Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Content Marketing: Pengertian, Manfaat Hingga Prospek kerjanya

2022-10-24

Daftar isi

    content-marketing

    Perkembangan teknologi saat ini mengubah banyak hal. Termasuk perilaku masyarakat dalam berbelanja, hal itu pun membuat para pebisnis mulai mengubah cara dalam memasarkan produknya. Dulu, model pemasaran yang kita kenal dalam pemasaran secara tradisional dengan melalui brosur, iklan tv, radio serta koran dan lainnya. Namun hal itu sudah tidak efektif dan banyak perusahaan mulai menjalankan promosi kreatif melalui konten digital. Baik itu konten yang bersifat ringan dan menghibur, maupun yang edukatif dan bermanfaat. Maka inilah yang disebut Content Marketing.

    Penasaran apa itu Content Marketing, kenapa profesi tersebut sedang dicari di perusahaan besar hingga rekomendasi bootcamp content marketing? Nah, di artikel ini, kamu akan mempelajari apa itu Content Marketing, manfaatnya terhadap bisnis, contoh penerapannya, hingga bagaimana prospek kerjanya seorang Content Marketing. Mari kita simak artikel berikut hingga tuntas, ya.

    Pengertian Content Marketing

    Sebelum terjun membahas rekomendasi bootcamp content marketing, ada baiknya untuk memahami apa itu content marketing terlebih dahulu. Persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat, dan kita dalam menjalankan usaha tentunya harus bisa memanfaatkan berbagai macam strategi dengan sebaik mungkin dan juga segera beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi dalam dunia bisnis. Salah satu strategi pemasaran yang digunakan untuk menarik, melibatkan, dan mempertahankan audiens dengan membuat dan membagikan konten yang berharga dan relevan disebut sebagai Content Marketing.

    Content Marketing membuat dan membagikan konten yang bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dan membuat brand tetap teringat oleh audiens secara relevan dan konsistens.

    Menjadi Content Marketing tidak hanya menawarkan atau berjualan saja tetapi juga memberikan konten yang bermanfaat bagi audiens untuk membantu mereka memecahkan masalah. Hal tersebut dapat membangun dan menjaga hubungan antara brand dengan calon konsumen, konsumen baru dan juga konsumen yang sudah lama. Dengan melakukan hal itu audiens akan menganggap perusahaan atau brand­-mu adalah mitra yang peduli dengan mereka dan juga mendukung kesuksesan serta menjawab kekhawatiran mereka.

    Baca juga: Content Marketing vs Content Strategy: Apa Bedanya?

    Manfaat Content Marketing terhadap bisnis perusahaan

    Setelah kamu mengetahui apa itu Content Marketing, kamu juga perlu mengetahui manfaat dari Content Marketing itu sendiri diantaranya, yaitu:

    1. Baik Untuk Jangka Panjang

    Menggunakan strategi Content Marketing dalam bisnis anda merupakan strategi jangka panjang, manfaat dari Content Marketing akan anda rasakan jangka panjang. Content Marketing mungkin tidak langsung bekerja tapi dengan penerapan dan strategi yang tepat serta konsisten maka manfaat Content Marketing akan anda rasakan dalam jangka panjang.

    2. Meningkatkan Brand Awareness (Kesadaran Merek)

    Dengan membuat Content Marketing yang menarik dapat meningkatkan brand awareness kepada audiens. Brand Awareness itu sendiri adalah kemampuan audiens untuk langsung mengenali suatu brand walau hanya melihat sesuatu seperti warna, logo, gambar, dan sebagainnya. Para audiens akan memiliki pemahaman dan pengenalan terhadap brand­­­-mu dengan cara membuat konten promosi yang menarik dan tersebar dimana-mana.

    3. Meningkatkan Kepercayaan Audiens

    Mendapatkan kepercayaan bukanlah hal yang mudah termasuk mendapat kepercayaan terhadap audiens. Ketika kamu membuat konten yang relevan serta bermanfaat kepada audiens maka audiens kamu sudah paham dalam bidang tersebut. Dengan begitu, mereka tak akan ragu untuk membeli produk yang ditawarkan.

    4. Meningkatkan Traffic serta Penjualan

    Tujuan utama dalam pemasaran pastinya adalah meningkatkan traffic penjualan, jika traffic penjualan meningkat maka keuntungan juga akan lebih besar. Dengan membuat konten-konten yang menarik serta dibutuhkan akan membuat para audiens dengan senang hati mengunjungi konten anda yang pada akhirnya, dengan begitu peluang bisnis akan jauh lebih besar, untuk mendapatkan konsumen yang tertarik dengan produk.

    Contoh Penerapan Content Marketing

    Contoh untuk dapat merasakan manfaat konten marketing adalah dengan membuat konten yang relevan serta bermanfaat. Dengan begitu kamu akan membangun kepercayaan dan juga menarik pengguna media sosial hanya melalui konten tersebut.

    Berikut ini adalah beberapa contoh Content Marketing yang banyak digunakan, yaitu:

    1. Halaman Website

    Membuat Content Marketing dalam halaman website merupakan hal yang sering dilakukan kebanyakan pengguna dalam menyampaikan dan memperkenalkan brand mereka dalam layanan website.

    2. Sosial Media

    Media sosial saat ini banyak sekali digunakan pelanggan di berbagai usia yang berpotensi sangat tinggi untuk membuat produk anda dikenal banyak orang. Dengan banyaknya platform media sosial seperti Whatsapp, Instagram, Twitter, Facebook, dan bahkan Tik Tok dapat digunakan sebagai sarana Branding produk atau memperkenalkan layanan dan bisnis perusahaan.

    3. Email Newsletter

    Kamu pasti pernah mendapatkan notifikasi dari akun email kamu tentang penawaran bisnis produk atau pelayanan jasa. Notifikasi tersebut merupakan contoh dalam content marketing yang diterapkan melalui email newsletter. Strategi ini sangat populer di kalangan bisnis, tetapi efektivitasnya terbilang cukup rendah karena audiens dapat terganggu dengan email ini dan hanya memasukannya dalam kotak spam.

    4. Infografis

    Infografis terbilang efektif dan strategi ini banyak digunakan oleh perusahaan dalam memaksimalkan promosi melalui Content Marketing. Infografis biasanya diisi dengan berbagai informasi dalam bentuk data statistik, grafik, diagram dan informasi lainnya yang bertujuan untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan jelas.

    Baca juga: Mau Konten Viral? Cek Cara Membuat Konten Viral Ini!

    Gaji Seorang Content Marketing Specialist

    Pada dasarnya, gaji seorang Content Marketing tergantung di mana tempatmu bekerja. Saat ini, rata-rata gaji content marketing di Indonesia adalah UMR, sekitar 4-6 juta rupiah. Akan tetapi, semakin besar tempatmu bekerja, jumlah gaji yang akan kamu dapat juga akan semakin tinggi.

    Lain halnya jika kamu menjadi content marketing pribadi, misalnya dengan menjadi Youtuber atau blogger yang mengaktifkan Adsense. Di awal, kamu mungkin tidak akan mendapat bayaran. Akan tetapi, setelah termonetisasi, kamu bisa mendapat puluhan hingga ratusan juta rupiah per bulan.

    Cara Menjadi Seorang Content Marketing Specialist

    Nah, bagi kamu yang sekarang benar-benar ingin tahu cara menjadi seorang data analyst yang handal, berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu ikuti:

    • Mulai bangun keterampilan menulis
    • Tingkatkan kemampuan riset
    • Perbanyak ilmu dari para ahlinya
    • Selalu update dengan perkembangan teknologi

    Rekomendasi Bootcamp Content Marketing Specialist

    Belajar menjadi Content Marketing Specialist bisa dilakukan 2 cara, yaitu belajar otodidak di mana kamu belajar sendiri tanpa bimbingan langsung dari seorang guru. Sedangkan cara kedua adalah mengikuti bootcamp. Jika kamu tertarik mengikuti kelas kursus, berikut rekomendasi bootcamp Content Marketing Specialist yang bisa dipilih:

    1. RevoU

    RevoU merupakan salah satu sekolah online (EdTech) di Indonesia yang membekali murid dengan kompetensi teknologi digital yang sangat dibutuhkan di zaman seperti sekarang ini. RevoU berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang bertalenta serta kompeten di bidangnya masing-masing

    Rekomendasi bootcamp Content Marketing Specialist ini akan membantu kamu untuk mengembangkan soft skill, profil yang profesional, dan memastikan kamu agar bisa dilirik oleh banyak perusahaan.

    Informasi selengkapnya di sini.

    2. Binar Academy

    Rekomendasi bootcamp Content Marketing Specialist selanjutnya adalah Binar Academy. Bootcamp Content Marketing Specialist Binar menyediakan metode yang tepat dan efektif serta mentor-mentor yang kompeten dan ahli dalam Digital Marketing, sehingga kamu tidak perlu ragu untuk mengikuti bootcamp Binar Academy.

    Informasi selengkapnya di sini

    3. Rakamin

    Rekomendasi bootcamp Content Marketing Specialist selanjutnya adalah Rakamin dengan 62 sesi belajar selama 4 bulan. Tersedia juga tambahan program Job Guarantee selama tiga bulan dengan 25 sesi yang terdiri dari program membangun CV dan portofolio, latihan interview serta bimbingan karier sampai mendapatkan pekerjaan. Kamu akan mendapatkan 49 sesi belajar dan 14 sesi mentoring selama empat bulan bersama tutor expert dari perusahaan top-tech seperti Gojek, Tokopedia, Traveloka, hingga Shopee.

    Metode belajar di Rakamin berupa live session dan self learning dengan akses ke lebih dari 40 sesi video learning dan bahan bacaan yang bisa kamu akses selamanya, tugas, ujian, mini project dan VIX (Virtual Internship Experience) di perusahaan top-tech.

    Informasi selengkapnya di sini.

    Menjadi Content Marketing Specialist Bersama Danacita

    Itulah informasi lengkap seputar content marketing mulai dari penjelasan hingga rekomendasi bootcamp content marketing. Jika kamu tertarik untuk kursus di salah satu rekomendasi bootcamp content marketing yang sudah dipaparkan sebelumnya tapi terkendala akan masalah biaya, tak perlu khawatir karena Danacita sudah bekerjasama dengan ketiga lembaga kursus tersebut dalam memberikan pembiayaan pendidikan.

    Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan terjangkau yang memiliki misi untuk membuka akses pendidikan kepada para pelajar di seluruh Indonesia yang sudah resmi berizin dan diawasi OJK. Proses pengajuannya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja dan kamu tidak perlu membayar DP, uang jaminan maupun biaya lainnya. Selain dengan ketiga lembaga di atas, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 130 lembaga pendidikan di seluruh Indonesia, baik itu formal maupun non formal sehingga sudah pasti aman dan terpercaya.

    Dengan mengajukan pembiayaan pendidikan di Danacita, biaya pendidikanmu akan jauh lebih terjangkau karena bisa dibayar bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan. Jika kamu tertarik untuk mengajukan, bisa langsung klik di sini.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!