Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

5 Rekomendasi Tools Copywriting Menarik untuk Pemula

2023-06-28

rekomendasi-tools-copywriting

Daftar isi

    Pekerjaan sebagai copywriter saat ini menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dicari oleh berbagai perusahaan.

    Tentu saja hal ini karena peranannya yang sangat penting dalam menyampaikan kata-kata agar suatu pesan produk atau brand dapat tersampaikan dengan baik.

    Untuk menjadi seorang copywriter yang baik, kamu harus bisa menciptakan copywriting yang menarik dan persuasif.

    Jika kamu masih pemula, kamu tidak perlu ragu. Untungnya, ada banyak rekomendasi tools menarik yang bisa kamu gunakan agar hasil copywriting mu semakin ciamik.

    Sebelum lebih jauh mengetahui rekomendasi tools copywriting untuk pemula, yuk simak dulu penjelasan mengenai apa itu copywriting, dan jenis-jenisnya secara lengkap.

    Apa itu Copywriting?

    Istilah copywriting mungkin sudah tidak asing untuk kamu. Copywriting merujuk pada seni menulis teks atau kata-kata yang persuasif dan menarik perhatian, dengan tujuan untuk mempromosikan produk, layanan, atau ide kepada target audiens.

    Tujuannya agar mereka melakukan tindakan yang kita inginkan, misalnya melakukan pembelian, mengklik tautan, menyumbang untuk suatu tujuan, atau menjadwalkan konsultasi atau lain sebagainya.

    Proses pembuatan copywriting melibatkan kreativitas dan sense of empathy agar teksnya lebih dan efektif dalam memasarkan produk, layanan, atau konsep kepada audiens target.

    Orang yang melakukan seni copywriting disebut sebagai copywriter. Sebagai seorang copywriter, penting untuk memahami target audiens dan produk yang akan dipromosikan.

    Hal ini memungkinkan kamu untuk menyampaikan pesan yang sesuai dengan cara yang paling menarik dan meyakinkan.

    Copywriter juga harus memiliki keterampilan dalam membangun argumen persuasif, menekankan manfaat produk, menciptakan kepribadian merek yang konsisten, dan membangun hubungan emosional dengan audiens.

    Jenis-jenis Copywriting

    Saat ini ada banyak jenis copywriting dengan kegunaannya yang berbeda-beda. Berikut beberapa jenis-jenis copywriting yang paling umum digunakan:

    1. Social Media Copywriting

    Copywriter media sosial bertanggung jawab atas berbagai konten, seperti menulis postingan untuk Instagram, Twitter, dan Tik Tok, menerbitkan artikel di situs-situs seperti Medium dan LinkedIn, hingga menulis skrip untuk saluran video.

    2. Marketing Copywriting

    Sebelum munculnya media sosial, marketing copywriting banyak digunakan untuk membuat jingle, slogan, dan iklan yang menarik yang dipasang di Billboard, TV, Radio, dan media tradisional lainnya.

    Saat ini pun marketing copywriting banyak digunakan untuk membuat campaign yang mencakup penulisan panduan identitas merek, website, deskripsi produk, whitepaper, blog, postingan sosial, email, dan materi pemasaran lainnya.

    3. Sales Copywriting

    Berbeda dengan marketing sales yang umumnya bertujuan untuk membuat marketing campaign. Pada sales copywriting ini, secara langsung difokuskan agar terjadi penutupan penjualan.

    4. SEO Copywriting

    SEO adalah singkatan dari search engine optimisation (pengoptimalan mesin pencari). Oleh karena itu beberapa copywriter mengkhususkan diri pada jenis naskah ini.

    Copy yang dioptimalkan untuk SEO dibuat dengan hati-hati untuk menarik audiens manusia sekaligus mengirimkan semua sinyal yang tepat ke mesin pencari.

    5. Creative Copywriting

    Creative copywriting tidak hanya membutuhkan penyampaian informasi saja, tetapi juga penyampaiannya harus dengan cara yang menarik perhatian, menarik, dan mudah diingat. Hal ini tentu saja membutuhkan pemikiran yang strategis dan out of the box.

    banner-gif-text

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kursusmu bersama Danacita

    5 Rekomendasi Tools Copywriting

    Ibarat senjata, copywriting juga tentu membutuhkan sejumlah tools untuk bisa ‘bertarung’. Apalagi jika kamu masih pemula di bidang ini, kehadiran tools akan menjadi sebuah kewajiban yang harus kamu kuasai.

    Berikut beberapa rekomendasi tools copywriting untuk pemula yang harus kamu kuasai.

    1. Kamus

    Rekomendasi tools copywriting pertama yang menjadi ‘senjata’ dasar bagi seorang copywriter adalah kamus. Jika kamu menulis copy dalam bahasa Indonesia, maka kamu bisa menggunakan KBBI.

    Namun jika kamu menulis dalam bahasa Inggris, kamu bisa menggunakan kamus Oxford, Thesaurus atau yang lainnya.

    Di kamus ini, kamu bisa melihat kata-kata populer yang sering dicari orang, kamus bahasa daerah, sampai kamus kelas kata seperti bentuk terikat, adjektiva, adverbia, dan lain-lain, bahkan sinonim dan antonim kata.

    2. Rimakata

    Ingin membuat copywriting yang berima agar lebih menarik? Rimakata bisa menjadi senjata atau rekomendasi tools copywriting yang paling ampuh.

    Copy yang berirama biasanya akan terlihat lebih menarik karena akan membuat pesan yang mau kita sampaikan lebih mudah dipahami dan diingat oleh audiens.

    3. Cliche Finder

    Salah satu kendala yang sering muncul dalam membuat copywriting adalah adanya kata yang berulang. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menggunakan Cliche Finder.

    Rekomendasi tools copywriting ini akan membantu kamu menemukan kata-kata yang terlalu sering digunakan dan terlihat basi dalam copy mu. Dengan begini, kamu bisa memikirkan ide baru dan melakukan parafrase agar copy mu terlihat lebih segar.

    4. Chat GPT

    Rekomendasi tools copywriting lainnya yang saat ini sedang berkembang dan banyak digunakan adalah Chat GPT. Menggunakan ChatGPT untuk copywriting dapat membantu menghasilkan konten yang kreatif dan menarik yang beresonansi dengan audiens target Anda.

    Apalagi jika kamu adalah copywriter pemula, maka tools ini dapat membantu kamu menyederhanakan proses copywriting. Mulai dari membantu kamu mengetahui apa yang ingin dibaca oleh target audiens, hingga membuat konten yang menarik.

    5. Copywriting Examples

    Masalah lain yang sering dialami ketika membuat copywriting adalah stuk atau biasa disebut writer's block.

    Ketika kamu sedang mengalami ini, yang bisa kamu lakukan adalah berhenti sejenak sambil mencari inspirasi. Examples bisa menjadi rekomendasi tools copywriting pilihan untuk mencari inspirasi dan referensi.

    Terdapat berbagai koleksi mengenai contoh hasil copywriting di tools ini. Menariknya lagi, tools ini juga menyediakan penjelasan dari setiap contoh tersebut. Misalnya, alasan mengapa copywriting tersebut memiliki hasil yang baik dan lainnya.

    Belajar Membuat Copywriting Powerful Melalui Bootcamp

    1. Dibimbing

    Dibimbing.id merupakan platform pembelajaran dan persiapan karir digital yang telah membantu dan mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk mengembangkan diri hingga mendapatkan karier impiannya.

    Terdapat kelas Digital Marketing di Dibimbing yang salah satu materinya adalah copywriting. Selama 5,5 bulan kamu akan mempelajari berbagai materi dan praktik yang terupdate sesuai kebutuhan industri saat ini.

    Tak hanya copywriting, kamu juga akan mempelajari social media, content editing, SEO, CRM, digital ads, dan masih banyak lagi.

    Baca juga: Biaya Bootcamp Dibimbing.id! Ada Penyaluran Kerja

    2. Digital Skola

    DigitalSkola merupakan lembaga belajar digital yang hadir untuk melengkapi wawasan profesional muda indonesia dengan keahlian teknis dan softskill yang dibutuhkan oleh industri, termasuk dalam bidang copywriting.

    DigitalSkola menyediakan sejumlah bootcamp dan short course dimana kamu bisa belajar copywriting sesuai dengan fokus kamu. Mulai dari bootcamp Social Media Marketing, SEO Basic & Advance, Writing Camp hingga short course content writing.

    Baca juga: Informasi Biaya Kursus dan Bootcamp di Digital Skola

    Ahli Membuat Copywriting Bersama Danacita

    Itu dia penjelasan lengkap seputar rekomendasi tools copywriting. Kamu tertarik belajar copywriting secara mendalam?

    Kamu bisa mengikuti salah satu bootcamp di DigitalSkola maupun Dibimbing dengan biaya yang terjangkau dari Danacita.

    Danacita adalah sebuah platform Fintech pendanaan pendidikan yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia. Termasuk pelatihan bootcamp digital marketing di Dibimbing dan DigitalSkola.

    Danacita memberikan solusi pembayaran bootcamp secara cicilan bagi kamu dengan alternatif pembayaran bertahap mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan.

    Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap.

    Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Proses pengajuannya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja.

    Ajukan biaya bootcamp-mu sekarang di sini.

    banner-button-only

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kursusmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    copywriting tools copywriting rekomendasi tools copywriting
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri