Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Berkarir Jadi QA? Ikut Bootcamp Quality Assurance Binar!

2022-10-11

Daftar isi

    Siapa yang masih berpikiran bahwa Quality Assurance sama dengan Quality Control? Eits, meskipun keduanya sama-sama memperhatikan kualitas, ternyata keduanya memiliki sistem kerja yang berbeda. Singkatnya, Quality Assurance (QA) berperan untuk menjamin kualitas, sedangkan Quality Control (QC) berperan sebagai pengendali kualitas.

    Tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang Quality Assurance (QA)? Kira-kira apa saja yang harus dilakukan untuk berkarir di bidang ini? Maka yang harus kamu lakukan adalah dengan membaca artikel ini sampai habis karena akan diberikan rekomendasi tempat untuk memperdalam ilmunya, yaitu di Binar Academy. Simak penjelasan mengenai Bootcamp Quality Assurance Binar berikut.

    Apa itu Quality Assurance

    Sebelum membahas lebih lanjut tentang Bootcamp Quality Assurance Binar, pertama-tama kita harus mengetahui apa itu Quality Assurance. Quality Assurance merupakan salah satu bidang ilmu yang bertanggung jawab untuk memastikan suatu produk yang akan dilepas ke pasaran telah memenuhi semua standar kualitas pada setiap komponennya.

    Biasanya, seorang QA akan melakukan monitoring pada serangkaian uji coba sebagai bentuk penjaminan kualitas kepada para customer. Sekilas antara Quality Assurance (QA) dan Quality Control (QC) memiliki kesamaan. Namun pada faktanya, keduanya memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda.

    Sementara itu, Quality Control (QC) memiliki dan tanggung jawab untuk mengendalikan kualitas suatu produk sesuai dengan standar perusahaan. Standar tersebut mencakup kinerja, kegunaan, dan keandalan produk, serta standar kualitas lainnya yang sudah ditetapkan oleh perusahaan untuk setiap layanan maupun produk.

    Pada intinya, Quality Assurance (QA) menjamin kualitas sebelum produk atau layanan dipasarkan, sedangkan Quality Control (QC) mengendalikan kualitas suatu produk atau layanan baik sebelum, sesaat, juga setelah proses produksi demi standar kualitas yang dibutuhkan.

    Alasan Kenapa Harus Jadi Quality Assurance

    Di bagian ini akan dibahas alasan kenapa harus jadi quality assurance terlebih dahulu, sebelum membahas mengenai Bootcamp Quality Assurance Binar. Ada beberapa alasan mengapa kamu harus menjadi, diantaranya yaitu peran dan tanggung jawab yang sangat penting di setiap perusahaan. Peran dan tanggung jawab diantaranya yaitu:

    • Memonitoring proses pembuatan produk
    • Memastikan barang yang diproduksi memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan oleh perusahaan
    • Melakukan verifikasi kualitas produk
    • Merekomendasikan melakukan pengolahan ulang pada produk dengan kualitas yang rendah
    • Menganalisis atau membuat catatan sejarah dan dokumentasi produk yang dapat digunakan sebagai referensi di masa mendatang
    • Mendokumentasikan inspeksi dan juga tes pada produk perusahaan
    • Menganalisis, memantau, menguji, dan meneliti perkembangan seluruh produk yang diproduksi

    Sejarah Singkat Binar

    Di bagian ini akan dibahas dengan singkat sejarah Binar Academy sebagai lembaga kursus sebelum membahas Bootcamp Quality Assurance Binar. Binar Academy merupakan lembaga pendidikan non-formal yang menyelenggarakan pelatihan atau bootcamp profesi dan bidang ilmu seputar teknologi dan informasi. Binar Academy didirikan oleh praktisi-praktisi expert dan profesional di bidangnya, tepatnya pada tahun 2016. Di antaranya yaitu, Alamanda Shantika, Dita Aisyah, dan Seto Loreno.

    Berdirinya Binar Academy didasari oleh kurangnya talenta-talenta digital yang dimiliki Indonesia sehingga tidak mampu bersaing dengan talenta digital asing. Hal tersebut sangat disayangkan karena pada akhirnya banyak perusahaan Indonesia yang lebih memilih tenaga kerja asing tersebut.

    Hal itulah yang menjadi alasan tiga serangkai ini mendirikan Binar Academy. Bahkan diharapkan talenta-talenta Indonesia juga mampu bersaing di dunia Internasional. Hingga saat ini, Binar Academy telah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Di antaranya yaitu, Jakarta, Batam, Kupang, Ambon, Yogyakarta, dan Tangerang.


    Baca juga: Jadi Product Management? Gabung Dulu Ke Binar Product Management Bootcamp!


    BlogBanner-Binar-PartnerPage.png

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Apa itu Bootcamp Quality Assurance Binar

    Bootcamp Quality Assurance Binar merupakan program kelas kursus dari Binar Academy yang mempelajari bagaimana cara menjadi seseorang yang menjaga kualitas sebuah software menggunakan Katalon Studio, Selenium WebDriver dan Appium.

    Apakah kamu seorang pemula? Tenang saja, Binar Academy akan mengajarimu dari awam sampai paham. Selain itu, dalam program ini, kamu akan mempelajari seputar API Testing, Performance Testing, Gitlab serta masih banyak lainnya.

    Kenapa Kamu Harus Ikut Bootcamp Quality Assurance Binar

    Apa sih alasan yang mengharuskan kita ikut Bootcamp Quality Assurance Binar? Ini dia daftar alasannya.

    Hard skill

    • Memahami Testing cara kerja and percobaan Software Life Cycle
    • Memahami Manual dan metodologi otomasi tes juga prinsipnya
    • Mendesain Skenario test dan pengimplementasian Test, mencari tracking system (bug) menggunakan Testing Tools yang terotomatisasi
    • Membuat flow dan API Testing
    • Menggunakan scrum dalam software testing

    Soft skill

    • Komunikasi
    • Critical Thinking
    • Problem Solving
    • Leadership, Teamwork, and Collaboration
    • Innovation

    Selain dibekali kemampuan untuk menunjang karir, kamu juga akan mendapatkan fasilitas yang ditawarkan. Fasilitas tersebut mencakup, diskusi dengan fasilitator, video, audio/podcast pembelajaran, bahan bacaan materi, kuis, pembelajaran berbasis proyek, studi kasus praktis, dan pembuatan portofolio.

    Materi yang dipelajari di Bootcamp Quality Assurance Binar

    Selama mengikuti Bootcamp Quality Assurance Binar, kamu akan diajari dari dasar sampai bisa diterapkan dalam pekerjaan. Ini dia daftar materinya.

    • Quality Assurance Introduction
    • Testing Management
    • Bug Report
    • Proses Testing
    • API testing berbasis GUI
    • Git flow
    • Katalon Automation Introduction
    • Web Automation Testing menggunakan Katalon Studio
    • Android Automation

    Cicil Biaya Bootcamp Quality Assurance Binar Dengan Danacita

    Sudah paham kan apa itu Quality Assurance dan alasan ikut Bootcamp Quality Assurance Binar? Selanjutnya, bila kamu ingin mengikuti bootcamp ini tapi terkendala akan biaya, tak perlu khawatir karena kamu bisa mendaftar di Binar Academy menggunakan Danacita. Danacita merupakan platform pembayaran yang telah bekerja sama dengan Binar Academy.

    Supaya bisa lebih fokus dalam mengejar karir, jangan sampai kendala biaya menjadi penghambat. Jadi, bagi kamu yang kesulitan karena urusan biaya, bisa menggunakan Danacita sebagai solusinya.

    Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan yang sudah resmi berizin dan diawasi OJK. Jangan sampai kendala biaya menjadi penghambat dalam meraih mimpi dan cita-cita yang kamu miliki.

    Jika kamu tertarik untuk berkarir di bidang Quality Assurance, kamu bisa langsung daftar di Binar Academy karena bayarnya bisa dicicil mulai dari 3 hingga 9 bulan. Dengan begitu, biaya kursusmu di Binar Academy akan jauh lebih ringan! Bila kamu tertarik untuk mengajukan, bisa cek info selengkapnya di sini!

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!