Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Berkarir di Product Management: Pengertian, Tugas dan Gaji 2022

2022-10-13

Daftar isi

    Saat ini, product management adalah sebuah istilah yang tak lagi asing di telinga orang-orang. Sebuah produk tidak akan disukai oleh masyarakat jika tidak dikembangkan dengan baik sejak awal. Dalam mengembangkan produk, terdapat berbagai macam langkah yang harus dilakukan. Hal tersebut bisa terdiri dari menemukan ide-ide, menentukan tujuan bisnis, hingga mengetahui permasalahan user. Product management hadir untuk mengemas semua langkah tersebut agar dapat membuat produk semakin disukai oleh masyarakat.

    Akan tetapi, rupanya masih banyak juga yang belum terlalu paham apa itu product management dan seperti apa proses yang terlibat di dalamnya. Mengingat bahwa product management telah menjadi sebuah peluang karir yang menjanjikan di era digital saat ini, tentunya akan sangat menguntungkan jika kamu punya pemahaman mendasar tentang bidang ini sedini mungkin, kan? Kalau begitu, yuk simak artikel di bawah ini mengenai product management!

    Apa itu Product Management

    Product management merupakan sebuah bidang yang dinamis dan beragam, yang secara signifikan memberikan dampak bagi perusahaan dan para stakeholder-nya, baik itu pemegang saham, direksi dan manajemen, karyawan, hingga pelanggan. Para product manager menggabungkan fokus pengguna, kecakapan bisnis, serta keahliannya dalam teknologi guna menciptakan keluaran produk yang kuat.

    Istilah product management terbilang cukup baru lho, sehingga posisi ini mudah kamu temui pada perusahaan startup atau perusahaan teknologi. Dalam pekerjaannya, product management juga melakukan koordinasi dengan tim teknis seperti, software engineers, data scientists, dan product designers.

    Namun, product management juga memiliki tugas yang berbeda-beda tergantung dengan industri perusahaanya. Misalnya, di bidang jasa keuangan atau perbankan, product management lebih banyak bertugas untuk mengembangkan rencana operasi keuangan untuk memproyeksikan untung dan rugi suatu produk. Sehingga jika kamu ingin melamar pekerjaan sebagai seorang Product Manager, jangan lupa perhatikan persyaratan dan jenis perusahaannya, ya.


    Baca juga: 4 Rekomendasi Bootcamp Product Management 2022


    Karir dan Tugas Product Manager

    Posisi product manager di bidang product management terbagi menjadi tiga level, diantaranya:

    1. Associate product manager

    Posisi awal jika kamu bekerja di bidang product management adalah asisten atau associate product manager. Perusahaan dengan tim besar cenderung akan menggunakan associate product manager yang merupakan fresh graduate. Tentunya, latar belakang pendidikan yang sesuai dengan bidang industri menjadi salah satu bahan pertimbangan perusahaan. Tanggung jawab dari posisi ini antara lain, melakukan riset pasar, membantu manajer produk, dan mengumpulkan persyaratan produk.

    2. Junior product manager

    Pada beberapa perusahaan, posisi junior product manager di bidang product management dapat digantikan dengan associate. Namun, perusahaan yang menggunakan posisi tersebut memberikan peran yang bersifat langsung sebagai anggota tim produk termasuk keterlibatan dalam pembuatan produk. Tanggung jawab dari posisi ini meliputi:

    • Mengumpulkan feedback dari pengguna
    • Bekerja sama dengan pengembang
    • Bekerja dengan tim terkait untuk membangun produk

    3. Product manager

    Salah satu pilihan karier utama dalam product management adalah product manager. Untuk dapat mencapai posisi ini, kamu mungkin memerlukan waktu 1 sampai 3 tahun, tergantung dari kinerja dan kebijakan perusahaan. Beberapa tanggung jawab dari product manager, antara lain:

    • Menentukan kebutuhan konsumen atau pengguna
    • Menetapkan visi dan roadmap produk
    • Bekerja dengan tim produk, juga lintas tim yang berkaitan dengan produk

    4. Senior product manager

    Posisi di product management ini dapat kamu raih, jika sudah memiliki pengalaman 3 sampai 5 tahun sebagai product manager. Pastinya, semakin tinggi posisi, semakin besar pula tanggung jawabnya. Beberapa tanggung jawab senior product manager, yaitu mengelola product manager, memastikan kolaborasi lintas tim berjalan lancar, dan memimpin strategi produk.

    5. Product leader

    Perbedaan utama antara posisi ini dengan senior product manager adalah product leader dalam product management lebih fokus pada produk itu sendiri. Sedangkan senior product manager memiliki tugas yang lebih banyak dalam hal manajemen. Pilihan karier ini memiliki tanggung jawab, sebagai berikut:

    • Mempekerjakan berbagai peran yang berhubungan dengan produk
    • Memiliki visi dan arah produksi
    • Melakukan proses pengembangan produk

    Baca juga: Biaya Kursus Course-Net 2022

    Gaji Product Manager

    Dikutip Indeed, rata-rata base salary atau gaji pokok untuk posisi Product Manager di Indonesia adalah Rp7.535.144 per bulan. Sedangkan jika dilihat berdasarkan kotanya, Indeed melaporkan bahwa gaji untuk posisi Product Manager tertinggi ada di Jakarta, yaitu sebesar Rp 12.743.440 per bulan. Kemudian disusul oleh Tangerang (Rp 5.813.008 per bulan) dan Bandung (Rp 5.182.251 per bulan).

    Kemudian kalau melansir laporan dari laman Glassdoor, rata-rata gaji Product Manager di Indonesia adalah Rp 13.628.228 per tahun, ditambah dengan insentif tambahan sebesar Rp 19.500.000 per tahun. Insentif tersebut bisa berupa bonus, komisi, dan profit sharing. Dengan begitu, Glassdoor mengestimasikan total gaji Product Manager di Indonesia adalah Rp 33.128.228 per tahun.

    Belajar Product Management Bersama Revou

    Ada dua cara yang bisa kamu tempuh untuk menjadi profesional yang bekerja di bidang product management. Pertama, kamu bisa belajar secara otodidak dengan memanfaatkan tutorial online. Dengan cara ini, akan memakan waktu yang lama serta tidak adanya arahan yang sangat jelas.

    Kedua, kamu dapat mengikuti program bootcamp product management, di mana kamu akan langsung belajar bersama dengan seorang pembimbing atau mentor yang sudah memiliki pengalaman dibidangnya, dengan materi yang telah dengan kebutuhan industri, disesuaikan untuk kamu yang bahkan bukan dari lulusan yang mempelajari product management.

    Nah, jika kamu tertarik mengikuti program bootcamp product management, RevoU bisa menjadi pilihan yang tepat. RevoU adalah sebuah lembaga pelatihan daring yang menawarkan berbagai macam kelas bootcamp yang berfokus pada kebutuhan industri teknologi digital, salah satunya product management. Di RevoU kamu akan belajar secara intensif selama 14 minggu dengan berbagai materi dan kegiatan yang akan menambah keterampilan dan kemampuan kamu di bidang teknologi digital.

    Bootcamp product management di RevoU ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki motivasi tinggi untuk memulai dan meningkatkan karir di industri teknologi digital. Hal ini dikarenakan kamu akan belajar langsung dari para expert yang berasal dari latar belakang industri terkait.

    Dengan mengikuti bootcamp product management, kamu akan mampu menjadi seorang product manager yang mampu meningkatkan revenue dan inovasi ke dalam produk sebuah perusahaan. Di program product management ini, pelajar akan mempelajari:

    • Understanding Company & Product Vision
    • Market Research
    • Objective Key Results & Product Metrics
    • Product Research
    • Problem Prioritization Frameworks
    • Putting Together Design Feature
    • Facilitating Design Sprint With Design Teams
    • Conceptualizing Solutions
    • Introduction to Product Wireframing
    • Solution Mapping
    • Communicating with Respective Teams
    • Product Experimentation
    • Product Development
    • Product Launch & Go-To Marketing Strategy

    Baca juga: Saatnya Kamu Jadi Data Analyst Handal Bersama RevoU

    Menjadi Product Manager Handal dengan Danacita

    Itulah penjelasan lengkap mengenai product management, product manager beserta gajinya. Kamu tidak perlu khawatir jika ingin mengikuti program product management di RevoU tetapi terhalang dana. Sebab, Danacita bisa menjadi solusi.

    Danacita adalah perusahaan financial technology, yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia, dengan menyediakan platform pembiayaan untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional yang sudah resmi berizin dan diawasi OJK.

    Danacita dan RevoU telah bekerja sama untuk mempermudah calon pelajar untuk membiayai studi mereka. Kerjasama yang diadakan Danacita dan RevoU menyediakan program cicilan. Berikut adalah program cicilan Danacita yang dapat kamu manfaatkan untuk mengikuti bootcamp di RevoU:

    1. Study Now Pay Later (SNPL)
    2. Program cicilan reguler untuk program 3 bulan dan 6 bulan dengan pilihan program cicilan mulai dari 6 bulan, 12 bulan dan 18 bulan.
    3. Program cicilan 0%
    4. Promo early bird

    Di program Study Now Pay Later (SNPL), calon pelajar akan mendapatkan keringanan cicilan selama periode belajar (6 bulan) dan baru memulai mencicil secara normal setelah periode grace period selesai. Program Study Now Pay Later yang bisa kamu ikuti terdiri dari beberapa pilihan:

    • SNPL 18 = 6 bulan grace period (periode keringanan cicilan atau periode belajar) + 12 bulan pembayaran cicilan normal.
    • SNPL 24 = 6 bulan grace period (periode keringanan cicilan atau periode belajar) + 18 bulan pembayaran cicilan normal.

    Dengan Danacita, mimpimu untuk berkarir di bidang product management menjadi seorang product manager bisa selangkah lebih dekat. Jika kamu tertarik, bisa klik di sini untuk informasi selengkapnya.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    RevoU product manager product management product management revou
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri