Default Avatar

Written By

Rudi Patria

5 Tips Mendapatkan Pekerjaan Untuk Fresh Graduate

2022-03-17

Tips

Daftar isi

    Lulus kuliah adalah pencapaian awal dalam memulai langkah baru ke dunia kerja. Namun, banyak fresh graduate merasa kebingungan tentang bagaimana cara mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Apalagi ditambah persaingan yang masif, dan juga mempunyai tujuan yang sama. Lalu adanya kecenderungan perusahaan lebih suka merekrut karyawan yang berpengalaman paling tidak selama satu tahun.

    Sebuah riset menunjukkan, bahwa lebih dari 40% fresh graduate menganggur, ini membuktikan bahwa persaingan untuk mendapatkan pekerjaan itu memang sangatlah ketat. Oleh karena itu dibutuhkan adanya tips dan trik agar dapat membantumu untuk mendapatkan pekerjaan lebih cepat.

    Perbanyak Portfolio

    Tips pertama untuk cara mendapatkan pekerjaan adalah dengan membuat CV atau resume yang menarik. CV atau resume memang senjata utama kamu agar mendapatkan pertimbangan masuk ke calon perusahaan. Tapi kalau kamu memiliki portofolio maka perusahaan bisa menilai seberapa besar kemampuan yang kamu miliki, serta apakah sesuai dengan bidang yang akan kamu kerjakan nantinya. Ini juga bisa kamu jadikan untuk mengisi waktu luang sembari mencari lowongan kerja atau menunggu panggilan interview.

    Kamu bisa memperbanyak portofolio untuk mengasah skill yang kamu miliki. Memperbanyak portofolio juga bisa dengan mengambil posisi intern atau magang terlebih dahulu. Atau kamu juga bisa mengambil portofolio dengan cara mendaftar ke website penyedia jasa magang.

    Perluas Jaringan

    Tips kedua untuk cara mendapatkan pekerjaan adalah dengan memperluas , kalau kamu ingin langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus maka cara selanjutnya adalah dengan memperluas koneksi pertemanan kamu. Kamu jangan pernah malu atau segan untuk bertanya kepada teman atau saudara tentang lowongan fresh graduate. Dengan banyaknya koneksi, kamu jadi bisa mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang lebih banyak, atau bahkan lowongan yang kerja yang seperti kamu harapkan. Selain teman dan keluarga, jangan lupa juga manfaatkan almamater kamu dengan bertanya kepada senior yang sudah mendapatkan kerja. Cara ini juga efektif untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat.

    Percantik CV atau Resume

    Tips cara mendapatkan pekerjaan ketiga adalah dengan memperbaiki CV atau resume. CV atau resume adalah senjata utama kamu dalam mendapatkan sebuah pekerjaan. Mulai dari data diri, pengalaman, keahlian, pendidikan, prestasi harus bisa kamu masukkan ke dalam cv kamu. Sebaiknya bentuk cv atau resume harus padat dan didesain sebaik mungkin. Kalau desain bukan keunggulanmu, maka kamu bisa memanfaatkan jasa pembuatan cv atau dengan menggunakan website design online seperti Canva. Dengan memberikan desain cv sekreatif mungkin, perusahaan dapat juga menilai kesungguhanmu dalam melamar pekerjaan.

    Namun pastikan cv atau resume yang kamu persiapkan sesuai dengan lowongan yang kamu lamar. Karena jika kamu melamar sebagai seorang akuntan publik, maka gunakanlah cv yang sistematis. Jika kamu melamar untuk bagian design gambar atau yang memiliki dengan hubungan seni, maka pastikan bentuk cv atau resume kamu sekreatif mungkin. Resume atau cv yang baik juga harus bisa menjelaskan bagaimana pribadi dan keahlian yang kamu miliki.

    Tunjukkan Semua Kemampuan yang Kamu Miliki

    Tips cara mendapatkan pekerjaan ke empat bagi fresh graduate selanjutnya adalah dengan menunjukkan kemampuan yang kamu miliki. Kamu bisa mencantumkan semua kemampuan yang ada ke dalam cv atau resume kamu, atau saat memperkenalkan diri. Ini bisa menjadi langkah awal untuk mendapatkan perhatian dari perusahaan yang ingin kamu masuki. Apalagi kalau kamu punya keahlian khusus, bisa saja setelah mengirim lamaran kerja, kamu akan langsung mendapatkan undangan untuk interview. Jadi jangan pernah lupakan bagian ini ya!

    Ikut Kursus Bootcamp Pelatihan

    Tips cara mendapatkan pekerjaan kelima adalah dengan ikut kursus bootcamp pelatihan tenaga kerja digital. Saat ini ada banyak bootcamp yang menyediakan pelatihan khusus dan bisa diikuti oleh semua orang lho, tanpa melihat jurusan ataupun latar belakang. Selain itu lembaga kursus bootcamp ini juga siap membantu kamu untuk disalurkan kerja ke partner-partner yang sudah bekerja sama dengan pihak bootcamp. Beberapa kursus bootcamp yang bisa kamu pilih diantaranya adalah:

    Purwadhika

    Kalau kamu suka dengan dunia kerja digital, maka Purwadhika startup and coding school bisa menjadi tips untuk kamu mendapatkan pekerjaan di dunia digital. Purwadhika adalah lembaga pendidikan kursus bootcamp yang berfokus untuk menghasilkan tenaga kerja digital. Di Purwadhika, kamu bisa memilih beberapa tipe kelas seperti Full Stack Developer, Digital Marketing, Data Science dan UI UX. Purwadhika juga mempunyai akses ke 500+ hiring partner dan telah memiliki kerjasama secara resmi. Dii program pelatihan digital marketing ini, nantinya kamu akan dibimbing untuk melalui 3 tahapan, dari fundamental hingga specialist, untuk menguasai ilmu digital marketing.


    Baca juga: Cari Tahu Info Terbaru dan Biaya menjadi Digital Talent bersama Purwadhika, di sini!


    Hacktiv8

    Suka dengan coding? Maka Hacktiv8 bisa menjadi tips untuk kamu yang ingin mendapatkan pekerjaan di dunia coding. Hacktiv8 adalah tempat pelatihan untuk mentransformasi para pemula menjadi digital talent yang terlatih dan berkompeten di Indonesia.Program yang ditawarkan oleh hacktiv8 adalah kelas Full Stack Developer dengan lama durasi sepanjang 16 minggu. Sebagai salah satu bootcamp paling berpengalaman di Indonesia, Hacktiv8 memiliki banyak keunggulan mulai dari Coding Bootcamp #1 berdasarkan penilaian Course Report, Alumni Hacktiv8 yang memiliki gaji rata-rata IDR 9 juta hingga menjadi coding bootcamp pertama yang telah terdaftar di CIRR. Selain itu lulusan kursus bootcamp Full Stack Developer Hacktiv8 juga menjadi incaran perusahaan rintisan lho! Jadi untuk kamu yang ingin menjadi programmer berkualitas incaran para startup, Hacktiv8 adalah pilihan yang tepat


    Baca juga: Informasi Terbaru Biaya Bootcamp & Kursus Coding di Hacktiv8


    RevoU

    Suka dengan Digital Marketing? RevoU bisa menjadi tips untuk kamu yang ingin mendapatkan pekerjaan di dunia digital marketing. RevoU adalah lembaga pendidikan teknologi yang berfokus pada pendidikan & pelatihan kompetensi digital. RevoU sendiri berpandangan bahwa semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi tenaga kerja digital. Oleh karena itu, untuk mengikuti kursus bootcamp di RevoU, kamu tak perlu memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan program yang mau diikuti. Sebagai contoh, untuk mengikuti bootcamp Digital Marketing di RevoU, calon pelajar bisa dari lulusan teknik mesin atau latar belakang apapun yang bahkan tidak tahu mengenai Digital Marketing sebelumnya. Sebagai informasi, RevoU adalah salah satu kursus bootcamp yang menjanjikan uang kembali, jika kamu tidak mendapatkan kerja setelah lulus dari kursus bootcamp RevoU. Sangat menarik bukan?


    Baca juga: Informasi Terbaru Mengenai Biaya Kursus / Bootcamp di Revou


    Course-Net

    Jadi hacker sekarang ada sekolahnya lho! Untuk kamu yang mau jadi hacker maka bisa jadi tips untuk kamu yang ingin bekerja sebagai hacker! Course-Net adalah lembaga pendidikan teknologi informasi, yang memiliki pengajar (coach) kelas dunia. Kamu akan dibimbing bertahap mulai dari paling dasar. Pelatihan dimulai dari dasar perancangan web dengan HTML, CSS, bahasa pemrograman Javascript Front End dan Back End, koneksi serta perancangan database. Selain itu kamu juga akan belajar cara untuk mengoptimalkan website dengan framework Javascript yaitu Redux, ReactJS, dan Express.

    Course-Net sebagai tempat berkumpulnya para pemula maupun yang berpengalaman. Jadi materi pelajaran yang diberikan adalah gabungan antara teori, dan kasus-kasus yang sering terjadi secara nyata di lapangan. Selain itu Course-Net juga satu-satunya kursus bootcamp di Indonesia yang mengajarkan materi hacking lho! Dengan dunia serba digital, tentu keamanan cyber akan sangat diperlukan oleh para perusahaan. Karena itu jika kamu ingin menjadi seorang hacker berkualitas, maka Course-Net adalah tempat yang sangat tepat untuk kamu.


    Baca juga: Yuk, nambah skill kamu di bidang IT! Simak info-info terbaru dan biaya kursus di Course-Net di sini.


    Binar Academy

    Tertarik dengan design gambar atau website? maka Binar Academy bisa jadi tips mencari kerja untuk UI&UX buat kamu. Binar Academy adalah lembaga pendidikan non-formal yang bertujuan untuk menghasilkan talenta-talenta digital yang berkompetensi. Lembaga ini didirikan pada tahun 2016 di Jakarta oleh Alamanda Shantika, Dita Aisyah dan Seto Loreno. Kini Binar Academy memiliki lokasi yang tersebar di berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Batam, Kupang, Ambon, Yogyakarta dan Tangerang.

    Ketiga pendiri Binar Academy melihat kurang bersaingnya talenta Indonesia jika dibandingkan dengan talenta digital asing. Sehingga banyak di antara perusahaan-perusahaan digital Indonesia harus menggunakan talenta digital dari luar negeri. Kenyataan tersebut membuat mereka bertiga berinisiatif untuk membangun lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mencetak talenta-talenta digital berkompetensi yang mampu berkontribusi tidak hanya di dalam negeri namun juga internasional.

    Keuntungan ketika kamu mengikuti salah satu kursus bootcamp yang ada diatas adalah, mereka merupakan partner resmi dari Danacita. Jadi kamu tidak perlu ragu dengan kualitasnya, dan kamu juga bisa mengajukan cicilan hingga 24 bulan lho!


    Baca juga: Biaya Kursus atau Bootcamp di Binar Academy 2022! Tersedia Cicilan Juga Lho!


    Cara mendapatkan pekerjaan di masa pandemi

    Disaat seperti sekarang ini, memanglah tidak mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Kita dituntut untuk beradaptasi dengan kondisi yang tidak menentu. Oleh karena itu, maka beradaptasi dengan teknologi baru, dan ilmu baru adalah mutlak. Saatnya kamu menerapkan tips diatas dan beradaptasi dengan lapangan pekerjaan yang serba terinterkoneksi dengan internet!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria