Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jadi Pengusaha Bersama One Year Program Umar Usman Business School

2023-02-21

Daftar isi

    Pengusaha merupakan salah satu profesi yang telah ada sejak dulu. Hingga kini banyak orang yang masih berlomba-lomba untuk menjadi penguasa dan membangun bisnisnya sendiri. Bahkan baru-baru ini, ada sebuah survey yang dilakukan oleh Kolaborasi yang mengatakan jika profesi pengusaha menjadi profesi teratas yang jadi pilihan para anak muda saat ini. Sebanyak 58,3% responden memilih menjadi pengusaha atau pebisnis sebagai profesi untuk memperoleh penghasilan dan penghidupan.

    Untuk kamu yang bercita-cita menjadi seorang pengusaha, jika memang ingin menekuninya salah satu yang bisa dilakukan yaitu dengan mengikuti One Year Program Umar Usman Business School.

    Tertarik untuk mengikuti program ini? Berikut ini penjelasan lengkapnya seputar dunia bisnis serta One Year Program Umar Usman Business School.

    Apa itu Pengusaha?

    Sebelum membahas apa itu One Year Program Umar Usman Business School, tentu kamu harus paham dulu tentang pengusaha. Pengusaha adalah individu, sekelompok orang ataupun lembaga yang menghasilkan usaha baru dari berbagai peluang yang ada.

    Kegiatan utama seorang pengusaha adalah melakukan kegiatan jual, beli, atau sewa sesuatu. Selain itu, pengusaha juga akan mengembangkan, mengatur, dan menjalankan bisnis baru untuk menghasilkan keuntungan sambil mengambil risiko finansial.

    Dalam menjalankan pekerjaan sebagai pengusaha, tidak lepas dari yang namanya marketing bisnis. Marketing bisnis ini merupakan serangkaian aktivitas yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen dalam dunia usaha. Seperti memproduksi barang, memberikan harga, hingga mempromosikannya. Marketing bisnis ini erat kaitannya dengan memberikan kepuasan kepada pelanggan agar mendapatkan keuntungan dari jual beli tersebut.

    Kenapa Kamu Harus Menjadi Pengusaha?

    Ada banyak alasan untuk mempertimbangkan kenapa kamu haru menjadi seorang pengusaha, mulai dari kebebasan dan fleksibilitasnya hingga kepuasan kerja yang dapat ditawarkannya.

    1. Menjadi Bos atau Leader

    Jika kamu seseorang yang suka memegang kendali, maka menjadi pengusaha adalah pilihan yang tepat. Menjadi pengusaha dan memiliki bisnis sendiri akan membuat kamu memegang kendali sepenuhnya.

    Kamu akan membuat semua keputusan penting sendiri dalam menjalankan bisnis. Meski begitu, kamu akan tetap memiliki pilihan untuk memilih kolega dan penasihat sendiri.

    2. Keinginan untuk Selalu Tumbuh dan Berkembang

    Menjadi bos bagi diri sendiri bukanlah hal yang mudah, begitu pula saat menjalankan bisnis. kamu harus berani mengambil risiko, dan percaya pada diri sendiri. Kamu juga harus bisa memecahkan masalah dan mengakui jika ada yang tidak beres.

    Secara tidak langsung ini membuat kamu untuk selalu tumbuh dan berkembang. Sebab tetap positif, berpikir kreatif selalu ingin belajar adalah keterampilan berharga yang akan membantu kamu dengan baik dalam hidup, serta bisnis.

    3. Fleksibilitas Kerja

    Menjadi pengusaha adalah salah satu pekerjaan paling fleksibel. Kamu dapat mengatur jadwal kamu sendiri, menilai kapan harus bekerja keras dan mengetahui kapan harus istirahat. Ini merupakan hal yang baik untuk dapat menyesuaikan pekerjaan dengan gaya hidup kamu, dan bukan sebaliknya.

    4. Mendapatkan Penghasilan yang Tak Terbatas

    Tidak seperti bekerja di perusahaan di mana gaji kamu ditentukan oleh orang lain, saat kamu menjalankan bisnis sendiri, penghasilan kamu akan ditentukan oleh kamu sendiri. Jika kamu bekerja keras dan bisnisnya sukses, kamu tentu akan mendapatkan penghasilan yang tinggi.

    Skill yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Pengusaha

    Tidak peduli apakah kamu mengelola bisnis keluarga, memulai perusahaan sendiri, atau mengoperasikan banyak organisasi, kamu akan selalu membutuhkan skill dasar berikut untuk sukses:

    1. Komunikasi

    Memiliki kemampuan komunikasi yang baik merupakan salah satu bekal utama untuk menjadi pengusaha sukses. Kamu akan banyak bertemu dengan kolega atau partner untuk mengembangkan bisnis kamu. Kemampuan komunikasi ini termasuk bagaimana kamu bernegosiasi dan mempresentasikan bisnis kamu.

    2. Kepemimpinan

    Karena kamu adalah bos untuk bisnismu sendiri, maka memiliki kemampuan kepemimpinan yang kuat sangat penting untuk menjalankan bisnis. Karyawan dan rekan kerja kamu akan lebih banyak meminta bimbingan dari kamu. Memimpin tim dengan memberi contoh, mengatasi tantangan sulit sambil tetap tenang dan kolektif memanglah bukanlah tugas yang mudah. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengembangkan gaya kepemimpinan yang sesuai dengan bisnis kamu.

    3. Manajemen Waktu

    Baik kamu menjadi karyawan di kantor maupun menjadi bos di bisnis sendiri, kamu akan tetap hanya memiliki 24 jam sehari untuk menjalankan aktivitas. Saat menjalankan bisnis, kamu perlu memprioritaskan hari kerja untuk memaksimalkan efisiensi kerja kamu. Ini bisa dilakukan dengan tetap teratur dengan kalender, serta membuat daftar tugas harian untuk kamu dan tim.

    4. Berpikir Strategis

    Sebagai pemimpin dalam sebuah bisnis, kamu akan dituntut untuk bisa mengatur strategi dalam setiap proses bisnisnya. Kamu harus bisa membuat perencanaan bisnis dalam jangka waktu yang pendek maupun jangka waktu yang panjang. Selain itu kamu juga harus bisa melihat peluang untuk bisa mengembangkan bisnis kamu.

    5. Membangun Relasi

    Tanpa adanya relasi yang luas, kamu akan kesulitan untuk mengembangkan bisnismu dengan cepat. Untuk itu kamu harus memiliki kemampuan membangun relasi yang bagus dalam mencari partnership, kolaborasi, bahkan ketika nanti mencari calon karyawan.

    Bukan tidak mungkin, jika bisnismu sudah besar nanti, kamu akan melebarkan sayap dan membuka cabang di berbagai daerah. Di sinilah kemampuan membangunrelasi sangat penting.

    Baca juga: Informasi Biaya One Year Program Umar Usman Business School

    Menjadi Pengusaha dengan Bergabung Di One Year Program Umar Usman Business School

    Umar Usman Business School adalah sebuah kampus yang berfokus pada pengembangan kemampuan bisnis dan melahirkan para pengusaha terbaik. Kampus ini lahir dari seorang pakar Otak Kanan dan penulis buku mega best seller, Ippho 'Right' Santosa bersama dengan Dompet Dhuafa pada tahun 2011.

    Sebagai kampus yang berorientasi pada bisnis, Umar Usman Business School menawarkan program intensif bernama One Year Program. Program ini merupakan sebuah program 1 tahun dengan kurikulum terbaik dan aplikatif untuk membentuk kamu menjadi pengusaha muslim terbaik.

    Program pembelajaran Umar Usman Business School disusun secara aplikatif dan membantu kamu untuk dapat merencanakan hingga menjalankan bisnismu. Di program ini, kamu akan melewati setidaknya 3 tahapan, yaitu tahap pembentukan mindset dan dasar-dasar perencanaan bisnis,tahap marketing, dan tahap manajerial bisnis.

    Berikut rincian kurikulumnya:

    • September-Oktober: Fundamental bisnis
    • November-Januari: Branding, Sales & Marketing Strategy
    • Februari: Business Mentorship & Business Performance
    • Maret-Agustus: Manajerial Bisnis

    Selain kurikulum yang sangat aplikatif, di sini kamu juga akan dibimbing langsung dan bertemu oleh para mentor yang berasal praktisi bisnis berpengalaman.Seperti Rully Bhaskara, Co-Founder Nahla Coaching Firm; Wusda Hetsa Ribawa, Co- Founder & VP SBM Author “Aplikasi Pencari Rezeki”; Reni K Ashuri, Founder Nahla Coaching Firm; Afiat Rasyida Rustamadji, founder Gue Girang; Arif Abdullah Batubara Owner Seafood Bang Haji Abdul; dan Andrian Firnanda, Founder Alastar.co.id.

    Informasi lengkap seputar program ini, silahkan klik di sini.

    Belajar Menjadi Pengusaha Di Umar Usman Business School Bersama Danacita

    Itulah penjelasan lengkap seputar pengusaha serta One Year Program Umar Usman Business School. Kini, saatnya mewujudkan mimpi kamu menjadi seorang pengusaha terbaik dengan ikut One Year Program dari Umar Usman Business School bersama Danacita. Danacita adalah sebuah platform Fintech pembiayaan pendidikan yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia.

    Danacita memberikan solusi pembayaran kuliah secara cicilan bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di Umar Usman Business School dengan alternatif pembayaran bertahap mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan.

    Adapun persyaratan untuk mengajukan cicilan yaitu dengan melengkapi beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap.

    Kabar baik lainya, Danacita juga dijamin akan karena telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta tersertifikasi ISO 27001.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!