Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

7 Rekomendasi Channel Youtube Belajar UI UX

2023-01-30

Blog

Saat ini banyak orang yang berlomba-lomba ingin mengejar karir di dunia UI/ UX. Namun tak sedikit yang akhirnya patah semangat karena bingung ini memulai darimana. Padahal saat ini banyak akses yang bisa kamu gunakan untuk memulai belajar UI/ UX, termasuk lewat Youtube. Selain gratis, materi di Youtube juga bisa kamu pelajari secara berulang.

Di artikel ini kita akan membahas beberapa rekomendasi channel youtube yang cocok untuk kamu belajar UI/ UX. Namun sebelum itu, kita kenalan dulu dengan UI/ UX itu sendiri!

Mengenal UI/ UX

UI dan UX merupakan dua istilah yang sering digunakan secara bergantian, tetapi sebenarnya memiliki pengertian dan fungsi yang sangat berbeda. Kedua istilah ini ditemui dalam hal pembuatan website. Lalu apa perbedaan keduanya?

Apa itu UI?

UI (User Interface) adalah sebuah interface atau antarmuka yang ditemukan pada sebuah website, seperti layar, tombol, dan fitur visual dan interaktif lainnya yang digunakan seseorang untuk berinteraksi dengan produk digital, seperti situs web atau aplikasi.

Dengan kata lain UI merujuk pada rangkaian layar, halaman, dan elemen visual termasuk tombol dan ikon yang memungkinkan seseorang untuk berinteraksi dengan produk atau layanan.

Apa itu UX?

Sementara UX atau singkatan dari User Experience adalah pengalaman internal yang dimiliki seseorang saat mereka berinteraksi dengan setiap aspek produk dan layanan perusahaan pada sebuah website atau aplikasi.

Rekomendasi Channel Youtube Belajar UI/ UX

1. Flux Academy

Flux adalah salah satu channel Youtube yang banyak membahas dunia UI/ UX design. Channel ini dibuat oleh Ran Segall, seorang designer yang telah berpengalaman selama 20+ tahun. Ia yang selalu membagikan cerita keseharian dia sebagai designer di channel Youtubenya. Termasuk tentang project yang sedang ia kerjakan, pertemuan dengan klien, perjalanan bisnis nya dan juga sering bercerita tentang teknik teknik desain yang ia lakukan.

Tak hanya seputar design, lewat channel youtube nya ini, ia juga sering membagikan tips-tips. Misalnya tips berkomunikasi dengan klien, tips bagaimana memahami user untuk membuat experience yang bagus, tips bagaimana menentukan harga desain dan banyak tips lainnya.

Berikut channel youtubenya https://www.youtube.com/@FluxAcademy

2. Steve Schoger

Channel ini lebih banyak membahas proses redesign. Channel ini akan menunjukkan design sebelum di re-desain, lalu memperlihatkan proses re-desain nya hingga selesai. Menariknya, di tengah melakukan proses re-desain, sang pemilik channel selalu memberitahu alasan kenapa di re-desain seperti itu. Hal ini tentu akan menambah wawasan kamu

Berikut link youtubenya https://www.youtube.com/@SteveSchoger/

3. The Futur

The Futur adalah salah satu channel yang membahas seputar UI/ UX dan telah memiliki lebih dari 2 juta subscribers. Dengan banyaknya subscriber ini menunjukan jika channel ini memiliki sesuatu yang sangat berguna untuk pembelajaran.

Bagaimana tidak, di channel ini, kamu tidak hanya belajar seputar UI/ UX saja, tetapi juga akan mendapatkan ilmu dan pengetahuan seputar branding, bekerja lepas, marketing, bisnis, hingga tips membuat portofolio. Menarik bukan?

Berikut link youtubenya https://www.youtube.com/@thefutur

4. Mike Locke

Channel Mike Locke merupakan channel yang dibiuat oleh seorang desainer UI/UX senior yang sangat inovatif, bersemangat, dan sukses dengan keahlian tinggi dalam Desain Visual UI, Pengalaman Pengguna, Kegunaan, Desain Interaksi, Arsitektur Informasi, Riset & Analisis, XHTML/CSS, dan Strategi & Perencanaan.

Mike Locke adalah seorang UX designer, yang kebetulan membuka sebuah channel di YouTube.

Lewat channel ini kamu akan diajak mengeksplorasi berbagai hal seputar UI/ UX, ditambah dengan berbagai tips melewati creative block serta trik agar selalu bisa belajar di tengah kesibukan kerja sebagai desainer.

Berikut link youtubenya https://www.youtube.com/@MikeLocke/about

banner-blog-leads-generation

📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

5. AJ & Smart

Channel Aj & Smart adalah sebuah studio desain dan inovasi produk yang berbasis di Berlin, Jerman yang telah bekerja dengan beberapa perusahaan terbesar di dunia untuk membantu mereka membuat produk yang lebih baik dengan lebih cepat.

Lewat channel Youtube ini, kamu belajar banyak seputar design sprint, design thinking dan prosesnya, serta desain produk secara keseluruhan. Channel ini juga terkadang menawarkan konten ulasan buku dan tools yang berkaitan.

Berikut link youtubenya https://www.youtube.com/@AJSmart

6. NNgroup

Channel NNgroup merupakan channel yang dibuat oleh dua orang yang sangat ahli dalam merancang design dan menyuguhkan experience yang baik bagi user, yaitu Jakob Nielsen dan Don Norman. Nama NNgroup diambil dari huruf pertama dari nama akhir mereka.

Di channel ini, kamu akan mendapatkan informasi soal user experience research yang saintifik, berbagai konten pelatihan, serta berbagai informasi dari pakar UX lainnya.

Berikut link youtubenya https://www.youtube.com/user/NNgroup

7. Amex

Prinsip channel ini adalah dibuat oleh desainer dan ditujukan untuk desainer. Lewat channel ini kamu akan belajar membuat tutorial tentang Sketch, Adobe XD, InVision, Marvel & Principle dan semua alat UI/UX lainnya di luar sana. Chanel ini juga menyajikan video baru mencakup topik tentang UI/UX, pekerjaan lepas, kehidupan sebagai desainer, dan banyak lagi.

Berikut link youtubenya https://www.youtube.com/@SketchappTV/

banner-blog-leads-generation

📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

Belajar UI/ UX dengan Ikut Bootcamp

Akses untuk belajar UI/ UX saat ini memang sangat banyak, termasuk lewat Youtube. Hanya saja, untuk bisa benar-benar menguasainya kamu perlu mempraktekan langsung. Untuk itu mengikuti bootcamp UI/ UX bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berkarir di bidang UI/ UX.

Berikut rekomendasi bootcamp UI/ UX untuk kamu

1. DigitalSkola

Kelas UI/ UX Digital Skola merupakan program intensif yang dirancang untuk pemula dari semua kalangan, dengan atau tanpa background linier seperti IT (coding), desain maupun bidang lainnya. Materi di bootcamp ini dirancang fokus pada praktik dan pembuatan tiga portofolio desain (desktop/web, iOS dan Android). Kamu dapat memilih study casemu sendiri atau menyesuaikan rekomendasi tutor untuk membantumu upskill maupun switch karier.


Baca juga: Biaya Bootcamp di Digital Skola Dengan Danacita


2. Dibimbing

Bootcamp UI UX Design Dibimbing merupakan program pelatihan intensif yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kamu dalam membuat aplikasi mobile & web untuk dijadikan portofolio yang menjual. Di sini kamu akan belajar langsung bersama praktisi digital berpengalaman selama 4,5 bulan tanpa perlu background pendidikan yang sesuai.


Baca juga: Informasi Terbaru Biaya Bootcamp Dibimbing.id 2022


Menjadi Ahli UI/ UX Bersama Danacita

Danacita adalah sebuah perusahaan Financial Technology yang bergerak di bidang pembiayaan pendidikan. Pembiayaan yang disediakan oleh Danacita ditujukan untuk mahasiswa di Universitas/Perguruan Tinggi/Institut/Sekolah Tinggi, dan pelajar di lembaga pendidikan dan pelatihan non-formal di seluruh Indonesia.

Saat ini Danacita telah bekerjasama dengan beberapa kampus dan tempat kursus, seperti Digital Skola dan Dibimbing untuk mewujudkan mimpi kamu belajar UI/ UX Designer.

Pengajuan untuk bantuan biaya pendidikannya sangat mudah. Beberapa berkas yang kamu butuhkan adalah KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

Informasi selengkapnya cek di sini.

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

Dibimbing ui/ux designer Digital Skola ui/ux research & design ui/ux
Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo