Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Cara Jitu Meningkatkan Rasa Percaya Diri Untuk Kehidupan Personal dan Profesional

2022-04-05

Daftar isi

    Percaya diri merupakan keadaan di mana kamu yakin akan kemampuan yang kamu miliki. Terdapat banyak manfaat bila kamu memiliki rasa percaya diri, seperti membantumu dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, bisa lebih menghargai diri sendiri, lebih siap dalam menjalani berbagai tantangan dalam kehidupan, sampai membuat dirimu merasa lebih tenang atau damai.

    Untuk bisa memiliki rasa percaya diri, memang membutuhkan proses atau waktu yang tidak sebentar dan berbeda untuk masing-masing individu. Semua ini tergantung pada bagaimana orang itu sendiri dan bagaimana pengaruh lingkungan sekitarnya. Sayangnya, masih banyak orang yang masih kurang percaya diri atau merasa minder saat berkumpul dalam kehidupan sehari-hari maupun secara profesional. Bila kamu salah satunya, berikut ini cara tepat untuk bisa meningkatkan rasa percaya dirimu.

    Pahami Kekurangan dan Kelebihan dalam Diri

    Pada dasarnya, tiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing dan manusia tidak ada yang sempurna. Mulailah mencoba menerima kekurangan yang ada dalam diri, dengan begitu kamu akan bisa lebih mudah untuk berdamai dengan dirimu sendiri. Lebih baik kamu fokus untuk menonjolkan kelebihan yang dimiliki. Saat kamu merasa telah membuat kesalahan, selalu ingat bahwa itu adalah bagian dari kekurangan diri yang dapat menjadi pelajaran, sehingga untuk ke depannya bisa kamu ubah menjadi kelebihan yang kamu punya.

    Bisa baca: 5 Perilaku Toxic dalam Dirimu yang Tidak Disadari dan Berdampak Negatif

    Membiasakan Positive Thinking

    Untuk bisa meningkatkan rasa percaya diri, salah satu cara yang paling berpengaruh adalah dengan membiasakan diri untuk positive thinking. Memang pada kenyataannya, hal ini bisa sulit dilakukan, tapi kamu bisa mencobanya secara perlahan. Setelah itu, kamu bisa mulai mengucapkan kalimat positif dan ulangi sampai kamu merasa lebih baik.

    Hindari Membandingkan Dirimu dengan Orang Lain

    Setiap manusia terkadang memiliki kecenderungan untuk membandingkan dirinya dengan orang lain, mulai dari penampilan fisik, sampai pencapaian yang berhasil diraih. Hal ini bisa menjadi kebiasaan buruk yang kemudian berdampak pada menurunnya rasa percaya diri. Selalu ingatkan diri sendiri bahwa setiap orang memiliki jalan hidup juga prosesnya masing-masing dan hidup sebenarnya bukanlah sebuah kompetisi.

    Belajar Untuk Menerima Berbagai Kritik

    Dalam kehidupan, kamu akan menerima berbagai macam kritik, baik itu dari diri sendiri atau orang lain. Dari kritik-kritik tersebut, cobalah untuk menyaring kritik mana yang bersifat membangun dan mana yang hanya merugikan diri sendiri. Kritik yang konstruktif ini kemudian bisa kamu jadikan sebagai sumber pelajaran untuk mengoreksi dan membangun diri supaya menjadi lebih baik lagi. Anggap saja bahwa kritik konstruktif ini menjadi salah satu strategimu untuk bisa meng-upgrade diri sehingga rasa percaya dirimu bisa meningkat.

    Memberi Afirmasi Untuk Diri Sendiri

    Satu hal yang perlu diingat adalah satu-satunya orang yang bisa menjadi penyemangatmu adalah dirimu sendiri, bukan orang lain. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan supaya dirimu jadi lebih semangat adalah dengan membiasakan diri untuk memberi afirmasi untuk diri sendiri. Bila kebiasaan baik ini bisa kamu terapkan, maka kamu bisa mengubah pikiran negatif atas dirimu dan menggantinya dengan pemikiran yang positif.

    Cek juga artikel ini: Cara Mengatasi Kecenderungan Overthinking Untuk Mahasiswa

    Berusaha Menambah Wawasan

    Source: Unsplash.com/ Eliott Reyna

    Salah satu hal yang menjadi kunci agar rasa percaya dirimu bisa meningkat adalah dengan terus menambah wawasan. Bukan hanya bisa meningkatkan rasa percaya diri, tapi dengan memiliki banyak wawasan akan membuat orang lain merubah cara pandang mereka atas dirimu. Kamu bisa mencoba berbagai macam hal, mulai dari membaca banyak buku pengetahuan, menonton tontonan yang bersifat edukatif, sampai sering berdiskusi dengan teman-temanmu.

    Bergaul dengan Orang-orang di Lingkungan yang Positif

    Terdapat anggapan bahwa untuk bisa menjadi orang baik maka kamu harus bergaul dengan orang-orang di lingkungan yang positif. Dari lingkungan yang positif ini akan membantumu untuk membentuk karakter diri dan mendapat motivasi untuk selalu menjadi lebih baik lagi. Dengan begitu, maka akan mempermudah kamu untuk bisa meningkatkan rasa percaya diri.

    Itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam kehidupan sehari-hari maupun profesional. Harus diingat bahwa untuk bisa memiliki rasa percaya diri membutuhkan proses. Namun, kamu juga tidak boleh sampai memiliki rasa percaya diri yang terlalu berlebihan, ya!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri