan seberapa besar kekuatan digital marketing terhadap suatu bisnis.

    Membangun sebuah bisnis memang sulit, apalagi dalam menjalankan kegiatan marketingnya. Oleh karena itu, buku ini hadir untuk membantu siapapun yang ingin mengembangkan bisnisnya lewat digital marketing.

    Dalam buku ini kamu akan belajar banyak jurus praktis yang membumi seperti zero marketing, triple earning, simple selling, dan masih banyak strategi yang bisa kamu terapkan untuk menekan budget promosi kamu dengan hasil penjualan yang maksimal.

    Mau praktek Digital Marketing Langsung? Yuk Ikut Bootcamp Digital marketing (jelasin program masing2 bootcamp)

    Mempelajari digital marketing lewat buku memang sah-sah saja. Hanya saja, untuk benar-benar mengetahui bagaimana menerapkan strategi-strategi yang tepat serta melakukan testing terhadap beragam channel, kamu perlu mempraktekannya sendiri. Jika masih bingung bagaimana prakteknya, kamu bisa mengikuti bootcamp digital marketing. Berikut rekomendasinya.

    1. Course Net

    Belajar Digital Marketing di Course-Net tidak hanya diajarkan teorinya aja, tapi juga belajar STRATEGI PRAKTIS yang bisa diterapkan berdasarkan studi kasus yang benar-benar terjadi di dunia kerja. Strategi praktis ini akan kamu dapatkan langsung dari coach atau tentor yang sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun di dunia digital marketing.

    Di sini kamu juga akan mempelajari berbagai studi kasus terkini yang biasa terjadi di dunia kerja sehingga kamu akan mempunyai gambaran langsung bagaimana industri digital marketing kedepannya. Menarik bukan?

    Materi yang akan kamu dapatkan pada bootcamp digital marketing Course Net antara lain:

    • Basic Digital Marketing
    • Search Engine Optimization (SEO)
    • Search Engine Marketing (SEM)
    • Google Ads
    • Facebook & IG Ads
    • Marketplace
    • Email Marketing

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    2. Dibimbing

    Bootcamp Digital Marketing Dibimbing merupakan program pembelajaran digital marketing dengan materi ter-update seputar content marketing, performance marketing, SEO, CRM, dan market research yang akan kamu pelajari dan praktekkan secara real case bersama UMKM di Indonesia untuk dijadikan portofolio yang valuable.

    Di sini kamu akan mempelajari berbagai strategi digital marketing yang up to date dengan kebutuhan industri selama 4.5 hingga 5.5 bulan bersama praktisi digital berpengalaman. Dengan kata lain, kamu akan dibimbing untuk menguasai berbagai strategi digital marketing dan jenis-jenis konten social media sehingga mampu untuk menjadi digital marketer yang siap kerja setelah lulus dari program bootcamp ini.

    Materi yang akan kamu dapatkan pada bootcamp digital marketing Dibimbing antara lain:

    • Introduction to Digital Marketing
    • Introduction to Internet Marketing seperti SEO, Google Ads dan ads channel lainnya.
    • Fundamentals of Social Media Marketing
    • KOL Marketing
    • Fundamentals of Customer Retention Management
    • Increase your brand recognition and improve customer loyalty
    • Learn how to Evaluate Your Campaign PErformance
    • Digital and Data Analytics
    • Intense Weekly Projects

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    3. Rakamin

    Bootcamp digital marketing Rakamin merupakan akselerasi karir selama 18 minggu untuk menjadi seorang digital marketer. Kurikulum Rakamin didesain untuk mudah dipelajari dan diikuti oleh semua orang bahkan tanpa latar belakang Digital Marketing sekalipun.

    Setiap peserta akan dibimbing dari 0 sampai ahli. Selain itu kurikulumnya juga dapat diimplementasikan bagi kamu yang mau fokus berbisnis, bekerja di korporasi, maupun bekerja di agensi

    Materi yang akan kamu dapatkan pada bootcamp digital marketing Rakamin antara lain:

    • Introduction to Digital Marketing
    • Internet Marketing (SEO & Wordpress)
    • Internet Advertising (Google Ads)
    • Social Media Marketing (Organic & Paid)
    • Content Marketing (Content, Idea, & KOL)
    • Research & Analytics (Market Research & Google Analytics)
    • Customer Relationship Management
    • Strategic Planning (Strategy & KPI)
    • Campaign Reporting
    • Softskill Series

    Informasi selengkapnya klik disini

    Menjadi Ahli Digital Marketing Bersama Danacita

    Danacita adalah sebuah platform Fintech pembiayaan pendidikan yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia. Termasuk pelatihan digital marketing di Course Net, Dibimbing dan Rakamin

    Danacita memberikan solusi pembayaran bootcamp secara cicilan bagi kamu dengan alternatif pembayaran bertahap mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan.

    Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Ajukan biaya bootcamp mu sekarang di sini.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!