Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Alasan Mengapa Mahasiswa Memutuskan untuk Memilih Cicilan Pendidikan

2022-03-15

Daftar isi

    Melanjutkan pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi memang menjadi mimpi bagi banyak pelajar di Indonesia. Tapi, apakah para pelajar tersebut benar-benar sudah siap untuk berkuliah baik itu secara mental dan materi, ternyata keinginan belum tentu menjamin kesiapan mereka. Untuk kesiapan mental, hal ini kembali ke masing-masing individu, tetapi tentang kesiapan materi, bergantung pada kondisi ekonomi keluarga masing-masing.

    Di Indonesia, dalam hal biaya pendidikan pelajar sebagian besar masih ditanggung para orang tua, dan beberapa dari mereka memutuskan untuk memilih mengajukan cicilan pendidikan agar bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Meskipun begitu, ada juga mahasiswa yang mengajukan cicilan pendidikan karena alasan-alasan tertentu, berikut penjelasannya.

    Tidak Ingin Membebankan Orang Tua

    Bagi sebagian mahasiswa, biaya untuk kuliah yang harus ditanggung orang tua mereka bisa terlalu besar sehingga menjadi beban tersendiri. Di sisi lain, orang tua terkadang memiliki tanggungan lain yang juga harus diurus. Melihat kondisi orang tua, ada beberapa mahasiswa yang ingin membantu meringankan beban orang tua mereka, sehingga mereka memutuskan untuk memilih cicilan pendidikan. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar biaya yang dibayarkan orang tua mereka bisa terasa lebih ringan.

    Bisa dicek: 4 Tips Cerdas Pilih Cicilan Biaya Kuliah Terjangkau Untuk MABA dan Mahasiswa Aktif

    Berlatih Lebih Mandiri

    Saat mengajukan cicilan pendidikan, biaya yang dibayarkan bisa terasa lebih ringan, karena bisa dibayar dengan cara mencicil di setiap bulannya. Karena hal ini, mahasiswa yang memutuskan untuk mengajukan cicilan tersebut bisa membantu orang tua mereka dalam membayar cicilan. Ia bisa menyisihkan uang jajan yang diberikan orang tuanya lalu digabungkan dengan uang dari orang tua yang dikhususkan untuk membayar kuliah.

    Di sisi lain, mahasiswa tersebut bisa kuliah sembari bekerja. Hal ini ternyata memiliki manfaat tersendiri bagi mahasiswa, mereka bisa belajar mengatur keuangan mereka sendiri dengan lebih baik. Selain itu, mereka juga bisa mengurangi beban orang tua dalam hal biaya kuliah serta mahasiswa tersebut juga bisa melatih diri mereka untuk bisa lebih mandiri.

    Membuka Lebih Banyak Kesempatan

    Di beberapa kampus yang ada di Indonesia, biaya kuliah yang harus dibayarkan bervariasi, tergantung pada ketentuan yang ditetapkan kampus dan juga bisa berdasarkan pada jurusan apa yang dipilih oleh mahasiswa. Pada umumnya, calon mahasiswa baru biasanya sudah memiliki keinginan tersendiri untuk masuk ke jurusan atau suatu kampus tertentu yang sudah menjadi target impian mereka, tetapi ternyata biaya yang diperlukan cukup besar.

    Dengan adanya cicilan pendidikan tersebut, mahasiswa kemudian bisa memilih jurusan dan kampus yang diinginkan tanpa terhalang karena biaya pendidikan yang tinggi. Mereka tidak perlu mengganti tujuan dan bisa berkuliah sesuai dengan keinginannya dan dengan biaya yang menjadi lebih ringan. Dengan begitu, mahasiswa tersebut bisa dengan mudah menggapai cita-citanya.

    Baca juga: Alasan Mengapa Memilih Cicilan Kuliah Bisa Menjadi Solusi Bagi Mahasiswa Sekarang

    Bisa Lebih Fokus Pada Hal yang Lebih Penting

    Source: Pexels.com/Charlotte May

    Menjadi seorang mahasiswa, memang memiliki banyak kegiatan atau aktivitas, bahkan tanggungan tersendiri yang harus dipenuhi. Mahasiswa dituntut harus bisa mengatur hal akademik dan non akademik sebaik mungkin agar bisa selalu seimbang. Karena tuntutan ini, biasanya bisa menjadi suatu tantangan tersendiri bagi mereka, karena pada kenyataannya, hal ini bukanlah hal yang mudah. Belum lagi bila ditambah dengan urusan biaya kuliah yang juga bisa menjadi beban pikiran.

    Jika mahasiswa memutuskan untuk mengajukan cicilan pendidikan, maka beban yang mereka tanggung bisa menjadi lebih ringan. Mahasiswa juga bisa lebih fokus pada hal yang lebih penting, seperti fokus pada akademik mereka agar bisa selalu bagus.

    Danacita adalah perusahaan finansial dan teknologi yang didirikan sejak tahun 2018 di Indonesia yang sudah membantu banyak pelajar dalam meringankan biaya pendidikan. Pelayanan yang diberikan oleh Danacita yaitu cicilan kuliah dan sudah berada di lebih dari 100 kampus di seluruh Indonesia dan sudah resmi diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Danacita juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi bersertifikasi ISO 27001. Selain itu, sejak tanggal 2 Agustus 2021, juga sudah diberi surat izin nomor KEP-68/D.05/2021 dalam Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

    Jangka waktu yang ditawarkan Danacita mulai dari 6 sampai 24 bulan dan tanpa adanya uang DP juga uang jaminan. Mahasiswa tidak perlu khawatir tentang masalah bunga, karena Danacita menawarkan bunga yang flat sehingga tidak menjadi beban pikiran. Cara pengajuan cicilannya pun mudah, karena secara virtual, hanya dengan membuat akun di www.danacita.co.id, lalu melengkapi profil dan mengajukan pembiayaan. Selain itu, mahasiswa juga bisa kembali mengajukan cicilan untuk semester selanjutnya meskipun masih ada cicilan yang harus diselesaikan.

    Dalam menggapai cita-citamu meraih pendidikan yang lebih tinggi, kamu tidak perlu pusing lagi karena Danacita siap membantu biaya pendidikan dan sudah menjadi mitra resmi banyak Universitas ternama dan juga lembaga kursus lainnya, jadi sudah pasti aman dan terpercaya.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri