Default Avatar

Written By

Rudi Patria

Danacita: Solusi Cerdas Pembiayaan Kuliah dan Pelatihan di Indonesia

2021-09-29

Pendidikan menjadi salah satu investasi jangka panjang terbaik untuk menunjang karir impianmu di masa depan untuk mempersiapkan diri menghadapi bonus demografi yang prediksi akan dialami oleh Indonesia pada tahun 2030-2040 (read Bappenas).

Dilansir dari siaran pers Bappenas, bonus demografi adalah perbandingan jumlah penduduk usia produktif (berusia 15 - 64 tahun) yang lebih besar dibandingkan penduduk dengan usia tidak produktif (berusia dibawah 15 tahun dan diatas 64 tahun).

Pendidikan formal maupun non-formal menjadi sangat penting untuk dapat meningkatkan kualitas diri dalam menghadapi tantangan masa depan. Namun biaya menjadi salah satu faktor penghambat untuk menempuh pendidikan formal maupun non-formal yang berkualitas.

Sekarang Sahabat Danacita gak perlu khawatir lagi karena Danacita hadir untuk memberikan solusi pembiayaan pendidikan dan pelatihan secara bertahap yang terjangkau agar semua generasi muda di Indonesia dapat mengakses pendidikan ataupun program keterampilan yang berkualitas pilihan kamu.

Apa itu Danacita

Danacita adalah perusahaan teknologi dengan misi untuk membangun masa depan generasi muda di Indonesia dengan menghadirkan pembiayaan pendidikan yang terjangkau bagi para pelajar dan tenaga profesional.

Untuk mewujudkan misi tersebut, Danacita dibantu oleh para advisor hebat dan berpengalaman di dunia pendidikan, salah satunya adalah Gita Wirjawan.


Baca juga: Danacita Angkat Gita Wirjawan Jadi Advisor


Saat ini Danacita telah bekerjasama dengan lebih dari 50 lembaga pendidikan dan pelatihan di Indonesia.

Kini semua generasi muda di Indonesia dapat menempuh pendidikan dan pelatihan berkualitas bersama Danacita.

Mengapa Harus Danacita

Danacita sangat mengerti akan pentingnya keamanan data dan informasi diri pengguna di Danacita dan selalu berkomitmen untuk memberikan kenyamanan dan rasa aman tersebut.

Sahabat Danacita gak perlu ragu karena Danacita sangat mematuhi hukum yang berlaku di Indonesia.

Ini dibuktikan dengan Danacita telah memiliki izin oleh OJK, bergabung bersama dengan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), serta memiliki sertifikat ISO 27001 sebagai pertanda pelaksanaan praktek keamanan informasi.

Danacita juga telah bekerja sama dengan PrivyID sebagai perusahaan penyelenggara Tanda Tangan Digital (Digital Signature) dan Elektronik yang sah dan mengikat secara hukum.


Baca juga: Danacita Kini Resmi Berizin dan Diawasi OJK


Gak hanya itu, Danacita mengerti dengan Sahabat Danacita yang membutuhkan sebuah platform pembiayaan yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

Nah, Danacita memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan institusi lembaga keuangan lainnya, beberapa diantaranya sebagai berikut:

  • Proses Pengajuan 100% online, cepat dan mudah
    Pengajuan kamu di Danacita akan diproses dalam waktu 2x24 jam pada hari kerja setelah semua dokumen persyaratan kamu lengkapi. Dan pastikan nomor handphone kamu dan wali yang sudah didaftarkan sebelumnya dapat dihubungi agar tim Danacita dapat segera menghubungi kamu dan wali untuk segera memproses pengajuan pembiayaan kamu.
  • Pencairan dana pengajuan kamu langsung ditransferkan ke rekening lembaga pendidikan tujuan kamu lho. Jadi gak perlu takut telat bayar biaya kuliah atau telat ikut kelas di lembaga pelatihan pilihan kamu.
  • Biaya cicilan bulanan tetap sesuai dengan seluruh rincian biaya
    Tenang saja! Semua biaya di Danacita sepenuhnya sudah dirinci dan berjumlah tetap setiap bulannya. Gak perlu khawatir lagi deh dengan dengan biaya-biaya gak terduga atau ‘rahasia’ di Danacita
  • Bebas melakukan pelunasan lebih awal
    Tentu saja kamu bisa melunaskan lebih awal. Eitss, kamu juga gak akan dikenakan biaya penalti/administrasi karena Danacita sangat mengerti kamu.
  • Tanpa DP, angunan atau jaminan dalam bentuk apapun.
    Udah gak jaman mau mengajukan biaya pendidikan ataupun pelatihan harus memberikan dp atau jaminan lainnya. Dengan Danacita, kamu bisa bebas dengan itu semua
  • Pengajuan bisa dilakukan sampai dengan lulus kuliah
    Kamu dapat melakukan pengajuan di Danacita sampai dengan lulus kuliah. Caranya dengan melakukan pengajuan di setiap semesternya, lalu tim Danacita akan memproses pengajuan kamu per deadline pembayaran.

Ajukan dan Raih Cita-Citamu Bersama Danacita

Melalui kerjasama resmi dengan lebih dari 50 lembaga pendidikan dan pelatihan di Indonesia.

Untuk melakukan pengajuan pembiayaan pendidikan ataupun pelatihan, kamu harus memenuhi beberapa syarat umum berikut:

  • Merupakan Warga Negara Indonesia.
  • Memiliki e-KTP dan NIK yang terdaftar di Dukcapil.
  • Sudah terdaftar atau diterima di salah satu kampus atau lembaga pendidikan mitra Danacita. Cari tau disini untuk melihat daftar mitra kami.

Nah, berikut beberapa dokumen penting yang bisa kamu siapkan sebelum melakukan pengajuan di Danacita

  • E-KTP pelajar dan wali*
  • Selfie pelajar dan wali* (memegang e-KTP)
  • Bukti tagihan resmi dari kampus atau lembaga pendidikan (tertera jelas nominal tagihan serta keterangannya)
  • Bukti penghasilan kamu atau wali* (bisa berupa slip gaji/buku tabungan/rekening koran 1 bulan terakhir)

*Wali dibutuhkan jika pelajar belum berusia 21 tahun dan belum memiliki penghasilan.

Sudah siap meraih cita-citamu bersama Danacita?

Ikuti beberapa langkah berikut untuk melakukan pengajuan di Danacita:

  1. Daftarkan diri kamu melalui website Danacita

Setelah kamu mengunjungi website Danacita, silahkan klik Daftar di homepage Danacita jika kamu belum pernah mengajukan pembiayaan di Danacita.

Jika kamu sudah pernah melakukan pendaftaran di Danacita sebelumnya, kamu bisa klik Masuk untuk kembali masuk ke akun kamu sebelumnya.

Proses pendaftaran akun di Danacita akan membutuhkan nomor handphone kamu yang masih aktif karena nantinya kamu akan dikirimkan kode OTP 6 digit melalui SMS ke nomor yang telah kamu daftarkan untuk memverifikasi nomor ponsel kamu lalu klik “Verify nomor ponsel kamu”.

Setelah nomor ponsel kamu terverifikasi, kamu dapat mengisi informasi dan data diri dengan mengikuti instruksi di website Danacita.

Pastikan data diri yang kamu masukan sudah benar sesuai dengan informasi dan data diri kamu agar tim Danacita dapat segera mereview pengajuan kamu.

2. Pengajuan Pembiayaan Pendidikan atau Pelatihan

Selamat, kamu selangkah lebih dekat untuk meraih cita-citamu bersama Danacita!

angkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah meng-upload dokumen-dokumen persyaratan dan mengisi nominal sesuai dengan dengan invoice atau tagihan dari kampus atau lembaga pelatihan serta memilih jangka waktu pembiayaan kamu di Danacita.

Untuk jangka waktu pembiayaan di Danacita, kamu bisa memilih mulai dari 6 bulan, 12 bulan hingga 24 bulan (khusus mahasiswa baru).

Perlu diketahui, Danacita menerima pengajuan untuk semua biaya akademis yang resmi ditagihkan dari kampus maupun lembaga pendidikan yang dapat dibuktikan melalui invoice atau tagihan dari lembaga pendidikan pilihan kamu.

3. Lama Proses Pengajuan di Danacita

Setelah kamu melengkapi dokumen yang dibutuhkan, hal berikutnya yang harus kamu lakukan adalah memastikan nomor telepon yang didaftarkan aktif dan dapat dihubungi oleh tim Danacita agar proses verifikasi pengajuan kamu dapat segera dilakukan dan disetujui.

Proses pengajuan kamu dan verifikasi oleh tim Danacita akan diproses dalam waktu 2x24 jam di jam kerja (Senin - Jumat, jam 09.00 - 18.00 WIB) setelah semua informasi dan data diri serta semua dokumen persyaratan kamu lengkapi.

Semakin cepat tim Danacita bisa menghubungi kamu dan wali, maka semakin cepat pula tim Danacita dapat memproses pengajuan kamu.

Jika nantinya ada informasi atau data diri maupun dokumen persyaratan yang harus diperbaharui, kamu akan mendapatkan pemberitahuan melalui SMS ke nomor yang telah didaftarkan dan kamu bisa mengetahui lebih lanjut untuk informasi maupun dokumen yang perlu diperbaharui dan memperbaharuinya melalui dashboard Danacita kamu.

Untuk mengakses dashboard Danacita kamu, silahkan untuk kembali Masuk.

4. Final Decision untuk Pengajuan Kamu di Danacita

Setelah tim Danacita memverifikasi semua data diri serta kelengkapan dokumen kamu, yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah duduk santai karena akan segera diinformasikan melalui SMS ataupun email pelajar dan wali yang telah didaftarkan sebelumnya.

Bagaimana jika pengajuan kamu belum dapat disetujui oleh tim Danacita? Silahkan cari tahu disini untuk mempelajari apa yang bisa kamu lakukan.

5. Penandatangan Dokumen Perjanjian Melalui PrivyID

Jika pengajuan kamu disetujui, kamu akan mendapatkan pemberitahuan melalui SMS atau email melalui nomor handphone yang telah didaftarkan.

Selanjutnya, silahkan untuk login kembali ke akun Danacita kamu untuk dapat mereview terlebih dahulu dokumen perjanjiannya melalui dashboard Danacita dengan mengklik “Tandatangani perjanjian” dan kamu akan langsung diarahkan ke website PrivyID.

Untuk login ke akun PrivyID, kamu bisa menggunakan akun PrivyID dan password yang dikirimkan melalui email terdaftar di Danacita.

Jika kamu melakukan pengajuan bersama wali, maka kamu dan wali harus melakukan penandatangan dokumen perjanjian tersebut dengan menggunakan akun PrivyID masing-masing.

6. Pencairan Dana Pengajuan Kamu di Danacita

SELAMAT! Kamu bisa dengan tenang meraih cita-cita karena Danacita akan langsung mencairkan dana pengajuan kamu ke lembaga pendidikan atau pelatihan pilihanmu sesuai dengan nominal persetujuan dari Danacita.

Setelah tim Danacita melakukan pencairan dana pengajuan kamu, nantinya kamu akan mendapatkan pemberitahuan melalui email.

7. Jadwal Pembayaran Cicilan ke Danacita

Pembayaran pertama akan dilakukan maksimal satu bulan setelah pengajuan kamu disetujui oleh Danacita.

Kamu dapat mengecek jadwal pembayaran bulanan kamu melalui dokumen perjanjian yang sudah ditandatangani sebelumnya atau dengan mengakses dashboard Danacita.

Pembayaran bulanan di Danacita dapat kamu lakukan dengan beberapa pilihan, seperti melalui Virtual Account Danacita, melalui E-Wallet atau pembayaran langsung melalui Alfamart. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik disini.

Nah, jangan biarkan biaya menjadi kendala untuk meraih cita-cita masa depanmu karena sudah ada Danacita yang siap membantu pembiayaan biaya kuliah dan pelatihan kamu!

Untuk mulai merasakan manfaat Danacita, kamu bisa langsung mendaftar Daftar bagi kamu yang belum pernah mendaftar di Danacita atau masuk kembali login bagi kamu yang sudah pernah mendaftar di Danacita sebelumnya untuk melanjutkan pembiayaan pendidikan kamu di Danacita.

Gak hanya itu, kamu juga bisa jadwalkan sesi ngobrol santai dengan tim Danacita melalui danacita.co.id/s/pengajuan-sesi lho.

Also tagged with

cicilan biaya kuliah Danacita Cara pengajuan Danacita
Default Avatar

Written By

Rudi Patria