Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Alasan Belajar Bahasa Jerman, Bisa Kerja di Luar Negeri!

2022-10-20

alasan-belajar-bahasa-jerman

Source: pexels

Selama beberapa dekade terakhir, dunia ini menjadi lebih saling bergantung. Terutama ketika teknologi semakin berkembang sehingga memungkinkan kita jadi lebih mudah untuk berinteraksi dengan orang-orang di seluruh dunia. Hal ini membuat kebutuhan akan kemampuan untuk bisa berbahasa asing juga menjadi sangat penting.

Tak heran jika saat ini kurikulum di sekolah sudah menghadirkan beragam bahasa asing untuk dipelajari. Tentu saja ini bertujuan untuk membekali siswa agar dapat menguasai bahasa asing. Selain Bahasa Inggris yang begitu populer, Bahasa Jerman juga menjadi salah satu bahasa asing yang diajarkan di sekolah.

Ini bukan tanpa alasan, sebab Bahasa Jerman memiliki berbagai manfaat. Apa saja itu? Berikut alasan kenapa kamu harus belajar bahasa Jerman:

Kenapa Kamu Harus Belajar Bahasa Jerman?

1. Salah Satu Bahasa yang Banyak Digunakan di Eropa

Inggris, Prancis, dan Jerman adalah tiga bahasa kerja resmi Uni Eropa. Dalam jumlah absolut, bahasa Jerman adalah bahasa kedua yang paling banyak digunakan di benua Eropa. Namun, jika berbicara tentang penutur asli, bahasa Jerman adalah nomor satu. Sekitar 130 juta orang di seluruh dunia berbicara bahasa Jerman sebagai bahasa ibu mereka.

2. Membuka Peluang Melanjutkan Studi di Jerman

Jerman adalah salah satu negara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik di dunia. Salah satu alasannya karena banyak universitas di Jerman yang memiliki reputasi internasional yang baik. Beberapa tahun yang lalu, negara ini bahkan menjadi tujuan paling populer keempat bagi siswa dari luar negeri dengan lebih dari seperempat juta orang asing terdaftar di sekolah-sekolah Jerman.

Selain itu, sistem pendidikan di Jerman menawarkan sejumlah universitas dengan biaya kuliah yang sangat rendah atau tidak ada sama sekali. Sebab pemerintah Jerman menyediakan berbagai beasiswa untuk mahasiswa asing. Jadi tidak heran ya kalau banyak orang yang akhirnya berlomba-lomba untuk melanjutkan studi di Jerman.

Oleh karena itu, menguasai Bahasa Jerman membuka peluang besar untuk kamu melanjutkan studi dengan beasiswa yang bisa kamu dapatkan.

3 Membuka Peluang Bekerja di Jerman

Selain bisa melanjutkan studi, dengan menguasai bahasa Jerman juga membuat kamu berpeluang untuk mendapatkan pekerjaan di sana. Kesempatan ini tidak hanya terbuka untuk kamu yang ingin bekerja langsung di negara Jerman, tetapi juga bisa bekerja di perusahaan Jerman yang ada di Indonesia.

Selain itu, untuk kamu yang senang bekerja dengan sistem remote working juga bisa mendapatkan pekerjaan dari Jerman tetapi tetap bisa bekerja di mana saja.

4. Memudahkan Kamu Ketika Traveling ke Jerman

Jerman adalah negara yang memiliki keberagaman destinasi wisata yang atraktif. Kombinasi pesona dunia lama dan kota-kota urban modern menjadikannya tujuan ideal bagi para pelancong. Dengan beragam pilihan makanan, akomodasi, dan minuman, Jerman secara tradisional lebih murah untuk bepergian daripada negara-negara Eropa lainnya. Jadi tak heran jika Jerman menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi di Eropa.’

Ketika kamu memahami Bahasa Jerman, traveling kamu akan lebih menyenangkan karena bisa berinteraksi langsung dengan warga lokal tanpa bantuan pemandu wisata. Selain itu, Bahasa Jerman tidak hanya digunakan di negara Jerman saja tetapi juga di negara sekitarnya. Seperti Belgia, Swiss dan Austria. Keempat negara di benua Eropa ini sama-sama memiliki bentang alam dan kebudayaan yang indah sehingga cocok untuk dikunjungi saat keliling Eropa.

5. Bahasa yang Sering Digunakan Dalam Sains dan Penelitian

Tahukah kamu kalau Bahasa Jerman merupakan bahasa ilmiah kedua yang paling sering digunakan? Ini artinya, ada banyak bahasa ilmiah yang menggunakan bahasa tersebut. Maka tak heran jika Jerman merupakan negara penyumbang terbesar ketiga di dunia untuk bidang penelitian dan juga pengembangan. Dengan menguasai Bahasa Jerman berarti kamu lebih mudah memahami bahasa-bahasa ilmiah tersebut, sehingga memudahkan kamu untuk mengembangkan ilmu pengetahuan atau ingin melanjutkan studi di Jerman.

Dengan sejumlah alasan kenapa kamu harus belajar bahasa Jerman, kini saatnya kamu belajar dan menguasainya. Caranya dengan ikut kursus di YAIJ.

Saatnya Belajar Bahasa Jerman dengan Kursus di YAIJ

YAIJ (Yayasan Aupair Indonesia Jerman) adalah sebuah Lembaga Kursus Bahasa Jerman yang berdiri sejak 2006 dan telah berkembang pesat menjadi Agen Terpercaya di seluruh Indonesia. YAIJ memiliki 3 Program unggulan yaitu: Program Aupair, Program FSJ dan Program Ausbildung ke Jerman.

1. Program AUPAIR

AUPAIR atau biasa disebut juga sebagai Program Pertukaran Budaya/ Homestay selama 1 tahun di keluarga Jerman. Tujuan utama dari Program Aupair ini adalah untuk Belajar Bahasa, Budaya dan Pengalaman Tinggal di Jerman.

Status Aupair yang tinggal di keluarga tertulis di dalam UU Aupair di Jerman sebagai “Bagian dari Keluarga Dimana seseorang yang memiliki keinginan tinggi untuk merasakan tinggal di Jerman namun kesulitan dengan Biaya hidup, maka Program Aupair ini adalah Peluang yang SANGAT TEPAT.

Dengan program ini kamu memiliki pengalaman yang sangat menarik tinggal pada salah satu keluarga di Jerman. Kamu bisa belajar budaya Jerman langsung dari penutur Asli dan segala rutinitas mereka atau mendapatkan kursus bahasa Jerman untuk memperdalam bahasa Jerman kamu.

2. Program FSJ

Program FSJ (Freiwilliges Soziales Jahr) adalah sebuah Program Kerja Sosial di Jerman yang bergerak diberbagai bidang. Bidang yang paling banyak menerima Auslander (sebutan bagi Orang Asing dari luar Eropa) ini yaitu Panti Jompo, Tempat Anak penyandang Disabilitas, TK & Rumah Sakit. Singkatnya, kamu akan bekerja sebagai Volunteer di suatu tempat sosial yang ada di Jerman

Tujuan dari dibuatnya Program FSJ ini adalah untuk memberikan kesempatan bagi pemuda-pemudi dari dalam/luar Eropa untuk mengenal dunia kerja di Jerman dan meningkatkan rasa sosial yang dimiliki selama 1 tahun, termasuk dari Indonesia. Dapat dikatakan pelamar FSJ akan bekerja sebagai Volunteer di suatu tempat sosial. Meskipun hanya Volunteer tetapi peserta FSJ akan tetap mendapatkan Uang saku per bulannya selama 1 tahun. Menarik bukan?

3. Program Ausbildung Jerman

Ausbildung adalah sebuah Program Magang di salah satu Perusahaan Jerman dengan jam kerja kurang lebih 40 jam / minggu. Program ini belakangan menjadi sangat populer, terutama sejak tahun 2018 sangat banyak pemuda/i di Indonesia yang berminat dengan Program ini. Bidang-bidang yang ditawarkan program ini antara lain perhotelan, rumah sakit, panti jompo, hingga teknik.

Jago Bahasa Jerman Bersama Danacita

Danacita merupakan sebuah perusahaan teknologi finansial yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia lewat solusi pembiayaan untuk pelajar, mahasiswa maupun tenaga profesional.

Saat ini Danacita dan YAIJ telah bekerjasama untuk mewujudkan kamu belajar bahasa Jerman. Kerjasama ini memungkinkan kamu untuk mengikuti program tanpa terkendala biaya. Kamu bisa mengajukan cicilan hingga 18 bulan, dengan proses pengajuannya yang sangat mudah. Selain itu, Danacita juga telah diawasi oleh OJK, sehingga dijamin aman.

Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

bahasa jerman alasan belajar bahasa jerman yaij
Default Avatar

Written By

Esa Tauran