Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

5 Website Belajar Coding Otodidak

2023-02-01

website-belajar-coding

Daftar isi

    Seiring dengan berkembang pesatnya dunia industri di Indonesia, coding adalah salah satu skill yang menjanjikan di masa depan. Mempelajari coding dapat membuka banyak peluang baru. Sebab, dunia kerja sekarang mulai tak bisa dilepaskan dengan teknologi serta didominasi oleh perusahaan-perusahaan rintisan teknologi lho!

    Bagi kamu yang tertarik mempelajari bidang ini, jangan bingung dan takut. Sebab, seiring dengan berkembangnya teknologi dan internet, kita lebih dipermudah ketika ingin belajar coding. Sudah ada cukup banyak website belajar coding yang bisa kamu pelajari.

    Kira-kira, apa saja website belajar coding yang bagus untuk belajar? Simak deretannya di bawah ini ya.

    Apa Itu Coding?

    Sebelum mengetahui deretan rekomendasi website belajar coding, ada baiknya kamu memahami coding itu sendiri.

    Coding adalah salah satu tindakan dalam pemrograman yang dilakukan dengan menuliskan kode atau skrip dalam bahasa pemrograman. Menggunakan perangkat komputer dalam memasukkan skrip menyebabkan kamu perlu mengikuti aturan sintaks yang berlaku saat melakukan proses coding.

    Aturan sintaks yang digunakan tergantung dari bahasa pemrograman yang kamu gunakan saat menuliskan skrip. Dengan kata lain, coding merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memberitahu kepada perangkat komputer mengenai apa yang harus ia kerjakan untukmu.

    Setiap kode yang nantinya kamu tuliskan akan membantu komputer mengetahui serta memahami apa yang ingin kamu lakukan pada komputer tersebut. Hasilnya, komputer akan menerima perintah itu dan melakukan operasi sesuai dengan perintah yang kamu tuliskan.

    Keuntungan Belajar Coding

    Selain mendapatkan pengetahuan mengenai komputer programming, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapat ketika belajar di website belajar coding, antara lain:

    1. Menciptakan Aplikasi yang Bermanfaat bagi Masyarakat

    Website belajar coding mengajarkanmu untuk membuat aplikasi. Dengan begitu, ketika kamu sudah handal, kamu bisa membuat banyak aplikasi dan website yang bermanfaat bagi masyarakat umum, seperti Gojek, Grab, Facebook, Instagram, Twitter, dan beberapa aplikasi lainnya.

    Selain itu, melalui aplikasi yang kamu buat bisa saja mampu memberikan sumbangsih untuk perekonomian bangsa.

    2. Dapat Bekerja Remote

    Dengan menguasai coding, kamu bisa saja bekerja tanpa harus datang ke kantor atau istilahnya kerja remote. Ini berarti, kamu dapat bekerja dimanapun dan kapanpun asalkan terdapat jaringan internet yang baik.

    3. Menjadi seorang Freelancer

    Manfaat belajar di rekomendasi situs belajar coding selanjutnya adalah kamu bisa menjadi freelance. Apalagi, saat ini banyak perusahaan yang mencari seorang freelance untuk pembuatan aplikasi atau web karena harganya yang lebih murah dibandingkan jika harus menggaji karyawan.

    Bahasa Pemrograman dalam Coding

    Saat ini kita akan membahas bahasa pemrograman coding, lalu selanjutnya membahas rekomendasi website belajar coding.

    Coding tentu tidak akan jauh dengan bahasa pemrograman bahkan saling berkaitan. Beberapa bahasa pemrograman yang bisa membantumu dalam membuat sebuah aplikasi atau website antara lain yaitu:

    1. HTML (Hypertext Markup Language)

    HTML merupakan sebuah bahasa script atau markup yang wajib kamu pelajari untuk belajar apa itu coding. Meski beberapa developer menganggap bahwa HTML bukan termasuk ke dalam Bahasa Pemrograman, namun bahasa script ini menjadi salah satu bahasa yang wajib untuk dipelajari sebelum masuk ke bahasa pemrograman lainnya.

    Jika dalam struktur bangunan, HTML ibarat sebuah kerangka website yang menjadi dasar styling. Selain itu, bahasa script ini juga mempunyai tag khusus yang harus disesuaikan agar browser yang digunakan oleh user mampu membaca kode dan tampilannya sesuai dengan yang diharapkan.

    2. CSS (Cascading Style Sheets)

    CSS merupakan sebuah bahasa script pelengkap dari HTML. Di CSS, kamu dapat mengatur jenis font serta warna yang digunakan. Selain itu, kamu juga dapat mengatur jarak spasi antar paragraf, mengatur ukuran layar, mengatur layout desain, dan beragam pengaturan website lain yang membuat tampilan website menjadi semakin menarik dan mudah dimengerti oleh user.

    3. JavaScript

    JavaScript merupakan bahasa pemrograman terpopuler dan paling banyak digunakan oleh para web developer profesional. Bahasa pemrograman ini berfungsi untuk membuat website menjadi lebih interaktif.

    JavaScript sendiri lebih dekat dengan para frontend developer. Namun, seiring perkembangannya, kini para backend developer juga sering menggunakan bahasa pemrograman ini ketika membuat dan mengembangkan website.

    Baca juga: Coding Adalah: Informasi, Tipe, Manfaat dan Info Lengkap

    Rekomendasi Website Belajar Coding

    Bagi kamu yang tertarik berkarir di bidang programming seperti Web Developer atau Android Developer, ada banyak website belajar coding yang cocok untuk dipelajari. Melalui web belajar coding ini, kamu bisa mempelajari bahasa pemrograman yang ada di dunia programming.

    Berikut rekomendasi website belajar coding yang bisa menjadi referensi.

    1. SekolahKoding.com

    Sekolah Koding mengusung tema “Belajar coding, mulai dari nol”. Dengan kata lain, untuk kamu yang belum pernah mengenal pemrograman sebelumnya bisa belajar di Sekolah Koding. Terdapat 1432 video pembelajaran pemrograman yang bisa diakses dari mana saja dan kapan saja oleh membernya.

    Di website belajar coding yang satu ini terdapat juga forum diskusi yang dapat digunakan untuk berinteraksi sesama member Sekolah Koding. Untuk kamu yang sudah mulai jago pemrograman, juga bisa memanfaatkan fitur mading. Di mading, kamu bisa memamerkan karya-karyamu

    2. Coursera

    Rekomendasi website belajar coding selanjutnya adalah Coursera. Di situs belajar coding ini sebenarnya tidak hanya khusus coding, melainkan ada juga bisnis, matematika, ilmu fisika, dan masih banyak bidang lain baik dari level pemula hingga mahir.

    Tidak hanya itu, website belajar coding ini juga memiliki fitur pencarian kerja untuk perusahaan ternama seperti Metaverse, Google, IBM, dan masih banyak yang lain. Dengan sertifikat course coding dari Coursera, bisa kamu gunakan ketika mendaftar kerja.

    3. JagoCoding.com

    Sama seperti namanya, kamu bisa belajar menjadi programmer yang jago coding melalui website belajar coding ini. Selain menyediakan tutorial bahasa pemrograman seperti Python, Java hingga Javascript, website belajar coding ini juga menyediakan tutorial untuk beberapa framework seperti Laravel dan AngularJS.

    Jadi, kamu bisa terus upgrade ilmu mengenai bahasa pemrograman di website belajar coding ini. Dan tentu saja, semua tutorialnya tertulis dalam bahasa Indonesia. Selain bisa login menggunakan email, kamu juga bisa login menggunakan Facebook. Jadi lebih simpel.

    4. edX.com

    Website belajar coding yang satu ini merupakan situs kursus online yang sebenarnya tidak fokus hanya untuk pemrograman saja. Tapi ada untuk kursus pemrogramannya cukup lengkap, ada Java, Python, dan masih banyak lagi. Jika berhasil menyelesaikan materi pembelajaran di edX, kamu akan mendapatkan sertifikat. Lumayan untuk portofolio dan untuk melamar kerja.

    5. W3Schools

    Website belajar coding yang selanjutnya adalah situs belajar coding W3Schools, situs ini selalu menjadi rekomendasi pertama untuk para pemula yang baru terjun ke dunia pemrograman. Terdapat lebih dari 20 bahasa yang disediakan di W3Schools dan sebagian besar adalah bahasa untuk pembuatan website.

    Untuk memudahkan pengguna, website belajar coding ini juga sekaligus menyediakan compiler online agar kamu bisa lebih mudah dalam memahami materi coding. Tidak hanya course, W3Schools juga memberikan berbagai kuis yang dapat kamu kerjakan.

    Rekomendasi Tempat Kursus Coding

    Selain website belajar coding, kamu juga bisa mengikuti kursus coding agar lebih paham dan mahir. Nah, berikut rekomendasi tempat kursus coding yang bisa kamu pilih.

    1. Koding Akademi

    Koding Akademi merupakan layanan pusat bimbingan belajar yang fokus pada pengajaran digital skill, seperti robotics dan coding. Di tempat kursus ini, kamu akan dibimbing untuk mencapai pemahaman dan pengetahuan khususnya di bidang sains teknologi atau IT yang sekarang menjadi salah satu bidang terpenting di era digital.

    Ada level yang disediakan khusus untuk belajar coding, diantaranya.

    • Coding Explorer
    • Game Programming Intermediate
    • Web Design

    Informasi selengkapnya di sini.

    2. Juara Coding

    Juara coding adalah program pelatihan intensif (bootcamp) dalam bidang web dan mobile developer dengan kurikulum yang dibuat untuk membentuk keahlian yang dapat diimplementasikan pada perkembangan teknologi saat ini.

    Selama mengikuti program bootcamp di Juara Coding ini, kamu akan mengikuti beberapa tahapan pembelajaran bootcamp untuk dapat menjadi seorang Web & Mobile Developer yang handal, mulai dari kelas yang diadakan secara online, latihan soal, tes modul hingga mengikuti final test.

    Informasi selengkapnya di sini.

    Belajar Coding Bersama Danacita

    Itu dia penjelasan mengenai coding serta website belajar coding. Jika kamu tertarik kursus coding di tempat rekomendasi di atas, tetapi dirasa cukup memberatkan, kamu bisa menggunakan pembiayaan pendidikan Danacita sebagai alternatifnya.

    Biaya pendidikan akan ditanggung oleh Danacita dan kamu bisa membayarnya secara bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan sehingga jauh lebih ringan. Adapun alasan mengapa kamu harus bayar kuliah menggunakan Danacita adalah sebagai berikut:

    • Keamanan transaksi: Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), juga tersertifikasi ISO 27001 sehingga keamanan data sangat terjamin.
    • Partner resmi Koding Akademi dan Juara Coding dengan pembayaran biaya pendidikan langsung ke kursus.
    • Pengajuan tanpa DP atau jaminan.
    • Proses pengajuan dilakukan 100% secara online, maksimal 2 hari kerja.
    • Bebas lakukan pelunasan lebih awal tanpa ada biaya tambahan apapun.

    Jika kamu tertarik, langsung saja cari tahu info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-blog-leads-generation

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!