Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Bisnis Digital: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-21

jurusan-bisnis-digital

Daftar isi

    Sadar atau tidak, perkembangan teknologi beberapa tahun belakangan melahirkan banyak peluang bagi para pebisnis. Banyak perusahaan yang akhirnya berlomba-lomba untuk terjun ke dunia digital, dengan membuka ecommerce. Hal ini membuat permintaan untuk lulusan bisnis digital semakin meningkat.

    Untuk kamu yang ingin menjadi incaran para perusahaan setelah lulus nanti, jurusan bisnis digital bisa menjadi pilihan yang tepat. Seperti apa jurusan bisnis digital itu? Apa saja yang dipelajari, dan bagaimana prospek kerjanya? Temukan jawabannya di artikel berikut!

    Apa itu Jurusan Bisnis Digital?

    Jurusan Bisnis Digital adalah bidang studi yang mempelajari segala hal tentang bagaimana cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Jurusan ini merupakan perpaduan dari ilmu bisnis, manajemen, sistem informasi, hingga teknik informatika.

    Hadirnya jurusan bisnis digital sejalan dengan tantangan bisnis masa depan yang akan didominasi oleh sistem digital. Dengan kata lain jurusan ini dikembangkan untuk mempersiapkan sumber daya manusia di bidang penguasaan startup digital, market place, big data, hingga artificial intelligence sehingga memerlukan kajian terstruktur, mendalam, dan berkelanjutan untuk merumuskan strategi bisnis yang tepat.

    Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Bisnis Digital?

    Jurusan Bisnis Digital mencakup banyak bidang, sehingga mata kuliah yang dipelajari di sini pun sangat beragam. Di jurusan ini kamu akan berjumpa dengan teori dasar terkait bisnis secara umum. Misalnya pengantar bisnis, manajemen, perilaku konsumen, dan yang lainnya.

    Tak hanya itu, di jurusan bisnis digital kamu akan mendapatkan ilmu menarik yang berkaitan dengan startup digital, big data, hingga artificial intelligence (AI). Selama masa perkuliahan, tentunya kamu akan banyak mempelajari tentang ilmu tentang e-commerce, user experience, social media management, hingga programming.

    Beberapa mata kuliah yang akan kamu jumpai di jurusan bisnis digital antara lain:

    • Pengantar bisnis
    • Pemasaran internet
    • Akuntansi manajemen
    • E-marketing & E-crm
    • Computer web development
    • Sistem informasi akuntansi
    • Analisis perilaku konsumen
    • Manajemen strategi
    • Product development
    • Fintech industry
    • dan yang lainnya

    Kenapa Kamu Harus Memilih Jurusan Bisnis Digital?

    1. Belajar Ilmu "Zaman Now"

    Beberapa tahun belakangan hingga beberapa tahun kedepan, perkembangan bisnis digital, seperti e-commerce sangat pesat. Berbagai jenis bisnis yang berpotensial akan turut merambah dunia digital.

    Di jurusan bisnis digital, kamu akan mempelajari berbagai ilmu bisnis terkini, seperti e-commerce business, analisa bisnis digital, ekonomi digital baru, dan banyak lainnya.

    2. Sebagai Bekal Menghadapi Revolusi 4.0

    Tahu tidak, Indonesia ternyata menempati posisi 5 sebagai negara dengan startup terbanyak, yaitu sekitar 2044 start up. Indonesia berada di bawah Amerika, India, Inggris, dam Kanada.

    Dengan masuk di jurusan bisnis digital, secara tidak langsung kamu membekali dirimu dengan ilmu bisnis digital. Sehingga kamu bakal lebih siap untuk ikut ambil bagian di tren revolusi industri 4.0.

    3. Bekal untuk Merintis Bisnis Sendiri

    Jika kamu memiliki jiwa pebisnis, maka jurusan bisnis digital sangat cocok karena ilmu yang didapatkan bisa dijadikan bekal merintis bisnis sendiri. Pendidikan yang dilakukan dengan dasar digital ini dapat digunakan untuk belajar memasarkan sebuah produk secara tepat.

    Tentunya dengan memanfaatkan internet yang saat ini tidak dapat dipungkiri lagi manfaatnya. Dengan pemahaman bisnis digital, dunia usaha yang akan kamu jalankan mampu mencapai taraf internasional.

    4. Lulusannya Banyak Dicari Perusahaan

    Dengan perkembangan dunia digital yang begitu pesat, dan banyak perusahaan yang berlomba-lomba beralih ke digital, maka tak heran jika lulusan bisnis digital banyak dicari oleh perusahaan. Ilmu yang kamu peroleh di jurusan bisnis digital akan sangat berguna bagi perkembangan perusahaan. Setelah lulus kamu bisa memilih ingin membuka usaha sendiri, atau bekerja di perusahaan besar.

    Prospek Kerja Jurusan Bisnis Digital

    1. Digital Marketer

    Prospek kerja pertama untuk lulusan jurusan bisnis digital adalah menjadi seorang digital marketer atau pemasar digital. Profesi satu ini merupakan salah satu profesi yang banyak dicari saat ini.

    Sebagai seorang digital marketer, kamu akan bertugas untuk menjalankan strategi marketing di berbagai channel digital perusahaan. Seperti website, ecommerce, social media, dan yang lainnya.

    2. Business Development

    Menjadi lulusan jurusan bisnis digital juga bisa menjadi seorang business development loh. Business development merupakan profesi yang bertugas melakukan pengembangan pasar dan relasi bisnis.

    Untuk bisa menjadi seorang business development, kamu harus bisa menciptakan dan menemukan kesempatan baru untuk mengembangkan bisnis. Oleh karena itu, seorang business development, perlu memahami seluk-beluk marketing, negosiasi, analisis, hingga financial management.

    3. Konsultan Bisnis

    Seorang konsultan bisnis bertugas untuk memberikan saran kepada pelaku usaha terkait kegiatan bisnis yang tengah dijalankan, khususnya pada bisnis digital. Selain itu, profesi ini juga turut membantu klien dalam mengidentifikasi masalah-masalah yang sedang dihadapi sekaligus merumuskan solusi serta mendampingi klien membuat perencanaan bisnis. Nah, kalo yang satu ini cocok untuk kamu lulusan jurusan bisnis digital yang ingin turut andil dalam perkembangan suatu perusahaan.

    4. Product Manager

    Product manager merupakan seseorang yang bertanggung jawab penuh atas sebuah produk, mulai dari proses planning, development, hingga maintenance. Selain itu, kamu juga akan bertugas untuk mengidentifikasi produk potensial melakukan riset pasar, menentukan spesifikasi, menentukan jadwal produksi, perumusan harga produk, juga terlibat dalam mengembangkan strategi marketing.

    5. Pebisnis online

    Kamu punya passion dalam membangun bisnis dan usaha? Profesi satu ini sangat cocok untuk kamu. Dengan bekal pengetahuan bisnis digital yang kamu dapat selama kuliah, kamu akan lebih mudah membangun bisnis, khususnya bisnis online Teknologi internet membuat pebisnis lebih mudah mengekspansi usahanya. Sebab, bisnis mode online mampu menjangkau pasar yang lebih luas, fleksibel, dan lebih hemat biaya.

    Rekomendasi Kampus dengan Jurusan Bisnis Digital Terbaik

    1. Universitas Pelita Bangsa

    Jurusan Bisnis Digital Universitas Pelita Bangsa merupakan jurusan yang akan mengembangkan karakter entrepreneur dengan memanfaatkan berbagai media digital, sehingga kamu siap menjadi seorang teknopreneur yang handal.

    Di jurusan bisnis digital kamu akan dituntut untuk bisa menjadi lulusan sarjana yang profesional dan mampu bersaing di era industri 4.0 dengan menguasai bidang: penguasaan startup digital, teknologi informasi, manajemen bisnis, marketplace, big data dan artificial intelligence.

    Selain itu kamu juga akan dibekali karakteristik yang teliti, kritis, detail, tekun, rasional, observan, independen, senang berhitung, senang menganalisis, keterampilan komunikasi dan senang memecahkan masalah.

    Informasi selengkapnya, klik di sini.

    Baca juga: Informasi PMB Universitas Pelita Bangsa

    2. Universitas Ngudi Waluyo

    Jurusan Bisnis Digital Universitas Ngudi Waluyo merupakan jurusan yang memiliki visi Menjadi program studi yang memiliki keunggulan dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu bisnis digital dan teknologi informasi.

    Jurusan bisnis digital bertujuan untuk menciptakan sumber daya insani maupun young entrepreneur dengan hard skill dan soft skill yang memadai dan berkualitas.

    Informasi selengkapnya, klik di sini.

    Baca juga: Keunggulan dan Alasan Kuliah di Universitas Ngudi Waluyo

    3. Universitas Binawan

    Jurusan Bisnis Digital Universitas Binawan dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha yang telah beradaptasi oleh kemajuan teknologi. Di sini kamu akan diajarkan untuk menjadi sumber daya manusia dengan keterampilan yang mumpuni dalam manajemen bisnis dan penguasaan teknologi informasi digital, termasuk keterampilan analisis digital, pemasaran digital, model bisnis dan teknik informatika.

    Jurusan bisnis digital ini berfokus untuk menghasilkan lulusan yang mampu berinovasi dalam penciptaan lapangan kerja dan menjawab permasalahan masyarakat.

    Informasi selengkapnya, klik di sini.

    Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Universitas Binawan

    Saatnya Berkuliah di Jurusan Bisnis Digital dengan Danacita

    Setelah mengetahui apa itu jurusan bisnis digital, apa saja yang dipelajari, dan bagaimana prospek kerjanya, apakah kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah di jurusan ini? Jika iya, sekarang waktu yang tepat untuk mewujudkan mimpi kamu bersama Danacita.

    Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan terjangkau yang memiliki misi untuk memberikan akses kepada para pelajar di seluruh Indonesia. Saat ini, Danacita telah bekerjasama dengan ratusan kampus, dalam hal pembayaran biaya kuliah yang terjangkau, termasuk dengan Universitas Pelita Bangsa, Universitas Ngudi Waluyo, dan Universitas Binawan.

    Selain dengan UPB, UNW dan Universitas Binawan, Danacita juga sudah bekerjasama resmi dengan lebih dari 130 institusi pendidikan di seluruh Indonesia. Prosesnya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja tanpa dibebankan DP, uang jaminan atau biaya lainnya.

    Dengan mengajukan pembiayaan pendidikan ke Danacita, biaya kuliahmu akan terasa lebih ringan karena bisa dibayar mulai dari 6 hingga 12 bulan. Selain itu, kamu tidak perlu khawatir karena Danacita sudah memiliki izin dan diawasi oleh OJK jadi sudah pasti aman dan terpercaya.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!