Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Cara Mendapatkan Dana Untuk Pembayaran Biaya Pendidikan yang Mahal

2022-03-09

Daftar isi

    Dalam memenuhi kebutuhan biaya pendidikan, para orang tua harus sudah mempersiapkannya sedini mungkin. Meningkatnya biaya pendidikan yang tidak bisa diprediksi merupakan salah satu alasannya. Dengan mempersiapkan dan membuat rencana keuangan yang baik, maka bisa mewujudkan dalam investasi jangka panjang melalui pendidikan.

    Untuk memenuhi biaya pendidikan, banyak cara yang bisa membantu mendapatkan dana yang bisa dilakukan bagi para orang tua ataupun kamu sebagai pelajar.

    Dana dari Tabungan atau Asuransi

    Bagi para orang tua bisa mulai mengalokasikan pendapatan untuk tabungan biaya pendidikan sedini mungkin. Mengapa? Karena jika baru dimulai dalam 1 sampai 3 tahun sebelumnya, dana yang terkumpul belum tentu bisa mencukupi biaya pendidikan, terutama perguruan tinggi. Salah satu caranya bisa dengan mengumpulkan dana di bank khusus tabungan pendidikan.

    Selain itu, bisa juga dengan memulai asuransi pendidikan yang hampir sama dengan tabungan pendidikan. Untuk asuransi ini nilainya akan bergantung pada pasar saham dengan risiko yang lumayan tinggi tetapi keuntungan yang juga lumayan tinggi.

    Bisa dicek: 4 Tips Cerdas Pilih Cicilan Biaya Kuliah Terjangkau Untuk MABA dan Mahasiswa Aktif

    Mencari Beasiswa

    Source: Freepik/Rawpixel.com

    Kamu sebagai pelajar juga bisa aktif membantu orang tua untuk biaya pendidikan dengan cara mencari beasiswa. Usahakan agar kamu bisa selalu memiliki riwayat akademik yang baik dan selalu aktif mencari informasi-informasi tentang beasiswa. Tidak lupa juga untuk mempersiapkan diri dengan baik untuk persyaratan maupun tes seleksi yang diberikan oleh pemberi beasiswa.

    Jika kamu beruntung dan berhasil mendapatkan beasiswa, dananya bisa membantu kamu dalam membayar biaya bahkan berkemungkinan untuk melanjutkan pendidikan dengan gratis. Dengan begitu, kamu otomatis juga membantu meringankan beban orang tuamu.

    Melakukan Investasi

    Selain menabung, para orang tua juga bisa melakukan investasi untuk memenuhi biaya pendidikan. Investasi ini bisa berupa investasi properti, sampai suatu barang atau aset seperti emas. Dalam melakukan investasi, harus diperhatikan dengan cermat instrumen apa yang akan diinvestasi, yaitu yang harganya selalu naik. Dengan begitu, jika saat dibutuhkan biaya untuk keperluan pendidikan maka bisa dijual dengan harga yang tinggi.

    Memulai Bekerja

    Bagi kamu pelajar juga bisa membantu meringankan biaya pendidikan dengan mencoba untuk mulai bekerja. Sudah banyak sekali berbagai program maupun perusahaan yang memberi kesempatan untuk mahasiswa, mulai dari magang ataupun part time. Selain bisa membantu meringankan biaya pendidikan, tentunya kamu juga akan mendapatkan pengalaman tentang dunia kerja yang bisa menjadi persiapan kamu nanti disaat sudah lulus.

    Baca juga: Danacita Hadirkan Program Kampus Ambassador Untuk Perkuat Literasi Keuangan di Lingkungan Kampus

    Mendaftar Program Cicilan Kuliah

    Cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan dana biaya pendidikan adalah dengan mendaftar program cicilan kuliah. Pada umumnya, dari pihak institusi pendidikan sudah memiliki program sendiri agar para mahasiswanya bisa membayar dengan cara mencicil dalam jangka waktu tertentu, biasanya selama 3 bulan.

    Jika tenggat waktu tersebut dirasa masih terlalu singkat, kamu juga bisa mencari program cicilan kuliah di lembaga pemerintah atau non pemerintah, yang bisa memberikan jangka waktu lebih lama. Dengan mengajukan cicilan kuliah, bisa membantu melunasi biaya pendidikan yang mahal dengan proses yang mudah dan cepat.

    Saat ini sudah banyak platform yang memberikan layanan cicilan untuk pendidikan, mulai dari lembaga pemerintahan seperti bank, sampai lembaga non pemerintah. Salah satu platform cicilan kuliah non pemerintah adalah Danacita.

    Danacita adalah perusahaan finansial dan teknologi yang didirikan sejak tahun 2018 di Indonesia yang sudah membantu banyak pelajar dalam meringankan biaya pendidikan. Pelayanan yang diberikan oleh Danacita yaitu cicilan kuliah dan sudah berada di lebih dari 100 kampus di seluruh Indonesia dan sudah resmi diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Danacita juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi bersertifikasi ISO 27001. Selain itu, sejak tanggal 2 Agustus 2021, juga sudah diberi surat izin nomor KEP-68/D.05/2021 dalam

    Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

    Jangka waktu yang ditawarkan Danacita mulai dari 6 sampai 24 bulan dan tanpa adanya uang DP juga uang jaminan. Mahasiswa tidak perlu khawatir tentang masalah bunga, karena Danacita menawarkan bunga yang flat sehingga tidak menjadi beban pikiran. Cara pengajuan cicilannya pun mudah, karena secara virtual, hanya dengan membuat akun di www.danacita.co.id, lalu melengkapi profil dan mengajukan pembiayaan. Selain itu, mahasiswa juga bisa kembali mengajukan cicilan untuk semester selanjutnya meskipun masih ada cicilan yang harus diselesaikan.

    Dalam menggapai cita-citamu meraih pendidikan yang lebih tinggi, kamu tidak perlu pusing lagi karena Danacita siap membantu biaya pendidikan dan sudah menjadi mitra resmi banyak Universitas ternama dan juga lembaga kursus lainnya, jadi sudah pasti aman dan terpercaya.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri