Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Pendidikan Bahasa Arab: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-21

jurusan-pendidikan-bahasa-arab

Daftar isi

    Apakah kamu senang belajar Bahasa Arab dan bercita-cita menjadi guru Bahasa Arab? Kamu bisa mewujudkan mimpi kamu dengan masuk ke jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Di jurusan ini kamu tidak hanya sekadar belajar Bahasa Arab saja. Namun, kamu juga akan diberikan materi tentang pendidikan dan bagaimana menjadi guru.

    Yuk simak penjelasan lengkap mengenai jurusan pendidikan bahasa arab mulai dari pengertian hingga rekomendasi kampusnya di artikel berikut.

    Apa itu Jurusan Pendidikan Bahasa Arab?

    Sesuai namanya, jurusan Pendidikan Bahasa Arab merupakan disiplin ilmu yang sangat erat dengan pelajaran bahasa Arab. mulai dari linguistik, kesusasteraan Arab, bahkan tentang Al Qur’an dan hadist. Karena berbasis ilmu pendidikan, maka kamu juga akan mempelajari segala aspek tentang pendidikan di dalamnya.

    Apa saja yang Dipelajari di jurusan Pendidikan Bahasa Arab?

    Bahasa Arab memang identik dan dikaitkan dengan agama Islam, sebab bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan dalam Al Qur’an dan hadist. Namun cakupan bahasa Arab ternyata lebih luas.

    Di jurusan pendidikan bahasa arab kamu akan mempelajari mulai dari ilmu kebahasaan Arab, serta ilmu kewirausahaan di bidang bahasa Arab. Kamu juga tak hanya dapat menerjemahkan bahasa Arab, tapi juga membuat kaligrafi bahasa Arab.

    Beberapa materi dan mata kuliah yang akan kamu temui di jurusan pendidikan bahasa arab antara lain Tauhid, Akhlak Tasawuf, Psikolinguistik, Filsafat Pendidikan Islam, Psikologi Pendidikan, Manajemen Pendidikan, dan masih banyak lagi.

    Kenapa Kamu Harus Memilih Jurusan Pendidikan Bahasa Arab?

    1. Mendalami Kajian Keislaman

    Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika bahasa Arab sangat identik dengan agama Islam. Sebab sejarah Arab tidak dapat dipisahkan dengan sejarah Islam. Jadi kalau kamu masuk jurusan Pendidikan Bahasa Arab, maka secara tidak langsung kamu juga akan belajar mengenai kajian keislaman.

    2. Termasuk Jurusan yang Santai

    Jurusan Pendidikan Bahasa Arab bisa dibilang merupakan salah satu jurusan pendidikan dengan perkuliahan yang santai sebagaimana karakter jurusan di bawah fakultas Ilmu Sosial dan Budaya lainnya. Jadi kamu tidak perlu khawatir untuk berkuliah di jurusan ini.

    3. Persaingan yang Masih Minim

    Selain santai, persaingan di jurusan pendidikan bahasa arab juga masih terbilang minim. Masih belum banyak orang yang belum melirik jurusan ini untuk melanjutkan perkuliahan. Jadi jika kamu ingin masuk Perguruan Tinggi tanpa banyak saingan, kamu bisa memilih jurusan ini.

    4. Berkesempatan untuk Mendapatkan Beasiswa Arab

    Indonesia memiliki hubungan yang baik dengan bangsa-bangsa Arab. Hubungan baik ini akan memberikanmu kesempatan yang mudah untuk berkarir atau melanjutkan studi di negara Timur Tengah. Ini juga bisa menjadi pertimbanganmu untuk memilih jurusan pendidikan bahasa arab.

    5. Prospek Karir yang Menarik

    Menjadi lulusan jurusan Pendidikan Bahasa Arab akan memberikan kamu prospek karir yang beragam dan menarik. Mulai dari menjadi penerjemah karangan bahasa Arab, penulis bahasa Arab, tour guide, guru bahasa Arab, hingga menjadi diplomat.

    Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

    1. Guru Bahasa Arab

    Guru Bahasa Arab merupakan salah satu profesi yang paling menarik untuk lulusan jurusan pendidikan bahasa arab. Dengan pengetahuan Bahasa Arab dan Ilmu Pendidikan yang kamu terima di jurusan ini, akan membuat kamu menjadi Guru Bahasa Arab yang kompeten.

    2. Penerjemah

    Arab termasuk dalam 20 bahasa yang paling banyak digunakan di dunia dengan penuturnya berjumlah 274 juta orang. Tak heran jika ada banyak karya sastra berbahasa Arab. Sebagai penerjemah, kamu akan bertugas untuk menerjemahkan karya itu ke bahasa lain, termasuk bahasa Indonesia dan Inggris. Tujuannya agar karya tersebut bisa dinikmati oleh orang-orang di seluruh dunia.

    3. Jurnalis

    Pekerjaan jurnalis memang terbuka untuk semua jurusan. Namun, lulusan jurusan pendidikan bahasa arab punya kelebihan tersendiri ketika bekerja sebagai jurnalis. Ketika kuliah, kamu belajar cara menyajikan kata-kata agar bisa tersampaikan dengan baik ke orang lain. Itulah yang membuat lulusan jurusan pendidikan bahasa arab punya peluang besar untuk menjadi seorang jurnalis andal.

    4. Diplomat

    Ketika kuliah, kamu banyak belajar tentang Arab, mulai dari bahasa, sejarah, bahkan hingga politiknya. Hal ini membuat kamu sedikit banyak mengetahui seluk beluk negara Arab. berbekal pengetahuan yang kamu dapat waktu kuliah, dan kemampuan diplomasi, kamu bisa bekerja menjadi seorang diplomat.

    5. Wirausaha

    Lulusan jurusan Pendidikan Bahasa Arab juga memiliki peluang untuk membuka usaha. Misalnya dengan membuka sendiri lembaga kursus bahasa Arab, mendirikan kampung bahasa, atau membuka kursus bahasa Arab online. Dengan mendirikan lembaga kursus ini, kamu juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain.

    Rekomendasi Kampus Dengan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Terbaik

    1. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

    Jurusan Pendidikan Bahasa Arab adalah salah satu program studi yang ada di Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang, dan telah terakreditasi A.

    Prodi ini mulai melaksanakan perkuliahan sejak tahun 2006 melalui SK Dirjen Dikti No. 1084/D2.2/2006, tanggal 14-6-2006. Sejalan dengan visi dan misi nya, Prodi Pendidikan Bahasa Arab kemudian dikembangkan untuk menghasilkan lulusan sarjana di bidang pendidikan dan bahasa Arab (S.Pd.) dengan kompetensi pendukung praktisi di bidang penerjemahan, pariwisata, dan administrasi.

    Di jurusan pendidikan bahasa arab kamu akan menempuh pendidikan selama 8 semester dengan sejumlah mata kuliah wajib dan pilihan sebanyak 144 SKS.

    Informasi selengkapnya, klik di sini.

    Baca juga: Alternatif Bayar Biaya Kuliah Bulanan di UNNES Melalui Danacita

    2. Universitas Islam Nusantara (UNINUS)

    Jurusan Pendidikan Bahasa Arab adalah salah satu prodi yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Uninus yang memiliki visi menghasilkan pendidik profesional, islami, mandiri dan unggul dalam keterampilan berbahasa Arab serta dapat memahami sumber ajaran Islam yang berhaluan Ahlus Sunnah Wal Jamaah An-Nahdliyyah tahun 2030.

    Jurusan pendidikan bahasa arab menyelenggarakan pendidikan bahasa Arab dengan mempelajari konsep-konsep kepribadian dan akhlaq mulya, belajar tentang kemahiran berbahasa Arab secara lisan dan tulisan, kaidah-kaidah bahasa Arab.

    Informasi selengkapnya, klik di sini.

    Baca jaga: Siap Jadi Mahasiswa UNINUS? Yuk Kenal Lebih Dalam!

    Saatnya Berkuliah di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab dengan Danacita

    Itulah pembahasan lengkap mengenai jurusan pendidikan bahasa arab mulai dari pengertian hingga rekomendasi kampus terbaik yang bisa dijadikan pilihan. Jika kamu ingin berkuliah di jurusan pendidikan bahasa arab di salah satu kampus yang sudah disebutkan di atas tapi kamu memiliki kesulitan akan biaya, kamu tidak perlu khawatir karena Danacita telah bekerjasama dengan kampus-kampus tersebut.

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang menyediakan pembiayaan pendidikan terjangkau untuk para pelajar yang mengejar perguruan tinggi dan pelatihan vokasi di Indonesia. Danacita hadir untuk menurunkan kendala keuangan berpendidikan tinggi di Indonesia. Kami memiliki misi untuk memperluas akses bagi semua pelajar dengan menjembatani kesenjangan dalam kesanggupan pembiayaan.

    Kamu bisa mengajukan bantuan pembiayaan kuliah agar dapat mewujudkan mimpimu berkuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap.

    Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!