Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Kesehatan Masyarakat: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-01

jurusan-kesehatan-masyarakat

Daftar isi

    Jurusan kuliah menarik di bidang kesehatan tak hanya Kedokteran dan Keperawatan saja, lho. Ada jurusan kesehatan masyarakat yang fokus pada analisa dan kajian terkait kondisi kesehatan masyarakat secara luas. Prodi ini masuk dalam ranah saintek, namun tak terlalu banyak bersinggungan dengan bidang ilmu sains yang banyak ditakuti seperti kimia dan fisika.

    Di jurusan kesehatan masyarakat kamu akan mempelajari cara meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di suatu wilayah. Mulai dari mempelajari hubungan antara manusia dan lingkungan sekitarnya, mempromosikan pentingnya kesehatan sosial, hingga melakukan pencegahan dan pengobatan dari suatu penyakit.

    Gimana, tertarik melanjutkan studi di jurusan ini? Agar semakin yakin, simak penjelasan lengkap tentang jurusan kesehatan masyarakat.

    Apa Itu Jurusan Kesehatan Masyarakat

    Berbeda dengan ilmu kedokteran dan keperawatan yang akan berkomunikasi langsung dengan pasien, ilmu kesehatan masyarakat akan mencakup target masyarakat secara luas. Jurusan Kesehatan Masyarakat adalah jurusan yang mempelajari cara mengedukasi, mengenalkan, mempromosikan serta mencegah penyakit hingga cara mengobatinya kepada masyarakat.

    Dari definisi tersebut, tentu kamu sudah dapat memahami bahwa perbedaan yang paling terlihat dari ilmu kedokteran, keperawatan, dan kesehatan masyarakat adalah pada bidang yang dipelajari serta target yang dituju. Namun, mempelajari ilmu kesehatan masyarakat tidak menutup kemungkinan kamu tetap bisa bekerja di rumah sakit, klinik, atau puskesmas. Ilmu ini cukup penting di bidang kesehatan sebuah negara karena semakin banyak masyarakat yang memahami dan teredukasi akan suatu penyakit, maka akan membawa dampak yang baik bagi ekosistem masyarakat di wilayah tersebut.

    Salah satu hal yang menarik dari jurusan kesehatan masyarakat adalah tidak hanya mempelajari ilmu kesehatan. Namun, juga ilmu sosial karena nantinya kamu akan berhadapan langsung dengan masyarakat. Jadi, jika kamu memang memiliki kepedulian yang besar dengan isu kesehatan dan suka memberikan edukasi kepada masyarakat, maka jurusan yang satu ini akan cocok untukmu.

    Matkul dan Perkuliahan Jurusan Kesehatan Masyarakat

    Saat nanti kamu memutuskan untuk mengambil jurusan kesehatan masyarakat, maka ada sederet mata kuliah yang akan kamu pelajari. Namun kamu akan mendapatkan ilmu yang mendasar terlebih dahulu. Di bawah ini Danacita sudah tuliskan beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan kesehatan masyarakat. Diantaranya adalah:

    • Sejarah dan Pendekatan Kesehatan Masyarakat
    • Etika dan Kode Etik Kesehatan
    • Olahraga
    • Hukum Kesehatan dan UU
    • PKIP Dasar
    • Pengantar Ilmu Kependudukan
    • Mikrobiologi
    • Biokimia
    • Dasar-dasar Biostatistik
    • Prinsip-prinsip Epidemiologi
    • Dasar-dasar Kesehatan Lingkungan
    • Surveilans Kesehatan Masyarakat
    • Analisis Kualitas Lingkungan
    • Perencanaan dan Evaluasi Promosi Kesehatan
    • Dasar-dasar Biostatistik Inferensial
    • Manajemen Penyehatan Makanan dan Minuman
    • Penyediaan Air Bersih
    • Farmakologi
    • Pengalaman Belajar Lapangan II
    • Organisasi dan Manajemen Kesehatan
    • Epidemiologi Penyakit Tak Menular
    • Pengelolaan Limbah Padat
    • Pengelolaan Limbah Cair Domestik dan Industri

    Alasan Memilih Jurusan Kesehatan Masyarakat

    Nah, agar dapat lebih meyakinkanmu lagi, berikut beberapa alasan kenapa kamu harus kuliah di jurusan kesehatan masyarakat.

    1. Prospek Kerja yang Menjanjikan

    Alasan memilih jurusan kesehatan masyarakat yang pertama yaitu prospek kerja yang menjanjikan. Mengetahui seperti apa prospek kerja mahasiswa setelah lulus kuliah memang hal yang sangat penting. Tapi tidak usah khawatir, bagi lulusan jurusan kesehatan masyarakat memiliki prospek kerja yang sangat luas. Kamu dapat berkarir di bidang kesehatan, pendidikan, lembaga hingga institusi pemerintah loh! Karena dunia kerja banyak mencari lulusan kesmas.

    2. Dibutuhkan oleh Negara

    Lulusan jurusan kesehatan masyarakat sangat dibutuhkan oleh pemerintah untuk meningkatkan taraf kualitas kesehatan masyarakatnya. Selain itu, lulusan kesmas juga akan menjadi panutan dalam menangani berbagai permasalahan kesehatan di Indonesia. Hal ini karena dengan meningkatnya kualitas kesehatan masyarakat, hal ini dapat menjadi bukti jika negaranya juga dalam kondisi sejahtera.

    3. Memiliki Jaringan Sosial yang Luas

    Tahukah kamu jika mahasiswa memiliki organisasi yang disebut Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia, atau yang disingkat ISMKMI. Organisasi ini berisi mahasiswa kesmas dari berbagai universitas, yang memiliki tujuan untuk meningkatkan derajat Kesehatan Masyarakat. Bukan cuma itu saja, ahli kesmas juga memiliki organisasi independen yang bernama Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia, yang disingkat IAKMI. IAKMI sendiri sudah diakui dan disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM. Kerennya, IAKMI juga memiliki kontribusi di dunia internasional loh, dengan menjadi anggota World Federation of Public Health Associations (WFPHA).

    Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

    Setelah menempuh kuliah jurusan kesehatan masyarakat, kamu akan mendapatkan gelar S. KM atau Sarjana Kesehatan Masyarakat. Kemudian, kamu bisa memilih beberapa prospek kerja pada profesi berikut ini.

    1. Ahli K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja)

    Salah satu mata kuliah atau materi yang dipelajari dalam ilmu kesehatan masyarakat adalah tentang kesehatan dan keselamatan kerja atau biasa disebut dengan K3 dalam industri. Umumnya, kamu akan mempelajari serta menetapkan ketentuan yang mementingkan poin-poin K3 dalam proyek atau perusahaan.

    2. Penyuluh Kesehatan di Lingkungan Masyarakat

    Sejalan dengan tujuan utama adanya jurusan satu ini, kamu bisa menjadi pemateri atau penyuluh terkait kesehatan di lingkungan masyarakat umum. Kebanyakan profesi ini juga tersedia di bawah naungan rumah sakit, klinik, atau puskesmas terdekat.

    3. Analis Gizi

    Profesi nutritionist atau analis gizi adalah pekerjaan yang menganalisis kandungan gizi pada makanan, minuman, atau hal terkait. Selain itu, kamu juga akan bertugas untuk menyarankan pola makan yang baik dan sesuai bagi anak-anak, remaja, hingga dewasa.

    4. Ahli Diet

    Selain menjadi analis gizi, kamu juga bisa menjadi ahli diet yang membantu mengedukasi mereka yang ingin melakukan program diet. Tidak jarang, seorang ahli diet juga akan berkolaborasi dengan dokter.

    Selain kelima profesi tersebut, kamu juga bisa memilih pekerjaan lain. Diantaranya:

    • Dosen
    • Administrasi rumah sakit
    • Arsiparis
    • R&D dalam bidang kesehatan
    • Staf bagian informasi rekam medis
    • Peneliti
    • Surveilans kesehatan
    • Biostatistician
    • Epidemiolog (harus menempuh S2)

    Kampus dengan Jurusan Kesehatan Masyarakat

    Bagi kamu yang ingin kuliah di jurusan Kesehatan Masyarakat, Danacita punya rekomendasi kampus terbaik dengan jurusan Kesehatan Masyarakat, yaitu:

    1. Universitas Ngudi Waluyo

    Universitas Ngudi Waluyo atau UNW, adalah kampus swasta dengan lokasi di kaki Gunung Ungaran. Lembaga perguruan tinggi ini berada di bawah naungan Yayasan Ngudi Waluyo Ungaran. Kamu bisa menemukan kampus ini jika menuju ke Kecamatan Ungaran Barat.

    Universitas Ngudi Waluyo menyediakan beberapa pilihan fakultas, salah satunya jurusan kesehatan masyarakat. Universitas ini bertekad melahirkan lulusan jurusan kesehatan masyarakat yang unggul dalam rangka menghasilkan tenaga kesehatan masyarakat yang berbudaya sehat dan bereputasi internasional.

    Informasi selengkapnyadi sini.

    Baca juga: Terbaru! PMB Universitas Ngudi Waluyo 2022/2023

    2. Universitas MH Thamrin

    Universitas Husni Thamrin Jakarta Timur merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Jakarta Timur. Salah satu jurusan yang unggul dalam kuliah ini adalah Kesehatan Masyarakat. Di jurusan ini, nantinya mahasiswa akan belajar mengenai ilmu dan seni memelihara, melindungi dan meningkatkan kesehatan masyarakat melalui usaha-usaha pengorganisasian medis dan perawatan masyarakat.

    Informasi selengkapnyadi sini.

    Baca juga: Alasan Terbaru Kenapa Harus Kuliah di Universitas MH Thamrin 2022

    Berkuliah di Jurusan Kesehatan Masyarakat dengan Danacita

    Sekarang kamu bisa mengambil jurusan kesehatan masyarakat dengan mudah di Universitas Ngudi Waluyo atau Universitas MH Thamrin bersama Danacita.

    Danacita adalah sebuah platform Fintech pembiayaan pendidikan yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia. Termasuk pendidikan di

    Universitas Ngudi Waluyo atau Universitas MH Thamrin.

    Danacita memberikan solusi pembayaran bootcamp secara cicilan bagi kamu dengan alternatif pembayaran bertahap mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan.

    Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!